Kuliner

Kuliner Buka Puasa Khas Jogja yang Wajib Kamu Coba

Warung Makan Favorit untuk Buka Puasa di Jogja


Gudeg Jogja

Jogja dikenal sebagai kota kuliner dengan berbagai hidangan khas yang menggoyang lidah. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara, Jogja tak pernah sepi dari pengunjung yang mencicipi ragam kuliner khasnya. Kala bulan Ramadan tiba, suasana kuliner di Jogja pun berubah dan memberikan pengalaman tersendiri saat hendak buka puasa. Berikut beberapa warung makan favorit di Jogja untuk berbuka puasa:

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Setiap orang pasti sudah tak asing lagi dengan Gudeg Yu Djum yang berlokasi di Jalan Wijilan No. 167 Yogyakarta. Warung yang telah berdiri sejak 56 tahun lalu ini memiliki dua cabang di kota Jogja, yaitu Cabang Wijilan dan Cabang Janti. Menu yang paling tua dan terkenal dari Gudeg Yu Djum adalah Gudeg Basah. Harganya berkisar antara Rp. 25.000 hingga Rp. 45.000 per porsi, tergantung komposisi nasi serta isian yang diinginkan.

Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda dan dimasak dengan berbagai rempah. Gudeg Yu Djum menyajikan gudeg yang berbeda dari yang lain. Kuah gudeg yang cenderung manis, namun disajikan dengan rasa gurih yang pas membuat gudeg besutan Yu Djum terasa sangat spesial dan menjadi makanan wajib saat bulan Ramadan tiba.

Selain Gudeg Basah, masih banyak menu lain yang diproduksi oleh Gudeg Yu Djum, seperti Gudeg Kering, Ayam Goreng, hingga Kerupuk yang sangat cocok disantap saat buka puasa. Dengan suasana yang nyaman dan harga yang terjangkau, tak heran jika Gudeg Yu Djum menjadi favorit bagi para pengunjung yang ingin menikmati makanan khas Jogja.

Tak hanya itu, di dekat warung Gudeg Yu Djum terdapat masjid dan Lapangan Wijilan yang biasanya digunakan sebagai tempat buka puasa bersama. Dengan lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau, Gudeg Yu Djum menjadi salah satu pilihan favorit untuk berbuka puasa bersama kerabat dan sahabat.

Varian Menu Takjil yang Wajib Dicoba Saat Buka Puasa di Jogja


menu takjil jogja

Buka puasa di Jogja identik dengan menu takjil yang beragam dan unik. Makanan atau minuman kecil ini sangat penting untuk memulihkan tenaga setelah berpuasa seharian. Kebanyakan warung atau toko kue di Jogja menawarkan varian menu takjil yang bisa dipilih sesuai selera. Berikut ini adalah beberapa varian menu takjil asli Jogja yang wajib dicoba saat buka puasa.

es dawet ayu jogja

1. Es Dawet Ayu

Es dawet ayu adalah minuman tradisional asal Jogja yang terbuat dari tepung ketan, gula merah, dan air kelapa muda. Rasanya manis dan segar dengan tekstur kenyal dari adonan ketan. Biasanya dijual di warung-warung kecil di sepanjang jalan atau di pasar tradisional. Es dawet ayu sangat cocok untuk menyegarkan tenggorokan setelah berbuka puasa.

gudeg

2. Gudeg Komplit

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan nasi, ayam, dan telur. Gudeg komplit adalah gudeg yang disajikan dengan menu pendamping seperti opor ayam, tahu tempe, dan sambal goreng krecek. Makanan ini menjadi salah satu menu utama saat buka puasa di Jogja, karena kaya akan gizi dan nikmat.

onde-onde jarak

3. Onde-Onde Jarak

Onde-onde jarak adalah salah satu kue tradisional asal Jogja yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah. Yang membedakan dari onde-onde biasa adalah penggunaan daun jarak sebagai pewarna alami. Makanan ini rasanya manis dan legit dengan tekstur kenyal dari adonan ketan. Onde-onde jarak biasanya dijual di toko kue atau pasar tradisional sebagai menu takjil saat buka puasa.

minuman legen jogja

4. Minuman Legen

Minuman legen adalah minuman tradisional asal Jogja yang terbuat dari air kelapa dan gula merah. Rasanya manis dan segar dengan sedikit rasa khas dari gula kelapa. Minuman ini sangat cocok untuk mengembalikan stamina setelah berpuasa seharian. Biasanya dijual di warung atau toko minuman tradisional di Jogja.

tempe mendoan jogja

5. Tempe Mendoan

Tempe mendoan adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari tempe yang dilumuri tepung terigu dan digoreng. Rasanya gurih dan renyah dengan aroma rempah yang khas. Tempe mendoan biasanya dijual di warung atau toko makanan tradisional sebagai menu takjil saat buka puasa. Kandungan protein dari tempe juga bisa memulihkan tenaga setelah seharian berpuasa.

Baca Juga :   Kuliner Jogja Extreme: Menikmati Sensasi Kuliner yang Tidak Biasa

Itulah beberapa varian menu takjil asli Jogja yang wajib dicoba saat buka puasa. Selain nikmat, menu-menu tersebut juga kaya akan gizi dan bernilai budaya. Jadi, jangan lupa cicipi kelezatannya saat berada di Jogja.

Tiga Restoran dengan Suasana Unik untuk Buka Puasa di Jogja


Restoran Jogja

Jogja, sebagai kota budaya dan pariwisata, tidak hanya menawarkan tempat wisata yang menarik namun juga menyajikan kuliner yang lezat dan menggugah selera. Salah satu yang menjadi primadona adalah kuliner buka puasa di Jogja. Banyak restoran dan warung yang menyediakan hidangan berbuka puasa dengan rasa yang khas dan nuansa yang unik untuk menambah cita rasa dan kenyamanan saat berbuka. Tidak hanya mengisi perut, buka puasa di Jogja bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, terutama jika dilakukan di restoran-restoran berikut:

Bale Raos Bantul


Bale Raos Bantul

Restoran ini menawarkan nuansa khas Jogja dengan arsitektur joglo awang-awang, dengan tempat duduk yang nyaman dan menu-menu buka puasa yg beragam. Bale Raos Bantul juga menyajikan hidangan khas Jogja yang wajib dicoba, seperti gudeg, ayam geprek, sate kambing, dan masih banyak lagi. Selain itu, restoran ini juga menyediakan sajian aneka kue kering dan buah-buahan segar sebagai penutup hidangan buka puasa. Keluarga dan teman-teman Anda akan betah di sini sambil menikmati hidangan buka puasa.

House of Raminten


House of Raminten

Menjadi ikon kuliner di Jogja, House of Raminten menyajikan nuansa yang berbeda dan sangat khas dengan ornamen tradisional, seperti joglo, wayang, dan bakul-nya. Anda dapat berbuka puasa di restoran ini sambil menikmati acara musik tradisional yang menemani makanan Anda. House of Raminten memiliki menu khas Jogja yang beragam, seperti pecel lele, soto Gadjah Mada, ayam lodho, dan masih banyak lagi. Restoran ini juga menyediakan menu buka puasa dengan paket makanan yang sudah siap dan komplit dengan hidangan penutup untuk menambah kelezatan makanan.

Ayo Makan Kaki Lima


Ayo Makan Kaki Lima

Jika Anda ingin mencicipi kuliner kaki lima yang khas dan unik, restoran Ayo Makan Kaki Lima adalah tempat yang harus Anda kunjungi ketika berbuka puasa di Jogja. Terletak di Taman Sari, Ayo Makan Kaki Lima menawarkan suasana yang sangat meriah dan ramai dengan berbagai jenis makanan yang siap memanjakan lidah Anda. Anda dapat memilih dari berbagai menu yang tersedia, seperti bakso Gadjah, wedang ngopi susu, es dawet hitam, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya di atas, masih banyak restoran lainnya di Jogja yang menawarkan suasana yang khas dan menu-menu buka puasa yang khas Jogja. Suasana dan nuansa restoran-restoran tersebut akan menambah kenangan yang tidak terlupakan selama di Jogja. Selamat berbuka puasa!

Wisata Kuliner Buka Puasa untuk Pencinta Makanan Pedas di Jogja


kuliner jogja buka puasa

Jogja dikenal sebagai kota kuliner yang begitu kaya dan beragam. Termasuk dalam hal kuliner buka puasa. Kuliner buka puasa Jogja memiliki rasa yang lezat, mulai dari rasa manis, gurih, asam, dan yang paling terkenal adalah pedas. Pencinta makanan pedas pasti tidak akan melewatkan kesempatan mencoba beragam hidangan pedas saat buka puasa di Jogja.

Berikut adalah beberapa tempat kuliner buka puasa untuk pencinta makanan pedas di Jogja:

gejayan street jogja
1. Jalan Gejayan

Jalan Gejayan merupakan pusat kuliner di Jogja. Ditempat ini kamu dapat menemukan berbagai jenis makanan, mulai dari makanan tradisional hingga modern. Salah satu hidangan yang paling terkenal adalah sate klathak yang sangat pedas. Hidangan ini terbuat dari daging ayam atau sapi yang dipanggang dengan bumbu klathak yang sangat pedas.

gudeg jogja
2. Gudeg Bu Tjitro

Tidak lengkap rasanya jika mencari kuliner Jogja tanpa mencicipi hidangan khas Jogja yang satu ini. Gudeg Bu Tjitro merupakan salah satu tempat kuliner buka puasa yang sangat terkenal di Jogja. Hidangan gudeg yang dimasak dengan bumbu yang sangat lengkap, terasa sangat istimewa saat disajikan sebagai menu buka puasa. Tersedia untuk kamu yang suka pedas dan yang tidak suka.

Baca Juga :   Terlelap di Dunia Kuliner Jogja Malam

angkringan jogja
3. Angkringan

Angkringan termasuk salah satu tempat kuliner buka puasa yang paling terkenal di Jogja. Angkringan menyajikan aneka hidangan yang unik, salah satunya adalah nasi kucing. Nasi kucing adalah hidangan kecil dengan beragam lauk yang disajikan dalam jumlah yang sangat kecil dan harganya sangat terjangkau. Namun, yang paling menarik perhatian adalah saus sambal yang sangat pedas yang biasa disajikan dengan nasi kucing.

warung bu ageng jogja
4. Warung Bu Ageng

Warung Bu Ageng terletak di Kalasan, Sleman. Merupakan salah satu warung makan atau tempat kuliner buka puasa yang wajib kamu kunjungi jika kamu mencari makanan pedas. Kamu dapat menikmati hidangan pedas khas Jogja seperti sambal goreng krecek, kripik goreng pedas, sate, dan yang lainnya yang siap memanjakan lidah kamu. Hidangan yang dihidangkan di sini juga terasa sangat khas dengan sentuhan rempah-rempah dari Jogja.

Demikian beberapa tempat kuliner buka puasa dengan hidangan yang sangat pedas di Jogja. Selamat menikmati hidangan makanan yang lezat dan pedas, dan jangan lupa untuk mencoba semua kuliner khas Jogja lainnya!

Inspirasi Kuliner Buka Puasa dari Kuliner Malam di Jogja


Kuliner Malam Jogja

Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, pasti kita merindukan sebuah hidangan yang lezat untuk berbuka puasa. Nah, bagi kamu yang berada di Jogja, jangan khawatir karena kota ini memiliki banyak kuliner malam yang cocok untuk dijadikan inspirasi berbuka puasa. Berikut ini beberapa ide kuliner malam yang bisa kamu coba!

1. Gudeg


Jogja Gudeg

Kuliner legendaris Jogja berikutnya yang bisa jadi inspirasi berbuka puasa adalah gudeg. Menu khas Jogja ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, gula kelapa, dan bumbu rempah-rempah. Biasanya, gudeg dimakan dengan nasi, telur bacem, ayam suwir, dan sambal krecek. Menikmati gudeg di malam hari akan terasa lebih nikmat karena variasi menu yang lebih banyak untuk memuaskan lapar kamu setelah seharian menahan diri.

2. Sate


Sate Jogja

Jangan lewatkan sate Jogja saat berada di kota ini. Sate yang terbuat dari daging sapi atau ayam ini disajikan dengan bumbu kacang yang kental dan beraroma harum. Biasanya, sate disajikan bersama dengan nasi, lontong atau ketupat serta acar. Makan sate di malam hari akan menambah suasana kehangatan yang cocok untuk mengobati rasa lapar saat berbuka puasa.

3. Bakmi


Bakmi Jogja

Bakmi atau mie ayam menjadi salah satu kuliner malam yang banyak dipilih saat berbuka puasa. Rasanya yang mirip dengan mie ayam pada umumnya, tetapi di Jogja, mie ayam disajikan dengan irisan daging ayam, pangsit, dan sayuran seperti sawi. Di jogja kamu bisa menemukan banyak tempat yang menghidangkan bakmi dengan citarasa yang berbeda-beda, jadi jangan sungkan untuk mencoba ya!

4. Soto


Soto Jogja

Kuliner malam lain yang bisa kamu coba sebagai inspirasi berbuka puasa adalah soto. Rasanya yang segar dan hangat, serta kandungan gizinya yang cukup membuat soto menjadi pilihan yang tepat untuk mengakhiri hari saat berpuasa. Soto yang terkenal di Jogja adalah soto brebes yang disajikan dengan irisan ayam, tauge, perkedel, krecek, dan bumbu kacang yang kental.

5. Es Pleret


Es Pleret

Tak lengkap rasanya bila mengakhiri santapan saat berbuka puasa tanpa menikmati dessert. Salah satu dessert yang khas Jogja adalah es pleret. Minuman dingin ini terbuat dari sagu, yang dicampur dengan gula pasir, daun pandan dan air es. Rasanya yang khas jadi nilai tambah untuk mengakhiri santapan buka puasa yang lezat. Pleret berbentuk kotak panjang yang terbuat dari padi berkadar karbohidrat tinggi sehingga dapat memberikan tenagayang cukup pada saat berbuka puasa.

Nah, itu beberapa kuliner malam yang bisa dijadikan inspirasi berbuka puasa di Jogja. Adakah yang menarik minat kalian? Yuk, buruan coba dan jangan lupa untuk membatasi porsinya agar keseimbangan nutrisi tetap terjaga.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button