Kampus

10 Kampus Keren di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

Kampus-Kampus Terbaik di Jogja


Kampus-Kampus Terbaik di Jogja

Jogja, atau biasa disebut Yogyakarta, dikenal sebagai kota pelajar yang memiliki banyak kampus ternama. Tidak hanya terbaik di Indonesia, kampus-kampus di Jogja juga terkenal di mancanegara. Beberapa di antaranya bahkan pernah masuk dalam jajaran universitas terbaik di dunia. Inilah daftar beberapa kampus terbaik di Jogja.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Universitas Gadjah Mada

UGM merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang berlokasi di Yogyakarta. Didirikan pada tahun 1949, kampus ini memiliki motto “Bhinneka Tunggal Ika” yang menjadi semangat bagi para mahasiswa dan Alumni. UGM terus melakukan berbagai penelitian dan inovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tidak heran jika banyak sekali mahasiswa dari seluruh dunia yang ingin mengenyam pendidikan di kampus ini.

UGM memiliki 18 fakultas dan lebih dari 1000 program studi dari tingkat Sarjana hingga Doktoral, sehingga mahasiswa memiliki banyak pilihan untuk mengejar passion dan mencapai cita-citanya. Selain itu, UGM juga merupakan pusat inovasi dan penerapan teknologi dengan adanya Inkubator Bisnis dan Teknologi (IBT) dan Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M).

Bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan soft skills, UGM juga memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang sangat beragam, mulai dari olahraga, seni dan budaya, hingga kegiatan sosial. Satu di antaranya adalah Marching Band Mahawira UGM yang terkenal di seluruh Indonesia.

Bagi mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan di UGM, kampus ini terbuka untuk siswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Selain itu, UGM juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa asing dan program pertukaran pelajar dengan universitas luar negeri.

Di kampus ini, mahasiswa bisa menjelajahi dan menemukan banyak fasilitas seperti perpustakaan berikut koleksi buku yang banyak dan lengkap, kantin, rumah sakit serta rumah sakit dentistry, berbagai lab riset seperti laboratorium kimia, mikrobiologi dan farmasi. Semua fasilitas yang ada di kampus UGM terus dikembangkan guna menunjang kegiatan riset dan pembelajaran.

Selain itu, UGM juga menyediakan fasilitas akomodasi bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota atau luar negeri. Ada beberapa asrama mahasiswa yang menawarkan penginapan dengan tarif yang terjangkau dan dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Integritas, kreativitas, dan profesionalisme merupakan nilai yang dijunjung tinggi oleh UGM. Selain itu, keberagaman dan penghargaan terhadap perbedaan juga menjadi nilai yang diterapkan di kampus ini. Tidak hanya fokus pada akademik, UGM juga memberikan perhatian pada kegiatan pengabdian masyarakat dan lingkungan melalui kerjasama dengan pemerintah dan pihak swasta.

Kampus UGM sangatlah luas dan indah. Selain itu udaranya juga sejuk karena kampus ini dikelilingi oleh pepohonan. Dalam kampus, terdapat banyak bangunan dan taman yang bisa digunakan untuk belajar atau sekadar bersantai. Kegiatan yang sering dilakukan di sini adalah olahraga, pameran, lomba, dan acara komunitas mahasiswa. Bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan kreativitasnya, UGM juga menawarkan tempat yang cukup nyaman dan kondusif.

Selain menjadi kampus terbaik di Indonesia, UGM juga terus menerus memajukan diri untuk menjadi kampus terbaik di dunia. Hal ini terbukti dengan peningkatan peringkat di berbagai lembaga pemeringkat dunia seperti QS World University Rankings dan Times Higher Education World University Rankings. Meskipun terus berkembang, UGM tetap menjaga kualitas dan integritas sebagai satu dari sekian banyak kampus terbaik yang dimiliki Indonesia.

Fasilitas yang Menarik di Kampus Jogja


perpustakaan Setia Usaha UGM

Di kampus-kampus di Jogja, banyak sekali fasilitas yang menarik yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Perpustakaan


ruang baca Pusat UMY

Perpustakaan merupakan fasilitas yang paling penting bagi mahasiswa. Kampus-kampus di Jogja memiliki perpustakaan yang sangat lengkap dengan koleksi buku yang beragam. Perpustakaan ini juga memiliki suasana yang nyaman untuk belajar. Salah satu perpustakaan di Jogja yang menarik adalah Perpustakaan Setia Usaha UGM dan Pusat UMY. Di Perpustakaan Setia Usaha UGM, pengunjung dapat mengakses situs-situs berita dari berbagai belahan dunia serta ratusan e-book dan jurnal yang bisa diunduh secara gratis. Sementara di Pusat UMY, terdapat ruang baca yang nyaman, internet gratis, dan fasilitas untuk mengakses database jurnal internasional.

2. Fasilitas Olahraga


Fitness center UNY Jogja

Fasilitas olahraga di kampus-kampus di Jogja juga tak kalah menarik. Hampir setiap kampus di Jogja memiliki sarana olahraga seperti lapangan basket, lapangan volley, lapangan futsal, dan lapangan tenis. Selain itu, terdapat juga pusat kebugaran (fitness center) yang menawarkan berbagai kemudahan fasilitas olahraga, seperti treadmill, stationer bike, bench press, dan sebagainya. Fasilitas olahraga yang dikelola dengan baik diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk tetap meraih prestasi akademik yang baik atau hanya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

3. Studio Musik


Studio Musik STMIK AKAKOM Jogja

Bagi mahasiswa yang hobi bermusik, fasilitas studio musik di kampus-kampus di Jogja bisa menjadi tempat untuk mengekspresikan diri. Terdapat fasilitas studio musik yang dilengkapi dengan berbagai perlengkapan musik seperti gitar, drum, keyboard, dan sebagainya. Salah satu studio musik yang terkenal di Jogja adalah Studio Musik STMIK AKAKOM. Di sini, mahasiswa dapat menyanyikan lagu atau memainkan alat musik, baik secara individu maupun bersama teman-teman.

Baca Juga :   10 Kampus Terbaik di Jogja Negeri

4. Laboratorium


Laboratorium IPA UNY Jogja

Laboratorium adalah fasilitas yang sangat penting bagi mahasiswa yang mempelajari ilmu-ilmu yang bersifat experimental seperti biologi, fisika, dan kimia. Setiap kampus di Jogja memiliki laboratorium yang memadai untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Laboratorium yang lengkap dan modern akan membantu mahasiswa memahami konsep-konsep ilmu pengetahuan dengan lebih baik. Salah satu laboratorium yang menarik di Jogja adalah Laboratorium IPA UNY. Di sini, mahasiswa dapat mempraktikkan berbagai eksperimen ilmu pengetahuan alam dengan bantuan mentor dan tenaga kependidikan yang professional.

5. Tempat Makan


Kantin Salman Jogja

Tempat makan di kampus-kampus di Jogja sangat beragam, ada yang menjual makanan murah dan ada yang sedikit lebih mahal. Terdapat juga warung-warung kecil di dalam kampus yang menjual berbagai snack dan minuman yang bisa dijadikan teman belajar. Salah satu tempat makan yang menarik di Jogja adalah Kantin Salman yang terletak di dalam kampus UIN Sunan Kalijaga. Kantin ini menyediakan aneka makanan halal dan enak dengan harga yang terjangkau untuk mahasiswa.

Itulah beberapa fasilitas yang menarik di kampus-kampus di Jogja yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa. Diharapkan dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, mahasiswa dapat lebih nyaman dan mudah dalam menempuh proses belajar mengajar di kampus.

Kehidupan Kampus yang Seru di Jogja


Kehidupan Kampus Jogja

Di Jogja, terdapat banyak kampus dengan berbagai macam keunikan dan kegiatan yang menarik, membuat kehidupan kampus di Jogja sangatlah seru dan tidak membosankan.

Kegiatan Ekstrakurikuler


Kegiatan Ekstrakurikuler

Salah satu keunikan kehidupan kampus di Jogja adalah adanya kegiatan ekstrakurikuler yang beragam dan menarik yang dapat diikuti oleh para mahasiswa sebagai pengisi waktu luang. Beberapa kampus menawarkan kegiatan seperti klub olahraga, teater dan seni, organisasi sosial, orkes dan marching band, serta eksplorasi adventure ke berbagai destinasi menarik seperti gunung dan pantai di sekitar Jogja.

Kegiatan ekstrakurikuler ini menjadi sasaran rekrutmen dan persaingan yang ketat antara organisasi kampus di Jogja, sehingga mahasiswa harus melalui proses seleksi yang ketat dan mengikuti rangkaian pelatihan dan persiapan sebelum bergabung ke dalam ekstrakurikuler. Namun, memilih ekstrakurikuler yang tepat dapat menjadi pengalaman yang berharga dalam mengembangkan karakter dan keterampilan sosial.

Pusat Kegiatan Mahasiswa


Pusat Kegiatan Mahasiswa Jogja

Selain kegiatan ekstrakurikuler, pusat kegiatan mahasiswa (PKM) yang ada di setiap kampus di Jogja juga menjadi salah satu daya tarik bagi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan sosial, seni, dan budaya. PKM juga memberikan fasilitas yang sangat lengkap untuk mendukung kegiatan kampus seperti ruang rapat, ruang teater, laboratorium, perpustakaan, ruang multimedia, dan masih banyak lagi.

PKM biasanya juga menawarkan pelatihan soft skills seperti public speaking, leadership, dan pengenalan dunia kerja. Fasilitas dan program PKM-kampus di Jogja yang lengkap dan up to date juga menjadi magnet bagi institusi dan menyebabkan kampus-kampus di Jogja mendapatkan peringkat nasional yang baik dalam hal prestasi mahasiswa.

Jaringan Komunitas Kampus


Jaringan komunitas Kampus Jogja

Tidak hanya kegiatan ekstrakurikuler dan PKM saja, para mahasiswa kampus di Jogja juga dapat bergabung dengan jaringan komunitas kampus yang sangat luas. Kegiatan antar kampus di Jogja kerap dilakukan sebagai ajang pertukaran pikiran dan pengalaman sosial untuk mengenal berbagai kampus dan berbagai kegiatan dan aspirasi mahasiswa di Jogja.

Komunitas mahasiswa di Jogja terdiri dari berbagai macam bentuk, ada komunitas akademik, komunitas seni dan budaya, dan juga komunitas olahraga. Melalui jaringan komunitas yang ada, para mahasiswa juga dapat mengekspresikan minat dan bakat yang dimilikinya melalui berbagai kegiatan dan event yang diselenggarakan, serta menambah pengalaman dan pengetahuan dalam berinteraksi dengan lingkungan yang multidimensi.

Melihat keunikan kehidupan kampus di Jogja yang sangat beragam, sepertinya sangat sayang jika para mahasiswa kampus di Jogja tidak mengikuti kegiatan di kampus-kampus Jogja. Kegiatan-kegiatan tersebut bisa menjadi moment penting untuk membangun jaringan networking di masa depan, dan mengembangkan pengalaman sosial dan kemampuan yang dibutuhkan dalam dunia kerja nanti.

Karakteristik Mahasiswa di Kampus Jogja


Mahasiswa di Kampus Jogja

Karakteristik mahasiswa di kampus Jogja memang berbeda dengan kampus-kampus di kota besar lainnya. Universitas yang dikelilingi oleh pesona sejarah dan budaya ini membuat mahasiswa di kampus Jogja memiliki ciri khas tersendiri. Berikut adalah beberapa karakteristik mahasiswa di kampus Jogja:

1. Ramah dan Sopan


Sopan Ramah di Jogja

Mahasiswa di kampus Jogja memiliki latar belakang beragam, mulai dari tingkat lokal hingga internasional. Namun, satu hal yang tidak bisa dipungkiri adalah mahasiswa di kampus ini sangat ramah dan sopan. Mereka selalu memberikan sapaan manis pada orang yang mereka temui, termasuk dosen dan rekan sekelas. Sopan santun dan keramahan menjadi budaya yang melekat pada diri mahasiswa Jogja.

Baca Juga :   Preferensi Kampus Negeri di Jogja

2. Banyak Berkreasi dan Berinovasi


Mahasiswa Berkreasi di Jogja

Banyak mahasiswa di Jogja memiliki rasa kreativitas dan inovasi yang kuat. Mereka selalu membuat berbagai karya seni yang unik dan menarik, seperti lukisan, patung, dan lain-lain. Selain itu, mereka juga aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi yang sesuai dengan minat mereka. Hal ini sangat didukung oleh lingkungan kampus Jogja yang sarat dengan kebudayaan dan seni.

3. Mudah Beradaptasi dengan Lingkungan sekitar


Mudah Beradaptasi di Jogja

Jogja sendiri dikenal sebagai kota pelajar yang ramah dan nyaman bagi mahasiswa. Hal ini disebabkan karena kota ini memiliki banyak kampus dan penuh dengan budaya serta adat istiadat yang tertanam di masyarakat. Karena itulah, mahasiswa di Jogja dianggap mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Mereka mudah mempelajari adat dan budaya setempat, sehingga mereka bisa cepat merasa nyaman tinggal dan belajar di kota ini.

4. Peduli dengan Lingkungan sekitar dan Sosial


Mahasiswa Peduli Lingkungan di Jogja

Mahasiswa di Jogja tidak hanya peduli dengan akademik, tetapi juga sangat mengutamakan kepedulian sosial dan lingkungan sekitar. Mereka sering mengikuti kegiatan sosial dan menjadi relawan untuk membantu masyarakat sekitar. Selain itu, mahasiswa di Jogja juga sering menyelenggarakan aksi dan kampanye peduli lingkungan. Mereka memahami bahwa meskipun mereka belajar di kota besar, tanggung jawab dan kewajiban sebagai bagian dari masyarakat sekitar tidak boleh diabaikan.

5. Senang Berkumpul dan Membangun Silaturahmi


Mahasiswa Berkumpul di Jogja

Terakhir, Karakteristik mahasiswa di kampus Jogja adalah senang berkumpul dan membangun silaturahmi. Banyak mahasiswa di kampus Jogja yang memiliki hobby bersama, seperti travelling, musik, atau kuliner. Mereka bersama-sama melakukan kesenangan ini dan membentuk komunitas yang solid. Selain itu, kampus Jogja juga memiliki banyak acara yang bertujuan mempererat tali persahabatan dan persaudaraan antar mahasiswa, seperti acara karnaval atau acara maulid nabi.

Begitulah sedikit cerita tentang karakteristik mahasiswa di kampus Jogja. Apakah Anda juga mempunyai pengalaman menarik selama menempuh pendidikan di Jogja?

Aktivitas Kampus yang Wajib Dicoba di Jogja


Candi Prambanan Jogja

Jogja adalah tempat tujuan akademik bagi banyak siswa di seluruh Indonesia. Terkenal dengan gaya hidup santainya dan keramahan penduduknya. Selain belajar, ada banyak aktivitas lain yang bisa kamu nikmati ketika berada di Jogja. Berikut beberapa aktivitas kampus yang wajib dicoba di Jogja.

Berpetualang ke Goa Jomblang


Goa Jomblang Jogja

Makan, berjalan-jalan, dan menikmati keindahan Jogja memang menyenangkan. Tapi, mengapa tidak mencoba hal yang berbeda? Petualangan ke Goa Jomblang mungkin bisa menjadi opsi yang tepat. Kamu akan melewati gua gelap yang hanya bisa diakses dengan tali dan harus turun dengan cara rappelling. Namun di dalamnya, akan ada panorama sungai bawah tanah yang menakjubkan. Para petualang pasti suka dengan aktivitas ini.

Menjelajahi Situs Candi Prambanan


Situs Candi Prambanan

Ingin merasakan petualangan yang tidak terlupakan? Kamu harus mengunjungi Candi Prambanan sebagai tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi ketika berada di Jogja. Candi Prambanan keberadaannya sudah mencapai tahun ke-merduaan rasa musik yang memadukan beberapa elemen di dalamnya. Bangunan berukuran besar ini sangat mengesankan dan tentu saja menakjubkan. Top destiantion yang sering menjadi tempat pelesirannya.

Belajar Memasak Kuliner Jogja


Kuliner Jogja

Kamu mungkin sudah tahu bahwa Jogja sangat terkenal dengan makanannya yang lezat. Dan, mengapa tidak mempelajari cara meracik masakan khas Jogja? Ada beberapa sekolah kuliner di Jogja yang menyediakan pelatihan kuliner Jogja. Mulai dari masakan tradisional hingga masakan modern yang dapat kamu pelajari disana. Selain belajar memasak kuliner lokal, kamu juga bisa mempelajari cara membuat masakan internasional. Tentu saja, pelatihan memasak ini merupakan aktivitas yang menyenangkan.

Menikmati Wisata Alam Ke Pantai Selatan


Pantai Indrayanti

Bagi kalian yang suka dengan wisata alam. Terdapat pantai yang sangat indah di Jogja yaitu Pantai Selatan. Tempat ini menawarkan pesona alam dan laut yang mempesona. Saudara bisa mencoba berbagai aktivitas di pantai seperti bermain pasir, berenang, naik perahu, dan bahkan surfing. Banyak pantai yang bisa saudara jelajahi di Jogja, seperti Pantai Indrayanti, Pantai Parangtritis, Pantai Pok Tunggal dan masih banyak lagi.

Berkunjung ke Museum Ullen Sentalu


Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah museum arkeologi yang terletak di kebun raya jogja. Museum ini merupakan museum swasta terbaik di Indonesia yang memadukan seni Budaya Jawa dan sejarah para bangsawan Keraton. Saudara akan mendapatkan wawasan yang cukup luas dan dapat menikmati keindahan seni yang disajikan. Pemandangan keindahan museum ini sangatlah luar biasa dan bisa membuat saudara tidak terbuang-buang waktu. Hal ini memang menjadi aktivitas kampus yang sangat menarik.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button