Kuliner

Kuliner Kampung Jogja: Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba

Sejarah Kampung Kuliner Jogja


Kampung Kuliner Jogja

Jogja memang terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan sangat variatif. Salah satu tempat yang menyajikan semua jenis makanan khas Jogja adalah Kampung Kuliner Jogja, yang menjadi tujuan wisata kuliner warga lokal maupun turis. Kampung Kuliner Jogja yang terletak di Jalan Ahmad Yani ini sudah berdiri sejak 2007, menyajikan aneka makanan yang berasal dari hampir seluruh negeri-negeri di Indonesia.

Dari namanya saja, sudah jelas bahwa tempat ini dikembangkan untuk mempromosikan keberagaman kuliner dan budaya di Indonesia, khususnya di Jogja. Kampung Kuliner Jogja merupakan fasilitas wisata kuliner yang didirikan oleh Pemkot Jogja.

Dibangun di area sekitar Jalan Ahmad Yani, kompleks Kampung Kuliner Jogja ini dipisah menjadi beberapa zona, terdiri dari zona makanan tradisional dan internasional serta zona kafe dan santai. Pada kawasan makanan tradisional, pengunjung bisa menikmati beragam kuliner khas dari daerah di Indonesia seperti sate Madura, pempek Palembang, nasi goreng, dan masih banyak lagi.

Dalam lingkungan kampung kuliner Jogja terdapat sekitar 80 tenda/toko yang terdiri dari berbagai jenis kuliner, mulai dari makanan ringan seperti bakso malang, es dawet, es kelapa muda, es campur, martabak, dan lain-lain. Selain jajanan tradisional, ada juga makanan modern seperti ayam geprek atau burger. Semua makanan itu diolah oleh para penjual yang sudah berpengalaman dan tentunya memiliki citarasa kuliner yang autentik.

Kuliner yang tersedia di Kampung Kuliner Jogja bukan hanya sekedar makanan enak, namun juga tempat rekreasi keluarga yang tidak terlupakan. Tak hanya mencicipi makanan-makanan yang lezat, pengunjung juga bisa menikmati suasana pedesaan Jogja yang asri dengan panorama persawahan di sekitarnya. Mereka juga dapat merasakan berbagai wahana keluarga, seperti kuda-kudaan, bebek elektrik, dan flying fox yang tersedia di kanan-kiri tempat ini.

Kunjungan ke kampung kuliner Jogja tidak akan lengkap tanpa mencoba minuman khas yang juga disajikan di sini. Salah satunya adalah kopi Jogja yang sangat terkenal di kalangan penikmat kopi. Selain itu, ada minuman sari kacang ijo, dawet ayu, dan es buah yang segar dan nikmat.

Nikmati juga ruang-ruang café yang tenang dan nyaman untuk bersantai di akhir pekan. Bangunan-bangunan tua bergaya klasik Jogja menambah suasana alami dan santai di Kawasan Kampung Kuliner Jogja.

Kampung Kuliner Jogja menjadi tempat wisata kuliner yang populer di kalangan turis dan warga lokal. Mereka tidak hanya menikmati kuliner, tetapi juga menikmati kebudayaan Jogja yang autentik dan ramah tamah yang khas. Tak salah jika Kampung Kuliner Jogja menjadi salah satu tempat wajib kunjung jika ingin menikmati kuliner khas Jogja dan merasakan keindahan pedesaan di tengah kota Jogja.

Rute Wisata Kuliner di Kampung Kuliner Jogja


Kampung Kuliner Jogja

Jogja memang dikenal sebagai kota kuliner yang sangat istimewa. Ada banyak tempat makan, mulai dari yang murah hingga yang mewah dengan menu yang sangat lezat. Salah satu tempat yang menjadi tempat favorit para pecinta kuliner di Jogja adalah Kampung Kuliner Jogja. Kampung Kuliner Jogja terletak di Jl. Sorogenen, KM 1,5 Yogyakarta. Lokasi ini sangat mudah diakses dan dekat dengan pusat kota, sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin mencoba kuliner khas Jogja. Di bawah ini, kami akan membahas beberapa rute wisata kuliner di Kampung Kuliner Jogja yang dapat Anda coba:

1. Rute Wisata Kuliner di Sorogenen


Sorogenen

Di rute wisata kuliner di Sorogenen, Anda akan menemukan berbagai macam makanan khas Jogja yang beragam, seperti nasi gudeg, sate, mie godog, bakso, lotek, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga dapat menikmati minuman yang eksotis seperti wedang ronde, bir pletok, teh poci, dan kopi Joss. Jika Anda ingin mencoba menu kuliner yang melegenda di Sorogenen, Anda bisa mencoba nasi gudeg Bu Tjitro ataupun Sate Klatak Pak Pong.

2. Rute Wisata Kuliner di Ngupasan


Ngupasan

Terdapat rute wisata kuliner lain di Kampung Kuliner Jogja yang bisa anda coba, yaitu rute wisata kuliner di Ngupasan. Di tempat ini, terdapat beberapa restoran dan kedai yang menjual makanan khas Jogja yang lezat. Anda dapat mencoba mie lethek, kipo, tongseng, dan masih banyak lagi. Ada juga minuman khas Jogja seperti bir pletok, es dawet, dan segelas teh poci.

Salah satu warung yang cukup terkenal di kawasan Ngupasan adalah Warung Handayani. Warung yang sudah berdiri sejak tahun 1960 ini menyajikan menu makanan khas Jogja seperti sate usus, ayam goreng kremes, tahu crispy, dan beberapa menu lainnya. Jika Anda ingin mencicipi makanan pedas, Anda bisa mencoba menu Sambal Konro

3. Rute Wisata Kuliner di Janti


Janti

Rute wisata kuliner berikutnya di Kampung Kuliner Jogja adalah rute Janti. Di kawasan ini, Anda dapat menemukan berbagai macam makanan khas Jogja yang terkenal lezat, seperti sate kere, tumpang, dawet ireng, dan masih banyak lagi. Terdapat pula minuman khas Jogja seperti wedang uwuh, es campur, dan segelas teh poci. Jika Anda ingin mencicipi sate kere legendaris, Anda bisa kunjungi Warung Sate Kere Mbah Satinem dan Nikmati juga ayam penyet Khas Jogja di Ayam Penyet Lombok Ijo dan pempek palembang

Baca Juga :   Menikmati Wisata Kuliner Jogja Tahun 2023: Sebuah Petualangan Kuliner Yang Tak Terlupakan

4. Rute Wisata Kuliner di Kusumanegara


Kusumanegara

Rute wisata kuliner terakhir di Kampung Kuliner Jogja adalah rute Kusumanegara. Di kawasan ini, Anda dapat mencicipi beberapa hidangan lezat khas Jogja seperti nasi liwet, gudeg, mie ayam, sate, dan masih banyak lagi. Ada juga minuman khas Jogja seperti wedang ronde, bir pletok, dan kopi joss. Menu paling terkenal di kawasan ini adalah nasi liwet Bu Wiryo, tempat ini sudah legenda, banyak sekali turis yang datang ke sini.

Itulah beberapa rute wisata kuliner di Kampung Kuliner Jogja yang dapat Anda coba. Jika Anda adalah orang yang suka mencicipi aneka kuliner dari berbagai daerah, kampung kuliner di Jogja bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Selamat mencoba dan menikmati hidangan lezat yang ada di Kampung Kuliner Jogja.

Makanan Khas yang Wajib Dicoba di Kampung Kuliner Jogja


Makanan Khas yang Wajib Dicoba di Kampung Kuliner Jogja

Selain gudeg dan bakpia, Jogja juga mempunyai makanan khas lain yang tidak kalah lezat dan wajib dicoba ketika berkunjung ke kampung kuliner Jogja. Berikut adalah beberapa makanan khas Jogja yang harus kamu coba ketika berkunjung ke kampung kuliner Jogja.

1. Soto Betawi


Soto Betawi

Siapa bilang Soto Betawi hanya dapat ditemukan di wilayah Betawi saja? Di Jogja, kamu dapat menemukan Soto Betawi di kampung kuliner Jogja. Bedanya dengan Soto Betawi asli Betawi yaitu kuahnya yang lebih bening dan berisi daging sapi empuk dan nasi. Biasanya, soto disajikan bersama kerupuk, bawang goreng, dan seledri untuk memberikan rasa segar saat disantap. Kamu harus mencoba Soto Betawi ini agar puas selama berada di Jogja.

2. Nasi Goreng Jowo


Nasi Goreng Jowo

Nasi goreng jowo adalah salah satu makanan yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke kampung kuliner Jogja. Nasi goreng ini berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, karena nasi goreng jowo memiliki rasa yang lebih enak dengan bumbu yang spesial. Selain itu, nasi goreng jowo seringkali disajikan dengan ayam goreng dan kerupuk yang gurih. Jika kamu pergi ke Jogja, kamu tidak boleh melewati kesempatan untuk mencicipi nasi goreng jowo yang lezat ini.

3. Geplak


Geplak

Geplak adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari kelapa parut, gula aren, dan pewarna alami seperti daun pandan dan ubi ungu. Makanan ini mempunyai tekstur kenyal, dan rasanya yang manis dan lezat. Cara memakannya yaitu dengan memotong geplak dan memilih salah satu warna, semakin lebar warna tersebut maka semakin tebal rasa gula arennya. Kamu bisa mencicipi geplak di berbagai galeri kuliner di Jogja. Jangan lupa untuk mencicipi geplak karena makanan ini tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga enak serta mudah ditemukan di Jogja.

4. Kerak Telor


Kerak Telor

Kerak telor adalah hidangan tradisional Indonesia khususnya di daerah Jogja yang terbuat dari nasi dan telur ayam. Bahan yang digunakan untuk membuat kerak telor adalah beras ketan putih, telur ayam, dan bahan pengisi lain seperti kelapa sangrai, bawang merah goreng, dan ebi. Deskripsi kerak telor versi Jogja sangat unik, dimana kulit keraknya tidak selembut kerak telor pada umumnya, tetapi cukup keras. Ini karena terbuat dari tepung kanji. Kerak telor biasanya dijual pada malam hari di sejumlah tenda di Jogja. Kamu harus mencoba kerak telor ini di malam hari agar dapat merasakan sensasinya.

5. Es Dawet Ayu


Es Dawet Ayu

Jangan lewatkan es dawet ayu ketika berkunjung ke kampung kuliner Jogja. Es dawet ayu terdiri dari campuran dari santan, air gula merah, tape ketan hitam, dan beras ketan hijau. Es dawet ayu disajikan dengan es batu sehingga akan memberikan sensasi kesegaran di siang yang terik. Kamu dapat menemukan es dawet ayu di berbagai warung atau pedagang kaki lima.

Demikian makanan khas Jogja yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke kampung kuliner Jogja. Pastikan kalau kamu mencoba semua makanan di atas sehingga kamu dapat merasakan sensasi kuliner khas Jogja. Selamat menikmati dan berkuliner ria!

Tempat Wisata Menarik Lainnya di Sekitar Kampung Kuliner Jogja


Tempat Wisata Menarik Lainnya di Sekitar Kampung Kuliner Jogja

Selain menjadi kawasan kuliner yang terkenal, kampung kuliner Jogja juga berlokasi strategis di dekat beberapa tempat wisata menarik yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi setelah puas berkuliner. Berikut beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi jika berada di sekitar kampung kuliner Jogja:

Benteng Vredeburg


Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan sebuah benteng yang berlokasi di Jl. Ahmad Yani No. 6, Ngupasan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Benteng ini awalnya dibangun oleh penguasa Kerajaan Mataram Islam pada tahun 1765 M. Benteng Vredeburg dibangun untuk menghadapi ancaman kolonialis Belanda yang ingin menguasai kerajaan Mataram Islam.

Baca Juga :   100 Kuliner Legendaris di Jogja yang Wajib Dicoba

Hari ini, Benteng Vredeburg telah bertransformasi menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta. Benteng ini menyajikan kemegahan arsitektur khas era kolonial Belanda dan juga memiliki peran penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Di dalam benteng terdapat museum dan panggung utama untuk pertunjukan seni dan budaya.

Taman Sari


Taman Sari

Taman Sari merupakan sebuah situs sejarah yang menjadi saksi bisu keindahan arsitektur dan kejayaan Kerajaan Mataram Islam. Taman Sari berlokasi di Jl. Taman Sari No. 1, Kraton, Yogyakarta.

Tempat wisata ini merupakan kompleks istana yang dahulunya menjadi tempat tinggal keluarga kerajaan. Bagian paling menarik dari Taman Sari adalah kolam berbentuk pelangi yang dikelilingi oleh tembok-tembok kuno. Kolam pelangi di Taman Sari digunakan untuk wisata, tempat berkumpul raja dan keluarganya, serta tempat berendam dalam rangka pembersihan spiritual.

Malioboro Street


Malioboro Street

Malioboro Street merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Yogyakarta. Jalan ini berada di pusat kota dan menjadi pusat kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya. Dalam sejarahnya, Malioboro Street telah menjadi pusat perniagaan dan perdagangan sejak dahulu kala.

Saat ini, Malioboro Street menjadi kawasan objek wisata yang sekaligus menjadi pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Yogyakarta. Di jalan ini terdapat berbagai toko oleh-oleh yang menjual berbagai barang khas Yogyakarta, seperti batik, kaos, gudeg, dan berbagai kerajinan tangan.

Candi Borobudur


Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan situs sejarah yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Dunia pada tahun 1991. Candi Borobudur berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. Meskipun berada bukan di Yogyakarta, Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika kamu berada di Yogyakarta.

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan menempati posisi kedua terbesar di dunia setelah Angkor Wat di Kamboja. Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Sailendra, yang pada masa itu kekuasaannya tersebar di wilayah Jawa Tengah. Candi ini memiliki kemegahan arsitektur yang luar biasa dan menjadi saksi sejarah kejayaan agama Buddha pada masa Kerajaan Mataram Kuno.

Itulah beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi jika berada di sekitar kampung kuliner Jogja. Selamat berlibur dan menikmati keindahan Yogyakarta!

Menikmati Keindahan Malam di Kampung Kuliner Jogja


Kampung Kuliner Jogja Malam

Yogyakarta atau yang sering disebut Jogja, merupakan salah satu kota yang memiliki tempat kuliner yang cukup terkenal di Indonesia. Banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri yang datang ke Jogja untuk menikmati kulinernya, salah satunya bisa ditemukan di Kampung Kuliner Jogja. Kampung Kuliner Jogja ini dulunya adalah sebuah pasar tradisional yang diubah menjadi tempat kuliner. Kampung Kuliner Jogja ini buka dari jam 17.00 hingga jam 24.00 WIB dan beberapa pedagang kuliner buka hingga jam 02.00 dini hari.

Makan Berbagai Jenis Kuliner


Kampung Kuliner Jogja Makanan

Di Kampung Kuliner Jogja, kamu bisa menemukan bermacam-macam jenis kuliner yang disajikan. Mulai dari nasi goreng, mie goreng, bakso, sate, ayam goreng, gudeg, hingga jajanan pasar lainnya bisa kamu temukan di sini. Salah satu makanan yang harus kamu coba di sini adalah nasi goreng kambing. Rasanya sangat enak dan wangi. Selain makanan yang dijual dengan harga murah, suasana Kampung Kuliner Jogja juga sangat meriah dan khas Jogja.

Pemandangan yang Indah di Malam Hari


Kampung Kuliner Jogja Malam Pemandangan

Selain menikmati kuliner yang lezat, kamu juga bisa menikmati pemandangan yang indah di Kampung Kuliner Jogja. Malam hari memberikan suasana yang berbeda, keindahan lampion dan cahaya lampu dari pedagang kuliner menambah keindahan di lingkungan ini. Kamu bisa melihat bagaimana orang-orang menikmati makanan dan suasana di sini dengan senang hati. Pemandangan di Kampung Kuliner Jogja pada malam hari benar-benar layak untuk diabadikan dalam foto.

Berbagai Acara di Malam Hari


Kampung Kuliner Jogja Acara

Kampung Kuliner Jogja tidak hanya menjadi tempat untuk makan, melainkan juga menjadi tempat yang sering diselenggarakan berbagai acara dan pertunjukan. Acara yang sering diselenggarakan di Kampung Kuliner Jogja antara lain pentas seni, live music, dan pertemuan komunitas. Saat kamu berkunjung ke sini di malam hari, kamu bisa menemukan acara yang sedang diselenggarakan. Berbagai acara ini selalu menarik wisatawan untuk mampir dan merasakan pengalaman yang berbeda di Kampung Kuliner Jogja.

Atmosfir yang Unik


Kampung Kuliner Jogja Unik

Kampung Kuliner Jogja mempunyai atmosfir yang unik dan berbeda dari tempat lain. Di Kampung Kuliner Jogja, kamu akan merasakan kebersamaan yang terjalin antara pengunjung dan pedagang. Semua orang di sana merasa seperti satu keluarga, dan suasana ini membuat pengalaman makan makanan yang lezat menjadi lebih menyenangkan. Jadi, jika kamu ingin merasakan atmosfir yang berbeda dalam menikmati kuliner, kamu bisa mengunjungi Kampung Kuliner Jogja di malam hari.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button