Perhotelan

jenis status kamar hotel

Jenis-Jenis Status Kamar Hotel di Perhotelan

Jenis Status Kamar Hotel

Hotel merupakan akomodasi yang memfasilitasi tempat menginap bagi para pengunjung yang melakukan perjalanan jauh atau melakukan kunjungan kerja. Dalam dunia hotel, terdapat berbagai jenis status kamar hotel yang ada. Setiap jenis status kamar hotel memiliki perbedaan dalam berbagai macam hal. Salah satunya adalah fasilitas yang diberikan untuk setiap jenis status kamar hotel.

1. Standard Room

Jenis status kamar hotel pertama yang akan kita bahas adalah Standard Room. Jenis kamar ini biasanya merupakan jenis kamar dasar yang tersedia di setiap hotel. Standard Room merupakan pilihan kamar terbaik bagi mereka yang memiliki dana terbatas. Ruangan standard room biasanya memiliki fasilitas yang wajar, seperti tempat tidur, meja kerja, lemari, kamar mandi, dan akses internet. Harga kamar standar ini biasanya lebih murah dibandingkan dengan jenis kamar lainnya di hotel. Namun, hal ini tidak mengurangi kenyamanan para tamu dalam menikmati liburannya di hotel tersebut.

Untuk mendapatkan kamar Standard Room, para tamu dapat melakukan reservasi terlebih dahulu melalui pihak hotel atau juga dapat memesan lewat situs booking online. Harga kamar Standard Room biasanya dihitung berdasarkan durasi menginap tamu. Semakin lama menginap, semakin murah pula harga kamar yang ditawarkan. Maka dari itu, jenis kamar hotel ini sangat cocok bagi para backpacker atau wisatawan yang memiliki anggaran terbatas.

Fasilitas yang diberikan dalam Standard Room juga disesuaikan dengan standar bintang hotel tersebut. Hotel bintang satu memiliki standar pelayanan yang berbeda dengan hotel bintang empat misalnya, sehingga fasilitas yang disediakan pun akan berbeda. Namun, tetap saja tidak mengurangi kualitas dan kenyamanan pengunjung.

Jadi, untuk para travel blogger yang ingin membawa pengalaman penginapan yang nyaman dan terjangkau, maka jenis kamar Standard Room sangat direkomendasikan. Dengan menginap di jenis kamar ini, Anda bisa menikmati seluruh fasilitas hotel tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

gambar standard room

Kamar Standar

Salah satu jenis kamar hotel yang paling umum ditemukan adalah kamar standar. Jenis kamar ini menyajikan fasilitas luas mulai dari 10-20 meter persegi. Meskipun ukurannya tergolong standar, kamar ini tetap memberikan kenyamanan bagi para tamu hotel.

Kamar standar biasanya dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti tempat tidur, meja, kursi, dan lemari. Terdapat pula fasilitas tambahan seperti AC, televisi, dan koneksi Wi-Fi untuk memenuhi kebutuhan para tamu. Kamar standar juga dilengkapi dengan kamar mandi pribadi yang dilengkapi dengan fasilitas seperti shower, wastafel, dan toilet.

Ditambah lagi, beberapa hotel juga memberikan fasilitas tambahan seperti minuman gratis atau sarapan pagi sebagai pemanis bagi tamu yang menginap di kamar standar. Meskipun memiliki fasilitas terbatas, kamar standar tetap menjadi pilihan yang ideal bagi tamu yang ingin menghemat biaya penginapan dan menggunakan uangnya untuk kebutuhan lainnya.

Jadi, jika Anda sedang mencari kamar hotel yang murah namun tetap memberikan kenyamanan selama menginap, maka kamar standar bisa menjadi pilihan yang tepat dan sesuai dengan budget Anda.

Contoh Kamar Standar Hotel

Kamar Deluxe

Kamar jenis deluxe adalah pilihan ideal bagi para tamu yang menginginkan kenyamanan ekstra selama menginap di hotel. Jenis kamar ini biasanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada kamar standar. Dalam kamar deluxe, para tamu dapat menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh hotel dengan lebih luas dan lengkap.

Salah satu keunggulan dari kamar deluxe adalah adanya area ruang tamu yang lebih luas. Hal ini memungkinkan para tamu untuk beristirahat atau bekerja dengan lebih nyaman dan leluasa. Tak hanya itu, kamar deluxe juga biasanya dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti mini bar, TV layar datar, kursi lesehan yang nyaman, hingga set meja dan kursi yang bisa digunakan untuk bekerja atau bersantai.

Kamar Deluxe

Selain itu, kamar deluxe juga menyajikan kamar mandi dengan desain yang lebih mewah dan luas. Beberapa hotel bahkan menyediakan bathtub di dalam kamar mandi kamar deluxe sehingga tamu bisa menikmati sensasi mandi air panas yang menyegarkan setelah seharian beraktivitas.

Tentunya, kamar deluxe juga menawarkan pemandangan yang lebih memukau dibanding kamar standar. Beberapa hotel menyediakan kamar deluxe dengan pemandangan pantai atau kota yang menakjubkan. Hal ini akan membuat pengalaman menginap tamu menjadi semakin tak terlupakan.

Tentunya, biaya menginap di kamar deluxe akan lebih mahal dibandingkan dengan kamar standar. Namun, kelebihan fasilitas dan kenyamanan yang diberikan oleh kamar jenis ini tentunya akan sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu, hotel juga biasanya memberikan promo atau diskon khusus bagi tamu yang ingin memilih menginap di kamar deluxe.

Jadi, bagi para tamu yang menginginkan pengalaman menginap yang lebih istimewa dan tidak ingin ketinggalan dari segi kenyamanan dan fasilitas, kamar deluxe adalah pilihan yang tepat untuk dipilih. Dapatkan pengalaman menginap yang tak terlupakan di sebuah kamar yang lebih luas, mewah, dan nyaman dengan memilih kamar deluxe.

Kamar Connecting

Kamar connecting adalah kamar yang biasanya terdiri dari dua atau lebih kamar yang saling terhubung dengan pintu di antara kamar-kamar tersebut. Kamar ini sangat cocok untuk tamu keluarga atau rombongan yang ingin tetap dekat satu sama lain selama menginap di hotel. Sebagai contoh, seorang keluarga yang memiliki anak kecil dapat memesan kamar connecting agar mereka dapat mengawasi anak mereka dengan lebih mudah.

Beberapa hotel memang memiliki jenis kamar connecting yang memungkinkan tamu-tamu untuk menikmati akomodasi yang nyaman dan menyenangkan. Kamar connecting biasanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat tidur yang nyaman, kamar mandi pribadi, meja rias, dan lemari untuk menyimpan barang-bawaan.

Saat memilih kamar connecting, tamu hotel sebaiknya memperhatikan beberapa hal seperti kestabilan wifi di kamar, kebersihan kamar, serta jarak antar kamar connecting. Hal ini penting untuk dimaksimalkan agar pengalaman menginap di kamar connecting dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika menginap di kamar connecting:

1. Dapat Menjaga Privasi

Dengan menginap di kamar connecting, kita dapat menjaga privasi keluarga atau rombongan kita. Kita dapat menghindari situasi di mana tamu lain masuk ke dalam kamar kita yang menyebabkan kerugian privasi kita.

2. Meningkatkan Kenyamanan

Kenyamanan adalah hal yang sangat penting ketika kita menginap di hotel. Dalam kamar connecting, kita bisa merasa lebih nyaman karena tamu-tamu yang menginap di kedua kamar saling terhubung dan mudah untuk berkomunikasi.

3. Lebih Hemat Biaya

Memilih kamar connecting juga bisa menjadi pilihan yang lebih hemat biaya. Biasanya harga kamar connecting lebih terjangkau dibandingkan dengan memesan dua kamar terpisah. Hal ini sangat menguntungkan bagi keluarga atau rombongan yang ingin menghemat pengeluaran mereka selama liburan.

4. Memudahkan Berkomunikasi

Karena kamar connecting memiliki pintu yang saling terhubung, komunikasi antar tamu bisa menjadi lebih mudah dan terstruktur. Terlebih jika kita menginap bersama anak-anak, kita akan lebih mudah mengawasi dan mengatur kegiatan mereka selama menginap di hotel.

5. Memberikan Pengalaman Menginap yang Lebih Baik

Kamar connecting memberikan pengalaman menginap yang lebih dekat dan kompak bagi keluarga atau rombongan yang menginap bersama-sama. Pengalaman tersebut bisa menjadi kenang-kenangan yang tak terlupakan bagi semua pihak.

Kamar connecting adalah pilihan yang tepat untuk keluarga atau rombongan yang ingin menginap dengan lebih dekat selama liburan. Menyediakan berbagai fasilitas dan keuntungan, kamar connecting bisa menjadi pilihan yang lebih nyaman, hemat dan menyenangkan selama kita menginap di hotel.

Kamar dengan Akses Khusus

Bagi sebagian orang, menginap di hotel mungkin menjadi hal yang sulit karena mereka memiliki kebutuhan khusus. Namun, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sebagian hotel menyediakan kamar dengan akses khusus. Kamar seperti ini dapat membantu memudahkan tamu yang memiliki cacat tubuh atau difabel dalam menjalani aktivitas sehari-hari mereka selama menginap di hotel.

Kamar dengan Pintu yang Lebar

Salah satu jenis kamar akses khusus adalah yang memiliki pintu yang lebih lebar dari kamar biasanya. Kamar seperti ini sangat berguna bagi tamu yang menggunakan kursi roda atau yang membutuhkan alat bantu untuk bergerak. Dengan pintu yang lebih lebar, tamu dengan kebutuhan khusus dapat lebih mudah masuk dan keluar dari kamar, tanpa khawatir akan merusak alat bantu yang mereka gunakan.

Gambar pintu kamar yang lebar

Kamar dengan Kamar Mandi Khusus

Selain pintu yang lebar, hotel juga menyediakan kamar mandi yang dirancang khusus untuk tamu dengan kebutuhan khusus. Kamar mandi khusus ini biasanya lebih luas untuk memudahkan tamu yang menggunakan kursi roda atau alat bantu lainnya, dan juga dilengkapi dengan pegangan agar tamu lebih aman saat mandi atau bergerak di dalam kamar mandi.

Gambar kamar mandi khusus

Kamar dengan Permukaan yang Rata

Beberapa hotel juga menyediakan kamar dengan permukaan yang rata dan licin untuk memudahkan tamu dengan kursi roda atau alat bantu lainnya. Permukaan yang rata ini juga menjadi sangat berguna bagi tamu yang memiliki kesulitan berjalan atau kesulitan mengangkat kakinya tinggi.

Gambar permukaan kamar yang rata

Layanan Khusus

Selain memperhatikan fasilitas kamar, hotel juga umumnya menyediakan layanan khusus untuk tamu dengan kebutuhan khusus. Layanan khusus ini misalnya seperti rampa khusus di lobi hotel atau lift dengan akses khusus di setiap lantai. Ada juga hotel yang menyediakan kursi roda jika tamu membutuhkan.

Gambar lift dengan akses khusus

Kamar dengan Fitur Audio-Visual Khusus

Tamu yang memiliki gangguan pendengaran atau penglihatan juga biasanya membutuhkan fasilitas khusus di dalam kamar mereka. Beberapa hotel menyediakan kamar dengan fitur audio-visual khusus, seperti lampu yang dapat berkedip atau alarm yang dapat bergetar, untuk membantu tamu dengan kebutuhan khusus.

Gambar kamar dengan fitur audio-visual khusus

Prosedur Check-In yang Mudah

Untuk memudahkan tamu dengan kebutuhan khusus, hotel biasanya memiliki prosedur check-in yang mudah dan cepat. Tamu dapat langsung memberitahu pihak hotel tentang kebutuhan khusus mereka pada saat reservasi atau check-in, sehingga pihak hotel dapat menyiapkan kamar dengan akses khusus sesuai dengan kebutuhan tamu tersebut. Ini dapat memudahkan tamu dengan kebutuhan khusus untuk segera menginap di kamar yang telah disiapkan.

Gambar prosedur check-in di hotel

Dengan adanya kamar dengan akses khusus, hotel dapat memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan bagi tamu dengan kebutuhan khusus. Fasilitas dan layanan khusus ini diharapkan dapat membantu tamu dengan kebutuhan khusus untuk merasa lebih nyaman dan terlindungi selama menginap di hotel.

Kamar Twin Bed

Kamar twin bed adalah salah satu jenis kamar yang biasanya tersedia di hotel-hotel. Seperti namanya, kamar ini memiliki dua tempat tidur yang terpisah, biasanya dengan ukuran yang sama. Kamar twin bed cocok untuk tamu yang pergi berteman atau kerabat, sehingga keduanya dapat tidur secara nyaman tanpa mengganggu satu sama lain.

Saat memilih kamar twin bed, Anda dapat memilih antara twin bed dengan twin bed berukuran standar atau twin bed yang sedikit lebih kecil, yakni single bed. Twin bed yang berukuran standar biasanya berukuran 99 x 191 cm untuk setiap tempat tidur, sedangkan single bed biasanya berukuran 92 x 187 cm.

Beberapa hotel menyediakan kamar twin bed dengan desain dan dekorasi yang berbeda-beda. Biasanya, kamar ini memiliki luas yang lebih besar daripada kamar single, sehingga Anda dan teman atau kerabat dapat berkumpul dan beraktivitas di dalam kamar dengan lebih leluasa. Beberapa hotel bahkan menyediakan twin bed dengan pemandangan yang indah dari jendela kamar.

Selain itu, kamar twin bed juga dilengkapi dengan fasilitas standar, seperti AC, kulkas, TV, dan kamar mandi dengan air panas dan dingin. Beberapa hotel mungkin juga menyediakan fasilitas tambahan, seperti meja kerja, sofa, dan lemari es. Sebelum memesan kamar twin bed, pastikan untuk memeriksa fasilitas dan layanan yang disediakan oleh hotel.

Kamar twin bed

Jangan lupa untuk memeriksa harga kamar twin bed yang ditawarkan oleh hotel. Biasanya, harga kamar twin bed sedikit lebih mahal daripada kamar single, namun masih terjangkau untuk dua orang. Jika Anda ingin menginap di kamar twin bed dengan harga yang lebih terjangkau, coba cari penawaran promo atau diskon yang disediakan oleh hotel.

Secara keseluruhan, kamar twin bed adalah pilihan yang tepat untuk tamu yang pergi berteman atau kerabat. Dengan dua tempat tidur yang terpisah, Anda dapat tidur dengan nyaman tanpa mengganggu satu sama lain. Pastikan untuk memeriksa fasilitas dan harga kamar twin bed sebelum memesan untuk mendapatkan pengalaman menginap yang nyaman dan menyenangkan.

Kamar Smoking/Non Smoking

Banyak hotel menawarkan opsi kamar smoking dan non-smoking untuk memenuhi preferensi tamu. Kamar smoking adalah kamar yang memperbolehkan tamu untuk merokok di dalam kamar dan kadang dilengkapi dengan asbak untuk kenyamanan tamu. Sedangkan, kamar non-smoking merupakan kamar yang dilarang merokok di dalam kamar untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bagi tamu lain yang menginap di hotel.

Pilihan kamar smoking atau non-smoking sering kali ditentukan oleh keputusan pribadi tamu. Untuk tamu yang merokok, kamar smoking bisa menjadi pilihan yang lebih nyaman. Namun, jika tamu adalah seorang perokok pasif atau tidak merokok sama sekali, memilih kamar non-smoking dapat menjadi alternatif terbaik untuk menghindarinya dari bahaya asap rokok dan bau tidak sedap.

Seiring dengan semakin banyaknya orang yang peduli dengan kesehatannya, kamar non-smoking menjadi pilihan yang lebih populer di hotel. Banyak tamu yang memilih kamar non-smoking karena tidak ingin terpapar asap rokok dan bau tidak sedap saat menginap.

Untuk tamu yang ingin merokok, tetapi kamar yang tersedia adalah non-smoking, hotel biasanya menyediakan area khusus di luar kamar atau smoking area agar tamu dapat merokok tanpa mengganggu tamu lain yang tidak merokok.

Menginap di kamar smoking atau non-smoking tidak mempengaruhi kenyamanan dan fasilitas yang disediakan di dalam kamar. Kedua jenis kamar ini memiliki standar fasilitas yang sama, seperti tempat tidur yang nyaman, TV, Wi-Fi, kamar mandi pribadi, dan lain-lain.

Namun, disarankan bagi tamu untuk memperhatikan kebijakan hotel terkait penalti atau biaya tambahan jika mereka merokok di kamar non-smoking. Beberapa hotel memberlakukan denda atau biaya tambahan untuk melakukan pembersihan pada kamar agar menjadi seperti semula jika tamu merokok di dalam kamar non-smoking.

Sebagai kesimpulan, pilihan kamar smoking atau non-smoking tergantung pada preferensi tamu. Namun, memilih kamar non-smoking dianggap sebagai pilihan yang lebih sehat dan aman. Hotel selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi tamu dengan menyediakan opsi kamar smoking dan non-smoking.

Contoh kamar hotel smoking

Kamar View

Kamar view adalah jenis kamar hotel yang memberikan akses terbaik ke pemandangan indah di sekitar hotel. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada memandangi pemandangan indah sambil bersantai di kamar hotel. Kamar view menyediakan berbagai jenis pemandangan, seperti kota, laut, pegunungan, dan lain-lain sesuai dengan letak hotel.

Tidak hanya memberikan pemandangan indah, kamar view juga memberikan suasana yang tenang dan lebih santai. Dibandingkan dengan kamar biasa, kamar view membuat Anda merasakan kehangatan dan kenyamanan yang lebih.

Ada beberapa tipe kamar view yang sering tersedia di hotel. Berikut adalah beberapa tipe kamar view beserta penjelasannya:

1. City view

Kamar dengan city view menawarkan pemandangan kota yang indah. Kamar dengan city view biasanya memiliki jendela besar yang menghadap langsung ke kota. Kamarnya sering terletak di lantai atas hotel sehingga memberikan pemandangan yang lebih luas.

2. Sea view

Kamar dengan sea view menawarkan pemandangan laut yang indah. Kamarnya biasanya terletak di dekat pantai atau di lantai atas hotel. Pemandangan laut yang indah tentu saja meningkatkan nilai tempat menginap Anda di hotel.

3. Mountain view

Kamar dengan mountain view menawarkan pemandangan pegunungan yang indah. Kamarnya biasanya terletak di daerah pegunungan dan memiliki jendela besar yang menghadap ke pegunungan. Pemandangan pegunungan yang hijau dan sejuk selalu menjadi pilihan yang tepat bagi para wisatawan.

4. Garden view

Kamar dengan garden view menawarkan pemandangan kebun yang bisa memberikan suasana yang lebih segar. Kamarnya biasanya terletak di lantai yang rendah dan menghadap ke taman. Selain memberikan pemandangan yang indah, kamar dengan garden view juga memberikan udara yang lebih segar.

5. Pool view

Kamar dengan pool view menawarkan pemandangan kolam renang yang indah. Kamarnya biasanya terletak di lantai yang rendah dan menghadap ke kolam renang. Kamar dengan pool view menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para tamu hotel.

6. River view

Kamar dengan river view menawarkan pengalaman yang berbeda dan mendalam. Kamarnya biasanya terletak di tepi sungai dan membuat para tamu hotel dapat menikmati pemandangan alam yang menyejukkan dan asri.

7. Beach view

Kamar dengan beach view menawarkan pengalaman mendalam di tepi pantai. Kamarnya biasanya berada di tepi pantai sehingga memberikan akses langsung ke pantai dan pemandangan laut yang menakjubkan.

8. Skyline view

Bagi yang suka dengan pemandangan malam, kamar dengan skyline view adalah pilihan yang tepat. Kamarnya biasanya terletak di lantai atas hotel dan menghadap ke pemandangan kota pada malam hari. Kamar dengan skyline view menawarkan pengalaman yang berbeda di malam hari.

9. Park view

Kamar dengan park view menawarkan pemandangan taman yang hijau dan sejuk. Kamarnya biasanya terletak di dekat taman dan dapat memberikan suasana yang lebih segar dan sejuk di dalam kamar.

10. Hill view

Kamar dengan hill view menawarkan pemandangan bukit yang hijau dan asri. Kamarnya biasanya terletak di daerah perbukitan dan dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi para tamu hotel yang suka dengan alam.

Itulah sejumlah tipe kamar view yang sering tersedia di hotel. Tidak hanya memberikan pemandangan yang indah, kamar view juga memberikan pengalaman yang berbeda bagi para tamu hotel. Oleh karena itu, jika ingin merasakan pengalaman yang lebih berkesan ketika menginap di hotel, pilihlah kamar view yang sesuai dengan keinginan Anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button