Perhotelan

Jenis-Jenis Glassware untuk Perhotelan

Jenis-jenis Alat Kaca untuk Perhotelan

Pengantar

Setiap pengalaman menginap di hotel selalu diperkaya dengan kehadiran perlengkapan yang berbeda. Seperti halnya linen berkualitas, makanan yang lezat, hingga jenis peralatan makan yang unik. Salah satu fasilitas yang tak kalah penting adalah glassware atau perlengkapan kaca yang berfungsi sebagai tempat minuman bagi para tamu.

Jenis-jenis Glassware

Terdiri dari banyak jenis, glassware juga memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis-jenis glassware untuk perhotelan:

1. Glassware Transparan

Merupakan jenis kaca yang paling umum digunakan pada setiap meja makan. Umumnya berbentuk gelas, botol, piala, cangkir, dan lain-lain. Bagian terpenting dari jenis ini adalah kualitas kaca yang jernih sehingga tampilan minuman terkesan lebih menarik.

Glassware Transparan

2. Wine Glass

Terdiri dari banyak jenis, wine glass juga memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis-jenis wine glass:

– Gelas Terbuka

Merupakan jenis wine glass favorit oleh pecinta anggur di seluruh dunia. Bentuknya seperti cangkir besar dan bisa digunakan untuk semua jenis anggur. Bagian terpenting dalam jenis glassware ini adalah bentuknya yang memperluas permukaan minuman, sehingga aroma anggur terpapar secara maksimal.

– Gelas Ramping

Merupakan jenis wine glass dengan bentuk yang ramping dan tinggi. Biasanya digunakan untuk jenis anggur dengan rasa yang lebih kuat, seperti merah dan cabernet. Kelebihan dari jenis glassware ini adalah dapat memperkuat karakteristik rasa dari anggur tersebut.

Wine Glass

3. Decanter

Merupakan jenis glassware berbentuk besar yang biasanya digunakan untuk menampung anggur sebelum disajikan. Kegunaannya tidak hanya untuk memindahkan anggur dari botol asal, tetapi juga untuk memastikan kejernihan dan kualitas rasa anggur.

Decanter

4. Martini Glass

Merupakan jenis glassware berbentuk kerucut dengan tangkai yang panjang. Warna gelas pada jenis ini umumnya transparan atau hitam. Cocok digunakan untuk jenis minuman seperti martini, margarita, atau pun aperitif.

Martini Glass

5. Mug

Merupakan jenis glassware berbentuk cangkir dengan ukuran yang lebih besar. Biasanya digunakan untuk minuman panas seperti teh atau kopi dengan tarikan aroma yang kuat. Bagian utama dari jenis ini adalah handle yang biasanya terbuat dari besi atau kayu untuk memudahkan dalam mengangkatnya.

Mug

6. Tumbler

Merupakan jenis glassware berbentuk cangkir dengan ukuran yang lebih kecil. Biasa digunakan untuk minuman dingin seperti jus buah dan minuman ringan lainnya.

Tumbler

Kesimpulan

Glassware merupakan bagian penting dalam layanan perhotelan. Dalam beberapa kasus, terkadang hiasan dan aksesori juga digunakan untuk membuat tampilan teh atau kopi menjadi lebih menarik. Pemilihan jenis glassware yang tepat akan memperkaya pengalaman para tamu di hotel dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.

Gelas Anggur atau Wine Glass

Gelas anggur atau wine glass merupakan jenis glassware yang digunakan untuk menyajikan anggur pada saat pesta atau gathering dengan keluarga dan teman-teman. Terdapat beberapa jenis wine glass yang umum digunakan yaitu flute, white wine glass, dan red wine glass.

Gelas Anggur

1. Flute

Flute biasanya digunakan untuk menyajikan sparkling wine. Bentuknya ramping dan tinggi sehingga mampu mempertahankan gelembung anggur untuk waktu yang lebih lama.

2. White Wine Glass

White wine glass memiliki bentuk yang lebih kecil dan ramping dibandingkan red wine glass. Hal ini dikarenakan white wine cenderung lebih ringan dan memiliki aroma yang lebih halus. Bentuknya yang ramping juga membantu untuk tetap menjaga suhu dari white wine.

3. Red Wine Glass

Bentuk dari red wine glass umumnya lebih besar dengan permukaan yang lebih lebar. Hal ini dikarenakan red wine memiliki aroma dan rasa yang lebih intens dibandingkan white wine. Permukaan yang lebih lebar juga membantu untuk mengoksidasi anggur, sehingga rasa dan aromanya dapat terbuka secara maksimal.

Demikianlah beberapa jenis wine glass yang biasa digunakan untuk menyajikan anggur. Pemilihan jenis glassware yang tepat dapat mempengaruhi pengalaman dalam menikmati anggur. Selamat mencoba!

Pint glass atau gelas bir

Gelas bir atau pint glass adalah jenis gelas khusus yang dibuat untuk menampung bir dalam jumlah tertentu. Terdapat beberapa jenis pint glass dengan bentuk yang berbeda, namun umumnya memiliki bentuk yang menyerupai kerucut dengan ukuran sekitar 16 ons atau 473 mililiter.

Salah satu jenis pint glass yang populer adalah shaker pint glass yang memiliki ukuran yang lebih besar dan sering digunakan di bar atau pub. Bentuknya yang lebih lebar membuatnya cocok untuk dicampur dengan es dan variasi bir yang lebih banyak sehingga rasa dan aroma bir tercampur sempurna.

Terdapat pula jenis pint glass yang dilengkapi dengan ukuran yang lebih kecil, biasanya digunakan untuk variasi bir yang lebih eksklusif seperti porter atau stout. Selain itu, terdapat juga jenis pint glass yang agak berbeda dengan bentuk yang lebih ramping dan sedikit miring dengan kapasitas sekitar 20 ons (590 ml), biasa disebut tulip pint.

Kelebihan pint glass adalah bentuknya yang cukup universal dan sederhana sehingga dapat digunakan untuk berbagai jenis bir. Selain itu, kapasitas ukurannya yang pas membuat kita tidak akan sampai terlalu banyak meminum bir di satu waktu sehingga tetap nyaman dan sehat untuk dikonsumsi. Dalam hal kebersihan, pint glass juga mudah dibersihkan dan dijaga kebersihannya.

Pint glass atau gelas bir

Shot glass atau gelas minuman keras

Gelas minuman keras atau sering disebut dengan Shot Glass merupakan jenis gelas kecil yang digunakan untuk menyajikan minuman beralkohol dengan volume yang relatif kecil. Gelas ini biasanya hanya mampu menampung kurang lebih 30 ml minuman dalam setiap sajian.

Shot glass memiliki bentuk yang khas dan unik, yaitu berbentuk seperti cangkir kecil dengan bagian bawah yang lebih lebar dan bagian atasnya yang ramping. Hal ini membuat gelas minuman keras ini menjadi mudah ditangan dan pada saat digunakan, Anda hanya perlu meneguk isinya dalam satu kali tegukan saja.

Gelas jenis ini memang sering digunakan untuk menyajikan minuman-minuman keras, seperti tequila, vodka, atau whiskey. Namun, tak jarang juga shot glass ini digunakan untuk menyajikan minuman lainnya, seperti espresso atau cokelat panas. Dalam beberapa kasus, orang bahkan menggunakan shot glass untuk menyajikan saus atau bumbu.

Shot glass juga sering dijumpai di restoran atau bar yang menyajikan minuman beralkohol, baik itu untuk tujuan komersial atau non-komersial. Ada beberapa jenis shot glass yang terbuat dari bahan kaca tebal, namun ada juga jenis yang terbuat dari plastik.

Selain itu, bentuk dan desain shot glass pun bervariasi. Beberapa shot glass memiliki warna atau corak yang menarik, sementara yang lainnya memiliki ukiran yang unik di permukannya.

Shot glass juga menjadi pilihan yang tepat ketika Anda ingin merayakan acara atau pesta dengan teman-teman. Dengan menggunakan shot glass, Anda dapat menyajikan minuman-minuman kecil dengan mudah dan menyenangkan.

Shot glass juga dapat menjadi pilihan hadiah yang tepat untuk orang-orang yang gemar minuman keras atau memiliki koleksi gelas-gelas unik. Anda dapat memilih shot glass dengan bentuk, warna, atau desain yang paling sesuai dengan selera orang tersebut.

Jadi, itulah jenis-jenis shot glass atau gelas minuman keras yang sangat populer di kalangan pecinta minuman beralkohol maupun non-alkohol. Dengan desain dan bentuk uniknya, shot glass tidak hanya fungsional namun juga memiliki nilai estetika yang tinggi, sehingga menjadi sebuah koleksi penggemar gelas unik.

gambar shot glass

Tumbler atau Gelas Segitiga

Gelas segitiga merupakan jenis glassware yang umum digunakan untuk menyajikan minuman berbasis jus atau cocktail. Bentuknya yang unik dengan tiga sisi membuatnya mudah dipegang, bahkan ketika diisi dengan es.

Tumbler atau Gelas Segitiga

Jenis glassware ini terbuat dari bahan kaca atau plastik yang berkualitas sehingga tahan terhadap panas dan dingin. Selain itu, tumbler juga dapat digunakan untuk minuman non-alkohol seperti air mineral, jus buah, atau teh.

Anda dapat menambahkan dekorasi seperti irisan buah atau hiasan daun mint untuk mempercantik tampilan minuman di dalamnya. Tumbler juga memiliki ukuran yang bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan jumlah minuman yang ingin disajikan.

Bagi Anda yang suka membuat minuman sendiri di rumah, tumbler menjadi pilihan yang tepat. Selain mudah digunakan, tumbler juga mudah dicuci dan dijaga kebersihannya.

Jika Anda ingin memulai bisnis minuman, tumbler juga dapat menjadi pilihan untuk dijadikan packaging. Bentuknya yang unik dan beragam ukuran membuat tumbler menjadi pilihan yang menarik dan praktis bagi pelanggan.

Terlepas dari kegunaannya yang praktis, tumbler juga mampu memberikan kesan elegan dan eksklusif pada suatu acara atau pertemuan. Penggunaan tumbler dapat menghadirkan kesan yang berbeda dari penggunaan gelas biasa, sehingga cocok digunakan pada acara formal maupun informal.

Dengan berbagai keunggulannya, tumbler atau gelas segitiga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menyajikan minuman favorit Anda. Selamat mencoba!

Martini Glass atau Gelas Martini

Gelas khusus yang biasa digunakan untuk menyajikan koktail jenis martini salah satunya adalah martini glass atau dapat disebut juga dengan gelas martini. Bentuk dari martini glass sendiri terkenal dengan bentuk yang tinggi, ramping dengan bagian atas yang melengkung. Bagian atas gelas pada martini glass sangat lebar dan terkadang diperhalus dengan hiasan yang elegan.

Alasan mengapa jenis gelas ini menjadi pilihan untuk menyajikan koktail martini adalah karena bentuk dan ukurannya yang pas untuk memuat secangkir koktail. Bentuk dari martini glass juga cocok untuk mengedepankan penampilan estetika dari koktail, sehingga membuatnya lebih menarik dan menawan.

Jadi, jika Anda ingin menikmati koktail martini dengan tampilan yang menarik dan elegan, maka martini glass atau gelas martini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Dapatkan sensasi baru dari koktail martini dengan menggunakan martini glass.

Jenis-Jenis Martini Glass

Seperti halnya jenis-jenis glassware lainnya, martini glass juga memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis-jenis martini glass yang dapat Anda temui:

1. Coupe Glass

Coupe Glass

Awalnya, coupe glass atau disebut juga champagne coupe digunakan untuk menyajikan champagne. Namun, kini coupe glass juga sering digunakan untuk menyajikan koktail jenis martini karena memiliki bentuk yang ramping dan elegan serta kapasitas sekitar 7-8 ons, membuatnya cocok untuk menampung koktail.

2. Martini Glass Standard

Martini Glass Standard

Merupakan jenis martini glass yang paling banyak digunakan. Bentuknya yang unik dan ramping membuatnya mudah dikenali. Kapasitas martini glass standard berkisar antara 4-6 ons.

3. Nick & Nora Glass

Nick & Nora Glass

Merupakan jenis martini glass yang terinspirasi dari gaya glassware pada tahun 1930-an. Bentuk dari Nick & Nora glass terlihat lebih kecil dari martini glass pada umumnya dengan kapasitas sekitar 5 ons.

4. Martini Chiller Glass

Martini Chiller Glass

Berbeda dengan jenis-jenis martini glass sebelumnya, martini chiller glass memiliki tempat untuk menyimpan es di bagian bawahnya sehingga koktail Anda tetap dingin sepanjang waktu. Kapasitas dari jenis martini glass ini berkisar antara 4-6 ons, seperti halnya martini glass standard.

Cara Menyajikan Martini dengan Martini Glass

Berikut adalah cara menyajikan koktail martini menggunakan martini glass:

1. Dinginkan martini glass Anda terlebih dahulu dengan es batu.

Sebelum menuangkan koktail martini, pastikan terlebih dahulu bahwa martini glass sudah dingin dengan cara memasukkan beberapa potong es batu ke dalamnya dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, keluarkan es batu yang ada di dalam glass sebelum menuangkan koktail.

2. Buat koktail martini menggunakan shaker.

Untuk membuat koktail martini, Anda dapat menggunakan shaker. Tuangkan gin dan vermouth ke dalam shaker, kemudian tambahkan beberapa potong es dan kocok hingga dingin dan tercampur merata. Ketika mencampur martini dengan shaker, pastikan mengocoknya dengan lembut agar tidak melunturkan dan merusak citarasa koktail.

3. Saring dan tuangkan ke dalam martini glass yang sudah dingin.

Setelah selesai mengocok koktail, tuangkan sebagian ke dalam martini glass yang sudah dingin. Setelah itu, saring koktail yang tersisa menggunakan saringan koktail ke dalam glass yang sama. Ingat, jangan terlalu penuh agar tidak tumpah dan tidak merusak estetika dari koktail martini.

4. Hias martini glass dengan sedikit garnish.

Anda dapat menambahkan sedikit garnish seperti buah zaitun, irisan lemon, atau ceri maraschino sebagai hiasan pada koktail martini Anda. Masukkan garnish tersebut ke dalam glass sebelum disajikan.

Itulah cara menyajikan koktail martini menggunakan martini glass. Selamat mencoba dan nikmati sensasi baru dari koktail martini dengan memilih jenis-jenis martini glass yang tepat. Semoga berhasil dan selamat mencoba!

Gelas Hurricane

Gelas Hurricane merupakan jenis gelas yang terinspirasi dari bentuk topi Wichita. Gelas ini memiliki bentuk yang khas yaitu pangkalnya mengecil dan melebar pada bagian atasnya. Hurricane glass terbuat dari bahan kaca yang kuat sehingga cocok untuk digunakan pada minuman tertentu yang memerlukan kekuatan gelas yang cukup, seperti minuman frozen fruit dan soda.

Selain itu, keunikan dari bentuk gelas ini membuat tampilan minuman yang disajikan menjadi lebih menarik dan elegan. Gelas Hurricane sering digunakan pada tempat-tempat wisata, bar, cafe, rumah makan, dan restoran sebagai salah satu pilihan glassware untuk menjamu tamu dengan minuman segar yang sangat menyegarkan.

Karena banyak pecinta minuman di seluruh dunia, rasanya sulit untuk menemukan orang yang tidak mengenal Gelas Hurricane. Banyak orang yang menggunakan jenis glassware ini karena selain bentuknya yang unik dan elegan, keunggulan lainnya adalah mudah untuk dibersihkan, tahan lama, dan cocok untuk berbagai macam minuman.

Ingin membuat suasana minuman yang lebih berbeda dan menarik? Gunakanlah Gelas Hurricane. Banyak cara untuk menghidangkan minuman di dalam Hurricane glass. Beberapa minuman yang cocok untuk disajikan dalam Hurricane glass antara lain:

1. Blue Hawaii

Minuman yang menyegarkan ini terdiri dari campuran beberapa jenis buah seperti nanas dan blue curacao yang diaduk bersama dengan sirup gula. Penambahan minuman rum ke dalamnya juga akan membuat rasa minuman lebih kuat dan bercita rasa alak. Saat disajikan dalam Hurricane glass akan membuat tampilan minuman menjadi lebih menarik dan segar.

Blue Hawaii Drink in Hurricane Glass

2. Tequila Sunrise

Minuman khas asal Meksiko ini sangat cocok disajikan dalam Hurricane glass. Terdiri dari campuran minuman tequila, jus jeruk, dan sirup grenadine, membuat tampilan minuman menjadi sangat menyegarkan. Disajikan bersama dengan es batu membuat minuman ini semakin nikmat dan segar.

Tequila Sunrise in Hurricane Glass

3. Mai Tai

Minuman asal Hawaii atau Polinesia ini biasanya terdiri dari rum, campuran jus buah, sirup gula, dan triple sec. Seiring berjalannya waktu, resep dan tingkat kepedasan minuman ini semakin beragam. Bagaimanapun, Minuman beralkohol ini sangat cocok disajikan dalam Hurricane glass untuk menyejukkan dan mengambil suhu tubuh setiap orang.

Mai Tai in Hurricane Glass

4. Pina Colada

Minuman khas asal Puerto Rico ini sangat digemari oleh banyak orang. Terdiri dari jus nanas, susu kelapa, dan minuman rum, membuat tampilan minuman menjadi lebih menarik saat disajikan dalam Hurricane glass. Pina Colada cocok untuk disajikan pada olahraga di pantai atau di kolam renang untuk menyejukkan diri saat terik mentari.

Pina Colada in Hurricane Glass

5. Zombie

Merupakan minuman klasik yang terdiri dari rum, jus jeruk, sirup gula, dan dengan penyedap mentega, biasanya dihidangkan dengan potongan buah sebelum disajikan dalam Hurricane glass. Dengan bentuk gelasnya yang unik dan berbeda, menjadikan Zombie Glass menjadi pilihan populer bagi banyak bar dan pencinta minuman beralkohol.

Zombie Drink in Hurricane Glass

6. Bahama Mama

Minuman khas Karibia ini memadukan minuman relatif beraroma dengan aroma rum, superbrands, kopi, dan jus nanas. Berasal dari Bahamas, minuman ini sering disajikan dalam gelas Hurricane dengan hiasan buah-buahan, membuatnya menarik dan populer sebagai minuman tropis yang segar.

Bahama Mama Drink in Hurricane Glass

7. Long Island Iced Tea

Salah satu minuman beralkohol terlaris di dunia ini terdiri dari campuran berbagai jenis minuman, seperti gin, vodka, tequila, rum, dan triple sec. Minuman yang menyegarkan ini disajikan dengan bentuk gelas yang berbeda, seperti Hurricane glass sehingga tampilannya lebih menarik dan elegan.

Long Island Iced Tea in Hurricane Glass

8. Sex on the Beach

Minuman populer ini terdiri dari minuman vodka, jus jeruk, jus cranberry, dan minuman peach schnapps. Saat disajikan dalam Hurricane glass, tampilannya semakin menarik dan terlihat segar bagi siapa saja yang melihat. Selain itu, cukup banyak variasi dari minuman ini, dan beberapa di antaranya bahkan tidak memerlukan minuman beralkoholnya.

Sex on The Beach Drink in Hurricane Glass

Jadi, apa pun jenis minuman yang Anda sajikan, Gelas Hurricane adalah pilihan yang tepat untuk membuat tampilan minuman menjadi lebih segar, menarik, dan elegant. Selamat mencoba!

Snifter glass atau goblet

Snifter glass atau goblet adalah jenis gelas yang sangat cocok untuk menyajikan minuman berbasis brandy atau minuman beralkohol yang memiliki aroma kuat. Bentuknya yang mirip belanga atau mangkuk kecil dengan ujung yang menyempit pada bagian atasnya, membuatnya sangat populer di kalangan pecinta minuman beralkohol. Snifter glass banyak digunakan pada acara formal seperti pernikahan, ulang tahun, acara bisnis, dan lain sebagainya.

Bawa Snifter glass dengan menggunakan bagian bawahnya. Hal ini dilakukan agar minuman yang disajikan di dalamnya tidak mengalami perubahan suhu yang drastis akibat suhu tubuh. Sebelum menuangkan minuman, anda perlu membilas Snifter glass menggunakan air hangat atau whiski. Hal ini akan memastikan bahwa Snifter glass bersih dari bau atau rasa yang tidak diinginkan. Kemudian, tuangkan minuman ke Snifter glass dan biarkan minuman berkontak dengan udara terbuka selama beberapa saat sebelum diminum.

Banyak orang percaya bahwa Snifter glass bisa membantu untuk memperkuat aroma minuman karena bentuknya yang memungkinkan udara terbuka masuk ke dalam Snifter glass. Hal ini bisa membantu melepaskan aroma yang lebih kaya dan komprehensif, dan pada saat yang sama mempertahankan rasa minuman. Snifter glass tidak hanya menyajikan minuman dengan baik, namun juga menampilkan kesan yang elegan dan mewah.

Selain untuk minuman berbasis brandy dan minuman beralkohol dengan aroma kuat, Snifter glass juga bisa digunakan untuk menyajikan minuman seperti wiskey, cognac atau brandy baru yang ingin diuji. Menggunakan Snifter glass untuk minuman tersebut akan memastikan bahwa aroma dari minuman tersebut bisa diperkuat dan dirasakan dengan lebih baik.

Selain itu, Snifter glass juga merupakan pilihan yang sangat bagus untuk hadiah, terutama untuk orang yang sangat menghargai minuman berbasis brandy dan minuman beralkohol lainnya. Banyak tempat menjual Snifter glass dalam bentuk set, yang menyajikan beberapa Snifter glass beserta kotak cantik untuk menyimpannya. Set Snifter glass ini bisa menjadi hadiah yang sangat unik dan bermanfaat bagi orang yang Anda berikan hadiahnya.

Terakhir, Snifter glass adalah salah satu dari jenis-jenis gelas khusus yang bisa digunakan untuk menyajikan minuman dengan lebih elegan dan mewah. Baik untuk minuman beralkohol maupun minuman non-alkohol, penggunaan Snifter glass dapat membantu memperkuat aroma, rasa, dan kesan dari minuman tersebut. Sebagai pecinta minuman, Snifter glass pasti harus ada di dalam koleksi peralatan bar atau koleksi pribadi Anda sendiri.

Snifter Glass

Jenis Jenis Glassware yang Tepat untuk Menunjang Pengalaman Bersantap di Hotel

Menggunakan glassware yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan akan memberikan pengalaman bersantap di hotel yang lebih berkesan dan elegan. Namun, dengan beragamnya jenis-jenis glassware yang tersedia, tidak jarang para pengunjung hotel bingung dalam memilih glassware yang tepat. Berikut adalah beberapa jenis glassware yang tepat untuk menunjang pengalaman bersantap di hotel:

1. Wine glass

Wine glass atau gelas anggur merupakan salah satu jenis glassware yang paling umum digunakan di hotel. Gelas berbentuk cembung ini dirancang agar anggur dapat mengeluarkan aroma dan rasanya dengan optimal. Wine glass terbagi menjadi tiga jenis, yaitu sparkling wine glass, white wine glass, dan red wine glass. Para pengunjung hotel sebaiknya mengetahui perbedaan ketiga jenis wine glass tersebut agar dapat menikmati anggur dengan maksimal.

2. Champagne flute

Champagne flute atau gelas sampanye memiliki bentuk yang tinggi dan ramping. Gelas ini dirancang agar gelembung udara dalam sampanye dapat bertahan lebih lama. Selain itu, gelas yang elegan ini juga bisa menambah kesan mewah pada acara spesial di hotel.

3. Martini glass

Martini glass atau gelas martini memiliki bentuk yang unik, yaitu berbentuk kerucut pada bagian atas dan bertangkai panjang. Gelas ini biasanya digunakan untuk menyajikan minuman koktail, seperti martini, sehingga dapat memberikan kesan elegan dan anggun pada acara di hotel.

4. Old-fashioned glass

Old-fashioned glass, atau sering juga disebut rocks glass, merupakan jenis glassware yang biasanya digunakan untuk menyajikan minuman beralkohol yang dicampur dengan es batu. Bentuknya yang pendek dan bulat membuat minuman terlihat lebih keren dan elegan.

5. Highball glass

Highball glass adalah jenis glassware yang biasanya digunakan untuk menyajikan minuman yang dicampur dengan soda atau air soda. Gelas ini berbentuk setengah silinder dan cukup tinggi. Biasanya digunakan untuk menyajikan minuman seperti gin and tonic, ataupun cocktail jenis highball lain.

6. Shot glass

Shot glass merupakan jenis glassware yang dirancang khusus untuk menyajikan minuman beralkohol dalam jumlah sedikit atau disebut “shot”. Biasanya digunakan untuk menyajikan minuman beralkohol cair seperti tequila atau whiskey.

7. Snifter glass

Snifter glass atau brandy glass terlihat seperti wine glass yang lebih kecil dan gemuk. Glassware ini dirancang agar aroma dari minuman beralkohol seperti brandy, cognac, atau whiskey dapat keluar dengan sempurna dan memberikan pengalaman bersantap di hotel yang kian berkesan.

8. Beer glass

Beer glass atau gelas bir memiliki beragam jenis yang didesain khusus untuk menyajikan jenis bir tertentu. Misalnya, pilsner glass dirancang untuk bir dengan tingkat karbonasi yang tinggi, sedangkan wheat beer glass digunakan untuk bir gandum yang cenderung tidak berkarbonasi.

9. Tumbler glass

Tumbler glass adalah jenis glassware yang berukuran besar dan digunakan untuk menyajikan air mineral atau jus buah. Disebut tumbler karena bentuknya yang memanjang ke atas seperti terbalik dan tidak memiliki tangkai.

10. Dessert glass

Dessert glass adalah jenis glassware yang digunakan untuk menyajikan makanan pencuci mulut. Ada banyak bentuk dan ukuran yang berbeda untuk dessert glass, dan biasanya bentuknya unik untuk menambah kesan elegan pada hidangan pencuci mulut.

Conclusion

Dalam menentukan menggunakan jenis glassware yang tepat, para pengunjung hotel harus menyesuaikan dengan jenis minuman atau jenis makanan yang disajikan dan acara yang dihadiri di hotel. Terlebih lagi, dengan penggunaan glassware yang tepat dan sesuai, pengalaman bersantap di hotel pasti akan terasa lebih berkesan dan elegan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button