Kampus

Jadwal Wisuda Kampus di Yogyakarta 2021

Ketentuan dan Persiapan Sebelum Wisuda


wisuda kampus di jogja

Wisuda adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh para mahasiswa. Ini adalah saat di mana mahasiswa akan diwisuda dan merayakan kelulusan mereka dari perguruan tinggi. Bagi mahasiswa, momen ini adalah suatu hal yang sangat membanggakan dan menjadi impian mereka sejak awal kuliah. Namun, sebelum tanggal wisuda tiba, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang ketentuan dan persiapan sebelum wisuda di kampus di Jogja.

1. Melakukan Registrasi Wisuda
Sebelum wisuda, mahasiswa harus mendaftar terlebih dahulu untuk mengikuti acara tersebut. Biasanya, proses registrasi wisuda dilakukan melalui website kampus atau melalui bagian akademik kampus. Pastikan untuk memeriksa jadwal wisuda terlebih dahulu agar Anda tidak ketinggalan registrasi. Setelah melakukan registrasi, Anda akan menerima informasi lengkap tentang proses wisuda dan peraturan yang harus diikuti.

Biasanya, ada biaya registrasi wisuda yang harus dibayarkan. Hal ini untuk mengakomodasi semua kebutuhan selama proses wisuda. Biaya tersebut dapat mencakup sewa toga wisuda, sertifikat, dan biaya administrasi lainnya. Pastikan Anda membayar biaya registrasi tepat waktu agar tidak terlambat atau terkena denda.

2. Memilih Toga Wisuda dengan Benar
Toga wisuda adalah salah satu atribut yang paling penting dalam acara wisuda. Ada beberapa jenis toga wisuda, dan biasanya toga wisuda dibagi menjadi dua jenis yaitu toga biasa dan toga magna cum laude. Jika Anda lulus dengan IPK yang tinggi, Anda dapat memilih toga magna cum laude yang lebih eksklusif dibandingkan dengan toga biasa. Pastikan Anda memilih toga wisuda dengan tepat dan sesuai dengan kelas lulusan Anda.

3. Memilih Baju yang Tepat
Selain toga wisuda, Anda juga harus memilih baju yang tepat untuk dikenakan di bawah toga. Biasanya, warna baju yang dipilih adalah putih atau hitam agar tidak terlihat dari luar toga wisuda. Namun, beberapa kampus memiliki aturan tentang warna baju yang harus dipakai. Pastikan Anda memeriksa aturan tersebut sebelum membeli baju wisuda.

4. Merencanakan Transportasi dan Akomodasi
Pastikan untuk merencanakan transportasi dan akomodasi sebelum hari wisuda. Biasanya, acara wisuda dilaksanakan di gedung perkuliahan kampus atau di gedung serbaguna yang cukup luas. Namun, karena banyaknya orang yang hadir dalam acara wisuda, tentu akan terjadi kemacetan. Pastikan untuk memilih kendaraan atau moda transportasi yang cukup besar, seperti taksi atau bus untuk mencapai gedung wisuda. Periksa juga hotel atau penginapan terdekat yang dapat dipesan untuk memudahkan akomodasi setelah wisuda selesai.

Itulah beberapa ketentuan dan persiapan sebelum wisuda di kampus di Jogja. Pastikan Anda memahami semua persyaratan yang harus dipenuhi sebelum hari wisuda dan menyediakan semua peralatan dan baju yang dibutuhkan. Hal ini akan membuat Anda lebih siap dan percaya diri saat menggunakan toga wisuda dan lulus dari perguruan tinggi. Selamat menikmati momen wisuda dan semoga sukses!

Jadwal Wisuda Kampus di Yogyakarta


UIN Sunan Kalijaga wisuda

Wisuda merupakan perayaan penting bagi para mahasiswa yang telah menyelesaikan tugas akhir dan berhasil mendapatkan gelar sarjana atau diploma. Wisuda juga menjadi momen yang sangat spesial bagi keluarga dan teman-teman dekat dari mereka yang baru saja melewatkan masa-masa kuliahnya. Untuk itulah, penting bagi setiap kampus untuk menetapkan jadwal wisuda yang tepat dan terstruktur.

universitas sebelas maret jurusan pendidikan luar sekolah wisuda

Universitas Terkemuka di Jogja yang Mengadakan Wisuda

Jogja dikenal sebagai kota pelajar, karena terdapat banyak universitas terkemuka yang berada di sana. Para mahasiswa dari berbagai daerah datang ke Jogja untuk mengejar impian dan meraih pendidikan tinggi di universitas-universitas di Jogja. Beberapa universitas terkemuka di jogja yang mengadakan wisuda adalah:

1. Universitas Gadjah Mada

wisuda ugm

Ugm merupakan universitas terkemuka di jogja yang dikenal karena kualitas pendidikannya yang unggul. Setiap tahunnya, ugm mengadakan wisuda yang dihadiri oleh ribuan orang. Wisuda ugm diadakan setiap semester untuk lulusan yang telah menyelesaikan studi dengan IPK yang memenuhi syarat. Terdapat dua sesi wisuda yaitu sesi pagi dan sore. Prosesinya pun sangat meriah dengan beragam kostum dan akesesoris.

2. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

UIN Sunan Kalijaga

Uin Sunan Kalijaga merupakan perguruan tinggi Islam negeri yang berada di Jogjakarta. Selain mengadakan prosesi suci wisuda, uin sunan kalijaga juga mengadakan pelepasan alumni yang diberi nama Khataman. Pelepasan alumni ini merupakan wujud syukur atas persembahan dari para calon cendikiawan muslim. Setiap tahun diadakan dua kali yaitu pada bulan Juni dan Desember.

3. Universitas Sebelas Maret

Universitas sebelas maret

Universitas yang terletak di Surakarta ini juga turut meramaikan acara wisuda para mahasiswa. Universitas ini memiliki 12 fakultas dan 30 program studi yang tersebar di tiga kampus yaitu Kampus UNS Kentingan, UNS Kartasura, dan UNS Pabelan. Prosesi wisuda uns juga selalu dihadiri oleh pejabat pemerintah, gubernur, dan alumni terkenal.

4. STIE YKPN

stie ykpn wisuda

Stie YKPN merupakan perguruan tinggi swasta di jogja yang berdiri sejak tahun 1981. Prosesi wisuda di stie ykpn cukup unik dengan mengusung tema “Karnaval Akademik”. Para wisudawan mengenakan kostum yang beraneka ragam dan atraktif. Karnaval akademik ini merupakan wujud dari kegembiraan para wisudawan yang telah lulus dari perguruan tinggi dan siap melangkah ke dunia kerja.

Prosedur Pelaksanaan Wisuda


jadwal wisuda kampus di jogja

Wisuda merupakan momen yang sangat penting bagi para mahasiswa. Saat wisuda, mereka merayakan keberhasilan mereka dalam menyelesaikan pendidikan yang mereka tempuh selama ini. Setiap kampus biasanya memiliki prosedur pelaksanaan wisuda yang berbeda-beda. Berikut adalah prosedur pelaksanaan wisuda di kampus-kampus di Jogja yang harus diketahui oleh mahasiswa yang akan segera menyelesaikan studinya.

1. Pendaftaran Wisuda

pendaftaran wisuda

Pendaftaran wisuda biasanya dilakukan beberapa bulan sebelum pelaksanaan acara. Para mahasiswa harus mengisi formulir pendaftaran wisuda dan membayar biaya wisuda yang telah ditentukan oleh kampus. Di beberapa kampus, mahasiswa juga harus membayar uang jaminan yang akan dikembalikan setelah acara wisuda selesai dengan sukses. Mahasiswa juga dapat memilih paket wisuda yang disediakan atau memilih untuk mengikuti acara wisuda tanpa memilih paket.

2. Pengambilan Undangan Wisuda

undangan wisuda

Setelah mendaftar untuk wisuda, para mahasiswa akan mendapatkan undangan wisuda. Hal ini biasanya dilakukan beberapa minggu sebelum pelaksanaan wisuda. Undangan wisuda harus diambil oleh mahasiswa bersangkutan secara langsung di tempat yang telah ditentukan oleh kampus. Mahasiswa harus membawa kartu identitas dan bukti pembayaran wisuda pada saat mengambil undangan.

3. Rehearsal Wisuda

latihan wisuda

Selain pendaftaran dan pengambilan undangan, setiap kampus biasanya juga melakukan latihan atau rehearsal sebelum pelaksanaan wisuda. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa acara wisuda berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Pada saat latihan, mahasiswa akan dijelaskan mengenai prosesi wisuda, tata cara pengambilan ijazah, dan tata cara berjalan di atas panggung. Mahasiswa juga akan diberikan atribut seperti toga dan jas almamater untuk digunakan selama acara wisuda.

Keberhasilan pelaksanaan wisuda tidak terlepas dari persiapan yang matang. Bagi mahasiswa, persiapan yang baik meliputi survei mengenai jadwal wisuda kampus di jogja serta mempersiapkan diri secara maksimal agar acara wisuda berjalan sukses dan lancar. Dengan mengetahui prosedur pelaksanaan wisuda, para mahasiswa dapat menikmati momen indah dalam perjalanan pendidikan mereka.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button