Kuliner

Menikmati Wisata Kuliner Jogja yang Menggoyang Lidah

Keunikan Instagram Wisata Kuliner Jogja


batagor jogja

Jogja dikenal sebagai salah satu kota yang sangat kaya akan kuliner. Ada banyak makanan khas Jogja yang menjadi tujuan wisata kuliner bagi para pelancong. Tak hanya itu, Jogja juga memiliki banyak tempat makan yang unik yang hanya bisa ditemukan di kota ini. Beberapa tempat makan tersebut bahkan memiliki keunikan yang begitu menarik sehingga mereka menjadi hits di aplikasi Instagram. Berikut ini adalah beberapa keunikan Instagram wisata kuliner Jogja:

Batagor Jogja

batagor jogja

Salah satu makanan yang menjadi andalan di Jogja adalah Batagor Jogja. Batagor merupakan kependekan dari Bakso Tahu Goreng. Batagor Jogja berbeda dengan Batagor yang bisa ditemukan di daerah lain. Batagor Jogja memiliki ciri khas bentuknya yang lonjong dan memiliki bumbu kacang yang kental. Di Jogja, kita bisa menemukan Batagor ini di banyak tempat, namun salah satu tempat yang paling hits di Instagram adalah Batagor Riri yang berada di kawasan Malioboro. Batagor Riri memang memiliki ciri khas yang unik dari bentuk Batagor hingga tata letak hidangannya.

Tempat ini sangat hits di Instagram karena tampilannya yang khas dan unik. Konsep Bakso Tahu Goreng yang disajikan di atas talenan kayu dengan meja bundar kecil di tengahnya begitu terkesan vintage. Banyak para pelancong yang melakukan foto dengan latar belakang tersebut agar bisa diposting di Instagram mereka. Selain itu, pelayanan yang ramah dan suasana yang cozy juga membuat orang betah berlama-lama di tempat ini.

Batagor Riri memiliki cabang di beberapa lokasi di Jogja, namun yang paling terkenal dan hits adalah cabangnya di Jalan Kemetiran Kidul nomor 1, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Angkringan

angkringan jogja

Angkringan bisa dibilang menjadi ciri khas kota Jogja. Angkringan adalah tempat makan kecil yang biasanya berisi meja kecil dan dipenuhi dengan pedagang makanan yang menawarkan beragam makanan tradisional. Angkringan biasanya berisi para pelanggan yang datang untuk mengisi perut sambil ngobrol santai atau sekadar menikmati view jogja malam hari.

Instagrammer pasti tak asing dengan tempat makan satu ini. Angkringan yang hits di Instagram biasanya bukan karena makanannya, melainkan tampilannya dan konsepnya yang begitu unik. Konsep makanan yang dihidangkan di atas daun pisang, dengan bumbu khas dan suasana santai tentu menjadi hal yang sangat unik, terutama bagi orang yang baru pertama kali datang ke Jogja.

Salah satu angkringan yang hits di Instagram adalah Angkringan Kopi Joss Pak Agus. Tempat ini terkenal karena kopi joss yang mereka buat. Kopi Joss adalah kopi yang dicampur dengan arang yang masih membara. Rasa kopi joss cukup unik, ada rasa asap yang bercampur dengan rasa kopi. Selain itu, Angkringan Kopi Joss Pak Agus juga dikenal dengan konsepnya yang unik. Mereka menyediakan meja makan kayu yang bisa digeser ke tepi jalan dan juga ada burung merpati yang berkeliaran di sekitar angkringan.

Angkringan Kopi Joss Pak Agus berlokasi di Jalan Wongsodirjan, Patangpuluhan, Kraton, Yogyakarta.

Mangut Lele

mangut lele jogja

Mangut Lele adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari ikan lele yang dibakar dan kemudian dimasak dengan bumbu yang khas. Biasanya, mangut lele disajikan dengan nasi dan lalapan.

Salah satu Mangut Lele terkenal yang hits di Instagram adalah Mangut Lele Mbah Tum. Tempat ini terkenal dengan konsepnya yang berbeda dengan mangut lele yang dipajang di daerah lain. Mangut Lele Mbah Tum terkenal dengan mangut lele yang bisa dimakan dengan cara dihisap. Selain itu, Mangut Lele Mbah Tum juga menyediakan banyak pilihan makanan lain yang dapat disantap bersama dengan mangut lele.

Banyak yang mengambil foto di sini karena konsepnya yang unik. Tempat duduk yang disediakan adalah tikar di gedung gudang yang dikonversikan menjadi tempat makan. Konsep vintage yang digunakan membuat tempat ini unik dan instagramable. Ada banyak sudut yang bagus untuk berfoto, seperti tempat membakar ikan lele, dan juga tembok-tembok dengan mural yang menarik.

Mangut Lele Mbah Tum berlokasi di Jalan Solo KM 12 No 142, Sendangsari, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

10 Spot Kuliner Instagramable di Jogja


Es Krim Biskuit Cokelat Jogja

Jogja adalah tujuan wisata yang populer di Indonesia. Selain karena keindahan alamnya, Jogja juga populer karena kelezatan kuliner. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke Jogja untuk mencicipi kelezatan kuliner yang hanya bisa didapatkan di sana. Salah satu cara untuk memperkenalkan kuliner Jogja adalah melalui Instagram.

1. Gudeg Pawon


Jogja Gudeg Pawon

Gudeg Pawon adalah restoran yang menjual gudeg khas Jogja. Saking lezatnya, Gudeg Pawon mampu menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah. Desain unik restoran, dengan dinding yang terbuat dari batu bata, membuat Gudeg Pawon menjadi salah satu spot instagramable di Jogja. Selain itu, gudeg di sini juga dimasak dengan cara tradisional menggunakan tungku.

2. Es Krim Biskuit Cokelat


Es Krim Biskuit Cokelat Jogja

Tidak hanya terkenal dengan gudegnya, Jogja juga memiliki es krim yang lezat. Es krim biskuit cokelat di Jogja sangat terkenal dan menjadi favorit wisatawan. Es krim di sini dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi, dan disajikan dengan biskuit cokelat yang renyah. Selain rasanya yang lezat, es krim biskuit cokelat juga memiliki tampilan yang menarik di Instagram. Sangat cocok untuk teman nongkrong di sore hari.

Es krim biskuit cokelat pertama kali dikenal dengan nama “Angkringan Lik Man”. Saat ini, es krim biskuit cokelat sudah bisa ditemukan di beberapa tempat di Jogja. Namun, di tempat asli Lik Man di Jl. Wongsodirjan, pusat kota Jogja, kamu bisa merasakan sensasi makan es krim dengan suasana khas Jogja.

3. Bakmi Mbah Gito


Bakmi Mbah Gito Jogja

Bagi pecinta mie, Bakmi Mbah Gito adalah spot wajib saat berkunjung ke Jogja. Bakmi Mbah Gito terkenal dengan citarasa mi-nya yang khas dan kuahnya yang gurih. Selain itu, Bakmi Mbah Gito juga memiliki suasana yang unik, dengan interior yang terbuat dari kayu dan nuansa panjang jawa. Cocok bagi kamu yang ingin merasakan kuliner khas Jogja dengan suasana yang menarik di Instagram.

4. Kedai Kopi Klothok


Kedai Kopi Klothok Jogja

Bukan sekedar kedai kopi biasa, Kedai Kopi Klothok merupakan tempat yang cocok untuk kamu yang ingin menikmati suasana santai sambil menikmati kopi khas Jogja. Lokasinya yang berada di tengah-tengah sawah membuatnya menjadi spot Instagramable dan cocok bagi kamu yang ingin berfoto dengan latar belakang alam yang asri. Selain kopi, Kedai Kopi Klothok juga menyediakan makanan ringan seperti bakso.

Baca Juga :   Kuliner Jogja dengan Pemandangan yang Menakjubkan

5. Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak Pak Pong Jogja

Sate Klathak Pak Pong telah menjadi legenda di Jogja. Penjual sate ini buka di pinggir jalan dan disajikan dengan tusuk sate yang terbuat dari kayu. Kuah kacangnya sangat lezat dan pedas, sesuai dengan selera orang Jogja. Spot ini sangat cocok bagi kamu yang ingin merasakan sate khas Jogja dengan suasana jalan yang asri dan spot foto yang instagramable.

6. Kopi Joss


Kopi Joss Jogja

Kopi Joss adalah minuman khas Jogja yang terkenal dengan sensasi ledakan di dalamnya. Kopi Joss dibuat dengan mencelupkan 1 butir arang panas ke dalam cangkir kopi. Ketika arang tersebut terkena kopi, maka akan muncul gelembung dan ledakan kecil. Rasa kopi di Kopi Joss terasa khas, dengan rasa yang lebih kuat dan pahit. Spot ini cocok untuk kamu yang ingin mencicipi kopi unik dan juga ingin mengabadikannya di Instagram.

7. Bebek Goreng H. Slamet


Bebek Goreng H. Slamet Jogja

Selain kuliner khas Jawa, Jogja juga memiliki kuliner yang berasal dari Betawi, yaitu bebek goreng. Bebek Goreng H. Slamet adalah salah satu tempat yang harus kamu kunjungi jika ingin merasakan bebek goreng khas Betawi. Bebek goreng di sini sangat renyah dan gurih, cocok untuk disantap dengan nasi atau lontong. Spot ini sangat cocok bagi kamu yang ingin merasakan bebek goreng Betawi dengan suasana dan spot foto yang pasti di Instagram.

8. Pecel Kawi


Pecel Kawi Jogja

Pecel Kawi adalah tempat makan yang terkenal dengan pecelnya yang khas. Pecelnya yang disajikan dengan daun singkong, kangkung, kacang tanah, dan remah-remah pastinya akan membuat kamu ketagihan. Desain tempat makan yang sederhana membuat suasana Pecel Kawi terasa merakyat dan cocok bagi kamu yang ingin merasakan pecel khas Jogja dengan suasana yang tidak formal.

9. Warung Iga Bakar Mbah Jum


Warung Iga Bakar Mbah Jum Jogja

Jika kamu suka dengan makanan barbeque, maka kamu harus mencoba Warung Iga Bakar Mbah Jum. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 2007 dan menjadi salah satu tempat makan favorit di Jogja. Iga bakarnya yang gurih dan empuk membuat kamu pasti ketagihan. Spot ini cocok bagi kamu yang ingin merasakan makanan barbeque dengan suasana yang sederhana namun tetap enak dan Instagramable.

10. Depot Setiawan


Depot Setiawan Jogja

Depot Setiawan menyajikan kuliner khas Jawa dengan harga yang terjangkau. Warung yang sederhana ini sangat cocok bagi kamu yang ingin merasakan kuliner khas Jogja dengan harga yang terjangkau namun tetap enak dan Instagramable. Di sini kamu bisa menikmati berbagai jenis makanan khas Jawa seperti nasi gudeg, nasi liwet, dan lain-lain.

Itulah 10 spot kuliner Instagramable di Jogja yang wajib kamu kunjungi. Selain untuk memuaskan perut, kamu juga bisa menyimpan kenangan indah bersama teman atau pasangan dengan fotografi di spot Instagramable yang ada di tempat-tempat tersebut. Selamat menjelajahi wisata kuliner Jogja!

Mencicipi Makanan Lezat yang Khas di Instagram Wisata Kuliner Jogja


kuliner jogja

Jogja, salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan wisata kuliner yang melimpah. Banyak sekali makanan khas Jogja yang wajib dicoba, karena rasanya yang unik dan menggoda selera. Di Instagram wisata kuliner Jogja, kamu bisa menemukan banyak sekali foto makanan lezat yang pasti bikin ngiler!

1. Gudeg Bu Tjitro
gudeg jogja

Salah satu makanan yang wajib dicoba di Jogja adalah gudeg. Gudeg begitu populer di Jogja, sehingga tak heran jika banyak sekali restoran yang menyuguhkan menu ini. Namun, di Instagram wisata kuliner Jogja, ada sebuah foto Gudeg bu Tjitro yang begitu menggoda. Gudeg ini terlihat begitu lezat dengan tambahan ayam dan telur, serta kuahnya yang gurih. Kamu bisa mencicipi menu ini langsung di restoran Gudeg Bu Tjitro yang terkenal itu.

2. Bakmi Jawa Mbah Gito
bakmi jawa

Makanan yang satu ini juga tak kalah populer di Jogja. Bakmi Jawa Mbah Gito yang terkenal dengan piawai dalam bumbunya. Terlihat dari foto yang ada di Instagram wisata kuliner Jogja, bakmi ini memiliki tampilan yang simple namun begitu menggiurkan dengan isiannya yang melimpah. Kamu bisa mencicipi kenikmatan bakmi ini jika berada di daerah Bantul. Selain itu, kamu juga bisa mencari restoran lain yang menyediakan bakmi jawa dengan cita rasa yang tidak kalah lezatnya.

3. Sate Klathak Pak Pong
sate klathak

Satu lagi makanan yang wajib dicoba selama berada di Jogja adalah sate klathak. Namun, di antara banyaknya penjual sate klathak, terdapat satu yang sangat terkenal di Instagram wisata kuliner Jogja, yaitu Sate Klathak Pak Pong. Dari foto yang ada, sate klathak di sini terlihat sangat juicy dan enak. Kamu akan terkejut dengan ukuran tusuk sate yang super besar dan potongan dagingnya pun sangat berlimpah. Kamu bisa mencicipi sate klathak ini dengan harga yang terjangkau di Yogyakarta.

Itulah tiga makanan khas Jogja yang wajib kamu cicipi ketika mengunjungi kota ini. Dengan melihat foto-foto di Instagram wisata kuliner Jogja, pasti bikin keinginanmu menjelajahi kuliner Jogja semakin meningkat. Namun jangan lupa, setelah menikmati makanan lezat, segeralah keluar berolahraga agar tubuhmu tetap sehat!

Gaya Foto dan Edit Instagramable yang Cocok untuk Wisata Kuliner Jogja


wisata kuliner jogja

Bagi para pengguna Instagram, foto yang instagramable merupakan hal yang sangat penting. Begitu juga dengan foto makanan saat berkunjung ke tempat wisata kuliner di Jogja. Apalagi Jogja memiliki banyak tempat wisata kuliner yang menjadi primadona wisatawan ketika berkunjung ke Jogja. Berikut adalah beberapa tips gaya foto dan edit Instagramable yang cocok untuk wisata kuliner Jogja.

1. Gunakan Cahaya Alami


Foto Wisata Kuliner dengan Cahaya Alami

Pertama, hindari penggunaan flash saat memotret makanan. Gunakan cahaya alami yang tersedia di lokasi, seperti di atas meja di area outdoor atau dekat jendela di area dalam ruangan. Hal ini akan memberikan foto yang lebih cerah dan natural.

2. Pilih Sudut yang Tepat


Foto Wisata Kuliner dari Sudut yang Tepat

Pilih sudut yang tepat saat memotret makanan di wisata kuliner Jogja. Cobalah beberapa sudut, seperti dari sisi, sudut atas atau miring. Hasil fotonya akan lebih menarik dan instagramable.

3. Fokus pada Satu Objek Makanan


Foto Objek Makanan pada Wisata Kuliner Jogja

Saat memotret makanan di wisata kuliner Jogja, fokus pada satu objek makanan saja. Ini akan memberikan hasil yang lebih profresional dan tidak bertele-tele. Cobalah untuk menjadikan objek tersebut sebagai fokus utama.

Baca Juga :   Kuliner Jogja Terbaru yang Wajib Dicoba

4. Edit Foto dengan Aplikasi


Edit Foto Wisata Kuliner Jogja dengan Aplikasi

Selain mengambil foto yang instagramable, pengguna Instagram juga dapat mengedit fotonya dengan aplikasi. Ada beberapa aplikasi editing foto yang bisa digunakan seperti VSCO, Lightroom mobile, Snapseed dan lainnya. Namun, pastikan editannya tidak terlalu banyak sehingga tetap memberikan hasil yang natural dan sesuai dengan kondisi.

Dalam penggunaan aplikasi, dapat dikombinasikan dengan filter atau efek bawaan aplikasi. Akan tetapi, sebaiknya gunakan filter/efek yang masih terlihat natural sehingga tetap representatif dengan wisata kuliner Jogja.

5. Berikan Caption yang Menarik


Caption menarik foto wisata kuliner jogja

Terakhir, berikan caption yang menarik pada foto makanan di wisata kuliner Jogja. Tuliskan deskripsi makanan dan tempat wisata kuliner tersebut makin terkesan kepada teman-teman pada Instagram. Sebagai contoh, beberapa caption eksotis mungkin sebagai berikut:

  • Let’s taste it! Mie Ayam &chevron; Bakso Paling Enak di Malioboro.
  • Ketagihan! Gudeg Super gede di UGM's Cafeteria.
  • Cahaya City Nightp dan mie instan Seblak KarasaL, malam Jogja makin ramai. Let’s Dine Out!

Pilih Wisata Kuliner yang Buka di Malam Hari


Wisata Kuliner Jogja Malam

Bagi pecinta wisata kuliner, jogging Jogja di malam hari menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak tempat makan yang buka di malam hari dan cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan siang hari. Anda bisa memulainya dengan berkunjung ke angkringan yang tersebar di pelosok kota Jogja. Kudapan khas Jogja seperti nasi kucing, campur, mie ayam dan lain-lain bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Tak hanya di angkringan, beberapa resto juga buka di malam hari seperti Beringharjo Market dan Pecel Solo Beringharjo. Restoran ini berada di pinggir pasar Beringharjo dan menawarkan menu pecel yang lezat dan harga yang terjangkau. Bukan hanya untuk menyantap makanan lezat, tapi juga mengenal lebih dekat wisata kuliner di Jogja.

Jogja dengan suasananya yang jadul dan keberadaanya yang artistic juga memiliki beberapa tempat santap malam tak kalah menarik, diantaranya adalah tempat makan di Jalan Prawirotaman. Terdapat berbagai macam menu lezat dengan harga yang sangat terjangkau.

Tempat lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Warung Bu Ageng. Terletak di Cangkringan, warung ini memiliki sajian makanan yang unik dan menarik. Harga yang terjangkau, dan suasana yang tradisional juga menambah sensasi di saat Anda berkunjung ke warung ini. Di Jogja, kuliner dan suasana tradisional merupakan hal yang sulit untuk dipisahkan.

Kuliner malam di Jogja juga tidak lengkap tanpa mengunjungi Malioboro. Di area ini, banyak penjual makanan dan minuman yang bertebaran, mulai dari makanan berat, camilan, minuman tradisional hingga minuman kopi. Hidangan yang ditawarkan sangat beragam dan tentunya pas dengan selera Anda. Yang lebih memperkaya wisata kuliner di Jogja yaitu harga dari makanan dan minuman di sini sangat terjangkau.

Manfaatkan Promo dan Diskon


WIlly's Jogja

Cari informasi promo dan diskon di restoran dan kedai makanan yang akan Anda kunjungi, karena bisa menjadi cara efektif membuat anggaran liburan Anda tidak membengkak. Karena di Jogja, setiap restoran dan tempat kuliner selalu memberikan promo-promo untuk menarik pengunjung. Anda bisa mengikuti akun Instagram mereka, atau bergabung ke grup promo kuliner di Jogja seperti #jogjapromo, #jogjakuliner atau #jogjasnack.

Di beberapa restoran, dengan menunjukkan struk dari restoran sebelumnya, kamu bisa mendapatkan diskon yang tentunya berguna untuk menghemat anggaran selama berlibur di Jogja. Contohnya dibanyak tempat, berbelanja di restoran selanjutnya akan memberikan diskon atau bonus. Terdapat diskon sebesar 5% pada jam tertentu atau pada hari tertentu. Dalam menghemat anggaran selama liburan di Jogja, manfaatkan promo-promo bebas biaya atau diskon dari restoran sebanyak mungkin.

Pilih Lokasi di Luar Kota


Pantai Baron

Jogja dikenal sebagai kota budaya. Memiliki banyak destinasi wisata dan tempat makan terbaik. Di banyak destinasi wisata alam Jogja terdapat kios dan penjual makanan yang terjangkau dan enak. Seperti jika Anda ingin menikmati makanan khas pantai Jogja, Anda tidak perlu khawatir akan merogoh kocek yang dalam. Anda bisa pergi ke Pantai Baron yang jaraknya sekitar 1-2 jam perjalanan dari pusat kota. Di pantai ini, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu mempesona dan menikmati wisata kuliner khas di sana yang pastinya akan menghemat budget liburan Anda.

Selain Pantai Baron, Anda dapat mengunjungi tempat seperti Kulon Progo, Kota Gede, dan Parangtritis. Sementara Kota Gede lebih dikenal dengan wisata pusaka dan wisata kuliner. Destination wisata satu ini sudah ditetapkan UNESCO sebagai city of culinary. Oleh karena itu, di sana anda bisa menemukan banyak kuliner khas salah satunya bakpia dan berbagai jenis kue khas Jogja. Disamping itu, jika Anda bersama keluarga dan teman maka bisa mampir ke destinasi wisata menara penginapan, Puncak Becici atau Go Green Park Kaliurang.

Nikmati Aneka Kuliner Pedas


Pedas Senayan Jogja

Di Jogja, kuliner pedas sangat mudah ditemukan. Begitu banyaknya kuliner yang pedas, bahkan Kadang-kadang mengakibatkan selera orang yang tidak terlalu kuat berubah. Namun, dengan menambahkan sedikit gula, sensasi pedas pada makanan bisa berkurang. Selain mengatasi sensasi pedas, tambahan gula juga bisa membuat rasa makanan menjadi lebih lezat. Contohnya Sambal klasik Jogja selalu lebih pedas dan bisa mempengaruhi resep masakan. Anda bisa menemukan beberapa warung makan yang spesialis menyajikan hidangan berbasis pedas, seperti Sate Klathak, Gudeg Wijilan, serta makanan pedas lainnya yang mudah ditemukan selama perjalanan wisata kuliner Anda di Jogja.

Kenali Tradisi Budaya Masyarakat Jogja


Jogja Parade

Yogyakarta dikenal sebagai kota budaya dan melestarikan tradisi. Di setiap event yang ada di Jogja, tentunya banyak penjual makanan yang bertebaran di sana. Salah satu contohnya adalah Yogyakarta Tugu Jogja event tahunan yang terkenal seantero nusantara. Di event ini, banyak warung yang menjual kudapan khas Jogja seperti nasi kucing, jadah, cenil, dan lain-lain. Pastinya, bagi pecinta kuliner ini menjadi hal yang sangat sayang jika melewatkan event-event tersebut. Selain dapat menikmati kuliner khas Jogja, juga dapat menikmati kegiatan tradisional lainnya, seperti wayang kulit ataupun lagu kroncong. Ngayogjakarta; Tourism And Culture Carnival (Jogja Parade) menjadi pilihan lain yang bisa Anda saksikan dan tentunya nikmati kuliner yang khas Jogja.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button