Kuliner

Kuliner Jogja yang Patut Dicoba

Mencicipi Kuliner Legendaris di Jogja


Gudeg Mercon Jogja

Indonesia memiliki warisan kuliner yang luar biasa dan Jogja memiliki ciri khasnya sendiri dalam hal wisata kuliner. Kota ini terkenal akan keramahan penduduk lokal serta beragam hidangan yang tak hanya lezat tetapi juga terjangkau. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke Jogja, tidak lengkap rasanya jika tidak menjelajahi kuliner legendaris di sana.

Salah satu dari kuliner legendaris di Jogja adalah Gudeg Mercon. Seperti namanya, makanan ini benar-benar “mercon” atau pedas. Gudeg Mercon berasal dari suatu daerah di Jogja yang disebut Wijilan, yang terkenal dengan makanannya. Gudeg terbuat dari nangka muda dan dimasak dalam waktu lama dengan campuran rempah-rempah dan bahan-bahan lainnya seperti kerupuk, telur, tempe, dan ayam. Gudeg Mercon, yang secara tradisional disajikan dengan nasi dan ayam, adalah salah satu dari kuliner khas yang paling disukai oleh masyarakat Jogja.

Gudeg Mercon terdapat di sejumlah warung makan yang tersebar di Jogja. Namun, salah satu yang paling terkenal adalah Warung Bu Tjitro di Jalan Ahmad Yani. Warung ini selalu ramai dengan pengunjung, terutama pada saat makan siang. Warung Bu Tjitro terkenal dengan jajanan tradisional, namun yang paling terkenal adalah Gudeg Mercon-nya. Selain itu, warung ini menyediakan berbagai macam hidangan lain yang dengan mudah dapat memikat selera pemakan.

Selain Gudeg Mercon, Kuliner legendaris lainnya di Jogja adalah Bakpia. Bakpia dikenal sebagai oleh-oleh khas Jogja dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh yang dibawa ketika pulang ke kampung halaman. Bakpia terbuat dari adonan tepung ketan yang diisi dengan berbagai macam isian seperti kacang hijau atau keju. Bakpia memiliki rasa manis dengan aroma wangi tepung ketan. Dalam beberapa tahun terakhir, Bakpia juga sudah ada varian berbagai rasa seperti coklat atau stroberi.

Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi Bakpia Jogja adalah Toko Kranggan di Jalan Kaliurang. Toko Kranggan ini merupakan toko oleh-oleh legendaris di Jogja yang sudah buka sejak tahun 1950-an. Mereka menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Jogja termasuk Bakpia Kukus (steam bakpia) dan Bakpia Oven. Meski begitu, keluarga yang membesarkan usaha Toko Kranggan tetap mempertahankan cita rasa lama dan masih memproduksi adonan Bakpia dengan cara tradisional. Inilah yang membuat Bakpia dari Toko Kranggan begitu spesial dibandingkan dengan toko oleh-oleh lainnya.

Jogja memang surganya kuliner dan kedua hidangan ini adalah kunci utama dari keragaman kuliner yang ada di Jogja. Mereka tidak hanya menjadi hidangan legendaris, tetapi juga menjadi simbol dari keramahan Jogja. Dengan mengunjungi Warung Bu Tjitro untuk mencicipi Gudeg Mercon dan Toko Kragangan untuk Bakpia dijamin akan membuat pengalaman di Jogja semakin lengkap.

Kuliner Unik dan Anti Mainstream di Jogja


Es Dawet Ayu Jogja

Siapa yang tidak kenal dengan es dawet ayu? Es khas Jogja ini terbuat dari bahan alami seperti air kelapa, tepung ketan, dan gula merah. Tak hanya segar, es dawet ayu juga memiliki rasa yang unik dan manis. Namun, pada zaman sekarang, es dawet ayu telah dipadukan dengan berbagai varian rasa seperti coklat, kacang, dan durian. Es dawet ayu bisa ditemukan di berbagai tempat di Yogya dengan harga yang cukup terjangkau.

Nah, salah satu variasi es dawet ayu yang unik di Jogja adalah es dawet telasih. Es ini berbeda dari yang lain karena menggunakan bahan utama yaitu daun telasih yang memberikan cita rasa yang spesial bagi penggemarnya. Selain itu, daun telasih juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.

Bakpia Pathok Jogja

Bersantailah di Malioboro, dan Anda akan menemukan berbagai kuliner yang unik dan anti mainstream. Salah satunya adalah bakpia Pathok. Bakpia ini berbeda dari bakpia biasa karena memiliki isian dari kacang hijau giling yang lembut dan manis. Bakpia Pathok juga terkenal sebagai oleh-oleh khas Jogja sehingga banyak pengunjung yang membeli untuk oleh-oleh keluarga di kampung halaman.

Selain bakpia Pathok, Anda bisa mencoba semanggi untuk camilan lapar di Malioboro. Sama seperti bakpia Pathok, semanggi juga merupakan makanan ringan yang terbuat dari campuran adonan tepung ketan dan isi kacang hijau. Namun, yang membedakan semanggi dari bakpia Pathok adalah bentuknya yang menyerupai daun semanggi.

Cerorot Jogja

Kalau Anda ingin mencoba makanan khas Jogja yang nyeleneh, Anda bisa mencoba cerorot. Cerorot adalah makanan dari adonan ketan hitam yang diberi pewarna alami dari daun pandan. Yang membuat cerorot makin unik adalah karena pada kemasannya tersedia dua pilihan rasa yaitu rasa asin dan manis. Untuk rasa asin, cerorot diberi taburan kelapa parut dan garam. Sementara untuk rasa manis, cerorot diisi dengan gula kelapa atau kacang hijau.

Itulah beberapa kuliner unik dan anti mainstream di Jogja yang wajib untuk dicoba. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang berkunjung ke Jogja atau ingin mencari pengalaman kuliner yang berbeda.

Exploring Kuliner Khas Daerah di Jogja

kuliner khas daerah jogja

Jogja is known not only for its cultural richness but also for its unique and delicious culinary offerings. If you’re a culinary enthusiast and visiting Jogja, you shouldn’t miss the opportunity to explore the local cuisine. In this article, we will explore some of the must-try traditional Jogja dishes.

Gudeg


gudeg jogja

Gudeg is the most well-known traditional Jogja cuisine. Made from young jackfruit cooked with coconut milk, palm sugar, and various spices, served with rice, chicken, tofu, and tempe. Gudeg has a sweet taste and has a soft texture that can melt in your mouth. You can find gudeg sellers all over Jogja, but some of the most famous places to try gudeg are Gudeg Yu Djum and Gudeg Pawon.

Bakmi Jawa


bakmi jawa jogja

Bakmi Jawa is a popular noodle dish in Jogja. The noodle is made from egg and wheat flour, and it’s served with shredded chicken, vegetables, peanuts, and soy sauce. The flavor is savory and slightly sweet. You can find Bakmi Jawa street stalls all over the city, especially around the traditional market area, such as Pasar Beringharjo and Pasar Kranggan.

Soto Gading


soto gading jogja

Soto is a type of Indonesian soup, and Soto Gading is a traditional Jogja dish that you must try. This soto is made from chicken broth, served with shredded chicken, bean sprouts, and soun (thin noodle made from starch). The unique thing about Soto Gading is the use of kerupuk (crackers) made from gathot (powdered cassava). You can find Soto Gading sellers in the Gading market area located in the Sleman district.

Sate Klathak


sate klatak jogja

Sate (satay) is a very famous Indonesian food, and there’s a local version of sate that originates from Jogja called Sate Klathak. This sate is made from beef or goat meat on a skewer, grilled on a charcoal fire. The unique thing about Sate Klathak is the skewer, which is made from lidi (bamboo skin) and gives a smoky flavor to the meat. You can find Sate Klathak street stalls around the Parangtritis Beach area, and some of them offer a view of the beach while you enjoy your meal.

Nasi Gudeg Bu Tjitro


nasi gudeg bu tjitro jogja

If you want to try one of the most popular gudeg dishes in Jogja, you should visit Nasi Gudeg Bu Tjitro. This restaurant has been around since 1925 and serves gudeg with various side dishes such as opor ayam, krecek, and sambal goreng krecek. The gudeg and side dishes are very delicious, and the atmosphere of the restaurant is unique and cozy with traditional Javanese decorations. You can find Nasi Gudeg Bu Tjitro at Jl. Wijilan No.167.

Those are some of the must-try traditional Jogja dishes that should be on your list when visiting Jogja. Don’t forget to explore other culinary offerings in Jogja that are waiting to be discovered.

Tempat Nongkrong Asik Sambil Menikmati Kuliner di Jogja


Kuliner Jogja

Jogja atau Yogyakarta memang dikenal dengan wisata kuliner yang sangat kaya akan rasa dan variannya. Namun selain kuliner, Jogja juga memiliki banyak tempat nongkrong asik yang cocok dikunjungi untuk bersantai sambil menikmati kuliner. Berikut adalah beberapa tempat nongkrong asik yang wajib dikunjungi ketika berada di Jogja:

1. Via Via Cafe


Via Via Cafe Jogja

Tempat nongkrong satu ini sudah sangat terkenal dikalangan wisatawan lokal maupun internasional. Lokasinya yang berada tepat di pusat kota Jogja, membuat tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Kelebihan dari tempat nongkrong ini adalah suasana yang sangat nyaman dan tenang, serta menu yang beragam dan pastinya lezat. Berbagai menu dihadirkan dengan cita rasa yang istimewa seperti Nasi Goreng Pedas, Burger, dan Roti Bakar. Selain itu, Via Via Cafe juga menyajikan menu vegetarian yang sangat disukai oleh para wisatawan yang mengutamakan makanan vegetarian.

2. Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Bagi penggemar kuliner khas Jogja, Gudeg tentu menjadi menu wajib untuk dicicipi. Dan, Gudeg Yu Djum adalah salah satu warung Gudeg legendaris yang berada di Jalan Wijilan. Kelezatan rasa Gudeg dan aneka lauk nya membuat tempat nongkrong ini selalu ramai pengunjung. Selain Gudeg yang menjadi menu utama, Warung Gudeg Yu Djum juga menyediakan lauk pauk dengan rasa yang sangat lezat dan pastinya cocok untuk disantap dengan nasi atau lontong.

3. Kedai Kebun Forum


Kedai Kebun Forum Jogja

Kedai Kebun Forum berbeda dengan tempat nongkrong lainnya karena tempat ini memiliki konsep yang sangat unik. Kedai Kebun Forum menyediakan suasana yang sangat nyaman untuk bersantai sambil menikmati makanan. Lokasinya yang berada di lingkungan perkotaan membuat tempat nongkrong ini mempunyai suasana yang sangat hijau dan asri karena di dalamnya juga terdapat taman kecil yang cukup menyejukkan. Selain itu, menu yang dihadirkan juga tidak kalah enaknya dengan menu di tempat nongkrong lainnya seperti French Fries dan aneka burger dengan rasa yang variatif dan pastinya menggugah selera.

4. Warung Ijo


Warung Ijo Jogja

Warung Ijo menjadi salah satu pilihan terbaik untuk nongkrong dan nikmati aneka jajanan dan minuman khas Jogja yang pastinya enak. Warung ini menyajikan aneka makanan ringan dan minuman seperti Wedang Ronde, Bakpia, Tape, dan masih banyak lagi. Yang menarik, kamu dapat menikmati aneka jajanan dan minuman ini di dalam bangunan Joglo yang mempunyai arsitektur khas Jogja sehingga membuat pengunjung merasa betah dan nyaman.

Itulah beberapa tempat nongkrong asik yang cocok untuk dijadikan lokasi bersantai sambil menikmati kuliner di Jogja. Kamu bisa mencoba menu-menu yang ada di tempat ini sekaligus menikmati atmosfer yang unik dan berbeda dari tempat nongkrong lainnya.

Kuliner Halal dan Enak di Jogja


Kuliner Halal dan Enak di Jogja

Salah satu hal yang paling dicari wisatawan ketika berlibur di Jogja adalah kuliner enak dan halal. Tidak perlu khawatir, Jogja memiliki banyak pilihan kuliner halal yang tidak kalah lezat dengan kuliner non-halal. Berikut ini adalah lima kuliner halal dan enak yang wajib dicoba ketika berada di Jogja.

1. Gudeg Mbah Lindu


Gudeg Mbah Lindu

Gudeg adalah salah satu kuliner khas Jogja yang wajib dicoba. Dan Gudeg Mbah Lindu adalah salah satu tempat makan yang terkenal dengan gudegnya yang enak dan halal. Gudeg di tempat ini terkenal dengan gudegnya yang pulen dan manis dengan daging yang empuk. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

2. Bakso Pak Tono


Bakso Pak Tono

Bakso adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Di Jogja, Bakso Pak Tono menjadi salah satu tempat yang populer. Bakso di tempat ini terkenal dengan rasanya yang enak dan halal. Baksonya juga sangat kenyal dan empuk. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

3. Sate Klatak Pak Pong


Sate Klatak Pak Pong

Sate Klatak adalah salah satu kuliner khas Jogja yang wajib dicoba. Sate Klatak Pak Pong adalah salah satu tempat makan yang terkenal dengan sate klataknya yang enak dan halal. Sate Klatak di tempat ini terkenal dengan dagingnya yang empuk, bumbunya yang lezat dan sausnya yang khas. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

4. Nasi Gudeg Yu Djum


Nasi Gudeg Yu Djum

Nasi Gudeg adalah salah satu kuliner khas Jogja yang wajib dicoba. Nasi Gudeg Yu Djum menjadi salah satu tempat makan yang terkenal dengan nasi gudegnya yang enak dan halal. Nasi gudeg di tempat ini terkenal dengan gudegnya yang manis, ayamnya yang empuk dan kreceknya yang gurih. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

5. Es Buah PK Legenda


Es Buah PK Legenda

Es Buah adalah salah satu makanan penutup favorit masyarakat Indonesia. Dan Es Buah PK Legenda menjadi salah satu tempat makan yang terkenal dengan es buahnya yang enak dan halal. Es buah di tempat ini terkenal dengan rasa buah-buahan yang segar dan saus kelapanya yang lezat. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Itulah lima kuliner halal dan enak yang wajib dicoba ketika berlibur di Jogja. Dijamin, kamu tidak akan menyesal mencicipi kuliner-kuliner di atas. Selamat menikmati!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button