Perhotelan

housekeeping hotel adalah

Peran Penting Housekeeping dalam Industri Perhotelan

Pengertian Housekeeping Hotel

Housekeeping hotel adalah departemen yang penting dalam sebuah hotel. Tidak hanya bertanggung jawab untuk membersihkan kamar, housekeeping hotel juga bertugas untuk mempertahankan kebersihan fasilitas dan area publik. Departemen ini bertugas untuk memastikan para tamu merasa nyaman dan aman selama menginap di hotel.

Housekeeping hotel memiliki peran yang vital dalam industri perhotelan. Tim housekeeping hotel bertanggung jawab untuk memastikan kualitas kenyamanan dan kebersihan di hotel terjaga dengan baik. Tidak hanya aspek fisik, mereka juga harus memperhatikan aspek non-fisik seperti keharuman dan pencahayaan untuk menciptakan suasana yang membuat tamu merasa nyaman.

Housekeeping hotel memiliki banyak tugas dan tanggung jawab yang mulai dari perawatan kamar tamu selama menginap, perawatan ruangan dari kekacauan setelah tamu meninggalkan kamar, penyediaan fasilitas dan perlengkapan yang dibutuhkan oleh tamu, hingga menjaga kebersihan gedung.

Selain itu, housekeeping hotel juga melakukan tindakan preventif untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, memastikan selalu ada tisu, sabun, dan air di kursi toilet, serta memastikan kualitas kebersihan kamar benar-benar terjaga dengan baik.

Bahkan, tim housekeeping juga turut berperan aktif dalam memastikan tersedianya perlengkapan sarapan untuk tamu hotel. Pada saat tamu makan di ruang makan hotel, housekeeping hotel turut berperan mempersiapkan dan menjaga kebersihan ruang makan tersebut.

Selain itu, tim housekeeping hotel juga harus mengkoordinasikan pekerjaanya dengan baik. Tim housekeeping hotel harus memastikan bahwa seluruh kamar tamu dan ruangan publik di hotel telah dibersihkan secara merata dan dengan baik sebelum tamu baru tiba.

Tugas-tugas yang dijalankan oleh housekeeping hotel dapat terlihat sebagai tugas yang sederhana, namun jika satu bagian dari pekerjaan tersebut tidak terlaksana dengan baik, maka hal itu dapat mempengaruhi kenyamanan dan kepuasan tamu.

Itulah pengertian housekeeping hotel dan tugas-tugas yang diemban oleh tim housekeeping hotel. Penting bagi sebuah hotel untuk memiliki tim housekeeping hotel yang terlatih dan mampu bekerja dengan baik agar dapat mempertahankan kualitas dari hotel itu sendiri.

Housekeeping Hotel

Membersihkan Kamar

Tugas housekeeping hotel yang paling umum adalah membersihkan kamar tamu. Mereka harus memastikan bahwa kamar bersih dan siap digunakan oleh tamu yang datang. Mereka perlu membersihkan semua bagian di dalam kamar, seperti kamar mandi, kamar tidur, lantai, meja, dan juga jendela. Membersihkan kamar tamu meliputi mengatur tempat tidur, mengganti handuk, membersihkan wastafel, kaca, dan toilet. Housekeeping hotel juga harus memperhatikan detail kecil, seperti menata bantal, selimut, dan sprei dengan rapi.

Kamar Hotel

Mengatur Stok Linen

Housekeeping hotel juga bertanggung jawab untuk mengatur stok linen untuk kamar tamu. Mereka harus memastikan bahwa stok handuk, selimut, sprei, dan linen lainnya selalu tersedia dalam jumlah yang cukup. Hal ini sangat penting dalam menghadapi situasi yang tak terduga seperti adanya tamu ekstra atau pergantian linen kebutuhan tamu. Housekeeping hotel juga harus mengecek kualitas dan kondisi dari linen, dan melakukan penggantian secara berkala.

Stok Linen Hotel

Menyediakan Amenities

Housekeeping hotel juga harus menyediakan segala keperluan tamu di dalam kamar, seperti sabun, shampoo, conditioner, lotion, sikat gigi, dan sebagainya. Mereka perlu memastikan bahwa amenities ini selalu tersedia dalam jumlah yang cukup di setiap kamar tamu dan kondisinya selalu terjaga untuk kenyamanan tamu. Housekeeping hotel juga perlu memperhatikan permintaan tamu terkait keperluan khusus dan menjawab kebutuhan tamu dengan cepat dan efisien.

Amenities Hotel

Mengurus Laundry

Tugas housekeeping hotel yang terakhir adalah mengurus laundry. Housekeeping hotel harus memastikan semua linen yang dipakai oleh tamu, seperti handuk, sprei, dan selimut, selalu dalam keadaan bersih dan siap digunakan. Mereka perlu melakukan perilaku cuci, kering, dan setrika secara berkala, dan mengecek kualitas linen setelah diproses. Housekeeping hotel juga harus memperhatikan ketersediaan deterjen, pewangi, dan lain-lain agar proses laundry tetap berjalan lancar.

Laundry Hotel

Cleanliness is Key in Housekeeping Hotel Adalah

Kepuasan pelanggan adalah hal yang sangat penting dalam industri perhotelan. Sebuah hotel yang bersih dan rapi akan meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan dan akan meningkatkan reputasi hotel dalam jangka panjang. Sebagai salah satu bagian dari housekeeping, housekeeper memegang peranan penting dalam memastikan kebersihan dan kualitas kamar yang diberikan oleh hotel.

Tugas seorang housekeeper adalah meliputi membersihkan kamar, memastikan setiap perlengkapan kamar seperti handuk dan sabun tersedia dan mengganti sprei serta selimut. Selain tugas-tugas tersebut, housekeeper juga harus memperhatikan detail kamar pelanggan. Hal-hal seperti kondisi karpet, dekorasi kamar, dan kualitas udara harus selalu diperhatikan.

Seorang housekeeper harus mampu bekerja dengan cepat dan efektif untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka tanpa meninggalkan kekacauan di kamar pelanggan. Sehingga kamar siap digunakan kembali oleh tamu lain yang akan memerlukan kamar tersebut selanjutnya.

Housekeeper juga harus mampu menjaga keamanan dan privasi tamu selama proses pembersihan dilakukan. Mereka harus menjaga agar barang-barang milik tamu tetap aman dan tidak tersentuh untuk menjaga kepercayaan tamu pada hotel.

Keahlian Housekeeper bukan hanya tentang membersihkan tetapi mereka juga harus mampu bekerja keras dan secara fisik dapat beroperasi selama berjam-jam agar dapat menyelesaikan tugas mereka dalam waktu yang singkat. Ketrampilan komunikasi yang baik juga sangat penting bagi housekeeper untuk dapat berkomunikasi dengan karyawan hotel lainnya untuk memastikan bahwa semua usaha yang dilakukan berjalan sebagaimana mestinya.

Menerapkan sistem kinerja housekeeping yang baik serta memberikan training secara rutin pada housekeeper juga sangat penting. Training harus mencakup penanganan peralatan pembersih dengan benar, tata cara penyimpanan perlengkapan kamar dan bagaimana merawat serta membersihkan bahan-bahan kamar seperti karpet dan upholstery.

Housekeeper memainkan peran penting dalam menjaga kualitas dan kebersihan hotel. Semua usaha yang dilakukan oleh housekeeper adalah untuk tujuan memberikan pengalaman yang luar biasa kepada tamu, dan jika hal tersebut berhasil, maka pelanggan akan kembali lagi ke hotel dan akan merekomendasikan kepada orang lain pengalaman mereka selama menginap di hotel tersebut.

hotel room

Teknik-Teknik Kebersihan pada Housekeeping Hotel Adalah

Pada industri hotel, kebersihan kamar tidur menjadi salah satu faktor terpenting dalam memberikan kenyamanan dan kepuasan untuk para tamu. Oleh karena itu, housekeeping hotel memegang peranan penting dalam menjaga kebersihan kamar tidur. Berikut adalah beberapa teknik-teknik kebersihan yang biasa dilakukan oleh housekeeping hotel:

1. Cuci Vacuum

Cuci vacuum adalah teknik membersihkan karpet atau permadani dengan menggunakan mesin vacuum khusus yang mampu menyerap debu dan kotoran yang menempel pada permukaannya. Teknik ini dilakukan pada permadani atau karpet yang terdapat dalam kamar hotel agar terlihat rapi dan bersih. Cuci vacuum dilakukan secara teratur, minimal satu kali dalam sehari untuk menjaga kualitas kebersihannya.

Di samping itu, housekeeping juga melakukan pembersihan pada permukaan yang sulit dijangkau dengan menggunakan vacuum cleaner seperti mengangkat rak atau lemari kecil untuk membersihkan debu yang menumpuk di bawah benda tersebut.

2. Stripping Bed

Stripping bed adalah teknik membersihkan tempat tidur dengan cara membuka semua perlengkapan, mulai dari selimut, bantal, sprei dan seprai serta sarung bantal. Kemudian housekeeping akan mencuci bahan-bahan tersebut dengan menggunakan deterjen dan pemutih yang efektif untuk menghilangkan noda dan bau tak sedap. Setelah dicuci, semua perlengkapan tersebut dijemur dan kemudian disetrika sebelum dipasang kembali. Teknik stripping bed dilakukan pada setiap tamu yang selesai menginap dan keluar dari kamar hotel.

3. Dusting

Dusting atau membersihkan debu merupakan teknik mendeteksi dan membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada permukaan benda atau sudut yang sulit dijangkau oleh housekeeping hotel. Teknik ini dilakukan dengan memperhatikan saat housekeeping membersihkan debu pada tiap sudut tempat tidur, meja kerja, kusen jendela, papan pengatur lampu dan perlengkapan lainnya. Kertas tisu yang basah dan kering dipakai untuk membersihkan permukaan dengan lembut dan menjaga permukaan tetap bersih dan terawat.

4. Deep Cleaning Secara Berkala


Deep Cleaning

Teknik kebersihan terakhir yang dilakukan oleh housekeeping hotel adalah deep cleaning secara berkala. Deep cleaning adalah teknik pembersihan yang dilakukan lebih intensif dan meliputi seluruh ruangan kamar hotel. Setiap enam bulan sekali, kamar hotel akan diberikan deep cleaning secara menyeluruh. Pada deep cleaning, semua perlengkapan dalam kamar disingkirkan, ditumpuk di satu area khusus untuk di cuci atau di sterilkan. Deep cleaning lebih fokus pada pembersihan bagian-bagian yang sering terlewat dan sukar dijangkau pada saat pembersihan reguler, seperti bagian sudut kamar yang tersembunyi, sela-sela kabinet, ventilasi dan ducting AC, hingga membersihkan bahaya Covid-19 di kamar.

Deep cleaning dilakukan dengan menggunakan teknologi dan alat pembersih khusus yang menghasilkan kebersihan yang lebih baik dengan usaha optimal. Deep cleaning akan membuat kamar hotel terlihat dan terasa bersih, segar, nyaman dan sehat bagi tamu yang menyewa.

Demikianlah teknik-teknik kebersihan yang dilakukan pada housekeeping hotel. Semua teknik ini dilakukan dengan ketelitian dan telaten agar kamar hotel selalu terjaga kebersihan dan kenyamanannya untuk para tamu penginap.

Menghadapi Binatang di dalam Kamar

Menangani binatang di dalam kamar adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh housekeeping hotel. Binatang ini bisa semut, kecoak, hingga tikus. Bagaimana caranya menghadapi masalah tersebut?

Pertama-tama, housekeeping harus memastikan bahwa kamar benar-benar bersih. Karena biasanya binatang masuk ke dalam kamar karena adanya sumber makanan yang tertinggal atau sampah yang tidak dibersihkan dengan baik.

Setelah itu, housekeeping bisa menggunakan pestisida untuk membunuh binatang yang ada di dalam kamar. Namun, pestisida yang digunakan sebaiknya tidak beracun atau tidak akan berbahaya bagi tamu yang menginap.

Walaupun binatang tersebut sudah mati, housekeeping harus tetap membersihkan kamar dengan baik dan menyemprotkan disinfektan di area yang terkena binatang tersebut.

Menghadapi Barang Hilang

Selain binatang, housekeeping juga kadang-kadang menghadapi masalah ketika sebuah barang hilang dari kamar tamu. Bagaimana mengatasi masalah ini?

Langkah pertama tentunya adalah mencari barang tersebut di dalam kamar. Terkadang tamu hanya meletakkan barangnya di tempat yang tidak biasa atau tersembunyi.

Jika sudah dicari namun barangnya tetap tidak ditemukan, housekeeping perlu segera melakukan tindakan selanjutnya. Melaporkan temuan barang yang hilang pada manajemen hotel dan meminta petunjuk tentang tindakan selanjutnya. Bisa meminta informasi pada tamu jika ada barang tertinggal di area lain.

Menghadapi Kebiasaan Tamu yang Tidak Biasa

Saat membersihkan kamar, housekeeping juga bisa menemukan kebiasaan atau perilaku tamu yang tidak biasa. Misalnya, tamu merokok di dalam kamar non smoking, atau tamu meninggalkan kamar dalam keadaan sangat berantakan.

Bagaimana menghadapi masalah ini? Pertama-tama, housekeeping harus memperhatikan aturan dan kebijakan hotel. Jika tamu merokok di dalam kamar non smoking, housekeeping bisa memberi tahu tamu tentang aturan tersebut dan meminta agar tamu tidak melakukannya lagi.

Untuk tamu yang meninggalkan kamar dengan keadaan sangat berantakan, housekeeping harus tetap tenang dan sabar. Membersihkan kamar secara sistematis dan merapikan barang-barang yang ada di dalam kamar.

Menghadapi Masalah Kamar yang Sangat Kotor

Terkadang housekeeping juga menghadapi masalah ketika kamar sangat kotor. Misalnya, ada tamu yang meninggalkan kamar dalam keadaan sangat kotor dan bau, atau tamu yang muntah di dalam kamar.

Bagaimana mengatasi masalah ini? Pertama-tama, housekeeping harus memakai perlengkapan pelindung diri seperti sarung tangan, masker, dan sepatu khusus untuk membersihkan kamar tersebut.

Setelah itu, housekeeping harus membersihkan kamar secara sistematis dan menyemprotkan disinfektan di seluruh area kamar. Jika perlu, housekeeping juga bisa meminta bantuan dari petugas maintenance hotel.

Menghadapi Masalah Lainnya

Selain masalah-masalah di atas, housekeeping juga bisa menghadapi masalah lain seperti barang pecah atau rusak di dalam kamar tamu, atau komplain dari tamu terkait kebersihan kamar.

Bagaimana mengatasi masalah-masalah tersebut? Pertama-tama, housekeeping harus selalu memperhatikan dan merawat semua barang di dalam kamar. Jika ada barang yang pecah atau rusak, housekeeping harus segera melaporkannya pada manajemen hotel.

Untuk komplain dari tamu terkait kebersihan kamar, housekeeping harus menerima masukan dengan baik dan mengambil tindakan untuk memperbaiki keadaan. Komunikasi dengan tamu harus dilakukan dengan baik agar masalah dapat terselesaikan dengan baik pula.

Pengertian Housekeeping Hotel

Housekeeping hotel adalah departemen yang bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan kamar hotel serta fasilitas publik di dalamnya. Departemen ini juga dikenal dengan sebutan “tata graha”. Tugas dari departemen housekeeping adalah untuk menjaga kebersihan hotel, ketersediaan perlengkapan tamu, menyediakan layanan laundry, dan melakukan inventarisasi terhadap barang yang disediakan hotel untuk tamu. Semua tugas yang dilakukan oleh departemen housekeeping hotel harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab, cermat, dan hati-hati.

housekeeping hotel

Departemen housekeeping hotel harus memahami keinginan tamu, menangani keluhan dengan cepat, dan menjaga kebersihan di seluruh area hotel agar tamu merasa nyaman selama menginap. Upaya dalam memenuhi kebutuhan tamu harus dilakukan secara kreatif, efektif, dan efisien. Departemen housekeeping harus berkontribusi pada peningkatan kualitas hotel secara keseluruhan untuk menjaga citra baik hotel terhadap tamu yang menginap.

Tugas Housekeeping Hotel

Tugas dari departemen housekeeping hotel meliputi:

  • Menjaga kebersihan kamar hotel serta seluruh area publik di dalam hotel.
  • Menyediakan perlengkapan tamu seperti handuk, sabun, sampo, dan lainnya.
  • Menjaga ketersediaan fasilitas di dalam kamar hotel yang meliputi televisi, AC, lampu, dan lainnya.
  • Menyediakan layanan laundry bagi tamu hotel.
  • Melakukan inventarisasi atas barang-barang yang disediakan hotel untuk tamu.
  • Menangani keluhan tamu dengan cepat dan profesional.

Seluruh tugas tersebut harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati agar tamu merasa nyaman selama menginap di hotel.

Pentingnya Housekeeping Hotel

Departemen housekeeping hotel merupakan bagian penting dari operasional hotel. Tanpa departemen housekeeping, hotel tidak akan dapat memenuhi standar kebersihan yang dibutuhkan oleh tamu. Tugas kebersihan kamar hotel, inventarisasi barang, dan layanan laundry dapat mempengaruhi kualitas pengalaman tamu saat menginap di hotel tersebut.

Jika kebersihan kamar hotel dan fasilitas publik di dalam hotel dikendalikan dengan baik, dijamin tamu akan merasa nyaman dan puas selama menginap. Hal ini akan membantu hotel dalam menjaga citra baik dan mempertahankan tamu yang loyal pada hotel tersebut.

housekeeping hotel2

Keahlian dan Kualifikasi

Departemen housekeeping hotel memerlukan karyawan yang memiliki keahlian dan kualifikasi dalam bidang housekeeping. Karyawan di departemen housekeeping harus memiliki pengetahuan terkait bahan kimia, teknik pembersihan, dan teknologi modern yang digunakan dalam industri perhotelan.

Karyawan housekeeping juga harus memiliki keterampilan dalam mengatasi masalah dan situasi yang mungkin muncul terkait kebersihan dan inventarisasi barang. Karyawan housekeeping juga harus dapat bekerja dengan baik dalam tim dan mampu menghadapi tekanan serta deadline yang ketat. Kemampuan komunikasi dan interpersonal akan menjadi hal yang sangat penting di bidang ini.

Gaji Housekeeping Hotel

Peran housekeeping di hotel merupakan posisi penting, sehingga mereka relatif dapat memperoleh penghasilan yang menarik jika memiliki kualitas yang baik. Gaji housekeeping hotel berkisar antara Rp. 2,5 juta hingga Rp. 5 juta tergantung dengan area hotel dan posisi yang diisi.

Beberapa hotel juga memberikan bonus tambahan dalam bentuk tunjangan makan, asuransi kesehatan, asuransi kematian, dan tunjangan lainnya sebagai bentuk motivasi dan apresiasi bagi karyawan housekeeping.

Kesimpulan

Departemen housekeeping hotel merupakan bagian penting dari operasional hotel dan memiliki waktu serta tugas yang dilakukan dengan hati hati demi memuaskan tamu. Tugas dari housekeeping hotel meliputi menjaga kebersihan kamar hotel serta fasilitas publik di dalamnya, menyediakan layanan laundry, dan melayani kebutuhan tamu. Keahlian dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh housekeeping hotel meliputi pengetahuan tentang bahan kimia, teknik pembersihan, dan teknologi modern yang digunakan dalam industri perhotelan.

Gaji housekeeping hotel juga relatif menarik dengan beberapa tunjangan tambahan dari hotel. Oleh karena itu, jika Anda memiliki passion dalam bidang housekeeping dan ingin berkarir di industri perhotelan, departemen housekeeping hotel dapat menjadi pilihan karir yang menarik.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button