Kuliner

10 Kuliner Tersembunyi yang harus dicoba di Jogja

Wedang Secang, Minuman Tradisional Hangat yang Cocok untuk Dipadukan dengan Gorengan


Wedang Secang

Wedang Secang merupakan minuman tradisional hangat yang terbuat dari akar secang, air, gula merah, dan pandan. Minuman ini sangat cocok dinikmati bersamaan dengan gorengan, seperti tempe, tahu, atau pisang goreng. Wedang Secang juga terkenal sebagai minuman yang memiliki khasiat menyembuhkan kencing manis serta dipercaya mampu menyeimbangkan kolesterol dalam tubuh. Wisatawan dapat menemukan Wedang Secang di daerah Kaliurang dan sekitarnya.

Salah satu tempat yang menyajikan wedang secang yang enak adalah Warung Legok Kondang yang terletak di Jl. Kaliurang km 11,5. Warung yang satu ini juga dikenal dengan kelezatan Ayam Penyetnya yang empuk dan nikmat yang disajikan dengan lalapan tasty.

Ada juga tempat yang sudah terkenal sejak tahun 1958, namanya adalah Warung Handayani di Jalan Raya Maguwoharjo. Minuman wedang secang yang disajikan sangat lezat, apalagi saat dihidangkan dengan aneka gorengan seperti pisang, tempe, dan tahu. Suasananya yang nyaman dan rumah-rumahan membuat wisatawan merasa betah berlama-lama menikmati minuman ini.

Jadi, bagi wisatawan yang ingin mencoba minuman unik dan memiliki segudang khasiat, Wedang Secang bisa menjadi pilihan yang tepat. Jangan lupa untuk mencobanya bersamaan dengan gorengan yang pas di mulut.

Warung Bu Ageng


Warung Bu Ageng

Jogja memang dikenal sebagai kota kuliner dengan berbagai macam makanan enak. Salah satu kuliner yang murah meriah tapi tak kalah dengan restoran terkenal adalah Warung Bu Ageng. Warung makan ini berada di kawasan Sagan dan menyediakan menu-menu khas Jogja seperti nasi liwet dan sate klatak.

Yang unik dari Warung Bu Ageng adalah proses pembuatannya yang masih tradisional. Nasi liwet dihidangkan dalam penggangan tanah liat dan sate klatak dipanggang langsung di atas arang. Rasanya yang enak serta harganya yang terjangkau membuat warung ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan maupun masyarakat lokal.

Bagi kamu yang ingin mencoba kuliner khas Jogja dengan suasana yang tradisional, Warung Bu Ageng bisa menjadi tempat yang tepat. Harga menu di warung makan ini berkisar mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 30.000,- saja.

Warung Makan Legokan Ngancar


Warung Makan Legokan Ngancar

Jika kamu sedang berkunjung ke Jogja dan ingin mencoba kuliner yang tak kalah enaknya dengan restoran terkenal, kamu bisa mampir ke Warung Makan Legokan Ngancar. Warung makan ini terletak di Jalan Parangtritis Km 8,5 kompleks Bukit Dermo.

Menu andalan di Warung Makan Legokan Ngancar adalah ikan bakar. Ikan segar dari laut Selatan Jogja diolah dengan bumbu khusus dan dibakar di atas bara api kayu bakar. Selain itu, ada juga lauk pauk seperti tahu tempe goreng dan ayam goreng yang juga patut dicoba.

Biaya untuk menikmati hidangan di Warung Makan Legokan Ngancar cukup terjangkau, yakni berkisar mulai dari Rp 10.000,- sampai Rp 50.000,- saja. Kamu pun akan disuguhi pemandangan yang indah saat makan, karena warung makan ini berada di perbukitan yang menghadap ke Samudera Hindia.

Warung Makan Sederhana


Warung Makan Sederhana

Warung Makan Sederhana bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin mencoba kuliner murah meriah yang enak di Jogja. Warung makan ini terletak di Jalan Bugisan, dan menyediakan menu-menu khas Jogja seperti nasi pecel dan soto.

Yang membuat Warung Makan Sederhana berbeda dari warung makan lainnya adalah kelebihannya dalam memberikan porsi makanan yang sangat banyak. Satu porsi nasi pecel yang dihidangkan di warung makan ini terdiri dari nasi, sayur pecel, tahu dan tempe goreng, serta ayam atau telur rebus. Sementara itu, soto yang dihidangkan sangat kental dengan aroma rempah yang khas dari Jogja.

Harga menu hidangan di Warung Makan Sederhana sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp 8.000,- saja. Selain itu, kamu juga bisa memesan jus buah-buahan segar dengan harga yang cukup murah.

Itulah tiga rekomendasi warung makan di Jogja yang bisa kamu coba saat ingin mencicipi kuliner murah meriah yang enak tak kalah dengan restoran terkenal. Selamat mencoba!

Mie lethek


Mie lethek Jogja

Mie lethek menjadi salah satu makanan khas di Jogja. Namun, sayangnya, masih banyak wisatawan yang belum mengetahui kelezatan mie lethek ini. Mie lethek biasanya terbuat dari mie kuning yang disajikan dengan kuah kental berwarna kecoklatan. Mie lethek ini juga diberi tambahan topping seperti tauge, irisan ayam, dan telur rebus. Yang membuat mie lethek menjadi unik adalah kuahnya yang terbuat dari ampas kopi.

Keunikan dari mie lethek terletak pada aroma dan rasa kuah yang khas. Biasanya mie lethek disajikan dengan tambahan sambal dan perasan jeruk nipis untuk memberi semakin banyak citarasa.

Jika Anda ingin mencoba mie lethek, Anda bisa mendatangi Warung Mie Lethek Bu Yuni yang berlokasi di Jalan Rw. Tiga, Klitren, Gondokusuman, Yogyakarta. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau, sekitar Rp15.000 – Rp20.000 per porsinya.

Bakmi Janur


Bakmi Janur

Bakmi Janur adalah salah satu kuliner khas Jogja yang masih jarang dikenal oleh wisatawan. Bakmi Janur terbuat dari mie pangsit tipis dengan irisan daging sapi dan tauge. Keunikan lain dari Bakmi Janur adalah kuah kaldunya yang kental namun tidak terlalu pedas.

Selain disajikan dengan mie, Bakmi Janur juga biasanya diberi tambahan nasi goreng dan lumpia sebagai pendampingnya. Dapat Anda temukan di Pasar Sentul, Jalan Jogokaryan No.67, Karangwaru, Umbulharjo, Yogyakarta. Harga per porsi Bakmi Janur di warung tersebut diperkirakan hanya sekitar Rp20.000.

Cilok Kuah


Cilok Kuah

Cilok adalah makanan kecil yang terbuat dari adonan tepung tapioka dan biasanya disajikan dengan sambal kacang. Salah satu variasi cilok yang belum banyak dikenal adalah cilok kuah. Cilok kuah biasanya disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari aneka bumbu rempah, diberi tambahan irisan daun bawang dan bawang goreng.

Keunikan cilok kuah terletak pada tekstur cilok yang kenyal dan kenikmatan dari kuah kaldunya. Jika Anda ingin mencoba cilok kuah, bisa datang ke warung Cilok Kawe Ambarukmo di Jalan Cik Di Tiro No.23, Yogyakarta. Cilok kuah di Warung Cilok Kawe Ambarukmo disajikan dalam porsi kecil dan relatif murah, hanya sekitar Rp10.000 per porsi.

Penyetan Sambel Uleg


Penyetan Sambel Uleg

Penyetan Sambel Uleg adalah salah satu kuliner khas Jogja yang paling spesial. Penyetan Sambel Uleg merupakan protein khas nusantara seperti ayam kampung, daging sapi atau ikan yang dilumatkan dengan sambal uleg dan disajikan dengan lalapan dan nasi hangat.

Sambal uleg ini memiliki rasa pedas yang sedang, dengan aroma rempah-rempah yang khas. Satu porsi Penyetan Sambal Uleg ini biasanya disajikan dengan nasi, pelengkap sayur dan sambal dengan harga yang terjangkau sekitar Rp30.000.

Ada banyak tempat yang menyajikan Penyetan Sambel Uleg di Jogja, salah satunya adalah Penyetan Cokro Kembang yang berlokasi di Jalan Imogiri Timur, Candi Sari, Baturetno, Bantul. Selain ayam atau daging sapi, tersedia juga Paket Penyet Ayam Cokro Kembang, dengan pilihan menu Ayam Goreng, Ayam Bumbu Rujak dan Ayam Kremes.

Ambiance yang Unik di Restaurant Padang Sari Lauk Pauk


restaurant padang sari lauk pauk jogja

Restaurant Padang Sari Lauk Pauk merupakan salah satu restoran Padang yang terkenal di Jogja. Bukan hanya terkenal dengan menu masakannya yang lezat, restaurant ini punya suasana yang unik dan cozy. Tempatnya tersembunyi di antara perumahan, memberikan ketenangan bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana makan yang tenang. Saat masuk ke restoran, Anda akan dibuat kagum dengan interior khas budaya Padang yang begitu kental. Ada banyak foto-foto dari budaya Minang yang dijejalkan di dinding. Selain tempat yang unik, menu di sana cukup variatif. Ada lauk pauk yang beragam dan pastinya sangat cocok untuk dicoba.

Keindahan alam yang mempesona di Jejamuran Resto


jejamuran jogja

Bila Anda suka dengan suasana outdoor, maka Jejamuran Resto bisa menjadi pilihan. Suasana sejuk di atas bukit dengan udara segar akan menemani Anda melepas lelah. Restaurant ini berlokasi di sebelah barat kota Jogja dengan view sawah yang indah yang membentang di depan Anda. Sayap-sayap ayam goreng dan berbagai jamur enoki, tiram, kancing dan shiitake yang disajikan membuat setiap hidangan yang disajikan di Jejamuran memiliki cita rasa yang unik dan kaya rasa.

Kedai Kopi Legendaris dan Instagramable: Batik Kopi Pabrik Tiji


batik kopi jogja

Batik Kopi Pabrik Tiji adalah kedai kopi yang terletak di sebuah gudang tua batik yang tersembunyi di Yogyakarta. Disini Anda bisa mencicipi kopi dari biji-biji yang dipanggang di tempat dan proses yang sangat detail oleh barista yang handal. Lokasi dan dekorasinya yang kental akan budaya Indonesia, bisa memanjakan mata para pengunjung. Tidak hanya menikmati kopi dengan kualitas terbaik, Anda juga bisa mengambil foto dengan latar dekorasi batik yang Instagramable.

Makan dengan panorama Gunung Merapi di The Seroeni Resto


the seroeni resto jogja

The Seroeni Resto adalah restoran dengan menu masakan Indonesia yang terletak di kawasan yang tenang dengan panorama Gunung Merapi. Pemandangan ini bisa Anda lihat dari jendela restoran yang sangat luas sehingga suasana makan Anda di sini menjadi sangat menyenangkan. Restoran ini terletak di salah satu kompleks villa yang memiliki pemandangan yang indah dan jauh dari keramaian yang berkesan serba mewah. Tak hanya makanan lezat, suasana tenang dan pemandangan indah menjadikan The Seroeni Resto pilihan sempurna.

Jamuan dengan panorama hutan yang hijau di Mba Lurah Resto


mba lurah jogja

Mba Lurah Resto memiliki lokasi yang sangat strategis karena sangat dekat dengan Kawasan Wisata Candi Prambanan dan taman hutan pinus. Restoran ini memiliki tiga ruangan: Ruang Lesehan, Ruang VIP, dan Ruang AC. Nyaman selalu ada di semua ruangan, tetapi yang paling spesial dari Mba Lurah Resto adalah suasana hijau sangat cocok bagi Anda yang ingin makanan santai dengan lingkungan alami dan menenangkan. Ada banyak menu lezat yang cocok dipilih di tempat yang menyenangkan ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button