Perhotelan

gaji kerja di hotel

Gaji Kerja di Industri Perhotelan: Apa yang Harus Diketahui?

Tingkat Gaji di Industri Perhotelan

Industri perhotelan dapat memberikan gaji yang cukup menarik bagi pekerja di dalamnya. Namun, tingkat gaji tersebut dapat berbeda-beda tergantung dari lokasi, jenis hotel, dan jabatan yang dipegang oleh karyawan.

Di kota besar, seperti Jakarta, Bali, dan Surabaya, tingkat gaji di industri perhotelan cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan kota-kota kecil. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya hotel berbintang yang terdapat di kota besar, yang tentunya membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak dan berkualitas.

Jenis hotel juga mempengaruhi tingkat gaji yang akan diterima oleh karyawan. Sebuah hotel berbintang lima atau hotel mewah cenderung memberikan gaji yang lebih besar daripada hotel berbintang tiga atau hotel yang lebih sederhana. Hal ini karena standar pelayanan dan fasilitas yang disediakan hotel tersebut lebih tinggi dan membutuhkan karyawan yang lebih ahli dan berpengalaman.

Selain itu, jabatan yang dipegang juga dapat mempengaruhi tingkat gaji. Seorang manajer di departemen pemasaran atau departemen keuangan tentunya memperoleh gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan di departemen housekeeping atau front office.

Meskipun demikian, setiap hotel harus menjalankan standar upah yang minimum sesuai dengan peraturan yang berlaku. Standar upah minimum tersebut tidak hanya berlaku untuk karyawan tetap, tetapi juga pekerja harian atau pekerja kontrak.

Menurut data dari Kementerian Ketenagakerjaan, pada tahun 2019, gaji minimum untuk karyawan hotel dan restoran di Indonesia adalah sebesar Rp2.298.000,- per bulan. Namun, beberapa hotel besar bahkan dapat memberikan gaji yang lebih dari dua kali lipat dari standar upah minimum.

Tingkat gaji di industri perhotelan juga dapat dipengaruhi oleh pengalaman kerja. Seorang karyawan yang telah memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun atau lebih tentunya memperoleh gaji yang lebih tinggi daripada karyawan yang baru memulai bekerja di industri perhotelan.

Tidak hanya gaji pokok, karyawan di industri perhotelan juga dapat memperoleh tunjangan lain seperti tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, tunjangan makan, dan tunjangan lainnya. Tunjangan-tunjangan tersebut dapat meningkatkan penghasilan karyawan secara signifikan.

Kesimpulannya, industri perhotelan merupakan industri yang menjanjikan dengan tingkat gaji yang cukup menarik. Tingkat gaji tersebut dapat dipengaruhi oleh lokasi, jenis hotel, jabatan yang dipegang oleh karyawan, pengalaman kerja, dan tunjangan lain yang diberikan oleh perusahaan. Oleh karena itu, bagi mereka yang tertarik bekerja di industri perhotelan, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan faktor-faktor tersebut sebelum memutuskan untuk bekerja di sebuah hotel.

Posisi dan Gaji

Saat mencari pekerjaan di industri perhotelan, banyak orang berpikir tentang berbagai posisi yang tersedia dan bagaimana besar gaji yang mereka tawarkan. Gaji dalam industri perhotelan sangat variatif, tergantung pada jenis pekerjaan dan pengalaman kerja seseorang.

Salah satu posisi yang umum di hotel adalah housekeeping. Pekerja housekeeping biasanya bertanggung jawab untuk membersihkan kamar serta area umum di hotel. Bagi seorang housekeeping yang baru memulai karirnya, gaji yang mereka dapatkan mungkin kurang lebih Rp. 2.5 juta per bulan. Namun, bagi housekeeping yang sudah memiliki pengalaman kerja yang cukup, gaji mereka bisa mencapai hingga Rp. 4 juta per bulan.

Bekerja sebagai resepsionis di hotel juga merupakan posisi yang banyak diminati. Seorang resepsionis bertanggung jawab untuk menyambut tamu hotel di depan meja dan membantu mereka saat check in serta check out. Gaji seorang resepsionis baru berkisar antara Rp. 2.5 juta hingga Rp. 3 juta per bulan. Namun, seorang resepsionis yang memiliki pengalaman kerja dapat menerima gaji hingga Rp. 5 juta per bulan.

Posisi selanjutnya yang cukup menarik di industri perhotelan adalah chef. Pekerjaan sebagai chef di hotel memanglah spesifik dan membutuhkan keahlian khusus. Seorang chef harus bisa memasak berbagai jenis hidangan yang disajikan di restoran hotel. Gaji chef yang baru memulai karirnya berkisar antara Rp. 3 juta hingga Rp. 4 juta per bulan. Akan tetapi, bagi chef yang sudah memiliki pengalaman lebih, gaji mereka bisa mencapai Rp. 15 juta per bulan.

Terakhir, salah satu posisi yang paling diinginkan di industri perhotelan adalah manajer hotel. Seorang manajer hotel bertanggung jawab atas keseluruhan operasional hotel, termasuk manajemen staf, pemasaran, perencanaan, dan pengelolaan keuangan. Gaji seorang manajer hotel baru berkisar antara Rp. 10 juta hingga Rp. 15 juta per bulan. Namun, bagi manajer yang sudah memiliki pengalaman kerja yang banyak atau bekerja di hotel besar, gaji mereka bisa mencapai Rp. 50 juta hingga Rp. 100 juta per bulan.

Hal yang perlu diperhatikan, gaji yang tertera disini belum termasuk tunjangan, bonus, dan fasilitas lain yang diberikan oleh hotel. Secara umum, pengalaman kerja dan keterampilan khusus sangat membantu dalam menentukan besarnya gaji seseorang di industri perhotelan.

Sumber foto: Unsplash.com

Gaji Resepsionis Hotel

Resepsionis merupakan posisi yang sangat penting bagi hotel karena mereka berurusan dengan tamu. Gaji resepsionis hotel biasanya bergantung pada experience, kemampuan berkomunikasi, dan jenis hotel yang mereka bekerja. Untuk hotel bintang lima di kota-kota besar, gaji resepsionis dapat mencapai 6-8 juta rupiah per bulan. Sedangkan untuk hotel yang berada di daerah, gaji resepsionis berkisar antara 3-4 juta rupiah per bulan. Namun, untuk hotel budget, gaji resepsionis hanya berkisar antara 2-3 juta rupiah per bulan.

Receptionist in a hotel

Gaji Housekeeping Hotel

Housekeeping memiliki tugas penting dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan tamu. Gaji housekeeping hotel biasanya bergantung pada experience, kemampuan, dan jenis hotel yang mereka bekerja. Untuk hotel bintang lima di kota-kota besar, gaji housekeeping dapat mencapai 5-7 juta rupiah per bulan. Namun untuk hotel yang berada di daerah, gaji housekeeping berkisar antara 2,5-4 juta rupiah per bulan. Sedangkan untuk hotel budget, gaji housekeeping hanya berkisar antara 1,5-2,5 juta rupiah per bulan.

Housekeeping staff in a hotel

Gaji Security Hotel

Security di hotel bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan keselamatan hotel serta tamu yang menginap. Gaji security hotel juga bergantung pada experience, kemampuan, dan jenis hotel yang mereka bekerja. Untuk hotel bintang lima di kota-kota besar, gaji security dapat mencapai 4-6 juta rupiah per bulan. Sedangkan untuk hotel yang berada di daerah, gaji security berkisar antara 2-3,5 juta rupiah per bulan. Namun, untuk hotel budget, gaji security hanya berkisar antara 1,5-2,5 juta rupiah per bulan.

Baca Juga :   a la carte adalah

Security personnel in a hotel

Oleh karena itu, bagi mereka yang ingin bekerja di industri perhotelan, penting untuk mempertimbangkan jenis hotel yang ingin mereka bekerja untuk mengetahui gaji yang akan mereka terima. Selain itu, mereka juga harus mempertimbangkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi, bekerja dalam tim, dan menjalankan tugas mereka secara profesional untuk mendapatkan gaji yang lebih besar. Semakin mereka berpengalaman, semakin besar kesempatan mereka untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Gaji Chef di Hotel

Chef di hotel biasanya memiliki gaji yang lebih tinggi dibandingkan chef di restoran biasa dikarenakan mereka harus mengelola dapur yang lebih besar dan melayani pengunjung yang lebih banyak. Selain itu, tuntutan untuk menyajikan makanan yang berkualitas dan bervariasi juga membuat gaji chef di hotel menjadi lebih tinggi.

Menurut data dari JobStreet, rata-rata gaji chef di hotel di Indonesia adalah sekitar Rp 5 juta hingga Rp 7 juta per bulan. Namun, gaji tersebut bisa lebih tinggi tergantung pada pengalaman kerja dan lokasi hotel. Di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bali, gaji chef di hotel bisa mencapai Rp 10 juta per bulan atau bahkan lebih.

Tidak hanya itu, chef di hotel juga memiliki peluang untuk mendapatkan bonus dan tunjangan seperti asuransi kesehatan, insentif kinerja, dan akomodasi tempat tinggal. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa gaji chef di hotel lebih tinggi dibandingkan chef di restoran biasa.

Untuk menjadi seorang chef di hotel, seseorang harus mengikuti pendidikan di sekolah memasak atau jurusan kuliner. Selain itu, pengalaman kerja di restoran atau hotel juga sangat berpengaruh dalam menentukan gaji yang diterima oleh seorang chef di hotel.

Bagi mereka yang memiliki passion di bidang kuliner dan ingin meniti karir sebagai chef di hotel, peluang kini semakin terbuka. Semakin banyak hotel-hotel baru yang dibangun di Indonesia, semakin tinggi pula peluang untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang menarik. Namun tentunya, hal ini juga harus diimbangi dengan kemampuan dan determinasi yang tinggi agar bisa bersaing dengan chef-chef handal lainnya di dunia kuliner.

Overall, gaji chef di hotel memang lebih tinggi dibandingkan chef di restoran biasa. Dalam menentukan gaji, faktor-faktor seperti pengalaman kerja, lokasi hotel, dan kualitas makanan yang dihasilkan menjadi beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Namun, menjadi seorang chef di hotel bukanlah profesi yang mudah. Para chef harus memiliki passion, kemampuan, dan determinasi yang tinggi untuk bisa bersaing di dunia kuliner yang kian kompetitif.

chef preparing food in hotel kitchen

Gaji Manajer Hotel

Manajer hotel adalah sosok yang bertanggung jawab dalam mengelola semua aspek operasional sebuah hotel yang meliputi hotel, restoran, spa, hingga jasa keamanan. Oleh karena itu, gaji seorang manajer hotel cenderung lebih tinggi dibandingkan pegawai hotel lainnya karena memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan kompleks.

Gaji seorang manajer hotel dapat bervariasi tergantung dari berbagai faktor seperti ukuran hotel, jumlah karyawan yang dikelola, lokasi hotel, dan pengalaman kerja. Rata-rata, gaji seorang manajer hotel di Indonesia berkisar antara 10 hingga 30 juta rupiah per bulan.

Bagi seorang manajer hotel yang bertanggung jawab atas hotel bintang lima, maka gaji yang diterima bisa mencapai lebih dari 50 juta rupiah per bulan. Semakin besar tanggung jawab dan semakin rumit operasional hotel, maka semakin tinggi pula gaji yang diterima. Selain itu, manajer hotel dapat menerima tunjangan tambahan seperti bonus, asuransi, kendaraan dinas, dan lain-lain.

Jabatan di Bawah Manajer Hotel

Selain manajer hotel, ada juga jabatan di bawahnya yang juga memiliki potensi untuk mendapatkan gaji yang menarik. Jabatan ini di antaranya adalah asisten manajer, supervisor, dan koordinator departemen.

Asisten manajer hotel memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih spesifik dibandingkan seorang supervisor atau koordinator departemen. Oleh karena itu, gaji yang diterima oleh asisten manajer hotel juga lebih tinggi. Rata-rata, gaji seorang asisten manajer hotel di Indonesia berkisar antara 5 hingga 10 juta rupiah per bulan.

Supervisor atau koordinator departemen juga termasuk dalam kategori pegawai yang berada di bawah manajer hotel. Mereka bertugas mengawasi dan mengkoordinasikan aktivitas operasional hotel di departemen yang mereka pimpin. Gaji seorang supervisor atau koordinator departemen di Indonesia berkisar antara 4 hingga 8 juta rupiah per bulan.

Gaji Karyawan Hotel

Selain jabatan di atas, karyawan hotel juga memiliki potensi untuk mendapatkan gaji yang layak. Ada banyak posisi di hotel yang membutuhkan keterampilan dan pengetahuan tersendiri serta dipenuhi oleh karyawan dengan kemampuan yang beragam. Karyawan hotel seperti staf penerima tamu, kasir, pramusaji, dan housekeeping dapat memperoleh gaji sekitar 3-5 juta rupiah per bulan.

Sedangkan para karyawan yang bekerja di dalam dapur dan bar biasanya memperoleh gaji yang lebih tinggi. Ini disebabkan karena posisi tersebut membutuhkan keahlian khusus seperti kemampuan memasak dan membuat minuman. Gaji karyawan di posisi ini dapat mencapai 6-10 juta rupiah per bulan tergantung pada kompleksitas dan lokasi hotel.

Tips dan Trik Meningkatkan Gaji di Hotel

Bagi karyawan hotel yang ingin meningkatkan gaji, berikut beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan:

  1. Menjadi karyawan yang proaktif dan berinisiatif dalam melakukan pekerjaan.
  2. Memperkuat keahlian dan keterampilan yang dimiliki sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar.
  3. Berkomunikasi dengan baik dan menjalin hubungan baik dengan rekan kerja, atasan, dan tamu hotel.
  4. Menunjukkan kepercayaan diri dan mengambil tanggung jawab tambahan ketika diberi kesempatan.
  5. Menyimpan catatan prestasi dan pencapaian dalam bekerja sebagai bukti kinerja yang baik ketika meminta kenaikan gaji.

Penutup

Gaji kerja di hotel dapat bervariasi tergantung dari posisi kerja, lokasi hotel, dan tingkat pengalaman. Manajer hotel dengan tanggung jawab yang lebih besar dan kompleks biasanya mendapat gaji yang lebih tinggi dibandingkan karyawan lainnya. Namun, posisi karyawan lain seperti asisten manajer, supervisor, dan koordinator departemen juga memiliki potensi untuk mendapatkan gaji yang menarik. Untuk meningkatkan gaji, karyawan hotel dapat mengembangkan diri dan menunjukkan kinerja yang baik di tempat kerja.

Baca Juga :   food cost adalah

Perkembangan Karir dan Gaji

Industri hotel adalah salah satu sektor yang terus berkembang dan menawarkan peluang karir yang menjanjikan. Tidak hanya untuk lulusan sekolah pariwisata, tetapi juga untuk orang-orang yang memiliki minat dan bakat di bidang layanan pelanggan dan manajemen.

Memulai karir di hotel biasanya dimulai dari posisi sebagai staff atau pegawai operasional di berbagai departemen seperti front office, housekeeping, food and beverage, dan lain sebagainya dengan gaji mulai dari 1-2 juta rupiah per bulan. Semakin lama bekerja dan semakin tinggi posisi yang diduduki, maka semakin tinggi juga gaji yang akan diterima.

Misalnya, seorang manajer front office dengan pengalaman minimal 5 tahun dan memimpin tim staff sekitar 10 orang dapat menerima gaji sekitar 8-10 juta rupiah per bulan. Sementara itu, seorang general manager yang bertanggung jawab atas keseluruhan operasional hotel dapat menerima gaji hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah per bulan.

Namun, perlu diingat bahwa gaji yang diterima tidak hanya ditentukan oleh posisi yang diduduki, tetapi juga ditentukan oleh kemampuan, keterampilan, dan pencapaian yang diraih. Karyawan yang memiliki keterampilan khusus dan mampu memberikan kontribusi besar terhadap operasional hotel dapat menerima gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan rekan-rekan seprofesinya.

Selain itu, perkembangan karir di hotel juga harus diimbangi oleh keterampilan dan kemampuan yang lebih matang. Karyawan yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, mampu memecahkan masalah, memimpin tim, dan memiliki pengalaman internasional akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk naik jabatan dan menerima gaji yang lebih tinggi.

Untuk itu, perusahaan hotel biasanya memberikan pelatihan dan pengembangan keterampilan secara berkala untuk karyawan yang berprestasi dan berpotensi. Pelatihan ini akan membantu karyawan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, sehingga dapat bersaing secara sehat dalam karir di industri hotel.

Hotel Lobby

Di era digital seperti sekarang ini, perusahaan hotel juga menilai kemampuan karyawan dalam menggunakan teknologi dan media sosial. Karyawan yang mampu menggunakan teknologi untuk meningkatkan kualitas layanan dan mempromosikan hotel di media sosial akan memiliki nilai tambah yang dihargai oleh perusahaan.

Jadi, bagi Anda yang berminat untuk memulai karir di industri hotel, pastikan Anda memiliki minat serta bakat di bidang layanan pelanggan dan manajemen. Jangan lupakan pentingnya keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren bisnis di industri hotel.

Upah dan Tunjangan

Bekerja di hotel adalah profesi yang menjanjikan. Selain dapat menikmati kebersamaan dengan rekan kerja yang ramah, pendapatan yang diterima juga cukup menjamin. Gaji kerja di hotel tidak hanya terdiri dari gaji pokok, tetapi juga tunjangan-tunjangan lainnya yang diberikan oleh perusahaan.

Tunjangan Transportasi

Tunjangan transportasi adalah salah satu tunjangan yang biasanya diberikan oleh perusahaan hotel. Tunjangan ini diberikan sebagai dukungan kepada para karyawan untuk membantu biaya transportasi mereka ke tempat kerja dan dari tempat kerja. Dalam beberapa kasus, hotel memberikan fasilitas kendaraan antar-jemput gratis dari tempat tinggal karyawan ke hotel dan sebaliknya.

Tunjangan transportasi biasanya diberikan dalam bentuk uang tunai dan besarnya tunjangan ditentukan sesuai dengan jarak tempat tinggal karyawan dengan tempat kerja. Karyawan yang tinggal lebih jauh akan menerima tunjangan yang lebih besar untuk membantu mengcover biaya transportasi yang lebih mahal.

Tunjangan Transportasi

Tunjangan Makan

Tunjangan makan adalah tunjangan yang diberikan sebagai upaya untuk memfasilitasi kebutuhan makan para karyawan hotel. Setiap karyawan di hotel biasanya mendapatkan tunjangan makan dalam bentuk uang harian atau voucher makanan yang diberikan oleh perusahaan setiap harinya.

Besarnya tunjangan makan yang diberikan tergantung pada lama bekerja karyawan, jabatan, dan budget yang dimiliki oleh perusahaan. Tunjangan ini bisa dikonsumsi di food court atau restoran hotel dan beberapa perusahaan menyediakan kantin yang menyajikan berbagai jenis makanan untuk karyawan mereka.

Tunjangan Makan

Tunjangan Kesehatan

Tunjangan kesehatan adalah suatu bentuk tunjangan yang memberikan jaminan kesehatan sebagai imbalan atas kinerja karyawan. Dengan tunjangan kesehatan, karyawan hotel mendapatkan perlindungan kesehatan selama bekerja, termasuk saat sakit dan kecelakaan kerja.

Tunjangan kesehatan yang diberikan berupa kartu asuransi kesehatan yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia. Dalam beberapa kasus, beberapa perusahaan juga menyediakan program kesehatan seperti check up gratis, konsultasi dokter secara gratis dan obat-obatan yang diberikan secara gratis.

Tunjangan Kesehatan

Tunjangan Hari Raya

Tunjangan Hari Raya atau THR adalah tunjangan yang diberikan pada saat hari raya keagamaan. THR merupakan hak karyawan berdasarkan peraturan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indonesia. Tunjangan ini diberikan sebagai bentuk penghargaan atas bekerja dengan baik sepanjang tahun.

Besarnya THR berbeda-beda tergantung pada perusahaan, jabatan, dan lama bekerja karyawan di hotel. Meskipun tidak semua hotel memberikan THR secara tunai, ada banyak hotel yang memberikan THR dalam bentuk bonus bulanan, voucher belanja, atau lainnya.

Tunjangan Hari Raya

Tunjangan Pendidikan

Tunjangan pendidikan adalah tunjangan yang diberikan oleh perusahaan untuk mendorong para karyawan untuk meningkatkan keterampilan dan memperoleh pengetahuan tambahan. Tunjangan ini memungkinkan karyawan untuk mengikuti kursus, pelatihan atau seminar yang relevan dengan pekerjaan mereka.

Perusahaan hotel juga memberikan tunjangan pendidikan agar karyawan dapat mempersiapkan diri untuk naik jabatan atau menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi dan kebutuhan pasar yang terus berkembang. Banyak hotel menawarkan program pelatihan langsung di hotel atau bekerja sama dengan universitas yang berkaitan dengan industri pariwisata di Indonesia.

Tunjangan Pendidikan

Tunjangan Lainnya

Perusahaan hotel juga memberikan tunjangan lainnya kepada karyawannya sesuai dengan perusahaan dan kesepakatan antara perusahaan dan karyawan. Tunjangan lain ini termasuk asuransi jiwa, bonus, cuti tahunan, dll. Tunjangan seperti ini bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kontribusi positif dalam mengembangkan karir karyawan di hotel.

Dalam segmentasi industri pariwisata, hotel menawarkan peluang karir yang menjanjikan dan tidak hanya menawarkan gaji yang layak, tetapi juga tunjangan karyawan lainnya. Jadi, jika Anda ingin membangun karir di industri pariwisata, menjadi karyawan di hotel bisa menjadi pilihan yang tepat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button