Kampus

daftar nama universitas di jogja

Universitas Terkenal di Jogja


Universitas Gadjah Mada Jogja

Jogja dikenal sebagai kota pelajar di Indonesia. Hal itu membuat ada banyak universitas baik negeri maupun swasta yang bermunculan di kota ini dan membantu menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Beberapa universitas di Jogja memiliki reputasi yang sangat baik dan bahkan terkenal hingga ke seluruh dunia. Berikut adalah daftar universitas terkenal di Jogja:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM Jogja

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu universitas terkenal di Jogja dan Indonesia. Kampus UGM yang terletak di Sleman, Jogja, menawarkan banyak jurusan dari berbagai fakultas yang memicu berbagai bidang penelitian dari masyarakat akademik. UGM mendapatkan peringkat teratas dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

UGM didirikan pada tahun 1949 dan menjadi universitas kebanggaan rakyat Indonesia. Saat ini,Fakultas Kedokteran menjadi salah satu fakultas terkenal di UGM yang memiliki banyak peneliti handal yang mempunyai kemampuan untuk mengawinkan teori dan praktik kesehatan dunia. Jurusan pertanian, teknik sipil, dan hukum di UGM juga terkenal di Indonesia.

UGM juga menempati peringkat 60 universitas teratas di Asia menurut QS World University Rankings 2019. Selain itu, UGM juga menghasilkan banyak lulusan yang sukses pada berbagai industri dan sektor pemerintahan yang terkenal baik dan kompeten dengan latar belakangan yang solid.

Para mahasiswa yang bersekolah di UGM terdiri dari banyak anak sekolahan terbaik di Indonesia, itu berfungsi sebagai hal penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di UGM dan juga kualitas generasi muda di Indonesia. Tidak diragukan lagi bahwa UGM merupakan universitas terbaik yang dimiliki negeri ini, pendidikannya sangat mendalam dan memprihatinkan, sementara fasilitasnya juga sangat memadai.

Universitas Negeri di Jogja


Universitas Negeri di Jogja

Jogja memang merupakan kota pendidikan di Indonesia. Banyak sekali Universitas yang berdiri di kota Jogja. Namun, Anda tidak perlu khawatir, semua Universitas di Jogja memiliki reputasi yang bagus dan dipercaya untuk menghasilkan lulusan berkualitas.

Di bawah ini daftar nama Universitas Negeri di Jogja

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas yang sering disingkat dengan UGM ini menjadi salah satu Universitas Negeri yang paling terkenal di Indonesia. UGM merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia yang memiliki banyak program studi, seperti Fakultas Tecknik, Fakutas Kedokteran Hewan, Fakultas Sastra dan Seni Rupa, dan masih banyak lagi. Selain itu, UGM juga memiliki banyak kegiatan dan kesempatan untuk mengembangkan diri. Sehingga, tidak heran jika banyak mahasiswa yang tertarik untuk belajar di UGM.

2. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas ini merupakan Universitas Negeri yang juga terkenal di Jogja. UNY didirikan pada tanggal 21 Mei 1964. UNY memiliki 8 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana. Fokus pendidikan yang diberikan oleh UNY lebih terfokus pada pendidikan guru dan pendidikan kejuruan. UNY selalu berusaha untuk menghasilkan tenaga pendidik yang kompeten dan inovatif.

Universitas Negeri Yogyakarta

Selain memiliki program studi yang beragam, UNY juga memiliki banyak unit kegiatan mahasiswa. Seperti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan Student Club. Dengan begitu, mahasiswa UNY tidak hanya belajar, tetapi juga terlibat dalam kegiatan yang positif dan dapat berkembang bersama.

3. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

UPN “Veteran” Yogyakarta didirikan pada 23 November 1958. UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki Komando Pusat atau Rektorat di Kota Yogyakarta serta enam Fakultas dan satu Program Pascasarjana yang tersebar di wilayah DIY dan Jawa Tengah. UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki tujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu bersaing di era globalisasi dan informasi. UPN “Veteran” Yogyakarta juga fokus pada pendidikan yang berkualitas dan berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

4. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

UIN Sunan Kalijaga merupakan lembaga pendidikan tinggi Islam negeri yang terletak di kota Yogyakarta. Didirikan pada tahun 1961 dengan nama IAIN Sunan Kalijaga. UIN Sunan Kalijaga memiliki tujuan untuk menyediakan lulusan dengan kualitas yang baik di bidang Ilmu Agama Islam, Sains dan Teknik, Sosial, Humaniora, serta seni dan kebudayaan.

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

5. Universitas Negeri Sebelas Maret

UNS (Universitas Negeri Sebelas Maret) merupakan universitas negeri yang terletak di kota Surakarta. UNS memiliki Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Sastra.

Itu dia daftar nama Universitas Negeri di Jogja. Ada banyak Universitas lain yang dapat Anda temukan di Jogja. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba belajar di sana dan mencari pengalaman baru sekaligus mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas.

Universitas Swasta di Jogja

Universitas Swasta Jogja

Yogyakarta merupakan kota pendidikan dengan lebih dari 100 universitas dan perguruan tinggi. Di Yogyakarta, tidak hanya terdapat sekolah negeri, tetapi juga banyak sekolah swasta atau universitas swasta. Berikut ini adalah beberapa daftar nama universitas swasta di Jogja.

1. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

UAD Yogyakarta

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Yogyakarta. Berdiri pada tahun 1960, UAD memiliki enam fakultas dan lebih dari 25 program studi yang terdiri dari program sarjana, magister, dan doktor. Selain itu, UAD juga dikenal memiliki fakultas psikologi yang terbaik di Yogyakarta.

2. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

UKDW Yogyakarta

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) merupakan sebuah universitas swasta di Yogyakarta yang didirikan pada tahun 1985. UKDW memiliki tujuh fakultas dan lebih dari 22 program studi dengan berbagai macam jurusan, seperti kedokteran, hukum, teknik, dan manajemen. UKDW juga dikenal sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Jogja.

3. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

UAJY Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Yogyakarta. Berdiri pada tahun 1965, UAJY memiliki lima fakultas dan lebih dari 25 program studi yang terdiri dari program sarjana, magister, dan doktor. Selain itu, UAJY juga memiliki program pendidikan kedokteran yang terbaik di Yogyakarta.

4. Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY)

UCY Yogyakarta

Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) merupakan salah satu universitas swasta di Yogyakarta yang berdiri pada tahun 1992. UCY memiliki tujuh fakultas dan lebih dari 15 program studi yang terdiri dari program sarjana dan magister. UCY juga dikenal sebagai universitas swasta yang terjangkau di Yogyakarta.

5. Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMB)

UMB Yogyakarta

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMB) merupakan salah satu universitas swasta di Yogyakarta yang berdiri pada tahun 1987. UMB memiliki lima fakultas dan lebih dari 10 program studi yang terdiri dari program sarjana dan magister. Pada tahun 2021, UMB mendapat pengakuan dari Kementerian Kesehatan sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki program studi kedokteran terbaik di Indonesia.

Itulah beberapa universitas swasta terbaik di Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, universitas di atas dapat menjadi referensi Anda.

Kampus Multidisiplin di Jogja


Kampus Multidisiplin di Jogja

Di Jogja, terdapat beberapa universitas yang memiliki kampus multidisiplin dengan beragam fakultas dan jurusan. Hal ini memudahkan para mahasiswa yang ingin memperoleh ilmu dari berbagai disiplin ilmu dalam satu kampus. Berikut ini adalah beberapa daftar universitas di Jogja yang memiliki kampus multidisiplin.

1. Universitas Gadjah Mada


Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada atau yang lebih sering disingkat sebagai UGM adalah salah satu universitas ternama di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1949, UGM memiliki 18 fakultas dan lebih dari 100 program studi. Dalam satu kampus, mahasiswa dapat memilih program studi dari berbagai fakultas, seperti Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Kedokteran.

2. Universitas Negeri Yogyakarta


Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Jogja yang memiliki 6 fakultas dan 26 program studi. Fakultas-fakultas tersebut meliputi Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Teknik. Mahasiswa dari berbagai jurusan dapat bertukar pengetahuan dan mengembangkan kemampuan melalui berbagai kegiatan akademik di kampus UNY.

3. Universitas Sanata Dharma


Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma atau USD adalah universitas yang terletak di Sleman, Jogja. USD memiliki 6 fakultas dan 16 program studi, di antaranya ada Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Selain itu, USD juga memiliki program studi yang unik seperti Studi Pembangunan dan Studi Lingkungan.

4. Universitas Mercu Buana Yogyakarta


Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Universitas Mercu Buana Yogyakarta atau UMBY didirikan pada tahun 1985 dan menjadi satu dari lima universitas yang bernaung di bawah Yayasan Pembina Yogyakarta. UMBY memiliki 10 fakultas dan lebih dari 30 program studi dengan jurusan dan program studi yang beragam, mulai dari Fakultas Teknik, Fakultas Farmasi, Fakultas Ekonomi, hingga Fakultas Sastra. Selain kuliah, UMBY juga menyediakan berbagai kegiatan dan organisasi ekstrakurikuler untuk menambah pengalaman mahasiswa.

5. Sunan Kalijaga State Islamic University Yogyakarta


Sunan Kalijaga State Islamic University Yogyakarta

Sunan Kalijaga State Islamic University Yogyakarta atau UIN Sunan Kalijaga merupakan universitas Islam negeri yang terletak di Jogja. UIN Sunan Kalijaga memiliki 8 fakultas dan 39 program studi, yang meliputi Fakultas Ushuluddin, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Adab dan Humaniora, serta Fakultas Sains dan Teknologi. UIN Sunan Kalijaga juga memiliki pusat penelitian dan pengabdian masyarakat yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman.

Demikianlah daftar nama universitas di Jogja yang memiliki kampus multidisiplin dengan beragam fakultas dan jurusan. Para mahasiswa dapat memilih universitas yang sesuai dengan minat dan bakat mereka untuk memperoleh ilmu dari berbagai disiplin ilmu dalam satu kampus.

Kampus Khusus di Jogja


kampus khusus di jogja

Jogja dikenal sebagai kota pendidikan di Indonesia. Kota ini dikenal memiliki banyak universitas yang terkenal dengan kualitas yang baik. Di antara banyaknya universitas di Jogja, ada beberapa yang dijadikan sebagai kampus khusus karena memiliki fokus pada bidang tertentu. Berikut ini adalah daftar beberapa kampus khusus di Jogja yang patut kamu jadikan sebagai pilihan jika ingin melanjutkan studi sesuai dengan minat dan bakatmu.

Universitas Kristen Duta Wacana


universitas Kristen duta wacana jogja

Universitas Kristen Duta Wacana atau yang biasa disebut UKDW merupakan universitas swasta yang memiliki fokus pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang agama Kristen. Selain itu, UKDW juga memiliki beberapa fakultas lain yang tidak berhubungan langsung dengan bidang agama, seperti Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Kedokteran. Meskipun memiliki fokus pada agama Kristen, UKDW merupakan universitas terbuka untuk semua agama dan latar belakang. UKDW juga sangat terkenal dengan komunitas dan kegiatan sosialnya yang aktif.

Universitas Islam Indonesia


universitas islam indonesia jogja

Universitas Islam Indonesia atau UII merupakan universitas yang fokus pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang agama Islam. Selain itu, UII juga memiliki beberapa fakultas lain yang tidak berhubungan langsung dengan agama Islam seperti Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran. UII juga sangat mendukung kegiatan dan pengembangan komunitas baik di dalam maupun luar kampus.

Universitas Sanata Dharma


universitas sanata dharma jogja

Universitas Sanata Dharma atau USD merupakan universitas swasta yang berfokus pada pengembangan ilmu sosial dan humaniora. University ini sangat terkenal dengan kualitas pendidikannya yang tinggi di bidang-bidang seperti Sastra, Hukum, dan Psikologi. Tidak hanya itu, USD juga sangat aktif dalam kegiatan pengembangan masyarakat di sekitar kampus dengan mengadakan program-program sosial yang bermanfaat.

Universitas Atma Jaya Yogya


universitas atma jaya yogya

Universitas Atma Jaya Yogya atau UAJY merupakan universitas swasta yang berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi dan bisnis. UAJY sangat terkenal dengan kualitas pendidikan dalam bidang-bidang seperti Teknik Informatika, Manajemen, dan Teknik Industri. Selain itu, UAJY juga memiliki reputasi yang baik dalam kerja sama dengan industri.

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta


universitas pembangunan nasional veteran yogyakarta

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta atau UPN-VY merupakan universitas negeri yang berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang teknologi dan bisnis. UPN-VY sangat terkenal dengan kualitas pendidikan dalam bidang-bidang seperti Teknik Informatika, Akuntansi, dan Keuangan. UPN-VY juga aktif dalam pengembangan dan riset di bidang teknologi dan bisnis.

Nah, itu tadi daftar beberapa universitas khusus di Jogja. Pilihlah universitas yang sesuai dengan minat dan bakatmu sehingga kamu bisa lebih nyaman dan bergairah dalam mengejar cita-citamu. Tetap semangat dalam mengejar impian ya!.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button