Kampus

Daftar Nama Kampus di Jogja: Tempat Kuliah Terbaik di DIY

Universitas Islam Indonesia


Universitas Islam Indonesia Jogja

Universitas Islam Indonesia (UII) adalah salah satu universitas swasta terbesar di Yogyakarta yang didirikan pada tahun 1945. Dalam perkembangannya, UII telah terakreditasi sebagai perguruan tinggi yang memiliki kualitas pendidikan yang baik di berbagai jurusan. Kampus UII berada di Jalan Kaliurang Km 14,5, Sleman, Yogyakarta.

UII terdiri dari 9 fakultas dengan 36 program studi yang tersebar di seluruh kampus. Seluruh program studi yang ada di UII telah terakreditasi A dan memiliki fasilitas serta infrastruktur yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar. Selain itu, UII juga melengkapi fasilitas kampusnya dengan berbagai taman hijau dan bangunan yang bernuansa Islami sehingga memberikan kenyamanan pada mahasiswa saat belajar di kampus.

Salah satu fakultas yang terkenal di UII adalah Fakultas Hukum. Fakultas ini telah melahirkan banyak alumni yang sukses di dunia hukum seperti hakim, jaksa, advokat, dosen dan pejabat negara. Selain fakultas hukum, UII juga memiliki fakultas kedokteran, teknik, ilmu komunikasi, ilmu sosial, dan politik.

UII juga selalu memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengembangkan diri di bidang non-akademis. Ada banyak unit kegiatan mahasiswa seperti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan Himsisfo (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) yang dapat membantu pengembangan bakat dan minat mahasiswa UII.

Salah satu hal yang menarik dari UII adalah adanya Keraton Atas Langit yang terletak di Gedung Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Keraton Atas Langit merupakan suatu ruangan yang memadukan antara budaya Jawa dan Isalam yang biasanya digunakan oleh Mahasiswa UII untuk melihat pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Selain Keraton Atas Langit, terdapat perpustakaan yang cukup lengkap dengan koleksi buku-buku yang banyak digunakan oleh civitas akademika Universitas Islam Indonesia.

UII memiliki komitmen untuk memberikan pendidikan dengan nilai-nilai keislaman. Hal ini tercermin dari adanya kegiatan doa bersama dan pengajian yang rutin dilaksanakan di setiap harinya. Dalam setiap acara kampusnya, diawali dan diakhiri dengan pembacaan doa agar segala aktivitas yang dilakukan mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Kampus Universitas Islam Indonesia memiliki suasana yang tenang dan nyaman untuk belajar. Hal ini menjadi salah satu daya tarik bagi calon mahasiswa yang ingin menimba ilmu di universitas ini. Tidak hanya itu, UII juga merupakan salah satu kampus yang ramah lingkungan dengan banyak taman hijau dan pengelolaan sampah yang baik. Hal ini membuat UII menjadi kampus yang bisa menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lainnya dalam menjaga kelestarian alam.

Universitas Sanata Dharma


Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma, atau yang sering disebut sebagai USD, merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di Yogyakarta. Terletak di Gedung Pascasarjana, USD merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1955. Dengan filosofi “Mempersiapkan Kekuatan Umat dalam Masyarakat yang Demokratis, Dinamis, dan Berkeadaban”, USD berperan penting dalam pendidikan di Indonesia. Berikut ini adalah informasi lebih lengkap tentang Universitas Sanata Dharma di Jogja.

Sejarah dan Visi Misi USD

Sejarah dan Visi Misi USD

Berdiri sejak tahun 1955, Universitas Sanata Dharma didirikan oleh Serikat Jesus dengan tujuan menjadi salah satu lembaga pendidikan terbaik di Indonesia. Sebagai universitas swasta, USD memiliki visi misi untuk mempersiapkan lulusannya agar memiliki kemampuan menjadi pemimpin yang berkepribadian, memiliki etika, dan bertanggung jawab sosial. Hal ini berlandaskan pada nilai-nilai Islam dan Katolik karena USD merupakan lembaga yang terinspirasi oleh kedua agama ini. USD memiliki komitmen untuk menjunjung tinggi Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Fasilitas dan Program Studi

Fasilitas dan Program Studi USD

Berbagai fasilitas yang tersedia di Universitas Sanata Dharma sangat memadai. Ada perpustakaan, laboratorium, gedung kuliah, dan fasilitas olahraga yang dapat digunakan oleh mahasiswa dengan maksimal. Selain itu, USD juga menyediakan program belajar international untuk mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuan mereka dan belajar di luar negeri. USD memiliki program studi dari berbagai bidang, mulai dari kedokteran, hukum, bisnis, hingga seni rupa dan sastra. Beberapa program studi yang cukup populer di USD adalah Psikologi, Manajemen Bisnis, dan Hukum.

Kegiatan Kampus

Kegiatan Kampus USD

Di luar kegiatan akademik, USD juga menyediakan banyak kegiatan kampus untuk menambah pengalaman dan keterampilan mahasiswa. Ada banyak organisasi kemahasiswaan yang dapat diikuti mulai dari organisasi keagamaan, olahraga, hingga kegiatan sosial. Setiap tahun, mahasiswa juga bisa ikut serta dalam acara-acara besar seperti Festival Mahasiswa Sanata Dharma yang terdiri dari serangkaian acara seperti konser musik, peragaan busana, dan pertandingan olahraga antar fakultas.

Masuk ke USD

Masuk ke USD

Untuk masuk ke USD, calon mahasiswa dapat memilih melalui beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru. Mulai dari SNMPTN, SBMPTN, hingga jalur mandiri. Selain itu, USD juga menerima mahasiswa asing yang ingin belajar di USD melalui jalur Lintas Negara. Mahasiswa asing dapat mengikuti kelas Bahasa Indonesia dan belajar tentang budaya Yogyakarta sebelum memulai program studi mereka. Biaya pendidikan di USD termasuk cukup terjangkau dan mahasiswa juga bisa mendapatkan bantuan beasiswa jika memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh kampus.

Alumni Terkenal

Alumni Terkenal USD

Universitas Sanata Dharma telah melahirkan banyak alumni yang sukses di berbagai bidang. Beberapa diantaranya adalah Yenny Wahid (pendiri PWNU), Joko Widodo (Presiden Republik Indonesia), dan Sri Mulyani Indrawati (Direktur Pelaksana Bank Dunia).

Institut Seni Indonesia Yogyakarta


Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta) merupakan sebuah perguruan tinggi seni di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kampus ini menjadi salah satu Institut Seni Indonesia yang secara khusus menawarkan berbagai program studi di bidang seni.

Terletak di Jalan Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta, ISI Yogyakarta didirikan pada tahun 1984 yang telah melahirkan banyak seniman dan ahli seni yang handal dan berkualitas di Indonesia. Kampus ini memiliki lingkungan pendidikan yang menarik dan mendukung setiap proses pembelajaran mahasiswa dalam mengembangkan potensi seni mereka.

ISI Yogyakarta memiliki beberapa fakultas, di antaranya:

1. Fakultas Seni Rupa dan Desain

Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Yogyakarta

Fakultas Seni Rupa dan Desain merupakan fakultas yang menawarkan program studi seni rupa dan desain terpadu, desain grafis, seni lukis, seni patung dan seni keramik. Program studi di fakultas ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan keahlian di bidang seni rupa dan desain terapan yang dapat diaplikasikan pada berbagai bidang industri.

2. Fakultas Seni Pertunjukan

Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta

Fakultas Seni Pertunjukan merupakan fakultas yang menawarkan program studi sekolah tari, musik dan teater. Program studi di fakultas ini bertujuan untuk melahirkan seniman seni pertunjukan yang berkualitas serta mengembangkan keberagaman budaya dan seni tradisional di Indonesia.

3. Fakultas Film dan Televisi

Fakultas Film dan Televisi ISI Yogyakarta

Fakultas Film dan Televisi merupakan fakultas yang menawarkan program studi penyutradaraan, sinematografi, penulisan naskah, ilmu film dan televisi. Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan karya film dan televisi yang berkualitas serta memperkaya industri kreatif di Indonesia.

4. Fakultas Seni Media Rekam

Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta

Terakhir, Fakultas Seni Media Rekam merupakan fakultas yang menawarkan program studi desain animasi dan multimedia. Program studi di fakultas ini bertujuan untuk menghasilkan karya multimedia dan animasi yang berkualitas serta menjadi ahli di bidang media.

Selain program studi tersebut, ISI Yogyakarta juga menawarkan program studi diploma tiga dan kelas internasional yang terbuka untuk mahasiswa asing. Di samping itu, kampus ini juga memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap seperti fasilitas laboratorium, perpustakaan, dan ruang kelas yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir.

Dengan kurikulum yang terintegrasi serta didukung oleh tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman, ISI Yogyakarta melahirkan lulusan-lulusan yang mampu berkreasi dan berkarya di bidang seni serta terus berkontribusi dalam mengembangkan dunia seni di Indonesia. Oleh karena itu, tidak salah jika ISI Yogyakarta menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mengembangkan bakat dan potensi di bidang seni.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button