Daftar Kuliner Khas Jogja yang Wajib Dicoba

Kuliner Tradisional Jogja yang Wajib Dicoba


Daftar Kuliner Jogja

Jogja is a city that is famous for its culture and culinary delights. You can find a variety of traditional cuisine that is so famous. The city is famous for its borobudur temple, Malioboro street, and delicious traditional dishes. Jogja has a variety of traditional dishes that are so tempting and must be tasted. These dishes are so famous that they have become the identity of this city. So, if you are in Jogja, here are some must-try traditional culinary delights that are worth a try.

Gudeg

Gudeg Jogja

Gudeg is a must-try dish in Jogja. Gudeg is a traditional cuisine that is so famous and has become a culinary icon of Jogja. This dish is made from young jackfruit that is boiled and then cooked with spices until it turns reddish-brown. Then it is served with a side dish of coconut milk, chicken, egg, and krecek (crispy cow skin). The taste is so sweet and savory and when combined with krecek, it becomes crunchy, which will make your taste buds rejoice. No wonder gudeg is so famous and people can’t leave Jogja without trying this dish.

Bakso Klenger

Bakso Klenger

Bakso Klenger is a traditional meatball dish from Jogja. This dish is different from meatballs in general because it uses many additional ingredients in the meatball mixture. The additional ingredients are corn, cassava, and sweet potato. It is what makes Bakso Klenger different and unique. The texture is soft and a little sweet because of the additional ingredients. Then it is served with spicy soy sauce and also pickles. This dish is so typical that it is hard to find elsewhere. So, if you come to Jogja, don’t forget to try Bakso Klenger.

Pecel

Pecel Jogja

Pecel is a traditional vegetable dish that is so famous in Jogja. This dish consists of boiled vegetables such as cassava leaves, water spinach, beansprouts, long beans, and other vegetables. The pecel sauce is made from peanut, chili, onion, and other spices. The sauce is added to the vegetables and then served with rice. This dish is so simple but it has a unique and delicious taste.

Wedang Ronde

Wedang Ronde

Wedang Ronde is a typical hot beverage from Jogja that is so tasty and perfect for warming up your body. This drink is made from glutinous rice flour, peanuts, ginger, and palm sugar. The mixture is then boiled and rolled into small balls. Then it is served with hot ginger water. The taste is sweet, savory, and spicy at the same time. It is perfect for cold weather or rainy days. You can find Wedang Ronde easily in Jogja because it is sold in many street vendors or small restaurants.

Menu Jajanan Unik yang Bisa Kamu Temukan di Jogja


Klepon Jogja

Kuliner di Jogja memang tak pernah lepas dari nama jajanan pasar yang unik dan menggugah selera. Kesederhanaan dan keaslian kuliner Jogja selalu menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke kota budaya ini. Berbagai jajanan pasar yang enak dan unik tersaji di sini, mulai dari yang manis, gurih, hingga pedas. Namun, di antara sekian banyaknya jajanan pasar yang ada di Jogja, ada beberapa yang memiliki keunikan tersendiri yang patut kamu coba seperti berikut ini:

Klepon


Klepon Jogja

Siapa yang tak kenal dengan klepon? Jajanan pasar yang satu ini memang menjadi kuliner favorit masyarakat Jogja dan sekitarnya. Klepon mempunyai bentuk bulat kecil yang berwarna hijau, terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan air daun pandan. Isian klepon terdiri dari gula merah yang sudah dihaluskan dan dibentuk bulat kecil yang kemudian diisi di dalam bola ketan hijau. Setelah itu, klepon direbus dalam air mendidih dan dicampurkan dengan kelapa parut yang menambah kenikmatan rasanya. Biasanya, jajanan pasar yang satu ini menjadi camilan favorit bagi masyarakat Jogja saat sore hari.

Gudeg Bu Tjitro


Gudeg Bu Tjitro Jogja

Gudeg adalah masakan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda. Gudeg bias dimakan dengan nasi, ayam suwir, krecek, serta telur. Jajanan yang satu ini menjadi makanan wajib yang harus kamu coba saat berkunjung ke Jogja. Salah satu gudeg paling legendaris di Jogja adalah Gudeg Bu Tjitro. Gudeg Bu Tjitro sudah berdiri sejak tahun 1925 dan sampai saat ini tetap eksis. Gudeg Bu Tjitro mempunyai cita rasa yang unik dengan menggunakan bumbu rahasia keluarga Tjitro yang diwariskan turun temurun. Gudeg Bu Tjitro menjadi salah satu kuliner legendaris yang patut kamu coba.

Sate Klatak


Sate Klatak

Sate juga menjadi masakan khas Jogja yang wajib dicoba. Salah satu sate yang unik dan paling populer di Jogja adalah Sate Klatak. Sate Klatak terdiri dari irisan daging sapi yang dicampur dengan bumbu kacang serta disajikan dengan sambal kecap yang pedas. Yang membuat Sate Klatak unik adalah proses pembakarannya yang menggunakan arang dan dipanggang dengan sekam sehingga dagingnya matang secara merata dan terasa nikmat. Kamu bisa menemukan Sate Klatak di daerah Klaten atau beberapa tempat kuliner di Jogja.

Pecel


Pecel Jogja

Pecel adalah masakan khas Jawa yang terbuat dari sayuran yang direbus dan dicampur dengan bumbu kacang yang pedas. Sayuran yang biasanya digunakan untuk pecel adalah kacang panjang, daun singkong, kemangi, tauge, dan kol. Pecel sering disajikan dengan nasi putih serta rempeyek sebagai pelengkap. Di Jogja, pecel juga menjadi kuliner favorit masyarakat, baik saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Kamu bisa mencari pecel di berbagai tempat kuliner di Jogja atau di sekitar wilayah Malioboro.

Bakpia


Bakpia Pathuk

Bakpia adalah kue kering yang sering dijadikan oleh-oleh khas Jogja. Bakpia terbuat dari campuran tepung terigu, air, dan gula, Kemudian, adonan tersebut diisi dengan kacang hijau, kacang merah, kelapa, atau coklat sesuai selera. Salah satu bakpia terkenal di Jogja adalah Bakpia Pathuk, bakpia yang memiliki rasa dan tekstur yang nikmat. Bakpia Pathuk juga banyak dijual di beberapa toko oleh-oleh di Jogja.

Itulah beberapa jajanan pasar unik yang bisa kamu temukan di Jogja. Bagi kamu yang ingin berwisata kuliner ke Jogja, jangan lupa untuk mencoba makanan-makanan tradisional khas yang ada di atas. Selamat mencoba!

Tempat Makan Dengan Harga Terjangkau di Jogja


Tempat Makan Dengan Harga Terjangkau di Jogja

Yogyakarta (Jogja) merupakan kota yang kaya akan budaya dan kuliner. Bagi traveler yang berkunjung ke Jogja, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khas Jogja. Namun, seringkali beberapa traveler kesulitan mencari tempat makan yang enak, namun tetap memiliki harga yang terjangkau. Berikut ini adalah beberapa tempat makan dengan harga terjangkau di Jogja.

1. Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang sudah terkenal hingga mancanegara. Salah satu tempat makan gudeg yang cukup terkenal dan terjangkau di Jogja adalah Gudeg Yu Djum. Harganya cukup terjangkau, mulai dari 11 ribu hingga 40 ribu rupiah. Selain gudeg, terdapat pula sate, nasi, dan minuman tradisional yang tak kalah lezat.

2. Gudeg Sagan


Gudeg Sagan

Selain Gudeg Yu Djum, tempat makan gudeg dengan harga terjangkau yang lain adalah Gudeg Sagan. Terdapat beberapa pilihan gudeg yang bisa kamu nikmati di tempat ini seperti gudeg biasa, gudeg telur, gudeg kering, dan gudeg manggar. Harganya bervariasi, mulai dari 20 ribu hingga 30 ribu rupiah. Selain gudeg, ada juga nasi liwet dan sambal terasi yang bisa kamu coba.

3. Warung Bu Ageng


Warung Bu Ageng

Bagi pecinta kuliner nusantara, Warung Bu Ageng merupakan salah satu tempat makan yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Jogja. Terdapat berbagai macam hidangan nusantara yang bisa kamu nikmati, seperti nasi orak arik, soto, dan banyak lagi. Harganya sangat terjangkau, mulai dari 10 ribu hingga 20 ribu rupiah. Kamu juga bisa mencoba menu sarapan di warung ini.

4. Jejamuran Resto


Jejamuran Resto

Bagi pecinta kuliner jamur, Jejamuran Resto bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu. Terdapat berbagai hidangan yang berbahan dasar jamur, seperti bakso jamur, sate jamur, dan masih banyak lagi. Harga makanan di sini cukup terjangkau, mulai dari 15 ribu hingga 55 ribu rupiah. Selain itu, suasana resto yang cozy serta pemandangan sawah yang asri akan membuat makan kamu menjadi lebih nikmat.

Tidak perlu khawatir dengan budget saat berkunjung ke Jogja. Ada banyak tempat makan dengan harga terjangkau dan makanan yang enak yang bisa kamu nikmati. Selain empat tempat makan di atas, terdapat juga banyak tempat makan lainnya di Jogja yang memiliki harga terjangkau dan menyajikan hidangan yang lezat. Selamat mencoba!

Enaknya Kuliner di Jogja: Wisata Kuliner yang Bikin Lidah…

Warung Sate Sapi Pak Pong Jogja tak hanya terkenal dengan keindahan bicaranya, namun juga terkenal akan wisata kuliner di setiap sudutnya. Namanya saja pernah...
Ar Rayan Alif
7 min read

Kuliner Jogja: Menikmati Kelezatan Bakmi

Sejarah Bakmi di Jogja Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budayanya. Budaya tersebut juga diwariskan pada makanannya. Salah satunya...
Ar Rayan Alif
5 min read

Menikmati Wisata Kuliner Jogja yang Menggoyang Lidah

Keunikan Instagram Wisata Kuliner Jogja Jogja dikenal sebagai salah satu kota yang sangat kaya akan kuliner. Ada banyak makanan khas Jogja yang menjadi tujuan...
Ar Rayan Alif
9 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *