Perhotelan

cara menjawab interview kerja di hotel

Cara Berhasil dalam Menjawab Interview Kerja di Industri Perhotelan

Oleh: [Your Name]

Setelah melalui proses seleksi CV, tahapan selanjutnya dalam mencari pekerjaan di industri perhotelan adalah menghadapi interview kerja. Bagi sebagian orang, tahapan ini dapat menjadi momok menakutkan dan menegangkan. Namun, dengan tips-tips berikut, kamu dapat lebih siap dan sukses dalam menjawab interview kerja di hotel:

1. Riset tentang Hotel Terkait

Sebelum datang ke interview, pastikan kamu telah mengetahui latar belakang dan profil hotel terkait. Cari tahu history, visi dan misi, serta jenis-jenis layanan yang ditawarkan. Informasi ini akan membantumu memahami karakteristik dari hotel tersebut dan menjawab pertanyaan dengan lebih baik.

2. Persiapkan Pertanyaan Pokok

Cobalah untuk memprediksi pertanyaan-pertanyaan yang biasanya diajukan oleh pewawancara. Contohnya, “Apa yang membuatmu tertarik dengan industri perhotelan?” atau “Apa kelebihanmu yang dapat kamu tawarkan untuk pihak hotel?”. Persiapkan jawaban-jawabanmu sebelumnya, tapi perhatikan politik bahasa yang baik dan jangan membuat jawaban terkesan kaku atau robotik.

3. Berpenampilan Rapi dan Penuh Percaya Diri

Penampilanmu adalah gambaran pertama yang akan dilihat oleh pihak hotel. Pastikan penampilanmu rapi, bersih, dan sesuai dengan dress code yang telah ditentukan. Selain itu, pastikan juga kamu berada dalam keadaan santai dan penuh percaya diri ketika memasuki ruangan interview.

4. Berbicara dengan Jelas dan Tegas

Pilihan membuat jawaban yang runut dan mudah dipahami adalah kunci kesuksesan dalam menjawab interview kerja. Pastikan kamu mampu menjelaskan jawabanmu secara jelas dan terperinci. Hindari jawaban yang terkesan ambigu atau menyimpang dari pertanyaan yang diajukan.

Dengan persiapan dan tips singkat di atas, kamu dapat lebih siap dan yakin dalam menjawab interview kerja di hotel. Semoga berhasil!

Persiapan Sebelum Wawancara di Hotel

Mendapatkan pekerjaan yang diinginkan adalah impian tiap orang. Namun, untuk mencapai itu, Anda harus bersaing dengan para pelamar lainnya, termasuk ketika bekerja di hotel. Salah satu tahapan penting untuk melampaui persaingan tersebut adalah melalui wawancara kerja di hotel. Sebelum menghadapi proses tersebut, kamu harus mempersiapkan dirimu dengan baik agar dapat memberikan kesan yang baik dan meningkatkan kemungkinan untuk memperoleh pekerjaan di hotel tersebut.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam mempersiapkan diri sebelum wawancara kerja di hotel adalah dengan mengenali terlebih dahulu hotel tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan mengunjungi situs web resminya atau akun media sosial resmi mereka. Jangan lupa juga untuk memeriksa ulasan tamu, fasilitas dan fitur unik yang ditawarkan oleh hotel tersebut.

Dengan mengetahui situs web hotel tersebut terlebih dahulu, kamu akan memperoleh informasi penting tentang hotel tersebut. Kamu bisa mencari tahu kapan hotel tersebut dibuka, jenis kamar apa yang tersedia, fasilitas apa yang disediakan, serta lokasi mereka. Jangan lupa untuk mencari tahu juga siapa pemilik atau manajer hotel tersebut. Semua informasi ini bisa berguna saat kamu sedang berbicara dengan penjaga-loker, manajer perhotelan, atau pimpinan HRD saat wawancara kerja.

Selain itu, kunjungi akun media sosial resmi dari hotel tersebut. Seiring perkembangan zaman, milenial mengkonsumsi informasi dari media sosial sangat tinggi. Akun media sosial umumnya banyak memuat foto dan video dari aktivitas dan fasilitas di dalam hotel tersebut. Kamu dapat melihat bagaimana gaya dan nada yang digunakan oleh akun media sosial hotel tersebut, yang dimana berguna dalam melihat profil hotel lebih dekat.

Mengetahui situasi terbaru hotel serta berbagai respon yang dilayangkan menjadi suatu hal penting. Setelah memperoleh semua informasi tersebut, meskipun tidak tercermin seluruh gambaran tentang hotel tersebut, tetapi sudah tentu akan membantu memberikan jawaban yang lebih persuasif dan original yang bisa memberi nilai plus pada saat wawancara kerja di hotel.

Jadi, tidak peduli seberapa besar pengalamanmu sebagai pelamar kerja sebelumnya, persiapkan diri sebaik mungkin. Persiapkan seluruh informasi terkait dengan hotel tempat kamu melamar kerja yang bisa membantu kamu dalam mengerjakan pekerjaan dengan lebih baik lagi.

Mengenali Posisi yang Dilamar

Sebelum menjawab pertanyaan dalam interview kerja di hotel, pastikan kamu sudah memahami posisi yang kamu lamar beserta deskripsinya. Mengenal posisi yang kamu inginkan akan membantumu menyiapkan jawaban-jawaban yang paling tepat dan relevan dengan posisi tersebut.

Deskripsi posisi dalam lowongan kerja biasanya terdiri dari kriteria dan tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh calon pegawai. Jangan hanya membaca judul posisi, namun perlu diingat bahwa judul tersebut mungkin saja berbeda dengan tanggung jawab yang sebenarnya.

Misalnya, kamu melamar posisi sebagai “Housekeeping” namun dalam deskripsi tertera bahwa tanggung jawabmu juga meliputi tugas-tugas administratif. Maka, sebaiknya kamu juga menyiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait pengalamanmu dalam mengelola administrasi.

Baca Juga :   banquet adalah

Dalam mengenali posisi yang dilamar, pastikan juga kamu memahami perusahaan dan industri hotel secara keseluruhan. Hal ini penting karena akan memudahkanmu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait visi dan misi perusahaan, serta trend atau perubahan dalam industri hotel.

Jika kamu kesulitan untuk memahami deskripsi posisi atau ingin mengetahui lebih dalam mengenai perusahaan tersebut, cobalah melakukan riset terlebih dahulu. Kamu dapat mencari informasi melalui website perusahaan, media sosial, atau bahkan menanyakan kepada teman atau kenalan yang bekerja di industri yang sama.

Dalam melakukan riset, pastikan kamu memperhatikan nilai-nilai dan budaya perusahaan. Hal ini akan membantumu mengetahui bagaimana kamu harus bersikap dan menyesuaikan diri di lingkungan kerja yang baru.

Nah, dengan mengenal posisi yang ingin kamu lamar beserta deskripsinya, kamu akan lebih mudah mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan selama interview kerja di hotel. Selamat mencoba!

![image](https://cdn.pixabay.com/photo/2016/09/08/14/12/hotel-1656173_960_720.jpg)

Menjelaskan Pengalaman Kerjamu

Apabila Anda sedang menjalani interview kerja di hotel, pastinya akan ada pertanyaan tentang pengalaman kerja Anda di bidang perhotelan. Hal ini wajar karena setiap perusahaan ingin karyawan yang telah memiliki pengalaman dan keahlian yang sesuai dengan posisi yang akan diisi. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menjelaskan pengalaman kerja secara jelas dan konkret agar pihak interviewer dapat mengetahui kemampuan serta keahlian yang dimiliki.

Sebagai contoh, jika Anda pernah bekerja di hotel terkemuka sebagai front office, jelaskan dengan detil pekerjaan Anda di sana. Ceritakan kembali tanggung jawab yang Anda jalani setiap hari hingga tanggung jawab yang lebih spesifik sesuai dengan posisi Anda. Jelaskan juga keahlian yang Anda kuasai selama bekerja di hotel, seperti kemampuan dalam melayani tamu dengan baik, mengelola reservasi atau pemesanan kamar, atau mengatur keuangan.

Apabila Anda tidak memiliki pengalaman bekerja di hotel, jangan khawatir. Anda dapat menjelaskan pengalaman kerja Anda yang relevan dengan posisi yang dilamar. Misalnya, jika Anda memiliki pengalaman di bidang customer service, Anda dapat memberitahu interviewer bagaimana Anda telah terbiasa menghadapi berbagai jenis permintaan konsumen dan berkomunikasi dengan baik untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kemampuan ini sangat diperlukan dalam bidang perhotelan.

Ada baiknya jika pada tahap persiapan interview, Anda mencari informasi tentang posisi yang akan dilamar dan tanggung jawab karyawan di sana, agar Anda dapat mempersiapkan jawaban yang tepat dan terstruktur saat diwawancara. Selalu ingat untuk tetap jujur dalam menjelaskan pengalaman kerja Anda, dan jangan takut mengakui kelemahan Anda jika diharapkan.

Dengan memberikan jawaban yang jelas dan konkret tentang pengalaman kerja dan keahlian yang Anda miliki di bidang perhotelan, Anda akan memberikan kesan yang baik bagi pihak interviewer, dan meningkatkan peluang Anda dalam memperoleh posisi pekerjaan yang diinginkan.

interview kerja di hotel

Menunjukkan Kemampuan Timmu

Kemampuan untuk bekerja di tim merupakan salah satu hal yang terpenting untuk dipertimbangkan saat wawancara kerja di hotel. Para perekrut ingin mengetahui apakah kamu bisa bekerja dengan baik dalam tim serta mampu berkolaborasi dengan sesama rekan kerja. Jangan lupa untuk menunjukkan kemampuan ini dengan menjelaskan pengalamanmu berkolaborasi.

Saat kamu diwawancara, cobalah untuk memberikan contoh konkrit dari saat kamu bekerja dalam tim. Ceritakan tugas apa yang kamu tangani, siapa yang terlibat dalam timmu, dan bagaimana kamu berkolaborasi dengan mereka untuk mencapai tujuan bersama. Pilih contoh yang menunjukkan kemampuanmu untuk berkomunikasi, mendengarkan, dan memimpin saat dibutuhkan.

Sebagai contoh, kamu bisa menceritakan pengalamanmu saat bekerja di proyek sekolah atau di organisasi kemahasiswaan. Jelaskan bagaimana kamu mengorganisir tugas dan tanggung jawab untuk setiap anggota tim, dan bagaimana kamu mengatasi konflik atau kesulitan saat bekerja bersama. Berikan detail tentang bagaimana kamu memberikan kontribusi positif serta meningkatkan efektivitas timmu.

Apabila kamu belum memiliki pengalaman kerja dalam tim, kamu bisa memberikan contoh dari aktivitas atau hobi yang melibatkan kerja sama tim. Misalnya ketika kamu menjadi anggota tim olahraga, paduan suara, atau organisasi sukarelawan. Ceritakan bagaimana kamu mengatasi tantangan dan bekerja sama dengan timmu untuk mencapai hasil yang baik.

Hal penting yang harus diingat dengan menjawab pertanyaan tentang kemampuan bekerja di tim adalah bahwa kamu harus menempatkan fokus pada hasil yang ingin dicapai oleh tim sebagai suatu keseluruhan. Para perekrut ingin tahu apakah kamu bisa berkontribusi dalam proses pencapaian tujuan tim, dan bagaimana kamu bisa menjaga kerja sama yang baik dengan rekan kerjamu.

Secara keseluruhan, menunjukkan kemampuan bekerja di tim adalah cara yang tepat untuk menarik perhatian para perekrut dan membuatmu menjadi kandidat yang lebih menarik. Jadi, jangan ragu untuk memberikan contoh pengalamanmu saat bekerja di tim dan bagaimana kamu bisa berkolaborasi dengan baik bersama rekan kerjamu.

tim kerja

Menyelaraskan Nilaimu dengan Nilai Hotel

Setiap hotel memiliki nilai-nilai dasar yang dipegang sebagai cara untuk melakukan bisnis serta memberikan pelayanan kepada tamu dengan sikap yang baik. Oleh karena itu, dalam proses seleksi karyawan baru, perusahaan pasti ingin mengetahui apakah nilai-nilai yang dimiliki oleh calon karyawan sesuai dengan nilai-nilai hotel tersebut.

Baca Juga :   housekeeping hotel adalah

Sebelum menjawab pertanyaan seputar nilai-nilai hotel, kamu harus mempersiapkan terlebih dahulu. Carilah informasi mengenai nilai-nilai hotel yang kamu lamar melalui website atau media sosial hotel tersebut. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mengenali nilai-nilai hotel dan mempersiapkan jawaban yang tepat.

Adapun cara menjawab pertanyaan seputar nilai-nilai hotel yaitu:

1. Pelajari Nilai-nilai Hotel Terlebih Dahulu

hotel

Sebelum menjawab pertanyaan seputar nilai-nilai hotel, Anda harus melihat terlebih dahulu apa yang menjadi nilai yang dipegang oleh hotel tersebut. Hal ini dilakukan agar Anda tidak salah dalam meningkatkan tumpuan menjawab pertanyaan tersebut. Misalnya, suatu hotel menerapkan jaminan kepuasan tamu sebagai nilai yang diutamakan, maka jawaban Anda harus bisa menunjukkan bahwa Anda mengerti, serta mampu didukung dengan pengalaman Anda dalam memberikan pelayanan terhadap tamu.

2. Ceritakan Pengalamanmu yang Berkaitan dengan Nilai-nilai Hotel

Menceritakan pengalaman yang pernah Anda alami berkaitan dengan nilai yang diutamakan oleh hotel tersebut. Misalnya ketika Anda bekerja sebagai Room Service di hotel dan berhasil melayani tamu dengan baik dan ramah sehingga tamu merasa nyaman selama menginap di hotel tersebut. Hal ini akan menjadi nilai plus bagi Anda di mata pihak HRD.

3. Berikan Contoh Perilaku Anda yang Sejalan dengan Nilai-nilai Hotel

Berikan contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai hotel yang ada. Misalnya, jika suatu hotel menekankan kebersihan sebagai nilai utamanya, maka ceritakan bagaimana Anda sangat memperhatikan kebersihan dan selalu rajin membersihkan tempat kerja. Juga, menunjukkan bahwa Anda sangat peduli pada kebersihan kamar tamu sehingga mereka akan merasa nyaman dan puas selama menginap di hotel.

4. Jangan Menjadi Pembohong saat Menyelaraskan Nilaimu dengan Nilai Hotel

Sebagai seorang calon karyawan, janganlah sekali-kali kamu menjadi pembohong dengan mengaku-ngaku memiliki nilai-nilai yang selaras dengan hotel, padahal tidak benar. Jika nantinya kamu diterima, tetapi kinerja kamu tidak selaras dengan nilai-nilai hotel tersebut, maka akan menjadi masalah di kemudian hari. Jadi, tetaplah jujur dan konsisten dalam menyelaraskan nilai-nilaimu dengan nilai-nilai hotel.

5. Tanyakan Pertanyaan Balik Kepada Calon Atasanmu

Tanyakan pertanyaan balik kepada calon atasanmu mengenai bagaimana mereka melihat nilai-nilai Hotel. Hal ini akan memberikan gambaran tentang bagaimana nilai-nilai hotel diimplementasikan di dalam organisasi, sekaligus menunjukkan bahwa kamu memiliki antusiasme untuk mengintegrasikan diri ke dalam lingkungan kerja yang sudah ada.

Dalam menjawab pertanyaan seputar nilai-nilai hotel, sikap kejujuran dan konsistensi merupakan hal yang sangat diutamakan. Jadi kamu harus yakin dan percaya diri dalam mengungkapkan nilai-nilai yang kamu miliki, serta mampu menjelaskan bagaimana nilai-nilai tersebut sejalan dengan nilai-nilai hotel tersebut.

Menanyakan Pertanyaan yang Relevan

Saat menghadapi wawancara kerja di hotel, pastikan kamu tanyakan pertanyaan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar dan kebijakan hotelnya. Ini akan menunjukkan bahwa kamu tertarik dan paham dengan pekerjaan yang kamu inginkan dan siap bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku di hotel tersebut.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang kamu bisa ajukan saat wawancara kerja di hotel:

1. Apa tanggung jawab utama dari posisi yang saya lamar?

Pertanyaan ini penting untuk mengetahui tanggung jawab yang harus kamu lakukan jika diterima di posisi tersebut. Dengan memahami tugas dan tanggung jawab, kamu bisa mempersiapkan diri dan menunjukkan bahwa kamu siap bekerja dengan baik.

2. Apa yang menjadi nilai unggul dari hotel ini?

Dengan mengetahui nilai unggul dari hotel, kamu akan tahu apa yang membedakan hotel ini dengan hotel-hotel lainnya. Kamu juga bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja hotel dan menyusun strategi agar bisa memberikan kinerja terbaik selama bekerja di sana.

3. Bagaimana rencana pengembangan karir di hotel ini?

Bertanya tentang rencana pengembangan karir di hotel ini menunjukkan bahwa kamu tidak hanya mencari pekerjaan, tapi juga ingin membangun karir di hotel tersebut. Kamu juga bisa mengetahui apakah ada peluang promosi di masa depan jika kamu bekerja dengan baik.

4. Bagaimana sistem evaluasi kinerja di hotel ini?

Pertanyaan ini penting untuk mengetahui bagaimana kinerja kamu akan dievaluasi di hotel tersebut. Dengan mengetahui sistem evaluasi kinerja, kamu bisa mempersiapkan diri dan meningkatkan performa kerja untuk mencapai target yang ditentukan.

5. Apakah ada aturan khusus yang harus saya ketahui?

Setiap hotel memiliki kebijakan dan aturan yang berbeda-beda. Dengan menanyakan pertanyaan ini, kamu bisa mengetahui aturan-aturan penting yang harus kamu patuhi saat bekerja di hotel tersebut. Hal ini juga menunjukkan bahwa kamu siap beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

6. Bagaimana hotel ini menangani tamu yang tidak puas?

Kamu bisa mengetahui bagaimana hotel menjaga kualitas pelayanannya dengan bertanya tentang cara penanganan tamu yang tidak puas. Hal ini menunjukkan bahwa kamu peduli terhadap kepuasan tamu dan ingin memberikan pelayanan terbaik untuk meningkatkan citra hotel.

Setelah bertanya, pastikan kamu mendengarkan jawaban dengan baik dan memberikan respons yang tepat. Pertanyaan-pertanyaan ini membantu kamu menunjukkan diri sebagai karyawan yang paham profesi dan siap bekerja di hotel tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button