Perhotelan

cara menginap di hotel bagi pemula

Cara Menginap di Hotel bagi Pemula: Tips dan Trik untuk Pengalaman yang Nyaman

Membuat Reservasi

Bagi pemula, membuat reservasi di hotel bisa terasa sedikit menakutkan. Namun, dengan tahu langkah-langkah dasar dan tips untuk membuat reservasi, kamu akan merasa lebih percaya diri saat memesan kamar di hotel. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat reservasi hotel bagi pemula:

1. Tentukan Tanggal dan Durasi Menginap
Sebelum membuat reservasi, pastikan untuk menentukan tanggal dan durasi menginap terlebih dahulu. Pertimbangkan juga bujet dan preferensimu dalam menentukan durasi menginap. Apakah kamu ingin menginap selama satu malam atau lebih lama? Apa jenis kamar yang kamu inginkan?

2. Cari Hotel yang Cocok
Setelah menentukan tanggal dan durasi menginap, sekarang waktunya untuk mencari hotel yang sesuai dengan preferensi dan budgetmu. Kamu bisa mencari hotel melalui situs booking hotel, seperti Agoda, Trivago, dan Booking.com. Pastikan untuk membaca ulasan dan feedback dari tamu sebelum memesan kamar.

3. Memilih Tipe Kamar
Setelah menentukan hotel yang cocok, pilih tipe kamar yang sesuai dengan kebutuhanmu. Beberapa hotel memiliki berbagai macam tipe kamar, mulai dari kamar standar sampai suite. Pastikan memilih tipe kamar yang sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu.

4. Hubungi Hotel atau Booking Online
Setelah memilih tipe kamar, kamu bisa langsung menghubungi hotel atau memesan melalui situs booking online yang tersedia. Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat, seperti nama, nomor telepon, dan alamat email. Jangan lupa juga untuk memberikan tanggal dan durasi menginap yang diinginkan, serta tipe kamar yang kamu pilih.

5. Bayar dan Konfirmasi Reservasi
Setelah membuat reservasi, pastikan untuk membayar dengan cara yang disediakan oleh hotel atau situs booking online. Jangan lupa untuk memeriksa kembali tanggal dan informasi reservasi yang telah kamu berikan. Jika reservasi telah dikonfirmasi, kamu sudah siap untuk menikmati penginapanmu di hotel yang telah kamu pilih.

Dalam membuat reservasi, pastikan untuk memberikan informasi yang akurat dan jelas. Jangan ragu untuk bertanya jika ada hal yang kurang jelas atau bingung dalam hal reservasi. Dengan mengetahui langkah-langkah dasar dan tips di atas, membuat reservasi hotel akan jauh lebih mudah dan menyenangkan bagi pemula.

hotel room image

Pilih Tipe Kamar yang Tepat

Menginap di hotel adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh semua orang pada suatu titik dalam hidup mereka. Dari turis hingga pengusaha, hampir semua orang pernah menginap di hotel. Oleh karena itu, sebagai pemula, sangat penting untuk memilih tipe kamar yang tepat bagi kebutuhan kamu.

Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan saat memilih kamar hotel:

1. Pertimbangkan Jenis Acara yang akan Kamu Hadiri

hotel room

Sebelum memilih tipe kamar, kamu harus mengetahui jenis acara yang akan kamu hadiri. Apakah kamu akan menghadiri acara bisnis atau pergi berlibur dengan keluarga? Jika kamu berpergian untuk keperluan bisnis, kamu mungkin membutuhkan kamar kelas bisnis yang dilengkapi dengan meja kerja dan fasilitas internet yang cepat. Namun, jika kamu pergi berlibur dengan keluarga, kamu mungkin membutuhkan kamar keluarga dengan ukuran yang lebih besar dan tempat tidur tambahan.

2. Pilih Lokasi Kamar yang Nyaman

hotel room location

Lokasi kamar juga memainkan peran penting. Memilih kamar di lantai paling atas mungkin tampak bagus, tetapi jangan lupa bahwa kamu harus menaiki tangga atau lift untuk mencapainya. Jadi, pikirkanlah tentang lokasi kamar dengan hati-hati. Jika kamu tidak suka suara lalu lintas, hindari kamar yang menghadap ke jalan raya yang sibuk. Sebaliknya, pilihlah kamar yang menghadap ke halaman hotel atau ke arah lain yang tenang.

3. Fasilitas Tambahan

hotel room facilities

Banyak hotel menawarkan berbagai fasilitas tambahan yang dapat membuat pengalaman menginapmu lebih nyaman dan menyenangkan. Contoh fasilitas hotel termasuk kolam renang, sauna, gym, layanan pijat, dan restoran. Jika membuatmu merasa lebih nyaman, periksalah fasilitas tambahan ini sebelum memutuskan untuk menginap di hotel tertentu.

4. Harga

hotel room price

Harga juga menjadi faktor untuk memilih kamar hotel. Jangan terlalu berharap untuk tinggal di hotel bintang lima jika kamu memiliki anggaran yang terbatas. Namun, jangan khawatir karena masih banyak hotel dengan tarif yang terjangkau dan fasilitas yang bagus. Lakukan riset sebelum memutuskan untuk memesan kamar hotel tertentu dan selalu cek apakah ada tawaran khusus atau diskon untuk reservasi lebih awal.

Itulah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan saat memilih tipe kamar hotel. Dengan memilih kamar yang tepat, kamu bisa menikmati pengalaman menginap di hotel tanpa merasa cemas. Selamat berlibur!

Konfirmasi Reservasi

Untuk dapat menikmati pengalaman menginap di hotel yang menyenangkan, langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan reservasi terlebih dahulu. Namun, tidak cukup hanya melakukan reservasi saja, kamu juga perlu mengonfirmasinya beberapa kali sebelum hari-H tiba.

Hal ini sangat penting agar hotel dapat memastikan kepastian kedatanganmu dan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Selain itu, dengan melakukan konfirmasi beberapa kali, kamu juga akan mendapat informasi lengkap terkait harga, fasilitas yang disediakan, serta kebijakan hotel yang bisa berubah sewaktu-waktu.

Agar lebih mudah, cobalah untuk mencatat nomor pemesanan yang diberikan oleh hotel pada saat melakukan reservasi. Dengan demikian, kamu dapat menghubungi pihak hotel kapan saja untuk memastikan data reservasimu serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehabisan kamar karena terjadi kesalahan data atau informasi yang kurang jelas.

Tak hanya itu, dengan melakukan konfirmasi beberapa kali juga dapat membantumu dalam menyusun jadwal liburanmu dengan baik dan benar. Kamu dapat bertanya ke pihak hotel tentang informasi waktu check-in dan check-out, jam operasional restoran dan fasilitas lain, serta informasi penting lainnya yang bisa membantumu merencanakan aktivitas selama menginap di hotel tersebut.

Selain itu, langkah konfirmasi juga dapat membantumu dalam memperoleh diskon khusus atau keuntungan-keuntungan lainnya yang ditawarkan oleh hotel. Jangan malu untuk menanyakan hal-hal seperti ini karena menjadi bagian dari hakmu sebagai tamu.

Dalam melakukan konfirmasi, kamu dapat menghubungi pihak hotel melalui telepon, email, atau media sosial yang disediakan. Pastikan kamu selalu mencatat informasi yang diberikan oleh hotel selama konfirmasi agar tidak terjadi kekeliruan.

Dengan melakukan konfirmasi reservasi secara berkala, kamu dapat memastikan pengalaman menginapmu di hotel menjadi menyenangkan dan tanpa hambatan. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengonfirmasi reservasi hotelmu beberapa kali sebelum hari-H datang.

reservasi hotel

Memilih Lokasi

Ketika kamu berencana untuk menginap di hotel, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan, salah satunya adalah pemilihan lokasi hotel. Pilihlah hotel yang memiliki lokasi strategis dan dekat dengan tempat tujuan utamamu. Jangan sampai kamu melelahkan diri hanya untuk mengunjungi tempat yang ingin kamu lihat karena kamu tidak mempertimbangkan letak hotelmu.

Tentukan Tujuan Utama Kamu

Sebelum memilih lokasi hotel, tentukan terlebih dahulu tempat tujuan utamamu. Jika kamu ingin berlibur di pantai, maka tentunya kamu harus mencari hotel yang berada di dekat pantai, bukan? Atau jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata terkenal di kota tertentu, maka kamu perlu mencari hotel yang dekat dengan tempat tersebut.

Berbicara dengan Travel Agent atau Teman yang Pernah Berkunjung

Jika kamu kesulitan dalam menentukan lokasi hotel yang tepat, kamu bisa berkonsultasi dengan travel agent atau teman yang pernah berkunjung ke tempat yang sama. Mereka bisa memberikan saran dan rekomendasi mengenai hotel yang memiliki lokasi strategis dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Perhatikan Akses Transportasi Umum

Saat memilih hotel, pastikan kamu memperhatikan akses transportasi umum di sekitarnya. Jangan sampai kamu kesulitan dalam menggunakan transportasi umum atau harus membayar biaya taksi yang mahal karena hotelmu terlalu jauh dari pusat kota atau tempat-tempat wisata yang kamu kunjungi.

Periksa Ulasan dan Rating Hotel di Internet

Sebelum memutuskan untuk memesan hotel, pastikan kamu membaca ulasan dan rating dari hotel tersebut di internet. Hal ini bisa menjadi acuanmu dalam menentukan apakah hotel tersebut memiliki lokasi yang strategis atau tidak. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui fasilitas apa saja yang tersedia di hotel dan bagaimana pengalaman dari tamu-tamu sebelumnya.

Perhatikan Keamanan Lingkungan Sekitar

Ketika memilih lokasi hotel, perhatikan juga faktor keamanan lingkungan sekitar hotel. Pilihlah hotel yang terletak di daerah yang aman dan nyaman untuk menginap. Meskipun hotel tersebut memiliki harga yang murah atau lokasi yang strategis, jika lingkungan sekitarnya tidak aman, maka menjadi tidak menyenangkan untuk tinggal di sana.

Perhatikan Jarak Antar Tempat yang Ingin Dikunjungi

Jangan hanya memilih hotel yang dekat dengan satu tempat tujuan saja, tapi perhatikan juga jarak antar tempat yang ingin kamu kunjungi. Pastikan kamu memilih lokasi hotel yang strategis dan menyediakan akses mudah ke beberapa tempat wisata lainnya. Hal ini akan memudahkanmu untuk mengunjungi banyak tempat dalam waktu yang lebih singkat.

Dengan memperhatikan beberapa faktor di atas, kamu bisa memilih lokasi hotel yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat berlibur!

hotel location

Perkiraan Biaya

Saat ingin menginap di hotel, hal pertama yang harus diperhatikan adalah anggaran yang dimiliki. Pasalnya, biaya menginap di hotel dapat berbeda-beda tergantung pada fasilitas dan lokasi hotel tersebut. Oleh karena itu, penting untuk menghitung dan menentukan berapa banyak uang yang akan dialokasikan untuk menginap di hotel.

Sebelum mencari hotel, pastikan untuk mengevaluasi ketersediaan anggaran. Jangan sampai mengeluarkan uang lebih untuk menginap di hotel dan mengorbankan budget untuk keperluan lain. Seringkali, hotel yang terletak di pusat kota atau tempat-tempat wisata yang populer lebih mahal dibandingkan dengan hotel yang berada di pinggiran kota atau area terpencil.

Sebelum memutuskan untuk menginap di hotel, pastikan untuk membandingkan harga dari beberapa hotel yang ada di daerah tujuan. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menyesuaikan fasilitas yang dapat digunakan dengan anggaran yang dimiliki.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat menganggarkan biaya menginap di hotel:

1. Pilih Tipe Kamar yang Sesuai

Salah satu faktor yang mempengaruhi harga hotel adalah tipe kamar yang dipilih. Biasanya, hotel menyediakan beberapa tipe kamar seperti single, double, twin, atau suite. Jadi, pastikan untuk memilih tipe kamar yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

2. Pastikan Fasilitas yang Disediakan Memadai

Ketika memilih hotel, pastikan untuk mengevaluasi semua fasilitas yang disediakan, baik itu sarapan, laundry, kolam renang, ruang gym, dan sebagainya. Jangan sampai fasilitas yang disediakan kurang memadai dengan biaya yang dikeluarkan.

3. Pertimbangkan Lokasi Hotel

Lokasi hotel juga mempengaruhi harga yang ditawarkan. Jika ingin menghemat biaya, pilihlah hotel yang berada di pinggiran kota atau area terpencil. Namun, jika ingin menginap di dekat tempat wisata atau pusat kota, maka biaya yang harus dikeluarkan akan lebih mahal.

4. Manfaatkan Diskon dan Promo

Banyak hotel yang menawarkan diskon atau promo khusus, terutama saat musim liburan atau akhir pekan. Ada juga hotel yang memberikan harga khusus untuk tamu yang memesan melalui aplikasi atau website tertentu. Sehingga, selalu periksa apakah ada penawaran diskon atau promo yang bisa dimanfaatkan.

5. Gunakan Aplikasi Agregator Hotel

Aplikasi Agregator Hotel

Salah satu cara untuk menemukan hotel dengan harga terjangkau adalah dengan menggunakan aplikasi agregator hotel. Aplikasi ini dapat membantu mencari hotel dengan tarif terbaik dan menyeleksi berdasarkan lokasi, fasilitas, dan harga. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan, seperti Agoda, Traveloka, dan Booking.com.

Dengan mengevaluasi dan menganggarkan dengan baik, maka akan lebih mudah untuk menemukan hotel yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Jadi, pastikan untuk tidak terburu-buru dalam memilih hotel dan selalu jeli dalam memperhatikan harga dan fasilitas yang ditawarkan.

Pesanan Tambahan

Bagi pemula yang pertama kali menginap di hotel, memesan kebutuhan tambahan seperti sarapan atau laundry bisa menjadi hal yang terlewatkan. Padahal, memesan kebutuhan tersebut bisa membantu mengurangi kebingungan ketika tengah berada dihotel.

Saat memesan kamar hotel, kebanyakan hotel akan memiliki opsi untuk memesan kebutuhan tambahan, seperti sarapan atau laundry. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memesan kebutuhan tambahan ini. Pastikan bahwa kebutuhan tambahan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda, agar tak terjadi pemborosan.

Misalnya, memesan sarapan di hotel merupakan pilihan yang baik jika Anda memiliki rencana awal keluar dari hotel di pagi hari. Tapi, bila Anda bukan merupakan seseorang yang suka sarapan di hotel atau lebih suka bepergian saat pagi hari, memesan sarapan mungkin akan terasa sia-sia. Hal ini juga berlaku untuk layanan laundry. Jika Anda hanya menginap untuk waktu yang singkat, memesan layanan laundry mungkin bukan prioritas Anda.

Selain sarapan dan laundry, ada pula kebutuhan tambahan lain seperti layanan kamar, bantal tambahan, atau bahkan penjemputan di bandara. Pastikan untuk memeriksa biaya tambahan yang dikenakan untuk kebutuhan tambahan tersebut sebelum memesan, agar bisa mengatur anggaran dengan baik.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah memesan kebutuhan tambahan dengan deadline yang jelas. Beberapa layanan hotel mungkin memiliki deadline untuk memesan layanan tambahan, seperti memesan sarapan. Pastikan untuk memesan kebutuhan tambahan dengan waktu yang cukup, sehingga pihak hotel dapat mempersiapkan kebutuhan Anda dengan baik.

Terakhir, selalu pastikan untuk memeriksa kembali pesanan yang Anda lakukan sebelum memprosesnya. Pastikan tidak terjadi kesalahan dalam memilih jenis kamar atau kelupaan memesan kebutuhan tambahan, untuk menghindari kesulitan di kemudian hari.

Memesan kebutuhan tambahan di hotel hanyalah salah satu cara untuk memudahkan pengalaman menginap Anda. Dengan memesan kebutuhan tersebut, Anda bisa lebih tenang dan nyaman selama menginap di hotel. Jangan ragu untuk bertanya kepada petugas hotel jika ada kebingungan, mereka siap membantu Anda dengan senang hati.

Fasilitas Hotel

Saat hendak menginap di hotel untuk pertama kalinya, penting untuk mengetahui fasilitas hotel yang tersedia agar dapat memanfaatkannya dengan optimal. Setiap hotel memiliki fasilitas yang berbeda-beda, dan biasanya tergantung pada kategori hotel tersebut. Berikut adalah beberapa fasilitas yang umum ditemukan di dalam hotel:

1. Kolam Renang

Fasilitas kolam renang dapat menjadi pilihan untuk kamu yang ingin berenang atau sekedar bersantai di area kolam. Biasanya kolam renang ada di area outdoor, namun ada juga yang tersedia indoor.

kolam renang

2. Fitness Center

Bagi kamu yang tetap ingin berolahraga meskipun sedang berada di hotel, kamu bisa memanfaatkan fasilitas fitness center yang biasanya dilengkapi dengan berbagai alat olahraga dan cardio machine.

fitness center

3. Layanan Spa

Buat kamu yang ingin bersantai dan merelaksasi diri, kamu bisa mencoba layanan spa yang biasanya tersedia di dalam hotel. Ada berbagai jenis layanan spa yang ditawarkan, seperti pijat refleksi, facial, hingga body scrub.

layanan spa

4. Restoran

Di setiap hotel biasanya terdapat restoran yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Kamu dapat menikmati hidangan yang tersedia di restoran hotel atau memesan makanan ke dalam kamar.

restoran

5. Business Center

Bagi kamu yang hendak melakukan bisnis atau meeting di hotel, terdapat fasilitas business center yang lengkap dengan ruang rapat, printer, dan komputer/laptop yang dapat kamu gunakan.

business center

6. Layanan Valet Parking

Apabila kamu membawa kendaraan pribadi, kamu bisa memanfaatkan layanan valet parking yang tersedia di hotel. Dengan layanan ini, kamu tidak perlu repot-repot mencari tempat parkir dan mengamankan kendaraanmu.

valet parking

7. Layanan Kamar

Terakhir, setiap hotel biasanya menyediakan layanan kamar yang sangat penting bagi para tamu. Fasilitas ini biasanya dilengkapi dengan pembersihan kamar, room service, hingga mini bar.

layanan kamar

Itulah beberapa fasilitas yang biasanya tersedia di dalam hotel. Kamu bisa memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhanmu selama menginap di hotel. Jangan lupa, sebelum memesan kamar kamu harus mengetahui fasilitas hotel yang ada untuk memudahkanmu dalam mengatur rencana liburanmu. Happy traveling!

Cara Check-in di Hotel: Panduan Praktis untuk Pemula

Merencanakan sebuah perjalanan liburan atau bisnis memang sangat menyenangkan. Saat memutuskan untuk menginap di hotel, biasanya langsung membooking kamar melalui website atau agen perjalanan online. Setelah reservasi dilakukan, hal penting yang harus diperhatikan adalah proses check-in. Bagi para pemula yang belum pernah menginap di hotel, tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan panduan praktis bagaimana cara check-in di hotel.

1. Siapkan Dokumen Penting

Pertama-tama, pastikan kamu membawa dokumen penting seperti kartu identitas yang dapat digunakan sebagai identifikasi. Kartu identitas yang dapat digunakan biasanya adalah KTP, SIM, atau Paspor. Pastikan juga untuk membawa bukti reservasi atau voucher yang telah dibayarkan sebelumnya.

ilustrasi check-in di hotel

2. Datang Pada Jam Check-in yang Sesuai

Jangan sampai datang terlalu pagi atau terlalu malam karena hotel pasti memiliki jam check-in yang sudah ditetapkan. Jam check-in di hotel biasanya dimulai pada pukul 14.00 atau 15.00. Jika datang terlalu awal, kamu harus menunggu sekitar satu atau dua jam untuk dapat masuk kamar.

3. Masuk ke Lobby Hotel

Masuk ke lobby hotel dan cari kantor check-in. Biasanya kantor check-in hotel terletak di dekat lobby dan mudah dikenali karena seringkali dibuat dengan tampilan yang mewah dan menarik untuk pengunjung. Jangan ragu untuk bertanya pada resepsionis jika kamu kesulitan menemukan kantor check-in.

4. Tanyakan Proses Check-in ke Resepsionis

Setelah menemukan kantor check-in, cari resepsionis dan beritahu namamu serta tunjukkan kartu identitas dan bukti reservasi atau voucher yang telah dibayarkan. Tanyakan pada resepsionis tentang proses check-in yang berlaku di hotel tersebut, seperti apakah perlu membayar deposit tambahan atau meminta tambahan kartu identitas keluarga saat check-in di hotel.

5. Desain Kamar Sesuai Kebutuhan

Selama proses check-in, resepsionis akan menunjukkan beberapa contoh kamar yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan dan budget. Jangan sungkan untuk memberikan feedback pada resepsionis jika terdapat kekurangan pada kamar yang ditunjukkan, seperti kebisingan atau bau rokok. Pilih kamar yang sesuai dengan kebutuhanmu dan pastikan untuk meminta kunci kamar saat melakukan proses check-in.

6. Minta Informasi dan Aturan Hotel

Pada proses check-in, jangan sungkan untuk bertanya pada resepsionis tentang informasi dan aturan hotel. Misalnya, meminta informasi tentang jam layanan sarapan, titik-titik penting di sekitar hotel yang bisa kamu kunjungi, atau fasilitas apa saja yang dapat digunakan di dalam hotel. Kamu juga perlu mengetahui aturan-aturan khusus di hotel seperti jam penggunaan kolam renang atau fasilitas lainnya.

7. Periksa Informasi Check-in Kembali

Sebelum meninggalkan kantor check-in, pastikan kamu telah mengumpulkan semua informasi dan persetujuan penting sesuai kebutuhanmu. Periksa kembali tanggal check-out dan kamar yang kamu pilih, serta informasi tambahan seperti alamat atau nomor kontak hotel yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat. Pastikan juga sudah mendapatkan kunci kamar dan kartu yang diperlukan untuk mengakses kamar.

8. Manfaatkan Fasilitas Yang Tersedia di Hotel

Setelah proses check-in selesai, kamu bisa langsung menuju kamar dan menikmati suasana istirahat yang nyaman. Periksa kembali fasilitas apa saja yang tersedia di kamar dan di dalam hotel. Manfaatkan fasilitas yang ada sebaik mungkin untuk menambah kenyamanan liburanmu seperti sarapan di pagi hari, jalan-jalan ke area dekat hotel, atau sekadar berenang di kolam renang hotel. Nikmati liburanmu dengan santai dan penuh kebahagiaan!

Itulah beberapa tips cara check-in di hotel bagi pemula. Jagalah rencana dan pengalamanmu selama masa menginap di hotel dengan baik. Pastikan kamu teliti sejak awal proses reservasi dan jangan sungkan untuk bertanya pada resepsionis hotel apabila kamu membutuhkan bantuan. Setelah kamu merasa nyaman dan menikmati liburanmu, pasti akan langsung merencanakan liburan selanjutnya!

Peraturan Hotel

Bagi pemula yang baru pertama kali menginap di hotel, pastikan untuk mengetahui peraturan yang berlaku di hotel tersebut sebelum check-in. Setiap hotel biasanya memiliki aturan dan kebijakan yang berbeda-beda. Beberapa aturan umum yang harus diperhatikan antara lain:

Peraturan Hotel

  1. Batas usia

    Sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia, setiap hotel memiliki batasan usia minimal tamu yang diperbolehkan untuk menginap. Biasanya, batasan usia yang ditetapkan adalah 17 tahun ke atas. Namun, beberapa hotel juga memiliki syarat umur yang lebih tinggi, seperti 21 tahun ke atas. Hal ini dilakukan guna menjamin kenyamanan dan keamanan tamu selama menginap di hotel.

  2. Identitas dan informasi lain

    Saat melakukan check-in, pihak hotel akan meminta Anda untuk menunjukkan identitas diri berupa KTP atau kartu identitas lainnya. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk memberikan informasi lain seperti nomor telepon, alamat email, dan sebagainya. Hal ini dilakukan guna memudahkan hotel dalam menghubungi Anda jika terjadi sesuatu selama Anda menginap di sana.

  3. Waktu check-in dan check-out

    Peraturan umum yang harus diikuti oleh tamu hotel adalah waktu check-in dan check-out. Waktu check-in biasanya dimulai pada pukul 14.00 WIB atau 15.00 WIB, sedangkan waktu check-out dilakukan sebelum pukul 12.00 WIB. Namun, Anda bisa mengecek peraturan yang berlaku di hotel tempat Anda menginap untuk mengetahui apakah ada pengecualian atau tidak.

  4. Dilarang merokok dan membawa hewan peliharaan

    Banyak hotel yang melarang tamu untuk merokok di dalam kamar atau area hotel. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan bagi tamu lain yang menginap di hotel tersebut. Selain itu, sebagian besar hotel juga tidak mengizinkan tamu untuk membawa hewan peliharaan ke dalam kamar. Namun, jika ada hotel yang mengizinkan, pastikan Anda sudah meminta izin terlebih dahulu sebelum membawa hewan peliharaan ke dalam kamar.

  5. Ketertiban selama menginap

    Jangan lupa untuk selalu menjaga ketertiban dan kebersihan di dalam kamar dan area hotel. Hindari membuat kebisingan yang mengganggu tamu lain, agar suasana hotel tetap nyaman untuk bersantai dan beristirahat. Terlebih jika Anda menginap di kamar yang bersebelahan dengan kamar tamu lainnya.

  6. Deposit dan penalti

    Beberapa hotel biasanya meminta tamu untuk memberikan deposit saat melakukan check-in. Deposit ini biasanya digunakan untuk membayar kerusakan atau kehilangan kunci kamar. Jumlah deposit yang diminta dapat bervariasi, tergantung dari kebijakan hotel masing-masing. Selain itu, jika Anda melanggar aturan hotel atau merusak fasilitas hotel, Anda juga akan dikenai penalti yang harus dibayar sebelum check-out.

  7. Penggunaan fasilitas hotel

    Penggunaan fasilitas hotel harus dilakukan dengan tertib. Jangan lupa untuk mengembalikan fasilitas yang digunakan ke tempat semula setelah selesai digunakan. Selain itu, pastikan untuk membaca aturan penggunaan fasilitas seperti fitness center, kolam renang, dan lain sebagainya sebelum menggunakannya.

  8. Keamanan kamar hotel

    Jangan lupa untuk mengunci pintu kamar saat meninggalkan kamar hotel. Pastikan juga untuk tidak meninggalkan barang berharga di dalam kamar atau di tempat yang mudah terlihat. Jika Anda membawa barang berharga, sebaiknya disimpan di brankas hotel. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan kamar hotel Anda selama menginap di sana.

  9. Pembayaran

    Terakhir, pastikan untuk membayar biaya menginap Anda sebelum check-out. Biaya menginap biasanya sudah termasuk pajak dan layanan ketika kamu memesan kamar. Namun, jika Anda menggunakan fasilitas hotel yang memerlukan biaya tambahan, seperti laundry, minibar, atau layanan kamar, pastikan Anda membayar biaya tersebut sebelum meninggalkan hotel.

Pilih Hotel yang Aman

Jangan hanya memilih hotel yang murah karena banyak faktor lain yang harus diperhatikan saat memilih hotel untuk menginap. Pastikan hotel tersebut terletak di lokasi yang aman dan mudah diakses oleh kendaraan umum. Cari tahu reputasi hotel melalui review online atau bertanya pada teman yang telah pernah menginap di sana. Selain itu, jangan lupa periksa fasilitas keamanan yang disediakan oleh hotel, seperti CCTV, petugas keamanan, dan kunci kartu yang secara otomatis mengunci pintu kamar saat kamu keluar. Sebaiknya pilih hotel yang memiliki oven lebih dari satu lantai karena hotel ini biasanya lebih terawat dan memiliki sistem keamanan yang lebih baik.

Cek Kamar dengan Teliti

Setelah tiba di hotel, jangan langsung terburu-buru untuk masuk ke kamar. Periksa kamar terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya. Pastikan pintu dan jendela terkunci dengan baik dan tidak rusak. Periksa juga kunci kartu dan pastikan hanya kamu yang memiliki akses ke kamar tersebut. Selain itu, periksa seluruh sudut kamar, termasuk bagian bawah tempat tidur, kamar mandi, dan lemari untuk memastikan tidak ada orang asing yang masuk ke sana.

Jangan Menyimpan Barang Berharga di Sembarang Tempat

Jangan menyimpan barang berharga seperti uang, paspor, dan perhiasan di tempat yang mudah dijangkau. Sebaiknya simpan barang berharga dalam brankas yang terdapat di dalam kamar atau layaniannya untuk penyimpanan barang-barang yang berharga. Selain itu, jangan meninggalkan barang berharga di luar kamar atau dalam mobil sehingga kamu tidak perlu khawatir kehilangan barang berharga.

Jangan Memberitahu Orang Asing tentang Kehadiranmu di Hotel

Saat menginap di hotel, hindari memberitahu orang asing tentang keberadaanmu di hotel. Jangan sering memberikan informasi tentang kamarmu, rencana liburan, atau informasi pribadi lainnya kepada orang asing yang kamu temui di hotel atau di tempat-tempat wisata. Kamu juga harus waspada jika ada orang yang terlalu akrab denganmu segera laporkan petugas di lokasi hotel itu.

Gunakan Pengunci Pintu Susulan

Sebelum tidur, gunakan pengunci pintu susulan (chain lock) di dalam kamar untuk memastikan keamananmu. Meskipun kamarmu sudah terkunci dengan baik, pengunci pintu susulan akan memberikan perlindungan tambahan agar pintu kamar tidak bisa dibuka oleh orang asing dengan cara apapun.

Periksa Identitas Orang yang Masuk ke Kamar

Jangan biarkan orang yang tidak dikenal masuk ke kamarmu. Jika ada orang yang mengaku sebagai petugas hotel atau tamumu, pastikan mereka memiliki identitas yang jelas dan tidak kelihatan mencurigakan. Meskipun mereka berbicara dengan sopan dan membawa atribut resmi, jangan segera percaya begitu saja. Pastikan kamu menanyakan nama mereka dan memverifikasi ke hotel setempat jika ada keraguan.

Jangan Tinggalkan Kunci Pada Saat Check-Out

Setelah selesai menginap di hotel, jangan lupakan untuk menyimpan kunci kartu dengan baik meski kamu tidak lagi membutuhkannya. Jangan meninggalkan kunci kartu pada balik meja resepsionis karena kamu tidak pernah tahu siapa yang bisa menggunakan kunci tersebut, bahkan jika kamu sudah tidak lagi menggunakan kamar tersebut.

Tutup Rapat Pintu Kamar

Saat kamu keluar dari kamar, pastikan kamu mengunci pintu dan menutupnya rapat-rapat. Jangan menggantung kartu kunci pada pintu kamar karena ini bisa membuat kamarmu menjadi target perampokan. Selain itu, jika kamu harus meninggalkan kunci kartu pada saat kamu keluar, beritahu petugas hotel tempat kamu meletakkan kunci tersebut dan jangan memberikan kunci pada orang lain.

Ajukan Pertanyaan ke Staff Hotel

Jika kamu memiliki pertanyaan atau permasalahan terkait keamanan hotel tempat kamu menginap, jangan ragu untuk bertanya pada petugas hotel atau resepsionis. Mereka akan memberikan jawaban yang jelas dan membantumu menyelesaikan masalahmu. Jangan khawatir untuk menceritakan pengalamanmu kepada petugas hotel karena mereka akan mencari solusi terbaik untukmu.

Berlatih Kesadaran Keamanan

Terkadang, keamanan tidak hanya tergantung pada kebijakan hotel tapi juga bagaimana kamu berperilaku selama menginap di hotel. Dalam arti kata, kamu harus mempertajam insting pengamatan, menghindari mengedarkan uang yang berlebihan, serta tidak mengizinkan siapapun yang tidak kamu kenal masuk ke dalam kamarmu. Jika kamu merasa terganggu dengan perilaku orang lain, jangan ragu untuk melaporkan hal tersebut pada staf hotel. Dengan begitu, kamu bisa berlatih kesadaran keamanan sehingga tidak mudah menjadi mangsa kejahatan sembarangan.

secure hotel

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button