Parenting

Cara Mengatur Waktu Anak Sehabis Pulang Sekolah

Modalcerita.com – Setelah anak berguru di sekolah dan kembali pulang kerumah, kegiatan mencar ilmu yang sebaiknya dijalankan anak sepulang sekolah yaitu bermain dan belajar kembali. Belajar bisa dalakukan dimana saja dan kapan saja. Belajar sepulang sekolah sudah merupakan suatu kewajiban yang dijalankan oleh anak. Jam mencar ilmu di sekolah cuma berjam-jam saja.

Di Taman Kanak-kanak kegiatan pembelajaran sudah dimulai pada pukul 08.30 dan rampung pada pukul 11.00. Dengan durasi waktu demikian pastilah anak tidak seluruhnya bisa mengerti sekaligus seluruh kegiatan pembelajarannya di sekolah.

Sepulang sekolah, setibanya di rumah para anak setelah selasai berubah busana dan membersihkan diri, semestinya melakukan beberapa kegiatan yang wajib untuk dilakukan serta dibiasakan. Berikut ini kegiatan yang sebaiknya dijalankan oleh anak sepulang sekolah, baik dilakukan sendiri maupun dengan bantuan orang tua.

Kapan Dan Apa Saja Tips Edukasi Anak Sesuai Sekolah?

1. Makan siang

Tentunya kegiatan pembelajaran disekolah sejah pagi hingga siang hari sangat menguras tenaga anak. Mengisi kembali energi dengan makan siang wajib dilaksanakan sepulang sekolah. Orang tua Anak bisa menerapkan sajian kuliner sehat yang sudah diperoleh dan dikonsultasikan di sekolah.

Tetapi kalo belum bisa menciptakan kuliner ini, maka sebaiknya orang renta melakukan pekerjaan sama dengan sekolah yang mengusulkan terhadap orang bau tanah wacana jenis kuliner sehat dan bergizi sebanding.

Apa saja dan jumlah porsi makan anak?

Jawaban terhadap pertanyaan ini sungguh relatif sekali. Ada anak yang kenyang dengan cuma memakan satu piring nasi dengan lauk tahu tempe, ada juga anak yang masih lapar sehabis menghabiskan dua piring nasi dengan lauknya. Yang terpenting ialah bukan ihwal jumlah makana, melainan menu makanan yag dimakan dan makanlah yang cukup. Jangan makan hingga perut benar-benarkenyang hingga sakit perut. Bukannya tambah sehat malah menjadikan sakit. Makara penting untuk diamati menu makanan yang dimakan dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :   Bahaya Anak Keseringan Gunakan Smartphone

2. Tidur siang

Mungkin beberapa dari anak tidak terbiasa dengan tidur siang sepulang sekolah. Beberapa anak lebih menentukan untuk bermain dengan temannya dari pada beristirahat tidur sejenak. Tidur siang tidak harus usang, diusulkan cukup 15 menit saja. Dengan badan mampu tidur siang sejenak, maka tubuh akan kembali segar dan siap untuk melakukan aktivitas hingga sore nanti.

3. Mengulang kegiatan di sekolah

Setelah tidur siang maka kegiatan berikutnya yang dilakukan oleh peserta didik yaitu mengulang kembali pembelajaran yang diterima di sekolah. Penting sekali untuk mengulang kembali pembelajaran yang diperoleh di sekolah. Dengan kegiatan ini maka peserta didik tidak lupa kegiatan yang dilakukan di sekolah.

Beragam cara bisa penerima didik lakukan untuk mengulang kembali pembelajaran. Orang bau tanah dapat membaca buku penghubung dari guru oleh orang renta yang sudah dibentuk. Buku penghubung memberikan garis bawah pada kegiatan yang sudah dikerjakan di sekolah yang dipertegas oleh guru, dengan pedoman ini, orang renta mampu memutuskan apa yang mau dilaksanakan dirumah dalam mengulang pembelajaran di sekolah. Selain itu orang tua dapat menolong mengulang kembali kegiatan di sekolah utnuk memperkuat kemampuan yang didapatkan penerima didik di sekolah.

4. Gerakan 18 – 21

Gerakan 18 – 21 yakni melakukan quality time keluarga selama 60 menit antara jam 6 sore hingga dengan jam 9 malam dengan melaksanakan 3B (Belajar, Bermain dan Berdiskusi). Kegiatan ini diharapkan juga dapa melibatkan peran orang bau tanah, dalam rangka memperlihatkan perhatian pada anak dengan waktu yang berkualitas bareng anak di rumah.

Demikianlah Artikel singkat ihwal cara medidik anak di rumah sepulang sekolah, mudah-mudahan artikel ini berguna untuk ayah dan bunda, serta para pendidik PAUD sekalian dalam rangka menolong anak dalam meningkatkan dan membuatkan kesanggupan belajarnya di rumah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button