Keuangan

Cara Kontrol Dan Atur Uang Rumah Tangga

Keuangan yaitu hal yang penting dalam kehidupan rumah tangga. Ada banyak kehidupan rumah tangga yang selsai dengan perceraian balasan persoalan keuangan. Padahal dengan perilaku terbuka dan pemahaman semenjak mengucapkan janji suci di hadapan penghulu semua problem niscaya ada jalan keluarnya, termasuk persoalan keuangan. Ada baiknya Kita dan pasangan saling mengetahui wacana keadaan keuangan masing-masing, ini yakni modal permulaan untuk membina keluarga bahagia.

Pada umumnya kebanyakan kandidat pengantin lebih konsentrasi cara merealisasikan pesta pernikahan unik yang tidak akan dilupakan dalam seumur hidupnya, tetapi melupakan pengaturan keuangan sesudah hidup berumah tangga. Kenyataannya untuk pasangan yang sudah menikah ada tagihan-tagihan yang harus dibayar dan beberapa kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

Bagaimana Cara Kelola Uang Perencanaan?

Permasalahan keuangan yang sering timbul dari pasangan suami istri berputar pada tiga hal, yaitu : pendapatan, pengeluaran, dan simpanan. Ketiga hal tersebut memerlukan sikap terbuka antara kita dan pasangan untuk terjalinnya kehidupan rumah tangga yang serasi. Keputusan untuk hal-hal yang bersifat penyusunan rencana keuangan mirip membuka rekening bareng, memiliki kartu kredit, ikut program asuransi, dan memutuskan siapa yang memegang kas dan mengontrol keuangan keluarga yaitu sesuatu yang wajib dibicarakan bersama.

Anda dan pasangan perlu menyadari bahwa dua manusia ini mempunyai latar belakang yang berbeda dalam segala hal, dan besar kemungkinan persepsi kita wacana pengaturan keuangan akan tidak sama dengan Anda. Dengan saling terbuka dan jujur, kita mampu bertukar pikiran dan membahas dilema bareng. Kita juga mampu mempersiapkan siapa yang akan mengeluarkan uang tagihan, dan kebutuhan apa saja yang mesti ditanggung bareng, ini harus didiskusikan semenjak permulaan akad nikah.

Menentukan tujuan keuangan bareng yakni titik permulaan yang bagus yang mesti dilakukan setiap pasangan suami istri. Dari sana kita dan pasangan mampu menentukan apa yang ingin diwujudkan dan bagaimana cara mewujudkan cita-cita tersebut. Pembicaraan ini akan mengarahkan Anda dan pasangan kepada perencanaan keuangan yang lebih terang.

Baca Juga :   Cara Mendapat Jaminan Uang Pensiun Dari BPJS

Hal pertama yang bisa Anda berdua lakukan adalah menuliskan pendapatan apa saja yang diterima  dan apa saja pengeluaran-pengeluaran rutin setiap bulannya. Anda berdua benar-benar harus terlibat sarat dalam tahap ini, berbagilah secara bijaksana tentang pertimbangan siapa yang lebih banyak dipakai untuk membiayai hidup, bicarakanlah cara menyanggupi semua kebutuhan sesuai anggaran yang Anda berdua rencanakan. Jika setelah dihitung namun uang Anda berdua tidak cukup, maka perlu dicari penyelesaian agar duit tersebut cukup dengan mencari penghasilan embel-embel dan menghemat pengeluaran yang bukan prioritas.

Pada balasannya, Anda berdua harus melakukan penilaian keuangan untuk menilai apakah Anda berdua sudah berbelanja sesuai budget atau anggaran keuangan sama sekali Anda abaikan. Satu hal penting dalam kehidupan keuangan keluarga, cobalah untuk tidak menuduh pasangan selaku biang keladi, lebih baik mencari penyelesaian dilema tersebut.

Tiga hal yang harus Anda berdua hindari yaitu:

  1. Membeli barang yang mahal tanpa menginformasikan pasangan Anda terlebih dulu.
  2. Menyimpan pemasukan embel-embel di luar gaji untuk kesenangan sendiri, tanpa memberitahu hal ini kepada pasangan Anda.
  3. Menunda pembayaran utang, alasannya adalah bunga kredit dan cicilan bulanan yang menumpuk mampu mengganggu arus kas keluarga Anda.

Semoga tips ini berguna untuk Anda mengelola keuangan bersama pasangan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button