Kuliner

10 Kuliner Khas Jogja yang Wajib Dicoba

Blog Kuliner Jogja: Menikmati Kelezatan Sate Klatak Khas Jogja

Asal-usul Sate Klatak


Asal-usul Sate Klatak

Sejarah sate klatak masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Ada beberapa versi mengenai munculnya sate klatak, diantaranya versi legenda dan versi sejarah.

Menurut legenda, saat itu terdapat seorang pedagang kambing yang ingin mencicipi daging kambingnya yang baru saja disembelih. Karena masih malam dan minim penerangan, pedagang tersebut memutuskan untuk memasak daging kambing dengan menggunakan bara api, sehingga kebetulan daging kambing tersebut tidak matang sempurna dan berwarna kecoklatan.

Namun, menurut versi sejarah, sate klatak pertama kali diperkenalkan oleh seorang pedagang sapi dari Jawa Tengah bernama Pak Parto. Ia mulai menjajakan sate klatak sejak tahun 1971 di sekitar kawasan Kridosono.

Terlepas dari asal-usul yang sebenarnya, sate klatak telah menjadi makanan ikonis yang lekat dengan kota Yogyakarta, bahkan menjadi salah satu kuliner khas Yogyakarta yang paling dicari oleh para wisatawan.

Cara Memasak Sate Klatak


Cara Memasak Sate Klatak

Sate klatak terbuat dari potongan daging kambing yang dipanggang dengan api terbuka. Cara memasaknya yang cukup sederhana membuat cita rasa daging terjaga, serta memberikan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh sate lainnya.

Pertama-tama, daging kambing dipotong menjadi ukuran yang sesuai dengan keinginan konsumen. Kemudian, bumbu sate klatak yang terdiri dari kecap manis, kecap asin, saus tomat, dan bumbu rempah-rempah dicampur dan dioleskan ke seluruh permukaan daging sate. Setelah itu, sate klatak dipanggang di atas bara api dari kayu bakar hingga matang, sambil terus diolesi bumbu agar daging tidak kering.

Cara Menikmati Sate Klatak


Cara Menikmati Sate Klatak

Untuk menikmati kelezatan sate klatak, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Biasanya, sate klatak disajikan dengan nasi, irisan ketimun, tomat, dan sambal khas Yogyakarta yang terbuat dari cabe rawit, bawang putih, garam, dan air jeruk nipis.

Beberapa tenda sate klatak menyediakan paket lengkap dengan nasi dan sayuran pelengkap. Agar cita rasa sate klatak semakin terasa, konsumen bisa menambahkan sedikit kecap manis atau sambal di atas sate klatak saat akan dimakan.

Salah satu hal yang menyebabkan wisatawan terus datang mencoba sate klatak adalah sensasi unik saat menyantap makanan ini. Konsumen tidak memerlukan alat makan seperti garpu atau sendok. Cukup dengan menggunakan tangan dan mengambil potongan daging secara langsung dari tusukan sate, semua orang dapat menikmati kelezatan sate klatak.

Tempat Mencicipi Sate Klatak di Jogja


Tempat Mencicipi Sate Klatak di Jogja

Sate klatak bisa ditemukan di banyak tempat di Yogyakarta, namun tidak semua tenda sate klatak memiliki rasa yang sama. Berikut beberapa tenda sate klatak terbaik yang patut dicoba saat berada di Jogja:

1. Warung Sate Klatak Pak Pong

Warung sate klatak yang terletak di Jalan Wonosari KM 10,5 ini sudah berdiri sejak tahun 1978 dan memiliki rasa yang lezat serta ukuran daging yang besar.

2. Warung Sate Klatak Mbok Sri

Warung sate klatak ini menawarkan suasana yang nyaman dan memiliki rasa yang enak dengan potongan daging yang cukup besar dan lembut.

3. Warung Sate Klatak Pak Bari

Warung sate klatak ini terkenal dengan bumbu sate klataknya yang khas dan membuat ketagihan untuk kembali mencoba.

Itulah beberapa tenda sate klatak terbaik yang ada di kota Yogyakarta. Pastikan untuk mencoba kelezatan sate klatak saat berada di Jogja!

Kuliner Khas Jogja yang Harus Kamu Coba!


Sate klatak Jogja

Yogyakarta selalu dihubungkan dengan wisata kuliner seperti Gudeg dan Bakpia Butuh sebagai oleh-oleh khas Jogja. Tapi, apa kamu sudah mencoba makanan khas Jogja yang lainnya? Di sini, kami akan memberikanmu beberapa rekomendasi kuliner khas Jogja yang wajib kamu coba. Simak selengkapnya di bawah ini:

Sate Klatak


Sate klatak Jogja

Makanan satu ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. Sate Klatak adalah sate yang berasal dari Kulon Progo, Yogyakarta. Bahan dasar sate ini adalah daging kambing atau sapi yang sudah diiris tipis untuk memastikan bumbu meresap sampai ke dalamnya. Sate klatak juga disajikan dengan nasi dan sambal petis yang pedas. Di daerah Kulon Progo, makanan ini biasa dijual di pinggir jalan dengan gerobak seadanya. Kamu bisa menemukan sate klatak di beberapa tempat makan di Yogyakarta.

Es Pawon


Es Pawon

Jika kamu merasa haus setelah berkeliling Yogyakarta, cobalah untuk mencicipi es pawon ini yang bisa membantu meringankan dahaga dengan sensasinya yang unik dan menarik. “Pawon” adalah sebuah tempat tradisional untuk memasak di Jawa. Nama “Es Pawon” diambil karena memang es ini dibuat dan disajikan di dalam pawon yang telah dipanaskan sebelumnya agar menghasilkan rasa yang lebih khas. Ada beberapa variasi es pawon yang bisa kamu temukan, seperti campuran kacang hijau, cendol, sirup, dan kolang-kaling.

Bakmi Jawa


Bakmi Jawa

Kalau kamu bosan dengan mie instant instan, Bakmi Jawa bisa jadi salah satu alternatif untukmu. Mie yang digunakan dalam makanan ini lebih lebar dan berbahan dasar tepung beras. Makanan ini kemudian disiram dengan bumbu kacang, ayam suwir, sawi, tauge, dan beberapa tambahan seperti kerupuk dan sate usus. Makanan ini bisa kamu temukan di hampir setiap sudut di Yogyakarta, mulai dari warung kecil hingga restoran besar.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner khas Jogja yang wajib kamu coba. Pastikan kamu mencoba makanan-makanan tersebut ketika berkunjung ke Yogyakarta dan rasakan kenikmatannya dengan perut yang lapar.

Tempat Nongkrong Asik Sambil Nikmati Kuliner Enak di Jogja


Tempat Nongkrong Asik Sambil Nikmati Kuliner Enak di Jogja

Jogja selalu menjadi destinasi favorit untuk menikmati kuliner enak dan unik. Ada banyak tempat nongkrong asik yang bisa kamu kunjungi sambil menikmati hidangan lezat khas Jogja. Berikut adalah beberapa tempat nongkrong asik yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Jogja.

1. Kedai Kopi Joss


Kedai Kopi Joss

Tempat nongkrong asik yang pertama adalah Kedai Kopi Joss yang terkenal dengan kopi joss-nya yang unik. Kopi joss ini terbuat dari kopi hitam yang dicampur dengan arang panas. Rasanya yang khas juga membuat para pengunjung bertambah penasaran untuk mencicipi kopinya.

Selain itu, Kedai Kopi Joss juga menyediakan aneka makanan ringan seperti bakpia, jadah, dan cenil yang juga menjadi kuliner khas Jogja. Kamu bisa menikmati hidangan lezat ini sambil menikmati suasana yang asik di kedai ini.

2. Depot Seturan


Depot Seturan

Tempat nongkrong asik selanjutnya adalah Depot Seturan yang terkenal dengan nasi liwet dan ayam gorengnya yang enak. Tidak hanya itu, di sini kamu juga bisa menikmati aneka kuliner khas Jogja seperti gudeg, sate, dan masih banyak lagi.

Depot Seturan juga memiliki ruangan yang cukup luas dengan desain yang nyaman, sehingga cocok untuk kamu yang ingin nongkrong bareng teman atau keluarga.

3. Jejamuran Resto


Jejamuran Resto

Jejamuran Resto adalah tempat nongkrong asik yang menyajikan hidangan berbahan dasar jamur. Restoran ini terletak di Sleman, Jogja, dan memiliki sajian yang sangat beragam.

Di sini kamu bisa menikmati aneka olahan jamur seperti sop jamur, tumis jamur, gorengan jamur, bahkan pizza jamur. Kamu juga bisa menikmati hidangan lezat ini sambil menikmati suasana yang cozy di dalam resto.

4. Mie Ayam Jamur Mbak Charly


Mie Ayam Jamur Mbak Charly

Tempat nongkrong asik yang terakhir adalah Mie Ayam Jamur Mbak Charly yang terkenal dengan mie ayam jamurnya yang enak dan nikmat. Tempat ini biasanya ramai diisi oleh pengunjung yang ingin mencicipi mie ayam jamur khas Jogja.

Mie ayam ini disajikan dengan kuah kaldu yang hangat dan diberi tambahan irisan daging ayam dan jamur yang membuat rasanya semakin lezat. Kamu dapat menikmati makanan yang enak dan murah di tempat nongkrong asik ini.

Itu dia beberapa tempat nongkrong asik yang bisa kamu kunjungi sambil menikmati kuliner enak khas Jogja. Jangan lupa untuk mencobanya, ya!

Kuliner Hemat dan Lezat di Jogja


Bakso Jogja

Makanan khas Jogja tentunya harus kita coba. Namun, kita juga harus menimbang budget yang kita miliki. Nah, kali ini kita akan membahas tentang kuliner hemat dan lezat di Jogja yang tentunya bisa kita jadikan alternatif ketika budget sedang terbatas.

1. Bakso Jogja


Bakso Jogja

Bakso Jogja memang sudah terkenal di hampir seluruh Indonesia. Namun, cita rasa bakso di Jogja memang sangat berbeda dengan bakso di tempat lain. Bakso Jogja banyak dijual di pinggir jalan dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp5.000,- saja kamu sudah bisa menikmati satu porsi bakso yang lezat.

2. Gudeg Yu Nap


Gudeg

Siapa yang tidak kenal dengan gudeg? Makanan yang terbuat dari nangka muda ini juga menjadi primadona di Jogja. Salah satu tempat yang menyediakan gudeg enak dan murah adalah Gudeg Yu Nap. Di sini kamu bisa menikmati gudeg dengan harga mulai dari Rp12.000,- saja.

3. Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak

Sate Klathak merupakan salah satu makanan khas Jogja yang memiliki cita rasa yang berbeda dari sate pada umumnya. Di Jogja, ada satu tempat yang menjadi andalan untuk mencari sate klathak yaitu Sate Klathak Pak Pong. Sate klathak yang disajikan sangat lezat dan harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp5.000,- saja.

4. Gudeg Sagan


Gudeg Sagan

Gudeg sagan merupakan salah satu makanan khas Jogja yang juga terkenal di kalangan masyarakat. Di Jogja, ada satu tempat yang menjadi andalan yaitu Gudeg Sagan Bu Tjitro. Selain gudeg, kamu juga bisa mencicipi menu-menu lain seperti ayam goreng, empal, dan lain-lain. Harga yang ditawarkan terbilang cukup murah, mulai dari Rp9.000,- saja.

5. Soto Pak Marto


Soto

Soto Pak Marto menjadi salah satu soto yang harus kamu coba ketika ke Jogja. Soto yang disajikan di tempat ini terkenal dengan kuahnya yang gurih dan daging ayamnya yang empuk. Di sini kamu bisa menikmati soto dengan harga mulai dari Rp12.000,- saja.

Beragam kuliner yang enak dan murah di Jogja memang tidak terbatas pada lima tempat di atas saja. Masih banyak sekali tempat-tempat lain yang menyajikan makanan yang sama enaknya dengan harga yang terjangkau. Selamat mencoba!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button