Menikmati Wisata Kuliner Jogja yang Menggugah Selera

Serunya Sate Klathak: Sate dengan Cara yang Unik dan Lezat di Lidah


Sate Klathak

Salah satu kuliner yang paling digemari di Yogyakarta adalah sate klathak. Kuliner ini terkenal dengan cara penyajiannya yang unik, serta rasa dan kelezatan yang sulit dilupakan. Berbahan dasar daging kambing, sate klathak menjadi salah satu kuliner wajib yang harus dicoba jika berkunjung ke kota pelajar ini.

Jika biasanya sate dibuat dengan cara menusuk daging dan ditusuk di atas tusukan bambu, berbeda dengan sate klathak. Sate klathak dibuat dengan cara mencincang daging kambing kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu rempah-rempah yang harum. Selanjutnya, adonan tersebut dibentuk menjadi bola kecil dan dibakar. Proses pengolahan yang unik ini menjadikan sate klathak memiliki cita rasa yang berbeda dengan sate pada umumnya.

Untuk menikmati sate klathak, terdapat tempat khusus yang terletak di Jalan Godean, Yogyakarta. Di sana, terdapat beberapa penjual sate klathak yang menyediakan hidangan ini dengan cara unik, yaitu menggunakan gerobak dorong yang diposisikan di atas batu bata dan arang. Proses memanggang sate klathak di atas batu bata dan arang ini merupakan keunikan tersendiri dari kuliner yang satu ini.

Setelah bola-bola kecil sate klathak matang, mereka akan ditusuk dua buah pada tusuk sate kemudian disajikan dengan kuah kacang yang gurih dan pedas. Kuah kacang tersebut berasal dari bahan dasar kacang tanah yang dihaluskan. Tidak hanya kuah kacang, sate klathak juga disajikan dengan lontong, irisan bawang goreng dan sedikit cabai rawit untuk memberikan sensasi pedas pada hidangan ini.

Ketika disantap, daging sate klathak terasa lembut dan empuk. Berpadu dengan kuah kacang yang gurih, membuat cita rasa dari kuliner ini terasa tak terlupakan. Satu porsi sate klathak terdiri dari 10 tusuk dengan harga yang cukup terjangkau.

Bagi pecinta kuliner yang ingin mencoba sate klathak, tak hanya bisa mencoba di tempat aslinya saja. Beberapa restoran di Yogyakarta juga menyediakan kuliner ini sebagai menu andalannya. Namun, rasanya tidak akan sama seperti sate klathak yang dihadirkan dengan cara tradisional.

Mengunjungi kota Yogyakarta tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba sate klathak. Hidangan yang menjanjikan sensai kuliner yang unik dan lezat ini, pantas untuk menjadi rekomendasi bagi pecinta kuliner yang berkunjung ke kota pelajar ini.

Menikmati Gurihnya Bakmi Jawa di Warung Tugu


Bakmi Jawa di Warung Tugu Jogja

Saat berkunjung ke Yogyakarta, ada banyak pilihan kuliner yang wajib dicoba. Salah satunya adalah Bakmi Jawa yang bisa dinikmati di Warung Tugu. Letaknya di Jalan Diponegoro No. 28, Warung Tugu sudah terkenal sejak 1955 sebagai tempat makan yang menyediakan Bakmi Jawa dengan cita rasa yang otentik.

Warung Tugu terkenal dengan kreasi Bakmi Jawa yang dimiliki. Di sini, para pengunjung dapat memilih bakmi dengan kuah atau goreng, serta dengan variasi daging ayam, sapi, atau udang. Menu andalan di Warung Tugu adalah Bakmi Jawa dengan kuah yang gurih namun lembut. Kuahnya terbuat dari campuran bumbu rempah yang khas, seperti bawang putih, daun salam, lengkuas, dan aneka rempah lainnya. Rebusan mie tersebut juga diberi sebutan Bakmi Godog oleh warga Jogja.

Tidak hanya itu, selain Bakmi Jawa, Warung Tugu juga menyediakan aneka hidangan khas Jawa lainnya, seperti Nasi Goreng Jawa, Gado-Gado, Sate Maranggi, dan masih banyak lagi. Semua hidangan tersaji dengan porsi yang cukup besar dan harga yang terjangkau. Pengunjung dapat memilih tempat duduk di dalam ruangan atau di luar ruangan, yang lebih nyaman saat malam hari.

Tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke Warung Tugu tanpa mencoba segelas Wedang Jahe, minuman khas Jawa yang biasanya disajikan untuk menghangatkan badan. Wedang Jahe di Warung Tugu terbuat dari jahe segar, kayumanis, dan cengkeh yang bikin tenggorokan terasa hangat di musim hujan.

Warung Tugu buka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam. Karena kepopuleran Warung Tugu, pengunjung disarankan untuk datang saat bukan jam makan siang atau makan malam. Jika ingin mendapat tempat duduk di dalam ruangan, sebaiknya datang lebih awal karena biasanya sudah dipenuhi oleh pengunjung yang menunggu giliran untuk makan.

Bagi para pelancong yang ingin mencari kuliner khas Jawa yang otentik, Warung Tugu bisa menjadi alternatif yang tepat. Cita rasa Bakmi Jawa dan hidangan khas Jawa lainnya di sini bisa meninggalkan kesan yang tak terlupakan dalam perjalanan wisata ke Yogyakarta.

Artikel Tentang Kuliner Jogja: Kopi Joss, Sensasi Kafein dan Arang yang Membedakan

Kopi Joss


Kopi Joss

Jogja identik dengan kopi joss, yaitu kopi yang disajikan dengan arang panas yang ditaruh ke dalam cangkir atau gelas. Kopi joss dijual di banyak tempat di Jogja, tapi yang terkenal adalah kopi joss yang dijual di Jalan Wijilan. Kopi joss awalnya diciptakan oleh seorang pedagang kopi bernama Pak Man. Kopi joss dibuat dengan menambahkan arang panas yang ditaruh ke dalam cangkir yang berisi kopi, sehingga kopi tersebut mengeluarkan bunyi “joss”.

Rasanya sangat khas dan berbeda dari kopi biasa. Kopi joss memberikan sensasi hangat di tenggorokan karena ada rasa arang yang “terserap” oleh kopi. Banyak orang yang berkunjung ke Jogja mencari kopi joss dan membawanya sebagai oleh-oleh.

Sensasi Kafein


Sensasi Kafein

Jogja juga memiliki berbagai macam kafe dengan sensasi berbeda-beda. Namun, ada satu kafe yang cukup unik, yaitu Kedai Kebun Forum.

Kedai Kebun Forum adalah kafe yang berada di dalam taman dan memiliki tampilan yang sangat unik. Di dalam kafe terdapat beberapa taman yang dikelilingi oleh kafe. Sensasi kafein di Kedai Kebun Forum bisa kamu dapatkan dengan cara menikmati kopi di taman. Taman Kedai Kebun Forum dikemas sedemikian rupa sehingga pengunjung merasa seperti sedang menikmati kopi di tengah hutan.

Di dalam kedai juga terdapat beberapa buku dan majalah yang bisa kamu baca di sela-sela menikmati kopi. Kedai Kebun Forum sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati kopi sambil menikmati suasana alam yang tenang.

Arang yang Membedakan


Arang

Selain Kopi Joss, Jogja juga memiliki makanan yang wajib dicoba yaitu Gudeg. Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu khas Jogja. Gudeg biasa dihidangkan dengan nasi, ayam kampung, telur dan sambal krecek yang pedas.

Tetapi ada yang membuat gudeg di Jogja berbeda dengan gudeg di tempat lain, yaitu bumbu yang digunakan dimasak dengan arang kelapa. Makanan yang dimasak dengan arang kelapa memiliki rasa yang sangat khas dan enak. Arang kelapa juga mengeluarkan aroma yang khas sehingga makanan tersebut jadi lebih lezat.

Ada banyak tempat di Jogja yang menjual Gudeg, tapi yang paling terkenal adalah Gudeg Bu Tjitro yang berada di Jalan Jodipan. Tempat ini buka selama 24 jam, jadi kamu bisa datang kapan saja untuk mencoba gudeg yang lezat.

Berburu Kuliner Malam di Jogja dengan Menu Legendaris Sate Buntel dan Oseng Mercon


Oseng Mercon

Jogja memang sangat terkenal dengan kuliner malamnya. Banyak sekali tempat makan yang buka hingga malam hari dan menawarkan berbagai macam menu yang lezat. Namun, di antara sekian banyak menu kuliner malam di Jogja, ada dua menu yang menjadi legenda dan wajib dicoba, yaitu sate buntel dan oseng mercon.

Sate Buntel


Sate Buntel

Sate buntel adalah salah satu jenis sate yang berasal dari Jogja. Sate ini terbuat dari daging sapi cincang yang dicampur dengan tepung sagu, bumbu, serta rempah-rempah. Kemudian, daging tersebut dibentuk seperti bola dan dibalut dengan lembaran lemak di sekelilingnya. Setelah itu, sate ini dipanggang hingga matang dan disajikan bersama dengan bumbu kacang dan kecap manis.

Salah satu tempat yang terkenal dengan sate buntelnya di Jogja adalah Sate Buntel Pak Pong. Lokasinya berada di Jl. Imogiri Timur Km.8, Jetis, Bantul. Di sini, kamu bisa menikmati sate buntel yang gurih dengan tekstur yang lembut. Sate buntel Pak Pong buka setiap hari mulai pukul 17.00 hingga 22.00. Cocok banget buat kamu yang ingin makan malam di Jogja.

Oseng Mercon


Oseng Mercon

Oseng mercon adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil, lalu dicampur dengan cabe rawit yang sangat pedas. Selain cabe rawit, oseng mercon juga biasanya diberi tambahan bawang merah, bawang putih, dan tomat. Oseng mercon bisa disajikan dengan nasi atau nasi goreng.

Salah satu tempat yang terkenal dengan oseng merconnya di Jogja adalah Oseng Mercon Bu Narti. Lokasinya berada di Jl.Wijilan No.6, Jetis, Yogyakarta. Di sini, kamu bisa menemukan rasanya yang pedas dan nikmat dari oseng mercon. Bu Narti buka setiap hari mulai pukul 17.00 hingga 22.00. Selain oseng mercon, kamu juga bisa mencoba menu-menu lainnya seperti ayam goreng dan gudeg.

Tempat Makan Lainnya di Jogja


Kuliner Jogja

Tak hanya sate buntel dan oseng mercon, masih banyak tempat makan lainnya di Jogja yang patut untuk dicoba. Misalnya saja, Gudeg Yu Djum, Ayam Goreng Khas Bu Tumini, atau Bakpia Pathok.

Gudeg Yu Djum terletak di Jl. Wijilan No.167, Yogyakarta. Di sini, kamu bisa menikmati gudeg yang legit dan aromanya yang wangi. Bu Tumini, yang terletak di Jl. Cik Di Tiro No.14A, Prawirodirjan, Jogjakarta, menyajikan ayam goreng khas Jogja yang gurih dan renyah. Sedangkan, Bakpia Pathok, yang terletak di Jl. Sabirin No. 59, Wijilan, Yogyakarta, menyajikan bakpia yang gorengannya punya kenikmatan yang khas dan rasanya yang enak.

Jogja memang tak pernah habis memberikan kejutan dengan berbagai macam makanan yang lezat dan menggoda. Kamu bisa mencoba dan menikmati kuliner Jogja yang legendaris seperti sate buntel dan oseng mercon di malam hari. Jangan lupa coba juga tempat makan lainnya yang ada di Jogja. Selamat menikmati!

Enaknya Kuliner di Jogja: Wisata Kuliner yang Bikin Lidah…

Warung Sate Sapi Pak Pong Jogja tak hanya terkenal dengan keindahan bicaranya, namun juga terkenal akan wisata kuliner di setiap sudutnya. Namanya saja pernah...
Ar Rayan Alif
7 min read

Kuliner Jogja: Menikmati Kelezatan Bakmi

Sejarah Bakmi di Jogja Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budayanya. Budaya tersebut juga diwariskan pada makanannya. Salah satunya...
Ar Rayan Alif
5 min read

Menikmati Wisata Kuliner Jogja yang Menggoyang Lidah

Keunikan Instagram Wisata Kuliner Jogja Jogja dikenal sebagai salah satu kota yang sangat kaya akan kuliner. Ada banyak makanan khas Jogja yang menjadi tujuan...
Ar Rayan Alif
9 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *