Lawan Kata dari Sabar yang Harus Kamu Ketahui

Ketika kita kesal, seringkali terdengar kalimat “sabar ya!” sebagai dorongan untuk tetap tenang dan tidak emosional. Namun, pernahkah kita berpikir tentang kata yang berlawanan atau antonim dari kata sabar? Antonim adalah kata yang memiliki makna yang berlawanan dengan kata lainnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas Antonim dari Kata Sabar Adalah dan bagaimana kata tersebut dapat mempengaruhi pemahaman dan tindakan kita dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita simak bersama!

10 Antonim dari Kata Sabar yang Harus Kamu Ketahui

Sabar adalah salah satu sikap yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tidak sedikit orang yang memilih untuk bersabar dalam menghadapi suatu masalah. Namun, ada kalanya kita perlu mengenal kata-kata yang bertentangan dengan sabar, yaitu antonim. Lalu, apa saja antonim dari kata sabar? Berikut ini adalah 10 antonim dari kata sabar yang harus kamu ketahui:

1. Gelisah

Gelisah adalah keadaan di mana seseorang merasa tidak nyaman dan cemas karena ada masalah atau situasi yang mengganggu keadaan sehari-harinya. Ketika seseorang gelisah, maka dia biasanya akan merasa tidak sabar dalam menunggu sebuah solusi atau penyelesaian atas masalah yang dihadapinya.

2. Tergesa-gesa

Berpikir terlalu cepat bisa menjadi hal yang membawa dampak buruk pada kehidupan sehari-hari. Terkadang, seseorang bisa kehilangan kesabaran dan ingin menyelesaikan segala sesuatunya dengan cepat. Hal ini bisa disebut sebagai tergesa-gesa.

3. Marah

Marah adalah perasaan atau keadaan emosi yang bisa muncul karena berbagai hal. Ketika seseorang merasa marah, maka dia bisa kehilangan kesabaran dan mulai bertindak dengan impulsif. Perilaku yang impulsif seringkali tidak akan membawa dampak positif, bahkan seringkali menambah masalah menjadi semakin rumit.

4. Tidak sabar

Tidak sabar adalah suatu keadaan di mana seseorang merasa tidak bisa menunggu dalam menghadapi situasi yang dianggap sulit. Ketika merasa tidak sabar, maka seseorang cenderung menjadi tidak tenang dan mudah terganggu.

5. Dongkol

Dongkol adalah keadaan di mana seseorang merasa kesal atau tidak senang pada situasi atau keadaan yang dialami. Ketika merasa dongkol, maka seseorang akan cenderung kehilangan kesabaran dalam menghadapi situasi tersebut.

6. Gugup

Gugup adalah keadaan di mana seseorang merasa cemas dalam menghadapi situasi yang dianggap penting atau menentukan. Ketika seseorang merasa gugup, maka dia bisa kehilangan kesabaran dan tidak mampu mengambil keputusan dengan baik.

7. Cepat bosan

Orang yang cepat bosan umumnya tidak bisa mempertahankan perhatiannya dalam jangka waktu yang lama. Ketika merasa bosan, maka seseorang akan cenderung kehilangan kesabaran dan mengambil keputusan yang tidak tepat.

8. Terburu-buru

Terburu-buru adalah suatu keadaan di mana seseorang ingin menyelesaikan tugas atau pekerjaan dalam waktu yang singkat. Ketika seseorang merasa terburu-buru, maka dia biasanya kehilangan kesabaran dan tidak bisa berpikir dengan jernih karena terlalu terfokus pada waktu yang terbatas.

9. Gelap mata

Gelap mata adalah keadaan di mana seseorang terlalu terobsesi pada suatu hal sehingga dia tidak bisa berpikir dengan obyektif. Ketika seseorang merasa gelap mata, maka dia biasanya kehilangan kesabaran dan mengambil keputusan yang buruk karena tidak bisa melihat situasi secara jernih.

10. Tidak tenang

Tidak tenang adalah suatu keadaan di mana seseorang merasa cemas dan tidak bisa mempertahankan ketenangannya dalam menghadapi situasi yang sulit. Ketika seseorang merasa tidak tenang, maka dia bisa kehilangan kesabaran dan membuat keputusan yang tidak tepat karena tidak bisa berpikir dengan jernih.

Nah, itulah 10 antonim dari kata sabar yang harus kamu ketahui. Ketika kita mengenal kata-kata antonim dari sabar, maka kita bisa menghindari perilaku yang bersifat negatif dan dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajari kata-kata yang bertentangan dengan sabar agar bisa lebih bijak dan bertindak dengan hati yang tenang.

10 Antonim dari Kata Sabar

1. Terburu-buru
Sabar adalah sifat yang mengajarkan kita untuk bersabar menanti dan memahami bahwa segala sesuatu membutuhkan waktu. Antonim dari kata sabar adalah terburu-buru, yang artinya tidak sabar menunggu dan selalu ingin segalanya cepat selesai. Ketika seseorang terburu-buru, ia cenderung melakukan kesalahan karena kurang teliti dan tergesa-gesa.

2. Gelisah
Gelisah adalah perasaan khawatir dan tidak tenang, biasanya disebabkan oleh ketidakpastian dalam hidup. Antonim dari kata sabar yang satu ini menggambarkan seseorang yang tidak sabar dan mudah tergelisah saat situasi tidak berjalan sesuai dengan yang diinginkannya. Ketika seseorang terlalu gelisah, ia akan sulit fokus dan terus merasa cemas, yang berdampak pada kesehatan mental dan fisiknya.

3. Nafsu
Nafsu adalah keinginan yang sangat kuat untuk memperoleh sesuatu, terutama yang berkaitan dengan hubungan cinta dan seksualitas. Antonim dari kata sabar yang satu ini menggambarkan seseorang yang terlalu mengikuti nafsu dan kurang sabar menunggu hal yang diinginkannya. Ketika seseorang terlalu terbuai oleh nafsu, ia akan mudah terperangkap dalam godaan dan melakukan tindakan yang tidak baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

4. Cepat Marah
Cepat marah adalah sifat yang cenderung merespon situasi dengan marah tanpa memikirkan akibatnya secara rasional. Antonim dari kata sabar yang satu ini menggambarkan seseorang yang mudah merasa tidak sabar dan langsung merespons dengan kemarahan saat situasi tidak sesuai dengan yang diinginkannya. Ketika seseorang cepat marah, ia cenderung mudah membuat orang disekitarnya takut atau sakit hati.

5. Tak Sabar
Tak sabar adalah suatu keadaan di mana seseorang merasa tidak bisa menunggu atau merasa cemas dan khawatir saat situasi berlangsung. Antonim dari kata sabar yang satu ini menunjukkan betapa pentingnya kesabaran dan kecepatan dalam mengambil keputusan. Tanpa sabar, seseorang cenderung mudah merasa tidak sabar dan memberikan hasil yang kurang optimal.

6. Impulsif
Impulsif adalah tindakan yang dilakukan tanpa memikirkan dampaknya, biasanya karena seseorang terlalu tergesa-gesa atau terlalu terapresiasi oleh perasaan dan emosi. Antonim dari kata sabar yang satu ini menggambarkan seseorang yang tidak sabar dan mudah terjebak dalam tindakan yang tidak rasional dan merupakan kebalikan dari kesabaran dan kebijaksanaan. Ketika seseorang impulsif, ia cenderung membuat kesalahan dan menyesalinya kemudian.

7. Lemah
Lemah adalah keadaan di mana seseorang tidak memiliki daya tahan yang kuat, baik itu secara fisik maupun mental. Antonim dari kata sabar yang satu ini menggambarkan seseorang yang tidak memiliki kesabaran dan mudah menyerah saat menghadapi tantangan dan kesulitan dalam hidup. Ketika seseorang lemah, ia tidak akan dapat menghadapi dan mengatasi situasi dengan baik dan tidak mampu meraih sukses secara optimal.

8. Tidak Teliti
Tidak teliti adalah keadaan di mana seseorang tidak memerhatikan detail secara baik dan kurang penuh perhatian terhadap tugas yang sedang dijalankannya. Antonim dari kata sabar yang satu ini menggambarkan seseorang yang terlalu tergesa-gesa dan tidak sabar menyelesaikan tugas dengan baik. Ketika seseorang tidak teliti, ia cenderung mudah membuat kesalahan dan kesal karena hasil yang tidak memuaskan.

9. Mudah Menyerah
Mudah menyerah adalah keadaan di mana seseorang tidak memiliki semangat dan keteguhan hati untuk bertahan dan berjuang dalam menjalankan tugas atau meraih sukses. Antonim dari kata sabar yang satu ini menunjukkan bahwa kesabaran merupakan kunci utama dalam meraih sukses dan mencapai impian yang diinginkan. Ketika seseorang mudah menyerah, ia cenderung tidak akan mencapai kemenangan yang diharapkannya.

10. Tidak Sabar Menanti
Tidak sabar menanti adalah keadaan di mana seseorang tidak memiliki kesabaran dalam menunggu waktu yang tepat atau saat yang paling baik untuk melakukan suatu tindakan. Antonim dari kata sabar yang satu ini menunjukkan bahwa baik atau buruknya suatu tindakan tidak hanya ditentukan oleh kecepatan, tetapi juga oleh kesabaran dalam menunggu waktu yang tepat. Ketika seseorang tidak sabar menanti, ia cenderung buru-buru dalam mengambil tindakan dan mengambil risiko yang tinggi tanpa mempertimbangkan akibatnya secara matang.

Tiga Kategori Antonim dari Kata Sabar

Antonim dari kata sabar dipilah menjadi tiga kategori, yakni:

Kategori Antonim Penjelasan
Antonim yang Berkaitan dengan Sifat Keras; Misalnya saja kasar, bengis, galak, kasbuloh, keras, tajam, dan kikir. Antonim-antonim tersebut mencerminkan sifat keras, angkuh, dan tidak mau kompromi.
Antonim yang Berkaitan dengan Sifat Kekurang Sabaran; Biasanya cenderung merujuk pada sifat tidak sabar, seperti berani, gelojoh, ceroboh, tergesa-gesa, ugal-ugalan, dan loba uang. Antonim-antonim tersebut menunjukkan kurangnya kontrol diri dan sulit bertahan dalam situasi sulit.
Antonim yang Berkaitan dengan Sifat Lunak; Dalam kategori ini terdapat antonim-antonim seperti lemas, lembek, penakut, pemalu, rapuh, mudah menyerah, dan labil. Antonim-antonim tersebut menunjukkan kurangnya keberanian dan kemampuan untuk bersikap tegas dalam menghadapi masalah.

Antonim Berkaitan dengan Sifat Keras

Antonim yang termasuk dalam kategori sifat keras seringkali digunakan dalam konteks kekuasaan, seperti ketua kelas yang galak, atasan yang tegas, atau kepala sekolah yang kasar. Namun, ada juga antonim yang digunakan untuk menggambarkan sifat orang lain, misalnya sifat kasar yang ditunjukkan oleh teman yang suka melakukan bully kepada yang lain.

Sebaliknya, sifat kasbuloh dapat dikaitkan dengan orang yang sangat pelit dan tidak pernah mau membagi apa pun kepada orang lain.

Antonim seperti keras, tajam, dan kikir seringkali dihubungkan dengan sifat seorang pemimpin yang otoriter dan tidak mau mendengarkan masukan dari bawahan atau timnya.

Antonim Berkaitan dengan Sifat Kekurang Sabaran

Sifat tidak sabar seringkali menghambat seseorang untuk mencapai tujuan mereka. Tipe orang seperti ini akan mudah tergesa-gesa dalam menghadapi situasi sulit, melakukan keputusan yang terburu-buru, dan cenderung ceroboh dalam bertindak.

Antonim gelojoh, ugal-ugalan, dan loba uang kerap digunakan untuk menggambarkan sifat kurang sabar dan serakah seseorang dalam mencapai kesuksesan. Kondisi seperti ini jika tidak dikendalikan akan berdampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain.

Antonim Berkaitan dengan Sifat Lunak

Orang yang memiliki sifat lembek, mudah menyerah, dan labil seringkali kesulitan dalam mengambil keputusan yang tegas dan mampu menghadapi situasi sulit. Mereka cenderung menghindari konflik dan memberikan cara yang kurang tepat dalam menyelesaikan masalah.

Antonim seperti lemas, rapuh, dan penakut kerap digunakan untuk menggambarkan sifat orang yang kurang berani dalam mengambil keputusan dan menghadapi kesulitan hidup.

Terlepas dari kategori antonim yang dipilih, kita harus ingat bahwa sifat sabar tetap merupakan sifat yang penting dan harus dimiliki oleh setiap orang. Kita harus belajar untuk mengendalikan diri dan menjaga sifat sabar dalam menghadapi masalah.

Maaf, saya tidak dapat menemukan link yang relevan atau terkait dengan kata-kata yang diberikan. Mohon dapat memberikan kata-kata lain yang dapat dicari. Terima kasih.

Terima Kasih Telah Membaca!

Sekarang kamu sudah tahu antonim dari kata sabar, yaitu tidak sabar atau gelisah. Semoga artikel ini bisa memberimu tambahan kosakata dan membuatmu lebih paham tentang arti kata-kata di dalamnya. Jangan lupa untuk mengunjungi kembali website kami untuk membaca artikel menarik lainnya. Terima kasih dan sampai jumpa lagi!

Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Haruskah Diterapkan?

Hai, adik-adik semua! Kali ini kita mau bahas tentang Bahasa Inggrisnya SD atau Sekolah Dasar. Tentunya, bagi sebagian teman-teman yang masih di bangku SD,...
Ar Rayan Alif
4 min read

Menghitung 1 Juta Nolnya Berapa?

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, “1 juta nolnya berapa sih?” Ternyata, jawabannya tidak sebentar-sebentar ya! Apalagi jika kita harus menuliskannya dalam bentuk angka, pasti akan...
Ar Rayan Alif
4 min read

1 Krat Sama Dengan Berapa Botol?

Halo teman-teman! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas sebuah pertanyaan yang sering muncul di benak para pecinta kopi yaitu, “1 krat berapa botol?”....
Ar Rayan Alif
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *