Antonim dari Kata Penduduk Adalah

Saat kita sedang belajar bahasa Indonesia, seringkali kita mendengar istilah antonim. Apa itu antonim? Antonim sebenarnya adalah lawan kata dari suatu kata. Dalam bahasa Indonesia, contohnya adalah jika kita memiliki kata “tinggi”, maka lawannya adalah “rendah”. Namun, apakah kalian tahu apa antonim dari kata “penduduk”? Yuk, mari kita cari tahu bersama-sama.

10 Antonim dari Kata Penduduk

1. Pendatang
Antonim dari kata penduduk yang pertama adalah pendatang. Secara harfiah, pendatang berarti orang yang datang dan bukan berasal dari tempat tersebut. Pendatang bisa berarti orang yang baru pindah dari suatu daerah ke daerah lainnya atau orang yang hanya berkunjung untuk jangka waktu sementara.

2. Pemukim
Pemukim adalah antonim dari kata penduduk yang memiliki arti orang yang menetap di suatu tempat secara permanen. Istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada orang yang telah menetap di sebuah daerah selama beberapa waktu. Pemukim juga sering diasosiasikan dengan proses kolonisasi dan pembangunan daerah.

3. Tamu
Tamu adalah orang yang berkunjung ke suatu tempat untuk waktu yang singkat dan bukan bagian dari penduduk asli. Antonim dari kata penduduk ini merujuk pada status orang yang tidak memiliki ikatan permanen atau tidak memiliki hak untuk tinggal secara permanen di suatu daerah.

4. Penduduk Asing
Penduduk asing adalah antonim dari kata penduduk yang merujuk pada seseorang yang berasal dari luar negara atau daerah tertentu. Istilah ini kerap digunakan untuk merujuk pada warga negara asing yang tinggal di suatu negara selama periode tertentu dan bukan warga negara dari negara tersebut.

5. Warga Negara
Warga negara adalah istilah yang merujuk pada orang yang tinggal secara permanen di suatu daerah atau negara dan memiliki hak untuk memilih dalam pemilihan umum. Antonim dari kata penduduk ini merujuk pada status orang yang telah diterima secara hukum di suatu daerah atau negara.

6. Migran
Migran adalah orang yang pindah dari satu tempat ke tempat lain secara permanen atau sementara. Migran tidak memiliki status hukum tetap di suatu daerah dan sering melintasi batas-batas kebudayaan berbeda.

7. Nomaden
Nomaden atau pengembara adalah orang-orang yang hidup secara berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Antonim dari kata penduduk ini merujuk pada orang-orang yang tidak memiliki tempat tinggal tetap di suatu daerah atau negara.

8. Calon Pendatang
Calon pendatang adalah orang yang bersiap-siap atau sedang berproses untuk pindah ke suatu daerah atau negara tertentu. Antonim dari kata penduduk ini merujuk pada status orang yang belum benar-benar menjadi penduduk dari daerah tersebut.

9. Penduduk Pindahan
Penduduk pindahan adalah orang yang baru saja pindah atau akan segera pindah ke suatu daerah atau negara. Antonim dari kata penduduk ini merujuk pada status orang yang tidak lagi menjadi penduduk di tempat asalnya dan masih menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

10. Penduduk Sementara
Penduduk sementara adalah orang yang tinggal di suatu daerah atau negara untuk jangka waktu tertentu dan memiliki alasan tertentu. Antonim dari kata penduduk ini merujuk pada status orang yang tidak memiliki niat untuk tinggal secara permanen atau tidak memiliki hak untuk tinggal secara permanen di suatu negara atau daerah.

Antonim Kata Penduduk dan Artinya

Setiap kata dalam sebuah bahasa memiliki pasangan atau lawan kata yang disebut antonim. Antonim adalah kata yang berlawanan arti dengan kata lainnya. Pada kesempatan ini, kita akan membahas antonim dari kata penduduk.

1. Pemukim
Kata pemukim adalah antonim dari kata penduduk. Pemukim memiliki arti orang yang memulai kehidupan baru di suatu daerah atau tempat yang belum dihuni sebelumnya. Sementara itu, penduduk merujuk pada orang yang tinggal di suatu daerah secara tetap.

2. Migran
Migran juga merupakan antonim dari kata penduduk. Migran adalah orang yang bermigrasi atau berpindah tempat tinggal dari satu tempat ke tempat lain. Sedangkan penduduk adalah orang yang tinggal di suatu tempat secara tetap.

3. Turis
Turis juga berlawanan arti dengan penduduk. Turis adalah orang yang bepergian ke suatu tempat sebagai pengunjung sementara. Sementara itu, penduduk adalah orang yang tinggal di suatu daerah secara tetap.

4. Penghuni
Penghuni juga dapat dijadikan antonim dari kata penduduk. Penghuni memiliki arti orang yang menempati atau menghuni sebuah tempat secara tetap. Sedangkan penduduk merujuk pada orang yang sudah tinggal di suatu tempat secara tetap.

5. Non-permanent
Non-permanent juga dapat dijadikan antonim dari penduduk. Non-permanent berarti tidak permanen atau tidak tetap. Sedangkan penduduk merujuk pada orang yang sudah tinggal di suatu tempat secara tetap.

6. Pendatang
Pendatang atau penduduk sementara juga merupakan antonim dari kata penduduk. Pendatang memiliki arti orang yang datang ke suatu tempat dalam waktu yang terbatas. Sedangkan penduduk adalah orang yang tinggal di suatu tempat secara tetap.

7. Pengunjung
Pengunjung juga dapat dijadikan antonim dari kata penduduk. Pengunjung adalah orang yang datang ke suatu tempat untuk berkunjung atau melakukan kunjungan. Sementara itu, penduduk adalah orang yang tinggal di suatu daerah secara tetap.

8. Warga
Warga juga merupakan antonim dari kata penduduk. Warga berarti orang-orang yang tergabung dalam suatu negara atau komunitas tertentu. Sedangkan penduduk merujuk pada orang yang sudah tinggal di suatu tempat secara tetap.

9. Tamu
Tamu juga berlawanan arti dengan kata penduduk. Tamu adalah orang yang datang berkunjung ke tempat lain dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan penduduk adalah orang yang tinggal di suatu tempat secara tetap.

10. Pelancong
Pelancong juga dapat dijadikan antonim dari kata penduduk. Pelancong adalah orang yang melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya untuk tujuan rekreasi atau bisnis. Sementara itu, penduduk adalah orang yang tinggal di suatu daerah secara tetap.

Kesimpulannya, ada banyak antonim dari kata penduduk. Antonim ini dapat membantu kita untuk dapat lebih jelas memahami makna dari sebuah kata. Bagi yang ingin menambah kosakata bahasa Indonesia, mengetahui antonim dari sebuah kata merupakan salah satu cara yang tepat untuk memperkaya kosakata kita.

Lima Antonim dari Kata “Penduduk”

Pada bagian sebelumnya sudah dibahas pengertian dari kata “penduduk” dan beberapa sinonim yang dapat digunakan sebagai pengganti kata tersebut. Kali ini, kami akan membahas lima antonim dari kata “penduduk”. Antonim sendiri adalah lawan kata atau kata-kata dengan arti yang berkebalikan. Berikut adalah lima antonim dari kata “penduduk”:

1. Pendatang
Pertama adalah pendatang, yang mengacu pada orang yang datang dari tempat lain atau tidak berasal dari suatu daerah. Jadi, jika penduduk adalah orang yang tinggal di suatu daerah, maka pendatang adalah orang yang tidak berasal dari daerah tersebut.

2. Tamu
Kedua adalah tamu, yang merujuk pada orang yang datang ke suatu tempat untuk sementara waktu. Bedanya dengan pendatang adalah tamu hanya tinggal di tempat tersebut untuk jangka waktu tertentu, sedangkan pendatang bisa tinggal di suatu daerah untuk waktu yang lama.

3. Pengunjung
Selain tamu, ada juga pengunjung. Pengunjung adalah orang yang datang ke suatu tempat untuk mengunjungi atau melihat-lihat. Mereka mungkin tinggal sebentar atau hanya berkunjung sebentar, tetapi mereka tidak tinggal di tempat tersebut seperti penduduk.

4. Pelancong
Pelancong adalah orang yang melakukan perjalanan ke suatu tempat untuk tujuan wisata atau liburan. Mereka mungkin tinggal di suatu tempat untuk beberapa hari atau minggu, tetapi mereka tidak tinggal di tempat tersebut seperti penduduk.

5. Pengungsi
Terakhir adalah pengungsi, yang merujuk pada orang yang terpaksa meninggalkan rumah dan tempat tinggal mereka karena adanya konflik atau bencana alam. Mereka umumnya mencari tempat yang lebih aman dan tinggal di tempat tersebut untuk sementara waktu. Jadi, pengungsi adalah antonim yang paling drastis dari kata “penduduk”.

Dari kelima antonim di atas, bisa kita lihat bahwa kata “penduduk” memiliki arti yang berbeda dengan lima kata tersebut. Oleh karena itu, penggunaan antonim bisa membantu kita untuk lebih memahami arti suatu kata dan konteks penggunaannya.

Berikut adalah tabel yang memperjelas perbedaan antara kata “penduduk” dengan lima antonim yang sudah dibahas:

Kata Arti Konteks
Penduduk Orang yang tinggal di suatu daerah “Penduduk desa tersebut sangat ramah dan kooperatif.”
Pendatang Orang yang datang dari daerah lain “Pendatang baru itu masih butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.”
Tamu Orang yang datang ke suatu tempat untuk sementara waktu “Saya akan menginap di sini selama liburan, jadi saya hanya tamu di hotel ini.”
Pengunjung Orang yang datang ke suatu tempat untuk melihat-lihat atau berkunjung “Pengunjung museum hari ini cukup ramai.”
Pelancong Orang yang melakukan perjalanan ke suatu tempat untuk tujuan wisata atau liburan “Banyak pelancong yang datang ke pantai ini selama musim liburan.”
Pengungsi Orang yang terpaksa meninggalkan tempat tinggal karena adanya konflik atau bencana alam “Pemerintah membuka posko pengungsian untuk para pengungsi yang terkena dampak banjir.”

Dengan tabel di atas, kita dapat melihat perbedaan kata “penduduk” dengan lima antonim yang sudah dibahas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat membantu meningkatkan pemahaman mengenai kata-kata dalam bahasa Indonesia.

Maaf, saya tidak dapat menemukan link yang relevan atau terkait dengan topik yang diberikan. Mohon diberikan topik yang lebih spesifik atau lebih banyak kata kuncinya untuk mencari link yang relevan.

Sampai Jumpa Lagi!

Nah, itu dia antonim dari kata “penduduk” yang bisa kamu pelajari. Semoga kamu sudah tambah paham dengan makna kata ini ya. Jangan lupa terus membaca artikel-artikel kami di website ini ya, karena masih ada banyak kata lain yang bisa kamu pelajari. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Haruskah Diterapkan?

Hai, adik-adik semua! Kali ini kita mau bahas tentang Bahasa Inggrisnya SD atau Sekolah Dasar. Tentunya, bagi sebagian teman-teman yang masih di bangku SD,...
Ar Rayan Alif
4 min read

Menghitung 1 Juta Nolnya Berapa?

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, “1 juta nolnya berapa sih?” Ternyata, jawabannya tidak sebentar-sebentar ya! Apalagi jika kita harus menuliskannya dalam bentuk angka, pasti akan...
Ar Rayan Alif
4 min read

1 Krat Sama Dengan Berapa Botol?

Halo teman-teman! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas sebuah pertanyaan yang sering muncul di benak para pecinta kopi yaitu, “1 krat berapa botol?”....
Ar Rayan Alif
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *