Antonim dari Kata Opas Adalah: Mengenal Lawan Kata dalam Bahasa Indonesia

Opas adalah sebuah kata yang pastinya sudah tidak asing di telinga kita. Kata ini sendiri memiliki arti yang berbeda-beda tergantung dari konteks penggunaannya. Namun, tahukah Anda bahwa setiap kata bisa memiliki lawan katanya yang disebut dengan antonim? Yup, begitu pula dengan kata opas. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai antonim dari kata opas sehingga kita bisa memperkaya kosakata kita dan mengerti lebih dalam mengenai bahasa Indonesia. Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), opas adalah sebuah kata yang memiliki arti “berbahaya atau membahayakan”. Antonim adalah lawan dari sebuah kata atau kebalikan dari makna suatu kata. Dalam kasus kata opas, antonimnya adalah sebuah kata yang memiliki arti “aman atau tidak membahayakan”.

Berikut ini adalah beberapa antonim dari kata opas yang bisa kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari.

1. Aman

Kata aman merupakan salah satu antonim yang sering digunakan untuk melawan arti dari kata opas. Aman memiliki arti tidak berbahaya, tidak membahayakan, atau merasa tenang dan nyaman. Contoh penggunaan kata aman dalam kalimat adalah, “Jangan khawatir, jalan ini sangat aman untuk dilewati.”

2. Selamat

Selamat adalah antonim dari kata opas yang berarti tidak terancam atau terhindar dari bahaya. Selamat juga bisa diartikan sebagai merasa senang atau keadaan yang menggembirakan. Misalnya, “Kamu selamat dari kecelakaan besar tadi, harusnya kamu lebih hati-hati mengemudi ke depannya.”

3. Amanah

Amanah memiliki arti yang berbeda dari kata aman, di mana amanah merupakan antonim dari kata opas yang merujuk pada kepercayaan, kejujuran, dan integritas. Dalam contoh penggunaannya, “Dia dikenal sebagai orang yang sangat amanah, jadi kamu bisa percayakan urusan bisnismu padanya.”

4. Damai

Damai adalah antonim dari kata opas yang mengacu pada ketenangan dan kedamaian. Kata damai juga bisa diartikan sebagai keadaan tidak adanya konflik atau pertentangan. Contohnya, “Saya merasa damai dan tenang saat berada di taman yang hijau dan bersih.”

5. Tenang

Tenang adalah sebuah antonim yang mengacu pada keadaan diam, tidak bising, atau tidak hiruk-pikuk. Dalam contoh penggunaannya, “Saya ingin tinggal di tempat yang tenang dan jauh dari keramaian kota yang padat.”

6. Nyaman

Nyaman adalah antonim dari kata opas yang bisa merujuk pada keadaan fisik maupun emosional yang menyenangkan. Kata ini juga bisa diartikan sebagai tempat atau lingkungan yang aman dan nyaman untuk ditinggali. Misalnya, “Saya merasa sangat nyaman di apartemen baru saya yang aman dan bersih.”

7. Terjamin

Terjamin adalah antonim dari kata opas yang merujuk pada keadaan yang dijamin atau terjaga, seperti keamanan atau kesejahteraan. Contoh penggunaannya, “Kesehatanmu harus selalu terjamin, jangan sampai sakit karena kurang istirahat.”

8. Terlindungi

Terlindungi mengacu pada keadaan yang dilindungi dari bahaya atau risiko tertentu. Kata ini juga bisa merujuk pada perlindungan dari kejahatan atau serangan. Misalnya, “Di lingkungan ini, kamu akan merasa terlindungi karena ada banyak petugas keamanan yang berjaga.”

9. Terjaga

Terjaga digunakan sebagai antonim dari kata opas yang merujuk pada keadaan terjaga atau teratur. Terjaga juga bisa diartikan sebagai sesuatu yang diawasi atau dijaga dengan baik. Contoh penggunaannya, “Di perusahaan ini, disiplin kerja tetap terjaga dengan baik karena ada aturan yang jelas.”

10. Terpelihara

Terpelihara adalah antonim dari kata opas yang merujuk pada perlindungan atau pemeliharaan dari sesuatu. Kata ini juga bisa merujuk pada keadaan yang dijaga agar tetap baik dan tidak rusak. Misalnya, “Sangat penting untuk memastikan tanaman dan hewan di hutan dilindungi dan terpelihara dengan baik.”

Itulah 10 antonim dari kata opas yang bisa kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu untuk memperkaya kosakata bahasa Indonesiamu.

.

10 Antonim Kata “Opas” yang Perlu Kamu Tahu

1. Terang – Gelap
Maksud dari tingkat kecerahan yang berbeda, “terang” adalah antonim atau lawan dari “gelap”. Ketika kita berbicara tentang fenomena alam atau situasi umum, lawan dari “opas” adalah “terang”, yang berarti hari cerah atau keadaan sekitar yang terang.

2. Panjang – Pendek
“Panjang” dan “pendek” sering kali dianggap sebagai antonim, terutama ketika kita berbicara tentang ukuran atau jarak. Lawan dari “opas” dalam hal ini adalah “panjang”, yang berarti dimensi yang lebih besar atau jarak yang lebih lama.

3. Besar – Kecil
“Sangat besar” dan “sangat kecil” adalah pilihan kata-kata yang tepat untuk menjelaskan dua lawan dari “opas”. “Besar” berarti secara keseluruhan lebih besar atau lebih tinggi, sementara “kecil” mengacu pada ukuran atau dimensi yang lebih kecil.

4. Kuat – Lemah
Terkadang kadang kebalikan atau lawan dari sebuah kata dapat dijelaskan langsung melalui lawan katanya – dalam hal ini lawan dari “opas” adalah “kuat” – mengacu pada daya atau energi yang lebih tinggi. Kata “lemah’ mewakili konsep lawan atau kebalikan dari “kuat”.

5. Berbahaya – Aman
Secara alami, apa yang sering dianggap berisiko, tidak aman atau bahaya dapat dianggap sebagai antonim dari “aman”. Jadi, ketika menggambarkan situasi atau keadaan, lawan dari “opas” bisa diartikan sebagai “aman”.

6. Asin – Manis
Sesuatu yang manis atau gula-gula dapat dianggap sebagai kebalikan atau antonim dari bahan makanan yang asin – atau “opas”. Beberapa bahan makanan seperti keju atau air laut membuktikan bahwa opsi kata antonim “asin” lebih tepat untuk kata “opas”.

7. Dingin – Panas
Ini adalah antonim yang paling umum digunakan dalam situasi yang membahas suhu – antonim dari “dingin” adalah “panas”. Sementara “opas” mewakili kata yang dapat digunakan untuk menjelaskan keadaan cuaca atau suhu yang mendung atau dingin, kata antonimnya akan berarti hari yang panas atau cuaca yang hangat.

8. Kering – Basah
Ketika membahas kelembaban dan kadar air, “kering” dan “basah” adalah antonim atau apa yang kita sebut lawan dari kata. Lawan dari “opas” dalam hal ini adalah “basah”, yang mewakili keadaan atau benda yang lembab atau basah.

9. Aneh – Biasa
“Sekarang aneh” dan “biasa” adalah dua kata yang sering kita gunakan secara bergantian. Namun, dalam konteks pilihan kata-kata untuk mencari antonim, “biasa” menjadi salah satu pilihan yang layak untuk lawan dari “opas”.

10. Sedikit – Banyak
Antonim kata “sedikit” adalah “banyak”. Dalam hal ini, lawan dari “opas” bisa diartikan sebagai “banyak” yang menunjukkan volume yang lebih besar atau kuantitas yang lebih banyak.

Antonim Kata Opas

Setelah mengetahui arti dan penggunaan dari kata opas, sekarang saatnya membahas mengenai antonim atau lawan kata dari kata opas. Berikut ini beberapa antonim dari kata opas:

1. Tenang

Kata tenang merupakan antonim dari kata opas. Jika opas memiliki arti tergesa-gesa atau gelisah, maka tenang memiliki arti sebaliknya, yakni jadi lebih rileks dan tidak terburu-buru. Misalnya dalam sebuah kalimat, “Ibu meminta aku tenang dalam menghadapi ujian”.

2. Sabar

Antonim kata opas yang berikutnya adalah sabar. Kata sabar memiliki arti menahan diri, ulet, dan tabah. Sedangkan opas memiliki arti tergesa-gesa dan tidak sabar. Contohnya, “Kamu harus sabar menunggu pembayaran dari perusahaan”.

3. Teliti

Antonim lain dari kata opas adalah teliti. Kala opas dipahami sebagai orang yang kurang teliti dalam mengambil keputusan, maka teliti berarti seseorang yang sangat jeli dan detail dalam mencari tahu atau mengevaluasi suatu hal. Sebagai contoh, “Dia mencari buku di perpustakaan dengan sangat teliti untuk menemukan informasi yang akurat.”

4. Hati-hati

Kata hati-hati juga dapat dijadikan antonim dari kata opas. Hati-hati memiliki makna berhati-hati, waspada, dan berusaha menghindari risiko. Sebaliknya, opas memiliki arti kurang hati-hati atau cenderung gegabah. Contohnya, “Dia mengemudi dengan sangat hati-hati agar terhindar dari kecelakaan”.

5. Santai

Santai dapat diartikan sebagai antonim kata opas juga. Santai memiliki arti tenang, tidak tegang melalui aktivitas yang cair, dan tidak terburu-buru. Sementara opas memiliki makna yang berlawanan, yakni terburu-buru, tergesa-gesa, dan tak sabar. Contohnya, “Setelah lelah seharian bekerja, dia relaksasi dengan menikmati musik santai”.

Dalam tabel di bawah ini, kami rangkumkan antonim dari kata opas beserta artinya:

Antonim Kata Opas Arti
Tenang Tidak ada gemetar dalam perasaan, keadaan tanpa kegelisahan atau ketegangan.
Sabar Tahan diri, ulet, dan tabah.
Teliti Sangat jeli dan detail dalam mencari tahu atau mengevaluasi suatu hal.
Hati-hati Berhati-hati, waspada, dan berusaha menghindari risiko.
Santai Tenang, tidak tegang melalui aktivitas yang cair, dan tidak terburu-buru.

Jadi, terdapat beberapa antonim dari kata opas, seperti tenang, sabar, teliti, hati-hati, dan santai. Setiap antonim memiliki makna yang berbeda dengan kata opas dan bersifat saling melengkapi. Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat memperkaya kalimat kita dengan menggunakan antonim kata opas ini.

Maaf, saya tidak dapat melakukannya karena tidak ada daftar tautan yang diberikan.

Thank You for Reading!

Sekian pembahasan mengenai antonim dari kata Opas. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian mengenai jenis-jenis kata dalam bahasa Indonesia. Jangan lupa untuk terus mengunjungi website ini agar dapat mendapatkan informasi menarik lainnya. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Haruskah Diterapkan?

Hai, adik-adik semua! Kali ini kita mau bahas tentang Bahasa Inggrisnya SD atau Sekolah Dasar. Tentunya, bagi sebagian teman-teman yang masih di bangku SD,...
Ar Rayan Alif
4 min read

Menghitung 1 Juta Nolnya Berapa?

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, “1 juta nolnya berapa sih?” Ternyata, jawabannya tidak sebentar-sebentar ya! Apalagi jika kita harus menuliskannya dalam bentuk angka, pasti akan...
Ar Rayan Alif
4 min read

1 Krat Sama Dengan Berapa Botol?

Halo teman-teman! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas sebuah pertanyaan yang sering muncul di benak para pecinta kopi yaitu, “1 krat berapa botol?”....
Ar Rayan Alif
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *