Antonim dari Kata Meraih dalam Bahasa Indonesia

Meraih adalah kata yang sering kita dengar dan gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kata ini memiliki arti untuk mendapatkan atau mencapai sesuatu. Namun, dalam bahasa Indonesia terdapat konsep yang disebut sebagai antonim, yaitu kata yang memiliki arti yang berlawanan dengan satu sama lain. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja antonim dari kata meraih agar bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan lebih tepat dan akurat. Berikut adalah beberapa antonim dari kata meraih dalam bahasa Indonesia.

Apa Itu Antonim?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang antonim dari kata “meraih”, pertama-tama kita harus memahami apa itu antonim. Antonim merupakan kata yang berlawanan makna dengan kata lainnya. Jadi, ketika kita mencari antonim dari suatu kata, kita mencari kata yang memiliki makna yang berlawanan dengan kata tersebut.

Dalam kamus bahasa Indonesia, antonim bisa ditemukan di samping definisi kata. Contohnya, ketika kita melihat definisi kata “panas” di kamus, maka akan terdapat antonim “dingin” di sampingnya.

Sekarang, mari kita melihat beberapa antonim dari kata “meraih”.

Antonim dari Kata Meraih

1. Melepaskan
Ketika kita meraih suatu hal, maka artinya kita mengambilnya ke dalam genggaman tangan kita. Antonim dari kata “meraih” adalah “melepaskan”. Melepaskan artinya membiarkan sesuatu keluar dari genggaman kita.

2. Membuang
Antonim lain dari kata “meraih” adalah “membuang”. Membuang artinya melepas dan melepaskan secara permanen. Ketika kita meraih sesuatu, maka kita masih memegangnya. Namun ketika kita membuang sesuatu, maka kita meninggalkannya tanpa niat untuk kembali memegangnya.

3. Menyerahkan
Ketika kita meraih sesuatu, maka kita memiliki kontrol atas hal tersebut. Antonim dari kata “meraih” adalah “menyerahkan”. Menyerahkan artinya memberikan kendali dan kontrol atas suatu hal kepada orang lain.

4. Kehilangan
Ketika kita bisa meraih sesuatu, maka artinya kita berhasil memperolehnya. Antonim dari kata “meraih” adalah “kehilangan”. Kehilangan artinya kehilangan kendali dan kontrol atas suatu hal.

5. Melemparkan
Antonim lain dari kata “meraih” adalah “melemparkan”. Melemparkan artinya melepas dan melepaskan sesuatu yang sedang kita pegang dan melemparkannya ke arah yang berbeda.

6. Terguling
Ketika kita meraih sesuatu, maka biasanya kita memperolehnya dengan mengangkatnya dengan tangan. Antonim dari kata “meraih” adalah “terguling”. Terguling artinya jatuh dan terbalik ke sisi yang berlawanan.

7. Menjauhkan
Antonim dari kata “meraih” adalah “menjauhkan”. Menjauhkan artinya memindahkan sesuatu dari tempat semula dan meletakkannya ke tempat yang jauh dari tempat asalnya.

8. Ketinggalan
Ketika kita meraih sesuatu, maka artinya kita bisa memperolehnya dengan cepat. Antonim dari kata “meraih” adalah “ketinggalan”. Ketinggalan artinya gagal mendapatkan sesuatu karena terlambat atau karena kita tidak bisa mencapainya.

9. Melepaskan Genggaman
Antonim lain dari kata “meraih” adalah “melepaskan genggaman”. Melepaskan genggaman artinya melepaskan sesuatu dari dalam genggaman tangan kita dan memberikannya ke orang lain.

10. Melepaskan Kendali
Ketika kita meraih suatu hal, maka kita memiliki kendali dan kontrol atas hal tersebut. Antonim dari kata “meraih” adalah “melepaskan kendali”. Melepaskan kendali artinya melepaskan kendali dan kontrol atas suatu hal kepada orang lain atau kepada keadaan yang tak terkontrol.

Itulah 10 antonim dari kata “meraih”. Semoga membantu dalam memperluas pemahaman bahasa Indonesia kita.

Antonim Kata Meraih dalam Bahasa Indonesia

Setelah kita memahami arti dari kata meraih, sekarang mari kita melihat antonimnya. Antonim adalah kata-kata yang berlawanan makna dengan kata lainnya. Maksudnya, jika suatu kata memiliki arti tertentu, maka antonimnya akan memiliki arti yang kebalikan dari kata tersebut.

Berikut adalah antonim dari kata meraih dalam bahasa Indonesia:

1. Melepas
Melepas adalah antonim dari kata meraih. Melepas bermakna melepaskan sesuatu atau membebaskan sesuatu dari genggaman. Jadi, jika kita meraih sesuatu, berarti kita mengambil sesuatu, sedangkan jika kita melepas sesuatu, berarti kita mengeluarkan atau melepaskan sesuatu.

2. Melewatkan
Melewatkan adalah antonim lain dari kata meraih. Melewatkan artinya mengabaikan sesuatu atau mengizinkan sesuatu untuk berlalu atau hilang tanpa melakukan apa-apa. Jadi, jika kita meraih kesempatan atau peluang, berarti kita mengambil kesempatan atau peluang itu, sedangkan jika kita melewatkan kesempatan atau peluang tersebut, berarti kita tidak melakukan apa-apa atau mengabaikannya.

3. Melepaskan
Melepaskan juga termasuk dalam daftar antonim kata meraih. Melepaskan bermakna membiarkan sesuatu pergi atau melonggarkan genggaman terhadap sesuatu. Jadi, jika kita meraih sesuatu, berarti kita mengambil sesuatu, sedangkan jika kita melepaskan sesuatu, berarti kita membiarkannya pergi atau melepaskannya dari genggaman kita.

4. Tidak Menggenggam
Tidak menggenggam adalah antonim dari kata meraih. Tidak menggenggam bermakna tidak memegang atau tidak menjaga sesuatu dalam genggaman. Jadi, jika kita meraih sesuatu, berarti kita memegang atau menjaga sesuatu dalam genggaman, sedangkan jika kita tidak menggenggam sesuatu, berarti kita tidak memiliki sesuatu dalam genggaman.

5. Tidak Memperoleh
Tidak memperoleh adalah antonim lain dari kata meraih. Tidak memperoleh bermakna tidak mendapatkan apa-apa atau tidak memiliki sesuatu yang diinginkan. Jadi, jika kita meraih sesuatu, berarti kita mendapatkan atau memperoleh sesuatu yang diinginkan, sedangkan jika kita tidak memperoleh sesuatu, berarti kita tidak memilikinya.

6. Melepaskan Genggaman
Melepaskan genggaman juga termasuk dalam daftar antonim kata meraih. Melepaskan genggaman bermakna melepaskan sesuatu dari genggaman atau membiarkan sesuatu pergi. Jadi, jika kita meraih sesuatu, berarti kita memegang atau menjaga sesuatu dalam genggaman, sedangkan jika kita melepaskan genggaman, berarti kita membiarkan sesuatu pergi dari genggaman kita.

7. Kelebihan
Kelebihan adalah antonim dari kata meraih dalam konteks tertentu. Kelebihan bermakna memiliki terlalu banyak atau lebih dari yang dibutuhkan. Jadi, jika kita meraih sesuatu, berarti kita mendapatkan apa yang diinginkan, sedangkan jika kita kelebihan sesuatu, berarti kita memiliki terlalu banyak atau lebih dari yang dibutuhkan.

8. Menyerahkan
Menyerahkan juga bisa dijadikan antonim kata meraih dalam konteks tertentu. Menyerahkan bermakna memberikan sesuatu kepada orang lain atau membiarkan sesuatu pergi dari kita. Jadi, jika kita meraih sesuatu, berarti kita memegang atau memiliki sesuatu, sedangkan jika kita menyerahkan sesuatu, berarti kita memberikan atau membiarkan sesuatu pergi.

9. Melepas Kendali
Melepas kendali juga merupakan antonim kata meraih. Melepas kendali bermakna tidak mengendalikan situasi atau tidak memiliki kendali atas sesuatu. Jadi, jika kita meraih kesempatan atau peluang, berarti kita memiliki kendali atasnya, sedangkan jika kita melepas kendali atas kesempatan atau peluang tersebut, berarti kita tidak memiliki kendali atau tidak mengendalikannya.

10. Kehilangan
Kehilangan juga bisa dijadikan antonim kata meraih dalam beberapa situasi. Kehilangan bermakna kehilangan sesuatu atau tidak memiliki lagi sesuatu yang dimiliki sebelumnya. Jadi, jika kita meraih kesempatan atau peluang, berarti kita mendapatkan atau memperoleh sesuatu yang belum dimiliki sebelumnya, sedangkan jika kita kehilangan kesempatan atau peluang, berarti kita tidak memiliki lagi kesempatan atau peluang tersebut.

Itulah beberapa antonim dari kata meraih dalam bahasa Indonesia yang bisa kita pelajari. Meski memiliki arti yang berlawanan, antonim ini juga memberikan kesempatan bagi kita untuk memahami makna suatu kata dengan lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua!

III. Antonim dari Kata Meraih

Untuk lebih memahami makna kata dalam Bahasa Indonesia, pengetahuan mengenai antonim juga perlu dikuasai. Antonim adalah kata dengan makna yang berlawanan dengan kata lainnya. Sebagai contoh, antonim dari kata meraih adalah melepas.

Berikut ini merupakan beberapa antonim dari kata meraih dalam Bahasa Indonesia:

1. Melepas
Antonim dari kata meraih yang pertama adalah melepas. Melepas memiliki arti melepaskan atau menghilangkan sesuatu yang sebelumnya dipegang atau dimiliki.

Contoh penggunaan kata melepas dalam kalimat:
– Dia melepas tangan saya saat saya berjalan.
– Saya harus melepas cincin saya sebelum memasuki ruangan itu.

2. Kehilangan
Kehilangan adalah antonim dari kata meraih yang memiliki arti keadaan tidak lagi memiliki sesuatu yang sebelumnya dimiliki atau didapatkan.

Contoh penggunaan kata kehilangan dalam kalimat:
– Dia kehilangan dompetnya di stasiun kereta.
– Dia merasa sedih karena kehilangan pekerjaannya.

3. Melepaskan
Melepaskan juga merupakan antonim dari kata meraih. Melepaskan memiliki arti melepaskan dari kekuasaan atau kendali.

Contoh penggunaan kata melepaskan dalam kalimat:
– Saya harus melepaskan pekerjaan saya karena alasan pribadi.
– Dia melepaskan kendali mobilnya dan menyebabkan kecelakaan.

4. Melepas dari
Melepas dari merupakan antonim dari kata meraih yang juga berarti melepaskan sesuatu dari kepemilikan atau kendali.

Contoh penggunaan kata melepas dari dalam kalimat:
– Dia harus melepas diri dari keanggotaan klub sepak bola.
– Saya harus melepas rasa cemburu yang mengganggu hubungan saya.

5. Melepaskan Pegangan
Melepaskan pegangan merupakan antonim dari kata meraih yang memiliki arti melepaskan tangan dari yang dipegang.

Contoh penggunaan kata melepaskan pegangan dalam kalimat:
– Dia melepaskan pegangan tangan saya saat kami naik tangga.
– Saya melepaskan pegangan kunci dari kunci mobil.

Dalam tabel di bawah ini, kami merangkum antonim dari kata meraih beserta arti dan contoh penggunaannya:

Antonim Arti Contoh Kalimat
Melepas Melepaskan atau menghilangkan sesuatu yang sebelumnya dipegang atau dimiliki. Dia melepas tangan saya saat saya berjalan.
Kehilangan Tidak lagi memiliki sesuatu yang sebelumnya dimiliki atau didapatkan. Dia kehilangan dompetnya di stasiun kereta.
Melepaskan Melepaskan dari kekuasaan atau kendali. Saya harus melepaskan pekerjaan saya karena alasan pribadi.
Melepas dari Melepaskan sesuatu dari kepemilikan atau kendali. Dia harus melepas diri dari keanggotaan klub sepak bola.
Melepaskan Pegangan Melepaskan tangan dari yang dipegang. Dia melepaskan pegangan tangan saya saat kami naik tangga.

Dengan memahami antonim dari kata meraih, kita dapat mengembangkan kosa kata Bahasa Indonesia dan meningkatkan kemampuan berbahasa. Hal ini dapat pula meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi dengan orang lain, termasuk dalam komunikasi bisnis dan profesional. Jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan Bahasa Indonesia Anda dan menambah kosakata baru.

Belajar bahasa Indonesia menjadi lebih mudah dengan mengetahui antonim dari kata meraih. Dengan mempelajari antonim, kamu akan semakin menguasai bahasa Indonesia dengan lebih baik.

Sampai Jumpa Lagi!

Itu tadi beberapa antonim dari kata “meraih” dalam bahasa Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin memperkaya kosa kata. Jangan lupa untuk latihan menggunakan kata-kata tersebut ya! Terima kasih sudah membaca, jangan sungkan untuk berkunjung lagi di lain waktu. Semoga harimu menyenangkan!

Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Haruskah Diterapkan?

Hai, adik-adik semua! Kali ini kita mau bahas tentang Bahasa Inggrisnya SD atau Sekolah Dasar. Tentunya, bagi sebagian teman-teman yang masih di bangku SD,...
Ar Rayan Alif
4 min read

Menghitung 1 Juta Nolnya Berapa?

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, “1 juta nolnya berapa sih?” Ternyata, jawabannya tidak sebentar-sebentar ya! Apalagi jika kita harus menuliskannya dalam bentuk angka, pasti akan...
Ar Rayan Alif
4 min read

1 Krat Sama Dengan Berapa Botol?

Halo teman-teman! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas sebuah pertanyaan yang sering muncul di benak para pecinta kopi yaitu, “1 krat berapa botol?”....
Ar Rayan Alif
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *