Antonim dari Kata Makar Adalah: Lawan Kata-kata yang Berinti Negatif

Mungkin kamu pernah mendengar kata makar, ya? Tapi, tahukah kamu bahwa setiap kata memiliki lawannya, yaitu antonim? Nah, Antonim dari kata makar itu adalah setia. Apa sih maksud dari kata-kata tersebut? Mari kita bahas sedikit lebih dalam dan coba memahaminya dengan santai.

Pengertian Antonim dan Makna Kata Makar

Sebelum membahas tentang antonim dari kata makar, kita perlu memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan antonim dan makna kata makar. Antonim adalah kata-kata yang memiliki arti yang berlawanan atau bertolak belakang dengan kata lainnya. Contohnya, “tinggi” dan “rendah”, “besar” dan “kecil”, “gelap” dan “terang”.

Sementara itu, kata makar merupakan kata yang memiliki arti yang tidak jelas atau ambigu. Biasanya, kata ini sering digunakan untuk berbicara dengan cara yang tidak langsung atau dengan maksud tertentu yang disembunyikan di balik sebuah kalimat.

Antonim dari Kata Makar

Setelah kita memahami pengertian antonim dan makna kata makar, sekarang kita bisa membahas antonim dari kata makar. Antonim dari kata makar sendiri bisa berupa kata-kata yang memiliki arti yang jelas atau kata-kata yang memiliki arti yang berlawanan dengan kata makar tersebut. Berikut adalah beberapa contoh antonim dari kata makar:

1. Terang

Jika makar memiliki arti yang ambigu atau tidak jelas, maka antonim dari kata tersebut adalah “terang”. Dalam hal ini, “terang” memiliki arti yang jelas dan mudah dipahami.

2. Jujur

Kata “jujur” juga bisa dianggap sebagai antonim dari kata makar. Hal ini karena kata “jujur” memiliki arti yang jelas dan tidak memiliki maksud terselubung di balik kalimatnya.

3. Langsung

Antonim dari kata makar juga bisa berupa kata “langsung”. Jika seseorang menggunakan makar atau tidak berbicara secara langsung, maka antonim yang tepat untuk kata tersebut adalah “langsung”.

4. Terbuka

Kata “terbuka” bisa dianggap sebagai antonim dari kata makar karena makar cenderung disembunyikan atau tidak jelas artinya. Sementara itu, “terbuka” memiliki arti yang jelas dan mudah dipahami.

5. Transparan

“Transparan” juga bisa dianggap sebagai antonim dari kata makar karena kata tersebut memiliki arti yang jelas dan mudah dipahami. Sementara itu, makar memiliki arti yang ambigu dan sulit dipahami.

6. Terus terang

Kata “terus terang” juga bisa dianggap sebagai antonim dari kata makar. Hal ini karena kata “terus terang” memiliki arti yang jelas dan transparan.

7. Tegak

Antonim dari kata makar juga bisa berupa kata “tegak”. Jika seseorang menggunakan makar, maka artinya tidak jelas dan ambigu. Sementara itu, kata “tegak” memiliki arti yang jelas dan mudah dipahami.

8. Nyata

Kata “nyata” bisa dianggap sebagai antonim dari kata makar karena makar cenderung tidak nyata dan ambigu. Sementara itu, “nyata” memiliki arti yang jelas dan mudah dipahami.

9. Eksplisit

Kata “eksplisit” juga bisa dianggap sebagai antonim dari kata makar. Hal ini karena kata “eksplisit” memiliki arti yang jelas dan tidak memiliki maksud terselubung di balik kalimatnya.

10. Benar

Antonim dari kata makar bisa berupa kata “benar”. Jika seseorang menggunakan makar, maka artinya tidak benar atau ambigu. Sementara itu, kata “benar” memiliki arti yang jelas dan mudah dipahami.

Kesimpulan

Antonim dari kata makar sendiri bisa berupa kata-kata yang memiliki arti yang jelas atau kata-kata yang memiliki arti yang berlawanan dengan kata makar tersebut. Antonim ini penting untuk dipahami agar sebuah kalimat atau penggunaan bahasa tidak terkesan ambigu atau tidak jelas. Dengan memahami antonim dari kata makar, kita bisa lebih mudah untuk memahami arti dari suatu kalimat dan menghindari salah paham.

10 Antonim dari Kata Makar yang Wajib Diketahui

Antonim adalah kata dengan arti kebalikan dari kata lainnya. Kata makar yang memiliki arti jahat, licik, dan suka memfitnah ini tentu menjadi hal yang tidak mengenakan jika sering dipakai dalam percakapan sehari-hari. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan kami jelaskan 10 antonim dari kata makar yang wajib diketahui.

1. Jujur

Jujur adalah kata yang sangat erat kaitannya dengan Antonim dari Kata Makar. Hal ini dikarenakan jujur memiliki arti kebalikan dari makar yang cenderung suka memfitnah orang lain. Jika kamu ingin memulai untuk tidak menggunakan kata makar dalam percakapan sehari-hari, sebaiknya ganti dengan kata jujur.

2. Terang benderang

Makar memiliki arti tersembunyi, sehingga Antonim dari Kata Makar yang selanjutnya adalah terang benderang yang bermakna jelas dan tidak bersembunyi. Dalam mengungkapkan informasi, sebaiknya hindari penggunaan kata makar dan ganti dengan kata terang benderang agar tidak menimbulkan keraguan pada lawan bicara.

3. Terbuka

Makar seringkali dilakukan dalam cara menyembunyikan fakta atau informasi tertentu. Untuk menghindarinya, dapat digunakan Antonim dari Kata Makar yang berupa terbuka. Dalam berbicara atau bertindak, kesederhanaan lebih disukai oleh banyak orang dibandingkan dengan hal-hal yang kompleks dan tersembunyi.

4. Jelas

Satu lagi Antonim dari Kata Makar yang bisa dijadikan pilihan alternatif adalah jelas. Kata ini sangat cocok digunakan dalam konteks memberikan informasi secara rinci dan tepat. Jangan mengungkapkan sesuatu dengan cara yang berbelit-belit atau menyembunyikan sesuatu yang seharusnya diketahui oleh orang lain.

5. Sederhana

Makar seringkali dilakukan dengan menggunakan bahasa yang sulit dipahami atau dengan bahasa yang ambigu. Antonim dari Kata Makar ini adalah sederhana, yang artinya mudah dipahami serta tidak meninggalkan ruang untuk interpretasi yang berbeda-beda.

6. Terus terang

Terus terang adalah Antonim dari Kata Makar yang selanjutnya. Makar seringkali dilakukan dengan cara menyembunyikan kebenaran dan mengelak dari pertanggungjawaban atas perbuatannya. Dengan kata terus terang, kita memperlihatkan bahwa kita memiliki keberanian untuk mengungkapkan kebenaran secara terbuka.

7. Tulus

Makar selalu ditujukan untuk kepentingan sendiri, sedangkan tulus adalah Antonim dari Kata Makar yang menceritakan tentang sifat tulus ikhlas dan jujur. Dalam berbicara atau bertindak, selalu prioritaskan kepentingan orang lain dan hindari untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan orang lain.

8. Terang

Terang memiliki arti yang sama dengan Antonim dari Kata Makar sebelumnya, yaitu terang benderang. Tetapi, kata terang lebih banyak digunakan dalam konteks penerangan atau penjelasan yang detail dan jelas.

9. Tidak licik

Licik adalah kata yang sering dikaitkan dengan makar. Makar selalu membuat orang lain merasa dicurigai dan merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, Antonim dari Kata Makar yang terakhir adalah tidak licik yang berarti tidak menunjukkan sifat yang curang atau jahat.

10. Sopan

Mengucapkan kata-kata tercela seperti makar tentu bukanlah tindakan yang sopan. Karena itu, Antonim dari Kata Makar yang terakhir adalah sopan. Kata sopan menunjukkan adab serta tata krama yang baik dalam berbicara serta bertindak di masyarakat.

Demikian 10 Antonim dari Kata Makar yang wajib diketahui yang dapat kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan sopan dan baik. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk mengurangi penggunaan kata makar dalam percakapan sehari-hari dan mempengaruhi tindakanmu secara positif.

Daftar Antonim Kata Makar

Makar atau kepalsuan seringkali menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari seseorang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui antonim dari kata makar agar bisa menggunakan kata-kata yang tepat dan jujur dalam berkomunikasi. Berikut adalah beberapa antonim dari kata makar:

1. Jujur

Jujur adalah antonim dari kata makar yang paling umum. Jujur adalah sikap atau perbuatan yang melandasi dengan kebenaran tanpa beralasan atau menyimpang. Seorang yang jujur selalu terbuka, benar-benar, dan tidak mencari-cari kesalahan orang lain.

Menjadi jujur merupakan sikap yang harus dijaga terus-menerus dalam kehidupan apapun, baik di lingkungan keluarga, sekolah, atau di tempat kerja. Orang jujur dihormati dan akan dipercayai oleh banyak orang.

2. Tulus

Antonim lain dari kata makar adalah tulus. Tulus berarti apa adanya, murni, tanpa embel-embel yang tidak diperlukan. Tulus dalam bertindak atau memberikan saran adalah tindakan yang hanya memperhatikan kepentingan orang lain, tanpa kepentingan diri sendiri. Sikap ini merupakan kebaikan yang sangat terpuji.

3. Terbuka

Terbuka adalah antonim dari kata makar yang juga sangat penting. Terbuka artinya tidak menutup atau menutup-nutupi sesuatu yang harus diketahui orang lain. Terbuka dalam berkomunikasi juga berarti menyampaikan informasi dengan jelas dan jujur.

Terbuka bisa juga berarti seseorang bersikap transparan dalam memberikan infromasi, baik itu dalam memberikan masukan atau dalam berbicara. Sikap ini sangat diperlukan dalam dunia bisnis dan politik, di mana orang-orang membutuhkan keterbukaan dan kejujuran.

4. Bersih

Antonim selanjutnya dari kata makar adalah bersih. Bersih berarti suci dan bebas dari keraguan maupun ketidakjujuran. Bersih bisa diterjemahkan sebagai sifat yang jauh dari penyimpangan atau kecurangan.

Bersih dalam berbicara atau bertindak sangat penting, karena dapat menunjukkan sifat yang jujur, terbuka, dan tulus. Sikap bersih juga bisa diartikan sebagai perbuatan yang tidak merugikan siapapun, sehingga bertanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain.

5. Lurus

Antonim terakhir dari kata makar adalah lurus. Lurus berarti tanpa manipulasi atau tidak bengkok dalam mengambil sikap atau melakukan tindakan. Lurus juga berarti jelas dan tegas dalam komunikasi.

Menjadi orang yang lurus dalam bertindak akan membantu membangun kepercayaan dan citra yang baik. Orang lurus dihargai dan dihormati karena konsisten dalam prinsip-prinsip yang dipegangnya.

Kata Makar Antonim
Curang Jujur
Berbohong Tulus
Menyembunyikan Kebenaran Terbuka
Manipulatif Bersih
Menipu Lurus

Sayangnya, tidak ada tautan yang relevan dengan “Antonim dari Kata Makar Adalah”. Silakan kirim daftar lain untuk mendapatkan tautan yang relevan.

Terima Kasih Sudah Membaca!

Sekian informasi mengenai Antonim dari Kata Makar. Saya harap tulisan ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan baru bagi pembaca. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Haruskah Diterapkan?

Hai, adik-adik semua! Kali ini kita mau bahas tentang Bahasa Inggrisnya SD atau Sekolah Dasar. Tentunya, bagi sebagian teman-teman yang masih di bangku SD,...
Ar Rayan Alif
4 min read

Menghitung 1 Juta Nolnya Berapa?

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, “1 juta nolnya berapa sih?” Ternyata, jawabannya tidak sebentar-sebentar ya! Apalagi jika kita harus menuliskannya dalam bentuk angka, pasti akan...
Ar Rayan Alif
4 min read

1 Krat Sama Dengan Berapa Botol?

Halo teman-teman! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas sebuah pertanyaan yang sering muncul di benak para pecinta kopi yaitu, “1 krat berapa botol?”....
Ar Rayan Alif
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *