Antonim Kata Kapabel Adalah

Sudahkah kamu tahu apa itu antonim? Antonim merupakan kata-kata yang memiliki makna berlawanan dengan kata lainnya. Salah satu contoh kata yang memiliki antonim adalah “kapabel”. Kapabel adalah kata sifat yang menggambarkan seseorang mampu atau memiliki kemampuan dalam melakukan suatu hal. Namun, tahukah kamu apa antonim dari kata kapabel? Yuk, kita bahas lebih lanjut dalam artikel ini!

Antonim dari Kata Kapabel Adalah: Memperkaya Kosa Kata Anda

Sudah menjadi hal yang umum bagi kita untuk menggunakan kata-kata seperti kapabel dalam percakapan sehari-hari. Namun, tahukah Anda bahwa setiap kata selalu mempunyai lawan katanya sendiri? Dalam hal ini, antonim dari kata kapabel adalah tidak mampu atau tidak terampil. Pengetahuan mengenai antonim ini dapat memperkaya kosa kata Anda dan membuat percakapan Anda lebih variatif.

Berikut adalah beberapa antonim dari kata kapabel yang perlu Anda ketahui:

1. Tidak Terampil
Tidak terampil atau tidak pandai merujuk pada individu yang tidak mempunyai kemampuan atau keahlian dalam melakukan suatu tugas. Sedangkan orang yang kapabel atau terampil tentu mempunyai keterampilan dan kemampuan yang lebih baik.

2. Tidak Pandai
Secara sederhana, tidak pandai sama artinya dengan tidak terampil. Keduanya mengacu pada individu yang sama-sama kurang berpengalaman dan belum mampu melakukan sesuatu dengan cukup baik.

3. Tidak Cakap
Tidak cakap berarti tidak mampu melakukan tugas dengan lancar dan mudah. Sementara itu, kata kapabel mengacu pada kemampuan seseorang dalam melakukan pekerjaan dengan baik dan terampil.

4. Tidak Mahir
Tidak mahir atau tidak terampil sama-sama merujuk pada keadaan yang kurang terampil dalam melakukan sesuatu. Orang yang mahir atau kapabel tentu sudah sangat terampil dalam melakukan tugas atau pekerjaannya.

5. Tidak Berkualitas
Tidak berkualitas atau buruk dalam hal kualitas adalah antonim dari kata kapabel yang tidak kalah pentingnya untuk dipahami. Kapabel berarti mampu memberikan kualitas terbaik, sementara tidak berkualitas berarti tidak mampu memberikan kualitas yang memadai.

6. Tidak Terbiasa
Tidak terbiasa atau tidak berpengalaman mengacu pada individu yang kurang pengalaman dalam menjalankan tugas atau pekerjaan. Antonim dari kata kapabel ini dapat memberikan perbandingan untuk menunjukkan betapa pentingnya pengalaman dan keterampilan dalam bekerja.

7. Tidak Terlatih
Antonim dari kata kapabel yang lain adalah tidak terlatih atau tidak berlatih secara rutin. Sementara orang yang kapabel biasanya sudah sangat terlatih dalam melakukan tugasnya.

8. Tidak Bisa
Tidak bisa atau tidak mampu sama artinya dengan tidak terampil atau tidak pandai. Namun, antonim dari kata kapabel ini dapat memberikan perbandingan yang lebih spesifik mengenai kemampuan individu dalam melakukan sesuatu.

9. Tidak Ahli
Tidak ahli atau kurang ahli dalam melakukan sesuatu adalah antonim dari kata kapabel yang perlu Anda pahami. Antonim ini menunjukkan perbandingan antara seseorang yang sudah sangat terampil dan ahli dalam suatu bidang dengan seseorang yang kurang terampil atau ahli dalam bidang tersebut.

10. Tidak Kompeten
Tidak kompeten mengacu pada orang yang kurang menguasai suatu bidang dan tidak mampu bersaing dengan penggiat lainnya di bidang yang sama. Antonim dari kata kapabel ini dapat menunjukkan perbandingan antara seseorang yang sudah sangat terampil dan kompeten dengan orang yang belum mampu bersaing dengan baik.

Dengan mengetahui antonim dari kata kapabel, Anda dapat memperkaya kosa kata Anda dan menjadi lebih fasih dalam berbicara. Selain itu, pengetahuan tersebut juga dapat memberikan perbandingan dan konteks yang lebih spesifik dalam percakapan atau pekerjaan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Contoh Antonim dari Kata Kapabel

Setelah memahami arti dan makna dari kata kapabel, selanjutnya perlu dilakukan pengecekan apakah ada antonim dari kata tersebut atau tidak. Berikut ini adalah contoh beberapa antonim dari kata kapabel:

1. Tidak Mampu
Bentuk pertama dari antonim kata kapabel adalah tidak mampu. Kata ini digunakan untuk menyatakan suatu kondisi di mana seseorang atau suatu hal tidak dapat melakukan suatu tugas atau aktifitas secara baik.

2. Tidak Terampil
Antonim selanjutnya yang disebutkan adalah tidak terampil. Kata tidak terampil bisa diartikan sebagai suatu kondisi dimana seseorang atau suatu hal tidak memiliki kemampuan atau kecakapan untuk melakukan pekerjaan atau tindakan tertentu.

3. Bodoh
Bentuk lain dari antonim dari kata kapabel bisa juga diartikan sebagai bodoh. Istilah bodoh biasanya digunakan untuk menyatakan suatu kondisi di mana seseorang tidak memiliki kemampuan berpikir secara logis dan rasional.

4. Tidak Berkompeten
Tidak berkompeten bisa dianggap sebagai antonim dari kata kapabel karena memiliki makna yang menjurus pada ketidakmampuan seseorang atau suatu hal untuk melakukan pekerjaan atau tugas tertentu dengan baik dan benar.

5. Tidak Cukup
Antonim lain dari kata kapabel bisa diartikan sebagai tidak cukup. Kata ini digunakan untuk menyatakan suatu kondisi di mana seseorang atau suatu hal tidak memiliki kemampuan atau kecakapan yang cukup untuk memenuhi tugas atau pekerjaan tertentu.

6. Malas
Malas adalah salah satu bentuk antonim kata kapabel yang cukup sering digunakan. Istilah ini biasanya digunakan untuk menyatakan suatu kondisi di mana seseorang enggan untuk melakukan tindakan atau pekerjaan tertentu.

7. Lumpuh
Bentuk antonim yang lain dari kata kapabel bisa dianggap sebagai lumpuh. Istilah ini digunakan untuk menyatakan suatu kondisi di mana seseorang atau suatu hal tidak memiliki kemampuan atau kecakapan untuk melakukan tindakan atau pekerjaan tertentu akibat kelemahan atau kekurangan pada tubuh atau anggota tubuh.

8. Tidak Pandai
Tidak pandai merupakan salah satu bentuk antonim kata kapabel yang cukup memungkinkan. Kata ini digunakan untuk menyatakan suatu kondisi di mana seseorang atau suatu hal tidak mempunyai kemampuan atau kecakapan untuk melakukan suatu tugas atau pekerjaan dengan baik.

9. Kurang Terampil
Kurang terampil dapat dianggap sebagai bentuk lain dari antonim kata kapabel. Istilah ini mengacu pada suatu kondisi di mana seseorang atau suatu hal tidak memiliki kemampuan atau kecakapan yang memadai untuk melakukan tugas tertentu.

10. Tidak Berhasil
Terakhir, antonim dari kata kapabel dapat diartikan sebagai tidak berhasil. Kata ini digunakan untuk menyatakan suatu kondisi di mana seseorang atau suatu hal tidak berhasil melakukan suatu tugas atau pekerjaan dengan baik dan benar.

Itulah beberapa contoh antonim dari kata kapabel yang bisa dipahami dengan baik dan diingat untuk keperluan pengembangan keilmuan sastra atau bahasa. Dalam hal yang sama, semoga penjelasan di atas dapat memperluas pengetahuan kita akan dunia bahasa dan sastra Indonesia.

Antonim Kapabel

Setiap kata dalam bahasa Indonesia memiliki pasangan lawan kata, salah satunya adalah kapabel. Antonim dari kapabel adalah tidak kapabel atau kurang mampu. Berikut ini adalah beberapa subheading yang menjelaskan lebih lanjut mengenai antonim dari kata kapabel.

Tidak Kapabel

Tidak kapabel adalah pasangan lawan kata dari kapabel. Arti tidak kapabel adalah tidak mampu atau tidak bisa melakukan sesuatu. Kebanyakan orang menganggap tidak kapabel sebagai sebuah kekeliruan atau kegagalan dalam melakukan suatu hal. Namun, tidak kapabel sebenarnya bisa diperbaiki dengan belajar dan berlatih.

Contohnya, seseorang yang tidak kapabel dalam berbicara bahasa Inggris dapat memperbaiki kemampuannya dengan belajar bahasa Inggris setiap hari dan berlatih terus menerus.

Kurang Mampu

Kata kurang mampu juga merupakan antonim dari kata kapabel. Kurang mampu artinya tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk melakukan suatu hal. Kurang mampu bukanlah suatu kegagalan atau kelemahan tetapi kondisi yang memerlukan dukungan dan bantuan dari orang lain.

Kurang mampu dapat mengacu pada berbagai hal seperti kemampuan fisik, kecerdasan, atau keterampilan sosial. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk senantiasa membantu dan mendukung mereka yang kurang mampu agar tetap bisa berkembang.

Statistik Kapabel dan Tidak Kapabel

Menurut data BPS pada tahun 2020, angka kemiskinan dan pengangguran di Indonesia masih cukup tinggi. Hal ini menunjukkan masih banyak orang yang kurang kapabel dalam meraih kesempatan kerja dan menghasilkan penghasilan yang memadai.

Tidak hanya itu, menurut laporan Kementerian Kesehatan pada tahun 2021, hanya sekitar 40 persen penduduk Indonesia yang memperoleh pendidikan tinggi. Hal ini menjadikan kita perlu lebih peduli dan berupaya untuk meningkatkan akses pendidikan untuk seluruh lapisan masyarakat.

Peran Pendidikan dalam Meningkatkan Kapabel

Pendidikan memiliki peran penting dalam memperbaiki kondisi kurang mampu atau tidak kapabel. Dengan memiliki pendidikan yang memadai, seseorang dapat meningkatkan kemampuannya dan meningkatkan peluang untuk meraih kesuksesan.

Melalui pendidikan, seseorang akan belajar banyak hal seperti keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai yang akan membentuk karakter dan kepribadiannya. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan dan mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Peran Masyarakat dalam Mendukung Kurang Mampu

Kurang mampu juga bisa diperbaiki dengan bantuan dari masyarakat sekitarnya. Dalam mendukung mereka yang kurang mampu, kita bisa melakukan hal-hal seperti memberikan donasi, mengadakan program kursus atau pelatihan, atau memberikan kesempatan untuk bekerja.

Tidak hanya itu, kita juga bisa membantu mereka dengan memberikan dukungan moral dan semangat untuk terus berusaha. Dengan begitu, mereka yang kurang mampu dapat meningkatkan kemampuannya dan meraih kehidupan yang lebih baik.

Jenis Kurang Mampu Cara Mendukung
Kurang Mampu Ekonomi Memberikan bantuan keuangan atau memberikan kesempatan untuk bekerja
Kurang Mampu dalam Pendidikan Memberikan bantuan dalam bentuk biaya pendidikan, memberikan les privat, atau memberikan dukungan moral
Kurang Mampu Fisik Memberikan bantuan dalam bentuk alat bantu atau memberikan dukungan moral

Dalam mendukung mereka yang kurang mampu, penting untuk mengedepankan kesederhanaan dan tidak membedakan status sosial. Sebab, setiap orang sama pentingnya dan memiliki hak yang sama untuk berkembang dan meraih kehidupan yang lebih baik.

Maaf, saya tidak dapat menemukan link yang sesuai dengan permintaan Anda karena tidak ada kata kunci atau slug di dalam daftar JSON tersebut. Silakan berikan kata kunci atau slug yang lebih spesifik untuk saya cari. Terima kasih!

Sampai Jumpa Lagi, Sobat Pembaca!

Mudah-mudahan kamu telah menikmati artikel ini dan mendapatkan manfaat dari informasi tentang antonim dari kata kapabel. Jangan ragu untuk berkunjung kembali ke situs kami di lain waktu untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya. Terima kasih telah membaca!

Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Haruskah Diterapkan?

Hai, adik-adik semua! Kali ini kita mau bahas tentang Bahasa Inggrisnya SD atau Sekolah Dasar. Tentunya, bagi sebagian teman-teman yang masih di bangku SD,...
Ar Rayan Alif
4 min read

Menghitung 1 Juta Nolnya Berapa?

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, “1 juta nolnya berapa sih?” Ternyata, jawabannya tidak sebentar-sebentar ya! Apalagi jika kita harus menuliskannya dalam bentuk angka, pasti akan...
Ar Rayan Alif
4 min read

1 Krat Sama Dengan Berapa Botol?

Halo teman-teman! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas sebuah pertanyaan yang sering muncul di benak para pecinta kopi yaitu, “1 krat berapa botol?”....
Ar Rayan Alif
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *