Antonim dari Kata Antipati Adalah…

Seringkali kita mengalami tidak suka atau tidak nyaman dengan seseorang atau sesuatu. Namun, bagaimana cara mengungkapkannya dengan bahasa yang tepat? Salah satu cara adalah dengan menggunakan antonim dari kata “antipati”. Antonim adalah kata yang berlawanan arti dengan kata lainnya, dan hal ini dapat membantu kita dalam memperkaya kosakata dan menyatakan perasaan dengan tepat. Maka dari itu, di artikel ini kita akan membahas apa antonim dari kata “antipati” dalam bahasa Indonesia yang santai.

10 Antonim dari Kata Antipati

Antipati merupakan suatu perasaan ketidaksenangan atau ketidakberkenanan terhadap seseorang atau sesuatu, bisa juga disebut sebagai “antipathy” atau “aversion” dalam bahasa Inggris. Namun, tentu saja tidak semua orang memiliki perasaan yang sama terhadap hal yang sama. Oleh karena itu, berikut ini adalah sepuluh antonim dari kata antipati yang bisa saja dirasakan oleh seseorang.

1. Simpati

Simpati adalah perasaan senang dan sayang terhadap seseorang atau sesuatu. Mungkin karena kedekatan emosional atau kesamaan pandangan, seseorang bisa merasa simpati terhadap orang atau objek tertentu. Bersimpati dapat membuat seseorang merasa nyaman dan terhubung dengan orang lain.

2. Sukacita

Sukacita adalah perasaan senang yang bersifat spontan dan intens. Biasanya sukacita dirasakan ketika seseorang mengalami kejadian yang menyenangkan atau bahagia. Jadi, bisa dikatakan bahwa sukacita merupakan antonim dari antipati karena keduanya memiliki sifat perasaan yang saling bertentangan.

3. Cinta

Cinta adalah perasaan yang kuat dan intens terhadap seseorang atau sesuatu. Perasaan cinta dapat dirasakan oleh seseorang terhadap orang lain, hewan, atau objek tertentu seperti benda kesayangan atau pekerjaan yang dicintai. Cinta dapat membuat seseorang merasa bahagia dan terpenuhi.

4. Hormat

Hormat adalah perasaan menghargai dan menghormati seseorang atau sesuatu. Seseorang dapat merasa hormat terhadap orang yang lebih tua, atasan, atau tokoh-tokoh publik. Hormat dapat membuat seseorang merasa dihargai dan diakui oleh orang lain.

5. Kasih Sayang

Kasih sayang adalah perasaan sayang dan perhatian terhadap orang lain ataupun objek tertentu. Perasaan kasih sayang dapat dirasakan oleh seseorang terhadap keluarga, pasangan, atau hewan peliharaan. Kasih sayang dapat membuat seseorang merasa nyaman dan terhubung dengan orang lain.

6. Antusiasme

Antusiasme adalah perasaan antusias atau semangat yang tinggi terhadap suatu hal. Seseorang yang antusias dapat merasa bersemangat, berenergi, dan penuh semangat untuk menjalani hari dan melakukan aktivitas yang diinginkan. Antusiasme dapat membuat seseorang merasa bersemangat dan senang melakukan aktivitas.

7. Kerinduan

Kerinduan adalah perasaan ingin bertemu atau kembali pada seseorang atau sesuatu yang dicintai atau diinginkan. Seseorang yang merindukan orang yang dicintai biasanya merasa sedih jika tidak bisa bertemu. Oleh karena itu, kerinduan dapat membawa perasaan yang kuat dan berkesan pada seseorang.

8. Keterlibatan

Keterlibatan adalah perasaan menjadi terlibat dalam suatu hal atau kegiatan. Seseorang yang merasa terlibat dalam suatu hal, misalnya dalam pekerjaan atau hobi, biasanya merasa tertarik dan senang. Keterlibatan dapat membuat seseorang merasa terkoneksi dengan orang lain dalam suatu kegiatan.

9. Keinginan

Keinginan adalah perasaan ingin memiliki atau mendapatkan suatu hal. Seseorang yang memiliki keinginan tertentu, seperti ingin memiliki mobil atau rumah, biasanya memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai tujuannya. Keinginan dapat memberikan dorongan yang kuat pada seseorang.

10. Penghargaan

Penghargaan adalah perasaan terima kasih dan rasa bangga atas pencapaian atau kebaikan seseorang atau sesuatu. Seseorang yang merasa dihargai atau diberikan penghargaan biasanya merasa bahagia dan termotivasi untuk melakukan lebih baik lagi. Penghargaan dapat memberikan energi positif pada seseorang.

Itulah sepuluh antonim dari kata antipati yang mungkin dirasakan oleh seseorang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membuka wawasan Anda mengenai bermacam-macam perasaan dan emosi yang tidak hanya negatif saja, tetapi juga positif.

Apa itu Antonim?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang antonim dari kata antipati, mari kita ketahui dulu apa itu antonim. Antonim adalah pasangan kata dengan arti yang berlawanan atau bertolak belakang. Contohnya, seperti panas dan dingin, besar dan kecil, atau hitam dan putih.

Setiap kata yang ada dalam bahasa Indonesia, pasti memiliki antonimnya masing-masing. Ada beberapa jenis antonim yang dapat ditemukan dalam bahasa Indonesia, yaitu:

1. Antonim Absolute
Antonim jenis ini merupakan pasangan kata yang memiliki arti yang sama sekali berlawanan. Contohnya, seperti hidup dan mati, terang dan gelap, dan lain sebagainya.

2. Antonim Gradasi
Antonim gradasi adalah pasangan kata yang memiliki arti yang hampir sama, namun memiliki perbedaan yang signifikan dalam tingkatannya. Contohnya, seperti panas dan hangat, kaya dan miskin, dan lain sebagainya.

3. Antonim Reciprocal
Antonim jenis ini merupakan pasangan kata yang berlawanan dalam penggunaannya. Contohnya, seperti pemberi dan penerima, penjual dan pembeli, dan lain sebagainya.

Setelah memahami apa itu antonim, kini kita akan membahas antonim dari kata antipati.

Antonim dari Kata Antipati

Antipati memiliki arti tidak suka atau tidak menyukai. Ada beberapa antonim yang dapat digunakan untuk melawan kata antipati, yaitu:

1. Simpati
Simpati merupakan kebalikan dari antipati, yakni merujuk pada perasaan suka atau menyukai.

Contohnya, seorang guru akan merasakan simpati pada salah satu muridnya yang telah menunjukkan usaha baik dalam belajar dan berhasil meraih hasil yang baik.

2. Pemikat
Kata pemikat yang berarti pembujuk atau menarik hati, juga bisa digunakan sebagai antonim dari kata antipati.

Contohnya, seorang sales harus dapat menjadi pemikat bagi para calon pembeli agar mereka tertarik untuk membeli barang yang dihasilkan.

3. Pemuja
Pemuja erat kaitannya dengan pujian dan penghormatan pada seseorang atau sesuatu. Kata ini bisa menjadi antonim dari antipati dalam konteks penghormatan pada orang lain.

Contohnya, seorang anak akan selalu merasa pemuja pada orangtuanya yang telah memberikan kasih sayang dan kebaikan padanya.

4. Setia
Setia merupakan kata yang memiliki arti loyal dan taat. Kata ini bisa digunakan sebagai antonim dari antipati dalam konteks penghargaan atas kesetiaan seseorang pada orang lain.

Contohnya, seorang teman yang setia akan selalu siap membantu dan menopang temannya dalam keadaan susah maupun senang.

5. Santun
Santun juga bisa digunakan sebagai antonim dari antipati dalam konteks sopan santun dan adab dalam pergaulan sehari-hari.

Contohnya, seorang pelajar harus memperlihatkan sikap yang santun dan sopan dalam berinteraksi dengan guru maupun teman sekelas.

6. Dermawan
Dermawan memiliki arti suka memberi atau murah hati. Kata ini bisa menjadi antonim dari antipati dalam konteks kebaikan dan ketulusan hati untuk memberikan bantuan atau sumbangan pada orang lain.

Contohnya, seorang dermawan akan selalu membuka hatinya untuk memberikan bantuan pada siapa saja yang membutuhkannya.

7. Penyayang
Penyayang memiliki arti kasih sayang atau keibuan. Kata ini bisa digunakan sebagai antonim dari antipati dalam konteks perasaan sayang dan penghargaan pada orang lain.

Contohnya, seorang ibu selalu menjadi penyayang bagi anaknya dengan memberikan segala kebutuhan dan kasih sayang yang dibutuhkan anaknya.

8. Penuh Kasih
Kata penuh kasih bisa menjadi antonim dari antipati dalam konteks perasaan kasih sayang dan keberpihakan pada orang lain.

Contohnya, orang yang penuh kasih akan selalu memperlihatkan kebaikan dan ketulusannya pada orang lain.

9. Kawan
Kawan memiliki arti teman atau sahabat. Kata ini bisa digunakan sebagai antonim dari antipati dalam konteks persahabatan dan keakraban dengan orang lain.

Contohnya, seorang kawan yang baik akan selalu menyupport dan membantu temannya dalam setiap situasi.

10. Menerima
Kata menerima bisa menjadi antonim dari antipati dalam konteks sikap yang terbuka untuk menerima keberadaan dan kekhasan seseorang.

Contohnya, seorang yang memiliki sikap menerima akan selalu membuka dirinya untuk menerima perbedaan pendapat dan keunikan dari orang lain.

Antonim dari Kata Antipati

Setelah mengetahui definisi dan contoh penggunaan kata antipati, kini saatnya membahas antonim dari kata tersebut. Antonim merupakan kata yang berlawanan arti dengan kata lainnya. Jadi, jika antipati dapat diartikan sebagai rasa tidak menyenangkan terhadap sesuatu atau seseorang, maka antonim dari kata tersebut tentu saja adalah kata yang bermakna positif terhadap sesuatu atau seseorang. Berikut adalah beberapa antonim dari kata antipati.

1. Empati

Empati adalah kata yang seringkali dikaitkan dengan antonim dari kata antipati. Hal ini dikarenakan, jika antipati menghasilkan perasaan negatif terhadap seseorang atau sesuatu, maka empati dapat diartikan sebagai kemampuan merasakan atau memahami perasaan orang lain dengan bijak. Ini adalah kemampuan yang sangat penting untuk menjalin hubungan interpersonal yang baik.

Kita dapat melihat perbedaan antara antipati dan empati dalam tabel berikut ini:

Antipati Empati
Ketidaknyamanan Kenyamanan
Ketidaksukaan Penerimaan
Keengganan Pemahaman

2. Simpati

Simpati juga dapat diartikan sebagai antonim dari kata antipati. Meskipun simpati dan empati memiliki makna yang sama-sama positif, simpati lebih mengarah pada penghargaan atau dukungan pada seseorang atau sesuatu. Simpati dapat membantu orang untuk merasa didukung dan perhatian.

Perbedaan antara antipati dan simpati dapat dijelaskan melalui tabel berikut:

Antipati Simpati
Ketidaknyamanan Penghargaan
Ketidaksukaan Dukungan
Keengganan Perhatian

3. Cinta

Cinta juga dapat diartikan sebagai antonim dari kata antipati. Cinta adalah perasaan positif terhadap seseorang atau sesuatu yang memunculkan perasaan bahagia dan senang. Meskipun kata cinta mungkin dapat diartikan dalam banyak hal yang berbeda, setiap definisinya dapat dipahami sebagai penghormatan atau perhatian terhadap sesuatu atau seseorang yang Anda sukai.

Perbedaan antara antipati dan cinta dapat dijelaskan melalui tabel berikut:

Antipati Cinta
Ketidaknyamanan Kenyamanan
Ketidaksukaan Kecintaan
Keengganan Penghormatan

4. Toleransi

Toleransi juga diartikan sebagai antonim dari kata antipati. Toleransi adalah kemampuan Anda untuk memahami dan menerima perbedaan orang lain, bahkan jika itu tidak cocok dengan pandangan Anda sendiri. Toleransi sangat penting dalam masyarakat yang beragam seperti Indonesia. Dengan toleransi, kita dapat hidup harmonis dan saling menghargai satu sama lain.

Perbedaan antara antipati dan toleransi dapat dijelaskan melalui tabel berikut:

Antipati Toleransi
Ketidaknyamanan Kenangan
Ketidaksukaan Ketabahan
Keengganan Keberanian

5. Kasih sayang

Kasih sayang juga dapat diartikan sebagai antonim dari kata antipati. Kasih sayang adalah rasa cinta yang lebih untuk seseorang, berbeda dengan cinta, kasih sayang memiliki unsur perhatian dan kebaikan hati yang lebih besar. Dengan kasih sayang, kita dapat mencintai seseorang dengan sepenuh hati dengan memberikan perhatian dan cinta yang tulus.

Perbedaan antara antipati dan kasih sayang dapat dijelaskan melalui tabel berikut:

Antipati Kasih Sayang
Ketidaknyamanan Perhatian
Ketidaksukaan Kecintaan yang lebih
Keengganan Kebaikan hati

Demikian beberapa antonim dari kata antipati. Dengan mengetahui makna antonim dari kata tersebut, kita dapat memahami maknanya secara lebih menyeluruh dan memperluas kata-kata yang dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Tidak ada link yang relevan untuk artikel tentang “Antonim dari kata antipati adalah”.

Sampai Jumpa Lagi

Sekarang kamu sudah tahu beberapa lawan kata dari kata ‘antipati’. Ingatlah bahwa setiap kata memiliki kontras yang unik. Tetaplah belajar dan berlatih, karena bahasa Indonesia memiliki banyak sekali kosakata untuk dijelajahi dan dipelajari. Terima kasih sudah membaca artikel ini! Jangan lupa untuk kembali lagi ke halaman kami lain waktu. Sampai jumpa!

Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Haruskah Diterapkan?

Hai, adik-adik semua! Kali ini kita mau bahas tentang Bahasa Inggrisnya SD atau Sekolah Dasar. Tentunya, bagi sebagian teman-teman yang masih di bangku SD,...
Ar Rayan Alif
4 min read

Menghitung 1 Juta Nolnya Berapa?

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, “1 juta nolnya berapa sih?” Ternyata, jawabannya tidak sebentar-sebentar ya! Apalagi jika kita harus menuliskannya dalam bentuk angka, pasti akan...
Ar Rayan Alif
4 min read

1 Krat Sama Dengan Berapa Botol?

Halo teman-teman! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas sebuah pertanyaan yang sering muncul di benak para pecinta kopi yaitu, “1 krat berapa botol?”....
Ar Rayan Alif
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *