11 Keindahan Wisata Air Terjun Di Bandung

Modalcerita.com – Bandung dikenal dengan banyak wahana di golongan wisatawan yang inovatif, mulai dari bangunan bau tanah hingga kehidupan malamnya. namun alam hebat kota ini mempunyai cara yang mengagetkan dan membahagiakan para hadirin. sementara taman hutan dapat dimengerti kenapa mendapatkan banyak perhatian, termasuk air terjunnya yang menakjubkan untuk dilihat (atau Curug dalam bahasa Sunda).

Makara apakah kalian ingin menjelajahi beberapa destinasi curug untuk planning perjalanan berikutnya? Bandung yakni Ibukota sekaligus maskot pariwisata Jawa Barat, dan tentu penderasan di wilayah ini sungguh melimpah dan memesona penampakannya.

Curug Yang Indah di Bandung

Kebanyakan curug di Bandung sudah dikembangkan menjadi obyek wisata alam, sehingga aksesnya pun tidak terlampau susah. tetapi rekomendasi dari Kepengenwisata di bawah ini meliputi semua kriteria, dari yang mudah di capai dari kota hingga curug yang masih tersembunyi di tengah belantara alam;

1. Air Terjun Siliwangi

Image Source : bandungkiduls / Instagram

Terjun menuruni lereng terjal batuan andesit, Curug Siliwangi yaitu panorama yang anggun dan menenangkan untuk disorot mata. terletak di antara Gunung Puntang dan Gunung Haruman yang gagah di selatan Bandung, jeram ini tampak seperti tangga raksasa yang dialiri mata air dengan elok melintasi hutan alami di sekitarnya dan jatuh ke kolam dangkal di bawahnya.

Hanya para petualang sejati yang berani tiba ke sini, alasannya adalah cukup sukar untuk meraih penderasan dengan berjalan kaki, sangat melelahkan dari jalan setapak serta menyeberangi beberapa sungai, yang menjinjing kalian jauh ke atas dataran tinggi. dan tentu curug tersembunyi mirip ini paling disenangi para penjelajah jago.

Air terjun tersembunyi di Bandung ini berada di ketinggian 1.700 Mdpl. yang artinya memiliki suhu yang cuek. sebab perjalanan kemari memakan waktu beberapa jam lamanya, anjuran terbaik adalah memulai pendakian di pagi hari dan jangan lupa mengenakan jaket tebal.

Lokasi : Pasirmulya, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

2. Curug Panganten Pangalengan

Credit foto : randimaulaana / Instagram

Karena mendatangi Air Terjun Panganten Pangelangan yang indah memerlukan pendakian beberapa jam, kalian tentu berharap pemandangannya sepadan dengan perjuangan. dan kabar baiknya yakni bahwa air terjun kembar ini sangat sesuai untuk perjalanan alam menikmati indahnya hutan daerah selatan Bandung yang terkenal sejuk.

Sering dibilang sebagai Curug Pengantin, alasannya adalah jumlah kucurannya. dan tentu Curug Panganten di Bandung selatan ini niscaya memberikan panorama mengagumkan yang jarang dilihat secara eksklusif oleh para penjelajah. semua ini menjadikannya istimewa untuk di abadikan.

Lokasi : Jalan Raya Cihanjuang Km. 5.6, Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Tiket : Rp. 5.000,-

3. Curug Tilu Ciwidey

Credit : Mega Regina andrian

Terselip di perkebunan Teh Rancabali yang memesona kolam taman labirin, Curug Tilu merupakan tujuan liburan alam sehari yang asyik dilakukan bersama keluarga berkat banyaknya wahana yang ditawarkan. mereka yang berkunjung bisa menikmati aneka spot selfie instagramable yang di bingkai oleh hijaunya dedaunan vegetasi yang basah.

Terletak di tepi Jalan Raya Rancabali di Ciwidey, tentu membuat destinasi alam di Bandung ini gampang dicapai oleh banyak orang. para akil balig cukup akal akan ceria menjumpai objek berfoto produksi yang kontemporer, dan mereka yang suntuk dengan pekerjaan akan tenang menghirup udara perkebunan yang higienis.

Curug ini memperlihatkan banyak jembatan dengan desain unik yang sesuai untuk hiking santai dan juga untuk sudut pemantauan teladas, serta dilengkapi playground seru untuk anak. sementara para pemadu kasih juga akan tersenyum dengan glamping tepi sungainya yang menjanjikan nuansa romantis.

Meskipun Curug Tilu di tempat Ciwidey ini bukan alasan utama para wisatawan berkunjung, tetapi gerojokan di Rancabali ini juga patut di sanjung keindahan rupanya; membentuk tingkatan cantik yang lebar dari batuan berangasan yang dilukis secara sempurna oleh alam dan campur tangan pengurus, membuatnya tak pernah bosan untuk dinikmati dengan mata telanjang.

Curug di Ciwidey Bandung ini di aliri oleh tiga sungai yang ada di bukit atasnya, alirannya turun menari melintasi batuan terjal dan menciptakan banyak tetesan cantik. sehingga banyak pengunjung menyebabkan Curug Tilu selaku latar berfoto.

Lokasi : Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Tiket : Rp. 10.000,- di hari biasa dan ketika weekend Rp. 15.000,-

Biaya Camp : Rumah segi tiga dan tenda family tent di banderol sekitar Rp. 700.000,- dan menampung empat orang.

4. Curug Tilu Cipelah

Credit foto : taufanramdhany / Instagram

Mumpung masih di wilayah Rancabali, luangkan juga waktu untuk menyaksikan riam terindah di Bandung yang gres sedikit orang mengetahuinya, yakni Curug Tilu Cipelah.

Terletak di perbatasan Bandung dan Cianjur, atau sekitar 2 kilometer dari Curug Citambur. riam dengan banyak tingkatan ini merupakan puncak petualangan yang mengagumkan.

Curug Tilu Cipelah menunjukkan pemandangan tebing bertingkat dengan banyak anutan, tergantung pada musimnya. jikalau trend penghujan alirannya bisa sampai 6 titik dan mengecil ketika kemarau.

Meskipun masih terlihat selama ekspresi dominan kemarau, namun Curug Tilu di Cipelah ini paling mencolok penampilannya sesudah hujan ketika alirannya mengamuk melompat dari tebing yang tinggi.

Setelah menyaksikan air terjun, banyak pengunjung berlama-lama untuk berleha-leha di tepi kolamnya yang biru, memancarkan aura sejuk yang menyegarkan pikiran. dan vegetasi sekelilingnya juga turut menyelimuti perasaan sehingga suasananya cukup damai.

Air Terjun Tilu di Rancabali ini mungkin tidak seramai wisata alam lainnya yang ada di Bandung, dan berkat sepinya kunjungan dan lingkungan alam yang natural, curug di Rancabali ini yaitu tempat yang tepat untuk dikunjungi jika kalian membutuhkan kedamaian dan ketenangan.

Lokasi : Desa Cipelah , Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Tiket masuk : Rp. 5.000,- / orang.

5. Curug Cimahi

Credit : ziiom_hendry / Instagram

Sering disebut sebagai jeram tertinggi di Bandung yang punya fatwa besar, Curug Cimahi adalah daya tarik alam yang mengesankan yang pasti layak untuk dikagumi.

Air menggeluti ini mampu ditemukan di dalam hutan alami di Desa Kertawangi, Cisarua di Bandung Barat. wujudnya sungguh megah dan instagramable berkat tebingnya yang tinggi.

Curug ini dialiri oleh Sungai Cimahi, tingginya sekitar 87 meter dan lebarnya kira-kira 5 meter, dan mampu diraih 20 menit jalan kaki dengan menuruni anak tangga dari area parkir kendaraan.

Wisata alam Air Terjun Cimahi dikepung oleh tebing-tebing tinggi yang dilapisi flora rambat hijau yang lebat, jadi situasi lingkungannya jelas sungguh sejuk dan layak selaku tujuan healing.

Karena kekuatan arus, hadirin tidak direkomendasikan berenang di kolam di bawah teladas. meski begitu, curug terkenal di Bandung ini memberikan banyak sudut pandang; tergolong jembatan dan dek panggung yang cocok selaku alternatif titik pemantauan dan aktivitas berfoto ketika berada di tempat ini.

Lokasi : Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Tiket : Rp. 15.000,- di hari biasa, kemudian Rp. 17.000,- ketika masa liburan.

6. Curug Malela

Credit : abdr.rahman01 / Instagram

Bisa dianggap bahwa Curug Malela bukan cuma sebuah teladas unggulan dan paling terkenal di Bandung tetapi juga salah satu curug terbaik yang harus dikunjungi. spot alam ini adalah tempat favorite bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Bandung Barat.

Para petualang dan pemburu foto serta mereka yang ingin mengalahkan panas berduyun-duyun ke sini. airnya mengalir bertahap lewat hutan menuruni beberapa tingkat ke kolam yang mengagumkan, dan pasti gerojokan ini sangat menawan untuk dilihat.

Kawasan wisata alam ini juga memberi ruang kegiatan alasannya memiliki banyak tempat pantau. di mana saja titik kalian berada, menikmati tebing hitam bertingkat lebar ini niscaya memberikan perasaan senang dan pasti mampu mengalahkan rasa penat fikiran.

Lokasi : Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Tiket masuk : Rp. 5.500,- tiap orang.

7. Curug Maribaya

Credit : warmanwardhani / Instagram

Meskipun mungkin bukan gerojokan paling besar yang hendak jumpai di Bandung, Curug Maribaya tetap sungguh khas dan menawan untuk dikunjungi. pemandangan indah ini terletak di daerah Taman Hutan Raya Djuanda atau di area Maribaya Hot Spring and Resort. cuma dua belas kilometer di timur Lembang.

Tahura Ir. H. Djuanda merupakan hutan lindung dan konservasi yang mempunyai banyak koleksi satwa hingga tumbuhan langka, serta rumah bagi beberapa goa dan danau.

Meski Air Terjun Maribaya bukan menjadi alasan utama para wisatawan tiba ke Hutan Raya, namun curug ini mempunyai penampilan yang alami dan mempesona; terbentuk dari sungai batuan garang yang mengalir di atasnya, memungkinkan hadirin untuk berlangsung dengan tenteram lewat sungai. meski begitu, ketahuilah bahwa air di sini sungguh dilindungi. jadi tidak ada kolam bermain atau tempat berenang di bawah riam yang dapat dilompati kecuali di pemandian air panasnya.

Curug Maribaya mempunyai lebar 25 meter dan tingginya kurang lebih 15 meter, serta dilengkapi dengan banyak titik pantau sudut seperti; gazebo, jembatan hingga gardu di atas pohon. jadi memberi banyak potensi mendapatkan sudut panorama terbaik.

Di sekitar Maribaya Hot Spring terdapat beberapa curug bagus, dan salah satu yang terkenal ialah Curug Omas.

Lokasi : Kampung Cikondang, Lembang, Bandung Barat.

Tiket : Hari lazimRp. 35.000,- dan akhir pekan Rp. 45.000,-

8. Curug Tilu Leuwi Opat

Credit : aboutlandscape_ / Instagram

Banyak yang mengatakan kalau Curug Tilu Leuwi Opat merupakan puncak destinasi alam di Bandung Barat. itu alasannya dikelilingi oleh taman hutan lembap serta perbukitan indah dan tentu kalian juga akan mengerti mengapa jeram ini sering di anggap sebagai salah satu jeram tercantik yang ada di Bandung.

Alasan pertama merupakan gerojokan bertingkat ini menyembunyikan gua , dan alirannya tampak hampir timbul dari segala arah entah dari mana untuk turun ke kolam dan ke bebatuan sungai di bawahnya, menciptakan panorama menawan yang mempesona bayak pengunjung dari seluruh Jawa Barat.

Kedua, alasannya popularitasnya yang makin meningkat, memiliki arti ada banyak kemudahan yang dihadirkan dan tergolong spot sudut pandang di sepanjang jalanan setapak yang mengarah ke dasar jeram.

Tapi yang perlu dikenali, Curug Tilu Leuwi Opat yaitu riam musiman yang hendak tampak menyemburkan air bagus sewaktu penghujan. jadi menjadwalkan waktu kunjungan yakni planning yang bagus.

Lokasi : Jl. Kampung Ciwangun Indah Camp, Cihunjang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Bandung Barat.

Tiket : Per orang Rp. 10.000,-

9. Curug Layung

Credit foto : Dikdik Sodikin / Google

Tidak Jauh dari Dusun Bambu, Curug Layung ialah permata tersembunyi yang kini mulai mendapat perhatian dari banyak penjelajah alam seiring kebutuhan ruang hijau untuk healing melepas penat.

Untuk meraih air terjun di arah barat wilayah Bandung ini, kalian bisa memulainya dari wisata Dusun Bambu kurang lebih 10 menit melintasi hutan berbukit yang relatif kondusif dengan medan jalan tanah bercampur batu kerikil yang nyaman dilintasi motor maupun kendaraan beroda empat.

Sesampainya di lokasi parkir wisata, ekspedisi dilanjutkan dengan berlangsung kaki menaiki dan menuruni bukit di anak tangga yang tertata rapi. kesegaran alam dijamin, karena daerah ini dipenuhi hamparan pohon pinus yang harum dan berbaris rapat.

Kurang lebih 30 menit trekking dari parkir wisata, suara tenang kucuran Curug Layug mulai menyapa. dan tentu setiap hadirin akan takjub dengan penampilannya yang indah dan instagram-able karena banyaknya sudut pengamatan yang tak terbatas.

Curug ini dibentuk oleh beberapa arus sungai yang deras, melintasi batuan bertingkat yang tingginya tidak seberapa namun sungguh anggun dan menyanggupi kolamnya yang berukuran lebar dan dangkal. yang tentunya menjadikannya salah satu curug di Bandung yang dapat dipergunakan untuk berenang mendamaikan diri dari cuaca panas.

Air Terjun Layung sudah dikembangkan menjadi obyek wisata alam, sehingga tidak susah bagi hadirin untuk mencari akomodasi kamar ganti, toilet, mushola hingga warung.

Kalau kalian mempunya waktu panjang, saya sarankan untuk menjajal sensasi berkemah di camp area Curug Layung yang sekarang mulai viral diperbincangkan para pecinta alam.

Lokasi : Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat.

Tiket masuk : Rp. 6.000,- serta bila camping ongkosnya Rp. 10.000,-

10. Curug Cinulang

Credit : Robi Hartono / Google

Curug Sindulang populer disebut Curug Cinulang karena kepraktisan dalam pengucapan orang Sunda. terletak di area perbatasan wilayah Bandung dan Sumedang, atau tepatnya di tepi Jalan Cicalengka Sindang Wangi, membuatnya selalu ramai dipenuhi para warga yang ingin memulihkan kewarasan dari rasa suntuk fikiran.

Air Terjun ini disukai penduduk Bandung berkat semburan airnya yang besar dan bentuk tebingnya yang membelah alirannya menjadi dua, meski di sebelahnya juga ada satu teladas lagi yang ibarat ekor kuda.

Curug Cinulang berada di cekungan lembah bukit, menjadikannya tempat healing yang tepat alasannya banyaknya sudut pengamatan di atas bukit.

Tapi bagi pengunjung yang mau turun ke dasar curug, mereka bisa menikmati kolam dan sungainya yang di bungkus bebatuan indah. dan pastinya memperlihatkan pengalaman bermain air yang menyenangkan bagi siapa pun. alasannya debit curug yang relatif besar, ada rambu perayaan berada tepat di dasarnya.

Yang perlu diketahui, Curug Cinulang bukanlah wisata alam gres bagi penduduk Bandung. yang artinya prasarana dan akomodasi sudah tercium di sekitaran daerah ini.

Lokasi : Jl. Cicalengka Sindangwangi , Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang atau area perbatasan dengan Bandung.

Biaya masuk : Rp. 10.000,- / orang.

11. Curug Cipanas

Credit : idhayhidayat / Instagram

Curug Cipanas menjadi tujuan selanjutnya yang mesti di eksplore bareng keluarga, tempat wisata alam ini sangat sesuai sebagai arena rekreasi anak dalam hal acara berenang.

Karena sudah tersentuh pengembangan pariwisata, jadi aksesnya ringan dan untuk memperoleh akomodasi bersantai juga tidak terlalu sukar. Ada banyak gazebo aneka macam ukuran yang siap menampung kehadiran para pengunjung. sementara anak kecil akan besar hati berendam di kolam alami yang dangkal.

Air terjun ini mempunyai penampilan yang memukau berkat bebatuan cadas agresif dan ukurannya yang lebar yang tak henti dialiri oleh mata air pegunungan secara terus menerus.

Membentang sekitar 20 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun , Curug Cipanas nyaris menjadikannya terlihat mirip laguna yang istimewa. meskipun bukan menjadi tontonan gerojokan paling besar layaknya Curug Cimahi ataupun Curug Malela, obyek wisata alam ini tetap pantas menjadi alternatif hunting liburan kalem bareng orang terdekat.

Lokasi : Jl. Nagrak Tengah, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Tiket : Sekitar Rp. 20.000,- tiap penduduknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *