Kuliner

100 Kuliner Legendaris di Jogja yang Wajib Dicoba

Kuliner Legendaris di Jogja


Jajan Pasar Jogja

Jogja is known for its wide array of delicious culinary dishes. From savory to sweet dishes, you can find it all in Yogyakarta. In this article, we will explore the legendary culinary treats of Jogja that have been popular for many years. These dishes can be found in various areas of Jogja and are loved by both locals and tourists.

Jajan Pasar Jogja

One of the most iconic culinaries in Jogja is the Jajan Pasar Jogja. This traditional snack is a must-try for anyone visiting Jogja. Jajan Pasar Jogja is usually sold in traditional markets and street vendors. The snack consists of various types of sweet cakes, ranging from klepon, onde-onde, to lopis. Klepon is a rice cake filled with palm sugar and coated with grated coconut. Onde-onde is a fried rice cake filled with mung bean paste coated with sesame seeds. Lopis is a glutinous rice cake covered with grated coconut.

The taste of Jajan Pasar Jogja is unbeatable. The sweetness of the palm sugar in klepon blends perfectly with the savory grated coconut, creating a unique flavor that is hard to resist. The texture of onde-onde is crispy on the outside and soft on the inside. Meanwhile, the sticky texture of lopis will melt in your mouth.

The prices of Jajan Pasar Jogja range from 500 IDR to 2000 IDR per piece. It is perfect for a quick snack, especially when you are exploring the city. Jajan Pasar Jogja is a must-have culinary experience in Jogja. Don’t forget to take some home as souvenirs for your family and friends.

Visiting Jogja is incomplete without trying the legendary Jajan Pasar Jogja. The traditional snacks have been around for many years and are beloved by generations. Make sure to put Jajan Pasar Jogja on your culinary list when visiting Jogja.

Kuliner Wajib Coba di Jogja


Mie Gacoan Jogja

Mie Gacoan, siapa yang tidak kenal dengan kuliner yang satu ini. Mie Gacoan adalah makanan khas Jogja yang terkenal dengan cita rasa lezat dan pedasnya. “Gacoan” sendiri merupakan singkatan dari “Gadis Ayu Cantik Oke Adonis Ngangeni”, menggambarkan jenis mie yang disajikan dengan para gadis yang cantik dan menarik. Mie Gacoan hadir dengan dua varian, yakni mie kuah dan mie goreng dengan pilihan level kepedasan mulai dari level 0 hingga 5.

Kopi Jos Jogja

Selain Mie Gacoan, ada juga Kopi Jos yang sangat terkenal di Jogja. Kopi Jos mengambil nama dari kata “joos”, suara mendesis yang terjadi ketika arang aktif yang diletakkan di atas gelas kopi awetan. Kopi ini menjadi lebih spesial karena diolah dengan cara yang unik yaitu menggunakan sisa-sisa arang yang dibakar menjadi abu. Abunya kemudian dibiarkan turun ke dalam kopi dan kopi tersebut diminum bersama abu kopi. Rasanya yang khas membuat kopi ini selalu menjadi buruan wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Bakmi Jawa Tengah di Jogja

Bagi yang ingin mencoba kuliner tradisional lain, nikmati saja Bakmi Jawa Tengah di Jogja. Bakmi Jawa Tengah di Jogja adalah makanan yang sangat kental dengan cita rasa rempah-rempah dan berupa mi rasa gurih dan bumbu khas Jawa. Terdapat berbagai macam pilihan bakmi seperti bakmi campur, bakmi goreng, bakmi jawa, hingga bakmi godog. Semua jenis bakmi tersebut dapat dicampur dengan berbagai bahan pelengkap seperti tauge, suwiran ayam, dan sayuran sesuai selera Anda.

Gudeg Jogja

Gudeg Jogja menjadi salah satu kuliner wajib coba ketika Anda berkunjung ke Jogja. Makanan khas yang satu ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu khas Jawa seperti gula merah, santan, lengkuas, dan daun salam. Gudeg ini biasanya disajikan dengan nasi, ayam kampung, telur, dan beberapa pelengkap lainnya seperti sambal goreng krecek ataupun opor ayam. Gudeg Jogja menjadi hidangan yang cocok disantap saat sarapan ataupun saat santai di malam hari.

Es Pleret

Pernah dengar dengan Es Pleret? Es Pleret adalah minuman khas Jogja yang terbuat dari kelapa muda yang diparut sampai halus dan kemudian dicampur dengan sirup dan es serut. Rasanya sangat segar dan cocok dinikmati di musim panas atau ketika ngadem di siang hari yang terik.

Wisata Kuliner Malam di Jogja


Culinary-Jogja-at-Night

Jika kamu berkunjung ke Yogya, jangan lupa mencicipi wisata kuliner malam di kota ini. Menikmati makanan sambil menikmati keindahan malam Yogyakarta, pasti akan jadi pengalaman paling berkesan untuk kamu. Ada begitu banyak pilihan untuk wisata kuliner malam di Jogja yang menawarkan hidangan yang lezat dengan harga yang terjangkau. Berikut ini adalah tiga destinasi wisata kuliner malam terpopuler dan terkenal di Jogja.

Sate Klatak Pak Pong


Pak-Pong-Sate-Klathak-

Siapa yang tak kenal Sate Klatak, makanan khas Jogja yang satu ini sangat terkenal dan digemari oleh banyak orang. Salah satu tempat yang menjadi favorit bagi penggemar Sate Klatak adalah Sate Klatak Pak Pong. Berlokasi di Jalan Imogiri Barat No 1, tentu saja membuat tempat ini mudah ditemukan. Sate Klatak Pak Pong dikenal dengan kelezatan sate yang disajikan berupa daging kambing yang dipanggang dengan api terbuka dan saus kacang yang khas. Satu porsi sate Klatak di Pak Pong hanya berharga sekitar Rp 15.000an saja.

Depot Lekker


Depot-Lekker-

Bagi kamu yang ingin menikmati suasana malam sambil menikmati kuliner enak dan murah, kamu bisa mengunjungi Depot Lekker di Jalan Kaliurang Km 5. Lezatnya makanan khas Indonesia seperti nasi goreng, mie goreng, lontong sayur serta sate akan membuat lidah kamu bergoyang. Selain makanannya yang lezat, suasana yang cozy juga akan membuat kamu betah berlama-lama di sana. Depot Lekker buka setiap hari dari jam 17.00 – 23.00 WIB, sehingga cocok banget untuk kamu yang ingin mencari wisata kuliner malam di Jogja.

Es Krim Ragusa


Es-Krim-Ragusa-

Es Krim Ragusa bukan barang baru di Jogja, toko es krim ini sudah ada sejak tahun 1932. Meskipun sudah bertahan cukup lama, rasa yang disajikan tetap sama dengan rasa aslinya. Es Krim Ragusa di Jogja dikenal dengan variasi rasa es krim dan saus kacang yang khas. Adonan dari es krim Ragusa sangat lezat dan mirip dengan kulit kacang yang kenyal, dan saus kacangnya sangat lembut dan sedap. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, satu porsi es krim Ragusa dihargai sekitar Rp 16.000an saja. Jangan lupa datang ke Es Krim Ragusa di Jalan Tirtodipuran No. 10, Ketanggungan Yogyakarta, untuk mencicipi nikmatnya es krim.

Kuliner Jajanan Pasar Khas Jogja


Gudeg Jogja

Jogja memang dikenal sebagai kota kuliner yang kaya akan aneka jajanan pasar. Berjalan-jalan di Jakarta, apa yang biasa kita temukan sebagai jajanan pasar adalah gorengan atau batagor. Tapi, berbeda dengan di Jogja, selain gorengan dan batagor, masih banyak banget jajanan pasar yang tidak mungkin terlewatkan ketika berkunjung ke Jogja. Yuk, simak beberapa kuliner jajanan pasar khas Jogja yang juara dalam kelezatannya dan sayang untuk di lewatkan!

Bakpia

1. Bakpia

Bakpia adalah sejenis pastry atau kue dengan isian beragam, seperti kacang hijau, coklat, keju, dan lain-lain. Bakpia lebih enak kalau dimakan saat masih hangat, sehingga isian bakpia menjadi lebih lembut dan sedap.

Soto Mie Ayam

2. Soto Mie Ayam

Soto Mie Ayam ini terdiri dari mie, ayam, dan bumbunya yang kental. Kuahnya terasa segar karena dicampur dengan perasan jeruk nipis. Biasanya disajikan dengan lontong atau ketupat, dan taburan bawang goreng di atasnya.

Lumpia

3. Lumpia

Lumpia adalah jenis makanan yang berisi sayuran, rebung, daging, telur dan saus yang di gulung dengan kulit lumpia. Meski properti kuliner ini berasal dari Tionghoa, namun lumpia Jogja sekarang identik dengan saus kacang sebagai pelengkapnya.

Gudeg

4. Gudeg

Kuliner jajanan pasar paling khas Jogja ini sebenarnya terdiri dari ketupat, ayam, telur, krecek dan tentu saja gudeg. Gudeg adalah masakan olahan terung ungu dan nangka dengan bahanya yang nikmat dan manis. Jadi, gudeg banyak disajikan disajikan di lingkungan Jawa, tetapi Jogja adalah daerah paling terkenal yang menghasilkan hidangan lezat ini. Tidak ada salahnya mencoba Gudeg karena rasanya sangat menggugah selera.

Nasi Liwet

5. Nasi Liwet

Nasi Liwet biasanya terdiri dari nasi, sayur labu siam, udang rebus, ayam, krecek, dan sambal terasi. Biasanya nasi liwet disajikan dalam bokor daun pisang, sehingga memberikan aroma yang khas dan memperkaya citarasa hidangan.

Anda sudah tahu apa saja jajanan pasar khas Jogja yang harus dicoba. Dengan begitu, makanan dan kota wisata Jogja harus kamu coba untuk melengkapi liburanmu.

Kuliner Modern Berkelas di Jogja


Restoran

Jogja tidak hanya dikenal dengan makanan tradisionalnya yang lezat, namun juga dengan kuliner modernnya yang berkelas. Restoran-restoran yang menyajikan makanan modern itu tersebar di beberapa sudut kota. Di sini, kami akan merekomendasikan lima restoran kuliner modern terbaik di Jogja yang bisa kamu kunjungi bersama teman atau keluarga.

1. Lamun Ombak Resto


Lamun Ombak Resto

Lamun Ombak Resto terletak di kawasan Pantai Depok, Sleman. Restoran ini memiliki konsep yang unik dengan interior yang sangat menawan. Menu-menu yang mereka sajikan menggunakan olahan bahan-bahan laut yang segar dan diolah dengan sangat baik. Salah satu menu andalan mereka adalah seafood platter, sebuah sajian dengan makanan laut yang beragam seperti kepiting, cumi-cumi, udang, kerang, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menikmati makanan sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

2. Croatian By Gajah Wong


Croatian By Gajah Wong

Kamu pasti akan terkesima dengan konsep interior Croatian By Gajah Wong. Restoran ini memadukan desain modern yang simpel dengan nuansa Mediterania. Restoran ini menyajikan hidangan makanan khas Kroasia, yang bukan hanya enak, tapi juga disajikan dengan sangat apik. Salah satu menu andalan mereka adalah Croatian Seafood, yaitu seafood yang dimasak dengan cara tradisional Kroasia dengan rempah-rempah yang lezat.

3. Mediterranea Resto


Mediterranea Resto

Mediterranea Resto terletak di Jalan Tirtodipuran, Yogyakarta. Restoran ini menyajikan hidangan khas Negara-negara Mediterania seperti Italia, Spanyol, Maroko, Lebanon, dan Mesir. Restoran ini menawarkan makanan yang sangat lezat, lengkap dengan suasana yang intim dan romantis. Salah satu menu andalan mereka adalah Pizza Maroko, yaitu pizza dengan topping lamb dan bawang putih.

4. Warung Pasta


Warung Pasta

Warung Pasta terletak di jalan Pandega Marta, Sleman. Warung ini sangat cocok bagi pecinta pasta. Berbagai varian pasta tersedia di sini, mulai dari spaghetti dengan saus marinara, tagliatelle carbonara, hingga fettuccine alfredo. Selain itu, Warung Pasta juga menyediakan pilihan hidangan lain seperti grilled chicken dan beef steak.

5. Omah Dhuwur Resto


Omah Dhuwur Resto

Omah Dhuwur Resto terletak di Jalan Blontankali, Yogyakarta. Restoran ini memiliki konsep yang unik dengan suasana tenang dan alami. Omah Dhuwur Resto menyajikan makanan modern dengan cita rasa tradisional. Salah satu menu andalan mereka adalah Ayam Goreng Berempah, yaitu ayam goreng dengan bumbu rempah yang khas. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai pilihan minuman seperti kopi atau teh yang disajikan dengan lezat.

Jika kamu ingin menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama teman atau keluarga sambil menikmati kuliner modern yang berkualitas di Jogja, lima restoran ini bisa menjadi pilihan kamu. Tetap menjaga protokol kesehatan dan selamat menikmati sajian mereka yang lezat!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button